Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 12 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Memprediksi isi teks puisi tentang alam semesta dan penampakkannya.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.2 Membacakan puisi tentang alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
3.1.11 Menjelaskan makna symbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
4.1.13 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima


c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
3.4.4 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk olahan makanan.
3.4.5 Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan.
4.16 Menyajikan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
4.16.1 Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.        Memprediksi isi teks puisi
2.        Membaca puisi tentang alam sekitar
3.        Menunjukkan perilaku sesuai sila kelima
4.        Menyjikan makanan dari buah-buahan

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Lani, Ayah, dan
o   Petani merawat semangka dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Lani, Ayah, dan Petani merawat semangka (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Ibu dan
o   Lani menggoreng bawang di dapur dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o   Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o   Siswa mengamati gambar semangka (mengamati).
o   Siswa memprediksi isi teks puisi tentang alam semesta dan penampakkannya (menalar).
o   Siswa membuat puisi tentang semangka (mencoba).
o   Siswa menentukan judul (mencoba).
o   Siswa menentukan isi puisi (mencoba).
o   Siswa membuat puisi tentang semangka (mencoba).
o   Siswa diarahkan untuk membacakan puisi yang dibuatnya dengan peduli.
o   Siswa mengamati teks percakapan bergambar.
o   Siswa membacakan puisi tentang alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
o   Siswa diarahkan untuk bermain peran dengan tanggung jawab.
o   Siswa memperhatikan gambar Lani menolong ibu membelah semangka (mengamati).
o   Siswa memperhatikan gambar Lani membagikan potongan semangka ke semua anggota keluarga (mengamati).
o   Siswa membaca teks percakapan (mencoba).
o   Siswa menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (mengomunikasikan).
o   Siswa menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila sesuai dengan teks percakapan pada gambar, yaitu dengan bertanya jawab bersama guru.
o   Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang.
o   Siswa menentukan perannya masing-masing (mencoba).
o   Siswa bermain peran tentang teks percakapan (mengomunikasikan).
o   Siswa menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ke lima (mengomunikasikan).
o   Siswa kembali ke tempat duduknya.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang teks percakapan (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk membuat sup semangka dengan peduli.
o   Siswa mengamati teks percakapan bergambar.
o   Siswa bertanya tentang cara membuat sup semangka (menanya).

Cara membuat sup semangka:
o   Potong semangka berbentuk dadu masukan ke dalam wadah
o   Serut es batu masukan ke dalam wadah
o   Masukan sirup rasa coco pandan sesuai selera
o   Tambahkan susu
o   Hidangkan ke dalam gelas
o   Hiasi bibir gelas dengan buah semangka.
o   Siswa menentukan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup semangka (menalar).
o   Siswa menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana (mencoba).
o   Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk olahan makanan (menalar).
o   Siswa mengelompokkan bahan lain yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membacakan puisi tentang alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membaca puisi secara bergiliran bersama teman sekelompok.
o   Jika siswa sudah mampu menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima, maka guru dapat memberikan penugasan untuk menuliskan contoh perilaku lain yang sesuai dengan sila kelima.
o   Jika siswa sudah mampu menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menuliskan cara menyajikan makanan dari buah-buahan.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan puisi tentang alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing tentang cara menyajikan makanan dari buah-buahan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Bentuk Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
Banyak soal: 4 soal
Kunci Jawaban:
1. Masih/lupa
2. Sila kelima
3. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
4. Ibu dan ayah menghargai karya Lani. Lani mengucapkan terima kasih

3. Penilaian Keterampilan
a. Membacakan puisi tentang alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Membaca Puisi tentang Alam Sekitar.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Menggunakan mimik yang tepat


2
Menggunakan gerakan badan


3
Menggunakan ekspresi yang tepat


4
Menggunakan intonasi yang jelas



b. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kelima.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila Kelima

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Menolong orang lain sesuai kemampuan


2
Menghargai hasil karya orang lain


3
Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan


4
Menghormati hak dan kewajiaban orang lain



c. Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan
olahan sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Cara
membuat
Mampu
menyebutkan cara
membuat secara
sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara
membuat secara
sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara
membuat secara
sistematis
Belum mampu
menyebutkan cara
membuat secara
sistematis
2
Alat dan
bahan yang
dibutuhkan
Mampu
mengggunakan alat
dan bahan secara
sangat lengkap
Mampu
mengggunakan alat
dan bahan secara
agak lengkap
Mampu
mengggunakan alat
dan bahan secara
kurang lengkap
Belum mampu
mengggunakan alat
dan bahan secara
lengkap
3
Cara
menyajikan
Mampu menyajikan
jus jeruk dengan
bersih, rapi, dan
indah dipandang
mata
Hanya muncul dua diantara bersih,rapi, dan  indah dipandang mata
Hanya muncul satu diantara bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata
Belum mampu
menyajikan jus
jeruk dengan bersih, rapi, dan indah dipandang mata


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Lani, Ayah, dan Petani merawat semangka.
3.      Gambar semangka.
4.      Gambar Lani menolong ibu membelah semangka.
5.      Gambar Lani membagikan semangka.
6.      Teks percakapan.
7.      Wadah.
8.      Semangka secukupnya.
9.      Pisau.
10.  Susu.
11.  Gelas.
12.  Sirup rasa coco pandan.
13.  Sendok.
14.  Es batu.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                            NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)



TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4

Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang tersedia
pertanyaan:
...............................................................................................
...............................................................................................
Jawaban temanmu:


...............................................................................................
...............................................................................................


Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………
Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………
Apakah sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………
 

MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 4
 

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors