Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 11 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.11 Mencatat isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.8 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.10.4 Mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.16 Menyajikan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
3.4.6 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan.
4.16.2 Menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca laporan sederhana
2.      Mencatat isi laporan
3.      Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda
4.      Mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf
5.      Menyajikan makanan dari sayuran

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Ibu dan
o   Lani menggoreng bawang di dapur dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o   Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk membaca teks laporan sederhana tentang wortel dengan peduli.
o   Siswa mengamati gambar tanaman wortel (mengamati).
o   Siswa membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
o   Siswa diarahkan untuk menulis isi teks laporan sederhana tentang wortel dengan tulisan tegak bersambung dengan tanggung jawab.
o   Siswa menulis isi teks laporan sederhana tentang wortel dengan tulisan tegak bersambung (mencoba).
o   Siswa diarahkan untuk membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda dengan tanggung jawab.
o   Siswa mengerjakan soal latihan (mencoba).
o   Siswa untuk membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda (mencoba).
o   Siswa mengamati data piktograf (mengamati).
o   Siswa mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang piktograf (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana dengan tanggung jawab.
o   Siswa dibentuk dalam beberap kelompok.
o   Siswa menyediakan alat dan bahan membuat es mentimun.
o   Siswa memahami cara membuat es mentimun (mengamati).

Cara membuat es mentimun:
§  Kupas kulit mentimun.
§  Parut mentimun dengan hati-hati.
§  Masukan parutan mentimun ke dalam gelas.
§  Rendam selasih dengan air hangat.
§  Tunggu beberapa menit sampai selasih berubah bentuk.
§  Masukkan sirup rasa melon secukupnya ke dalam gelas yang berisi parutan mentimun.
o   Siswa membuat es mentimun (mencoba).
o   Siswa menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana (mencoba).
o   Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu mencatat hal penting tentangisi teks laporan yang dibacakan teman.
o   Jika siswa sudah mampu mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat memberikan penugasan lanjutan berupa mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf dengan angka yang lebih bervariatif.
o   Jika siswa sudah mampu menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menuliskan cara penyajian makanan yang pernah dilakukan.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam membacakan laporan sederhana hasil pengamatan.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Bentuk Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:
1. pisau
2. sendok nasi
3. sendok gulai
4. botol minuman
5. sedotan

3. Penilaian Keterampilan
a. Mendeskripsikan data yang disajikan dengan piktograf.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Mendeskripsikan Data yang Disajikan dengan Piktograf
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mendeskripsikan
data
Mampu
mendeskripsikan
semua isi data
Mampu
mendeskripsikan
sebagian beasar isi
data
Mampu
mendeskripsikan
sebagian kecil isi
data
Belum mampu
mendeskripsikan isi
data
2
Mampu
menjelaskan
isi data
Mampu menjelaskan
isi data secara
keseluruhan
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi
data
Mampu menjelaskan
sebagian kecil isi
data
Belum mampu
menjelaskan isi data

b. Menyajikan makanan dari sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyajikan makanan dari Sayuran dengan olahan sederhana

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Cara membuat
Mampu
menyebutkan semua
cara membuat
secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara
membuat secara
sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara
membuat secara
sistematis
Belum mampu
menyebutkan cara
membuat secara
sistematis
2
Alat dan
bahan yang
dibutuhkan
Mampu
mengggunakan
semua alat dan
bahan secara sangat
lengkap

Mampu
mengggunakan
sebagian besar alat
dan bahan secara
sangat lengkap
Mampu
mengggunakan
sebagian kecil alat
dan bahan secara
sangat lengkap
Belum mampu
mengggunakan
semua alat dan
bahan secara sangat
lengkap
3
Cara
menyajikan
Mampu menyajikan
es mentimun
dengan bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata
Hanya muncul dua
diantara bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata
Hanya muncul satu
diantara bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata
Belum mampu
menyajikan jus
jeruk dengan bersih,
rapi, dan indah
dipandang mata

c. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membacakan Laporan Sederhana Hasil Pengamatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Mampu membaca
keseluruhan teks
Mampu membaca
setengah atau lebih
bagian teks
Mampu membaca
kurang dari
setengah bagian
teks
Belum mampu
membaca teks
2
Pemahaman
Isi teks
Mampu mencatat
semua isi teks
laporan
Mampu mencatat
sebagian beasar isi
teks laporan
Mampu mencatat
sebagian kecil isi
teks laporan
Belum mampu
mencatat semua isi
teks laporan

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Ibu dan Lani menggoreng bawang di dapur, di meja dapur ada wortel, tomat, dan mentimun.
3.      Gambar tanaman wortel lengkap dengan daun berwarna hijau dan bunga berwarna putih.
4.      Teks laporan sederhana tentang wortel.
5.      Piktograf mentimun.
6.      Parutan.
7.      Mentimun.
8.      Gelas.
9.      Selasih.
10.  Pisau.
11.  Sirup rasa melon.
12.  Tempat merendam.
13.  Air hangat.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001















Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Bandingkanlah hasil pengukuran panjang benda berikut!


TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors