Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 6

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 13 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.10.2 Mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit.
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang

b) SBdP
1.1 Menikmati keindahan lam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.16 Menyajikan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
3.4.6 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan.
4.16.2 Menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana

c) Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.4.3 Mencatat isi puisi tentang alam semesta.
4.4.3 Menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis.

d) PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.11 Menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.13 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit
2.      Membuat tabel sederhana hasil pengukuran
3.      Menyajikan makanan dari sayuran
4.      Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima
5.      Mencatat isi puisi
6.      Menyimpulkan isi puisi yang telah Ditulis

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
  • Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Lani menguku seledri, bayam, dan daun bawang dengan rasa ingn tahu (mengamati).
  • Siswa mengamati gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang (mengamati).
  • Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang dengan rasa ingin tahu (menanya).
  • Siswa menanya tentang gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang (menanya).
  • Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang (menanya).
  • Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
  • Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
  • Siswa diarahkan untuk mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit rasa ingin tahu (menalar).
  • Siswa membaca grafik garis (mengamati).
  • Siswa mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit (menalar).
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang grafik garis (menalar).
  • Siswa membaca data semua pengukuran panjang (mengamati).
  • Siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar (mencoba).
  • Siswa mengamati contoh tabel (mengamati).
  • Siswa membuat tabel seperti contoh dengan data pengukuran yang sudah ada (mencoba).
  • Siswa diarahkan untuk menyajikan gado-gado dengan kreasinya sendiri dengan tanggung jawab (mencoba).
  • Siswa bertanya tentang cara membuat gado-gado (menanya).
  • Siswa membawa bahan membuat gado-gado yang sudah diolah.
  • Siswa sudah mempersiapkan bahan yang sudah diolah.
  • Siswa menyajikkan gado-gado dengan kreasinya sendiri (mencoba).
  • Siswa membagikan makanan yang ia sajikan ke anggota sekelompoknya sama rata (mencoba).
  • Siswa menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima (mengomunikasikan)
  • Cara membuat gado-gado:
  • Pertama buat saus kacang dulu. Kacang tanah disangrai kemudian kulitnya dibuang baru dihaluskan.
  • Tumislah cabai merah, daun jeruk, dan bawang putih sampai harum.
  • Tambahkan santan dan kacang tanah sangrai kemudian aduk-aduk sampai mendidih.
  •  Beri air asam jawa, garam, serta gula merah. Aduk dan masak sebentar. lalu sisihkan.
  • Tempe dan tahu digoreng hingga kering. Seduh taoge dengan air panas.
  • Siapkan bahan-bahan yang sudah direbus, seperti taoge, kol, selada, mentimun, tomat, dan telur, ditambah dengan tempe dan tahu. Tata rapi pada piring.
  • Kemudian siram dengan saus kacang yang dibuat tadi. Gadogado sudah siap untuk dimakan.
  • Siswa diarahkan untuk mencatat isi puisi tentang alam semesta dengan peduli (mencoba).
  • Siswa membaca teks lagu tentang menanam jagung (mengomunikasikan).
  • Siswa mencatat isi puisi tentang alam semesta (mencoba).
  • Siswa menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis (mencoba).
  • Kegiatan Pengayaan
  • Jika siswa sudah mampu membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membuat tabel dengan data baru.
  • Jika siswa sudah dapat menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan penugasan dalam menuliskan cara menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
  • Jika siswa sudah dapat menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menuliskan bentuk perilaku lain di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
  • Jika siswa sudah dapat menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan dengan membuat kesimpulan isi puisi yang disediakan guru.
  • Kegiatan Remedial
  • Jika siswa masih kesulitan untuk membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
  • Jika siswa masih kesulitan untuk menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana yang lebih intensif.
  • Jika siswa masih kesulitan untuk menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam mendemonstrasikan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
  • Jika siswa masih kesulitan untuk menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis secara intensif.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Bentuk Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit.
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1. 40 cm
2. Daun bawang
3. Bayam
4. Banteng

3. Penilaian Keterampilan
a. Menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyajikan makanan dari Sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Membuat
tabel sesuai
dengan data
Mampu membuat
tabel sesuai dengan data
Mampu membuat
tabel sebagian besar sesuai dengan data
Mampu membuat
tabel sebagian kecil sesuai dengan data
Belum mampu
membuat tabel
sesuai dengan data
2
Penyajian
jelas
Mampu menyajikan
sebagian besar isi tabel dengan jelas
Mampu menyajikan
sebagian besar isi tabel dengan jelas
Mampu menyajikan
sebagian kecil isi tabel dengan jelas
Belum mampu
menyajikan
sebagian besar isi tabel dengan jelas

b. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Panjang
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Cara
membuat
Mampu
menyebutkan cara
membuat secara
sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara
membuat secara
sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara
membuat secara
sistematis

Belum mampu
menyebutkan cara
membuat secara
sistematis
2
Alat dan
bahan yang
dibutuhkan
Mampu
mengggunakanalat
dan bahan secara
sangat lengkap
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara agak lengkap
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara kurang lengkap

Belum mampu
mengggunakan alat dan bahan secara lengkap
3
Cara
menyajikan
Mampu menyajikan
es mentimun
dengan bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata
Hanya muncul dua diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang mata
Hanya muncul satu diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang mata

Belum mampu
menyajikan jus
jeruk dengan bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata

c. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila Kelima

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Menolong orang lain sesuai
kemampuan


2
Menghargai hasil karya orang lain


3
Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan


4
Menghormati hak dan kewajiaban
orang lain



d. Menyimpulkan isi puisi yang telah ditulis.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyimpulkan Isi Puisi yang Telah Ditulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
kesimpulan
dengan isi
puisi
Mampu membuat
kesimpulan sesuai
dengan isi puisi
Mampu membuat
sebagian besar
kesimpulan sesuai
dengan isi puisi
Mampu membuat
sebagian kecil
kesimpulan sesuai
dengan isi puisi
Belum mampu
membuat
kesimpulan sesuai
dengan isi puisi
2
Keefektifan
kalimat
kesimpulan
puisi
Mampu membuat
kalimat kesimpulan
puisi dengan efektif
Mampu membuat
sebagian besar
kalimat kesimpulan
puisi dengan efektif
Mampu membuat
sebagian kecil
kalimat kesimpulan
puisi dengan efektif
Belum mampu
membuat kalimat
kesimpulan puisi
dengan efektif

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Lani mengukur seledri, bayam, dan daun bawang.
3.      Grafik garis.
4.      Contoh tabel urutan panjang benda.
5.      Gambar Edo mencangkul rumput di taman.
6.      Cangkul.
7.      Sapu lidi.
8.      Tong sampah.
9.      Alat yang dibutuhkan:
a.       Cobek, 
b.      Sendok
c.       Wadah
d.      Pisau
10.  Teks lagu menanam jagung.
11.  Tabel isi lagu dan kesimpulan isi lagu



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2017
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     FAJRIAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19601231 198206 2 028



Lembar Kerja Siswa
(LKS)




Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang tersedia

pertanyaanmu:
...............................................................................................
...............................................................................................
Jawaban temanmu:
...............................................................................................
...............................................................................................

Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………

Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………

Apakah sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………
 

MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 6
 
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors