RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Merawat Tumbuhan/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.10.2
Mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit.
4.11.1 Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang
b) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan lam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni.
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.16 Menyajikan
makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
3.4.6 Menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan.
4.16.2 Menyajikan
makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana
c) Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks
lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Melantunkan dan
menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.4.3 Mencatat isi
puisi tentang alam semesta.
4.4.3 Menyimpulkan
isi puisi yang telah ditulis.
d) PPKn
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.11 Menjelaskan
makna simbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.13 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit
2.
Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran
3.
Menyajikan makanan
dari sayuran
4.
Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima
5.
Mencatat isi puisi
6.
Menyimpulkan isi
puisi yang telah Ditulis
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Penilaian
Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit.
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1. 40 cm
2. Daun bawang
3. Bayam
4. Banteng
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menyajikan makanan dari Sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Membuat
tabel
sesuai
dengan
data
|
Mampu
membuat
tabel
sesuai dengan data
|
Mampu membuat
tabel sebagian besar sesuai dengan data
|
Mampu
membuat
tabel
sebagian kecil sesuai dengan data
|
Belum mampu
membuat tabel
sesuai dengan data
|
2
|
Penyajian
jelas
|
Mampu
menyajikan
sebagian
besar isi tabel dengan jelas
|
Mampu
menyajikan
sebagian
besar isi tabel dengan jelas
|
Mampu menyajikan
sebagian kecil isi tabel dengan jelas
|
Belum
mampu
menyajikan
sebagian
besar isi tabel dengan jelas
|
b. Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Panjang
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Cara
membuat
|
Mampu
menyebutkan
cara
membuat
secara
sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian
besar cara
membuat
secara
sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian
kecil cara
membuat
secara
sistematis
|
Belum
mampu
menyebutkan
cara
membuat
secara
sistematis
|
2
|
Alat
dan
bahan
yang
dibutuhkan
|
Mampu
mengggunakanalat
dan bahan
secara
sangat lengkap
|
Mampu
mengggunakan
alat dan bahan secara agak lengkap
|
Mampu
mengggunakan
alat dan bahan secara kurang lengkap
|
Belum mampu
mengggunakan alat dan bahan secara lengkap
|
3
|
Cara
menyajikan
|
Mampu
menyajikan
es
mentimun
dengan
bersih,
rapi, dan
indah
dipandang
mata
|
Hanya
muncul dua diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang mata
|
Hanya
muncul satu diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang
mata
|
Belum
mampu
menyajikan
jus
jeruk
dengan bersih,
rapi, dan
indah
dipandang
mata
|
c.
Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar
Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila
Kelima
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1
|
Menolong
orang lain sesuai
kemampuan
|
|
|
2
|
Menghargai hasil karya orang lain
|
|
|
3
|
Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan
|
|
|
4
|
Menghormati
hak dan kewajiaban
orang lain
|
|
|
d. Menyimpulkan isi puisi yang telah
ditulis.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyimpulkan Isi Puisi yang Telah
Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
kesimpulan
dengan
isi
puisi
|
Mampu
membuat
kesimpulan
sesuai
dengan
isi puisi
|
Mampu
membuat
sebagian
besar
kesimpulan
sesuai
dengan
isi puisi
|
Mampu
membuat
sebagian
kecil
kesimpulan
sesuai
dengan
isi puisi
|
Belum mampu
membuat
kesimpulan sesuai
dengan isi puisi
|
2
|
Keefektifan
kalimat
kesimpulan
puisi
|
Mampu
membuat
kalimat
kesimpulan
puisi
dengan efektif
|
Mampu
membuat
sebagian
besar
kalimat
kesimpulan
puisi dengan efektif
|
Mampu
membuat
sebagian
kecil
kalimat
kesimpulan
puisi
dengan efektif
|
Belum
mampu
membuat
kalimat
kesimpulan
puisi
dengan
efektif
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku Siswa
2. Gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang.
3. Grafik garis.
4. Contoh tabel urutan panjang benda.
5. Gambar Edo mencangkul rumput di taman.
6. Cangkul.
7. Sapu lidi.
8. Tong sampah.
9. Alat yang dibutuhkan:
a. Cobek,
b. Sendok
c. Wadah
d. Pisau
10. Teks lagu
menanam jagung.
11. Tabel isi
lagu dan kesimpulan isi lagu
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2017
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
CHAIRUNNISA, S.Pd FAJRIAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP.
19601231 198206 2 028
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di
atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang tersedia
pertanyaanmu:
...............................................................................................
...............................................................................................
Jawaban temanmu:
...............................................................................................
...............................................................................................
Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………
Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………
Apakah
sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment