Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 12 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
3.1.10 Menjelaskan makna symbol sila keempat Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
4.1.12 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.4 Menyebutkan akibat tidak menjaga kebersihan.
4.8.2 Mempraktikkan cara  menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

c) Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.4.2 Menjelaskan isi teks puisi tentang alam semesta.
4.4.1 Menulis puisi sederhana tentang alam sekitar dan penampakannya.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menjelaskan makna simbol sila keempat
2.      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah
3.      Menulis puisi sederhana tentang alam semesta

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Edo, Meli, Lani,
o   Udin, Siti, Dayu, Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Edo, Meli, Lani, Udin, Siti, Dayu,
o   Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Edo,
o   Meli, Lani, Udin, Siti, Dayu, Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar Edo, Meli, Lani, Udin,
o   Siti, Dayu, Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Edo, Meli, Lani,
o   Udin, Siti, Dayu, Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o   Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang makna symbol sila keempat Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan tanggung jawab.
o   Siswa mengamati gambar Lani menyapu di taman (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Meli menyusun batu kecil di taman sebagai hiasan (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Edo mencangkul rumput di taman (mengamati).
o   Siswa menyebutkan akibat tidak menjaga kebersihan (menalar).
o   Siswa mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah (mencoba).
o   Siswa diarahkan untuk menulis puisi tentang bunga yang ia pilih dengan peduli.
o   Siswa mengamati gambar bunga (mengamati).
o   Siswa memilih salah satu gambar bunga (mencoba).
o   Siswa menulis puisi tentang bunga yang ia pilih (mengamati).
o   Siswa menjelaskan isi puisi yang ia buat (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menulis puisi sederhana tentang alam sekitar dan penampakannya, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu menulis puisi sederhana tentang alam sekitar dan penampakannya dengan objek yang berbeda.
o   Jika siswa sudah mampu menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka guru dapat memberikan penugasan dalam menuliskan bentuk perilaku yang lain di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat.
o   Jika siswa sudah mampu mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menuliskan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis puisi sederhana tentang alam sekitar dan penampakannya, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menulis puisi dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam mendemonstrasikan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Bentuk Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
Banyak soal: 4 soal
Kunci Jawaban:
1. Musyawarah
2. Pernah/belum pernah
3. Sila keempat
4. Banteng
5. Tidak memaksakan kehendak kepada keorang lain, menghormati hasil keputusan
bersama, dan mengutamakan kepentingan bersama.

3. Penilaian Keterampilan
a. Menulis puisi sederhana tentang alam sekitar dan penampakannya.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Puisi Sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuai
dengan tema
Mampu menulis
puisi sesuai dengan  tema
Mampu menulis
puisi sebagian besar sesuai dengan tema
Mampu menulis
puisi sebagian kecil sesuai dengan tema
Belum mampu
menulis puisi sesuai dengan tema
2
Pilihan kata
Mampu menulis
puisi dengan pilihan
kata yang tepat
Mampu menulis
dengan pilihan kata yang sebagian besar
tepat
Mampu menulis
dengan pilihan kata yang sebagian kecil tepat
Belum mampu
menulis sesuai
dengan pilihan kata yang tepat

Lembar Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila Keempat
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Tidak memaksakan kehendak


2
Menghargai suara terbanyak


3
Bersedia menerima kekalahan


4
Menghargai pendapat orang lain



c. Mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Mempraktikkan Cara Menjaga Kebersihan Sekolah
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ikut kerjasama
membersihkan
Ikut kerja sama
membersihkan dari awal sampai selesai
Ikut kerja sama
membersihkan dari awal sampai hampir
selesai
Ikut kerja sama
membersihkan
dari awal sampai setengah waktu
membersihkan
Tidak ikut kerja
sama membersihkan
dari awal sampai selesai
2
Menentukan
alat yang
dibutuhkan
Mampu menentukan
semua alat yang
dibutuhkan
Mampu menentukan
sebagian besar alat
yang dibutuhkan
Mampu menentukan
sebagian kecil alat
yang dibutuhkan
Belum mampu
menentukan
semua alat yang
dibutuhkan
3
Menentukan
cara menjaga
kebersihan
Mampu
menyebutkan cara menjaga kebersihan
secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara menjaga kebersihan
secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara menjaga kebersihan
secara istematis




Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara menjaga kebersihan
secara sistematis

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Edo, Meli, Lani, Udin, Siti, Dayu, Beni, dan teman sekelas lainnya sedang bermusyawarah.
3.      Gambar Lani menyapu di taman.
4.      Gambar Meli menyusun batu kecil di taman sebagai hiasan.
5.      Gambar Edo mencangkul rumput di taman.
6.      Cangkul.
7.      Sapu lidi.
8.      Tong sampah.


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2017
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     FAJRIAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19601231 198206 2 028





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5

Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang tersedia
pertanyaanmu:
...........................................................................................................
...........................................................................................................

Jawabanmu:

...........................................................................................................
...........................................................................................................

Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………
Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………
Apakah sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………
 

MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 5
 

TEMA 7 KELAS2 SUB 4 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors