RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Merawat Tumbuhan/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.10 Menjelaskan
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.7 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk table sederhana.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.10.1 Membaca data
yang disajikan dengan grafik konkrit.
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
3.1.10 Menjelaskan
makna symbol sila keempat Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
4.1.12 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat.
d) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.8 Memahami cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan
tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.3 Menyebutkan alas
an menjaga kebersihan.
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8.1 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan sekolah.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menulis laporan
sederhana tentang hasil pengamatan
2.
Menjelaskan isi
teks laporan
3.
Menyebutkan alasan
menjaga kebersihan
4.
Mengurutkan hasil
pengukuran
5.
Membaca data yang
disajikan dengan grafik konkrit
5.
Menjelaskan makna
simbol sila keempat
6.
Mempraktikkan cara
menjaga kebersiahn kelas
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diarahkan
untuk mengamati gambar Lani, Dayu, dan
o
Udin yang
mengamati serumpun tebu di kebun dengan rasa ingin tahu yang tinggi
(mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar Lani, Dayu, dan Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun
(mengamati).
o
Siswa diarahkan
untuk menanya tentang gambar Lani,
o
Dayu, dan Udin
yang mengamati serumpun tebu di kebun dengan rasa ingin tahu yang tinggi
(menanya).
o
Siswa menanya
tentang gambar Lani, Dayu, dan Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun
(menanya).
o
Siswa membuat
pertanyaan tentang gambar Lani, Dayu, dan
o
Udin yang
mengamati serumpun tebu di kebun (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o
Siswa saling
menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar pohon jeruk (mengamati).
o
Siswa memprediksi
isi teks laporan sederhana tentang pohon jeruk (menalar).
o
Siswa diarahkan
untuk menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatannya dengan tanggung
jawab.
o
Siswa mengamati
salah satu tanaman yang ada di sekolah (mengamati).
o
Siswa menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatannya (mencoba).
o
Siswa menjelaskan
tentang tanaman yang ia amati (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
beberapa gambar tentang Lani, Dayu,
o
Udin, dan Beni
membersihkan kebun tebu (mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab tentang kegiatan yang pernah dilakukan untuk menjaga kebersihan di
sekolah (menanya).
o
Siswa mengamati
teks percakapan bergambar tentang alasan yang tepat untuk menjaga kebersihan
tanaman.
o
Siswa diarahkan untuk mengolah data tentang hasil pengukuran panjang
ruas tebu yang diukur Lani dan Beni pada tabel dengan peduli (menalar).
o
Siswa mengamati gambar tentang Lani, Dayu, Udin, dan Beni mengukur
panjang ruas tebu yang sudah dipotong (mengamati).
o
Siswa mengolah data tentang hasil pengukuran panjang ruas tebu yang
diukur Lani dan Beni pada tabel (menalar).
o
Siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai
terkecil ke terbesar (menalar).
o
Siswa membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit (mengomunikasikan).
o
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan grafik konkrit (menalar).
o
Siswa menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila
keempat (mengomunikasikan).
o
Siswa memilih perilaku yang sesuai dengan nilai sila keempat
(memalar).
o
Siswa menjelaskan makna simbol sila keempat
o
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (mengomunikasikan).
o
Siswa mencentang pada gambar sesuai dengan silamkeempat Pancasila.
o
Siswa diarahkan untuk berlatih membaca data yang disajikan dengan
piktograf dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
o
Siswa menetukan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kelas
(menalar).
o
Siswa mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah mampu menulis laporan
sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar, maka guru
memberikan latihan lanjutan yaitu saling memeriksa kalimat lapoaran teman.
o
Jika siswa sudah mampu menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka guru dapat
memberikan penugasan dengan membuat contoh lain dari sila keempat.
o
Jika siswa sudah mampu membaca data yang
disajikan dengan grafik konkrit, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
berupa mengolah data dari grafik konkrit yang baru.
o
Jika siswa sudah mampu mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
dalam bentuk soal tertulis.
Kegiatan
Remedial
o
Jika siswa masih kesulitan untuk menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatanmtumbuhan di lingkungan sekitar,
maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menulis laporan.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka
guru dapat memberikan latihan bermain peran.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk membaca
data yang disajikan dengan grafik konkrit, maka guru dapat memberikan latihan
terbimbing dalam membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas, maka guru dapat memberikan
bimbingan berupa mendemonstrasikan cara menjaga kebersihan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Bentuk
Instrumen Penilaian
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Mengurutkan
hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak
soal: 5 soal
Kunci
Jawaban:
1. 12 cm (skor
25)
2. Ruas 2
(skor 25)
3. Ruas 1
(skor 25)
4. Ruas 3
(skor 25)
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Mempraktikkan Cara Menjaga Kebersihan Kelas
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ikut
kerjasama
membersihkan
|
Ikut kerjasama
membersihkan
dari awal sampai selesai
|
Ikut
kerjasama
membersihkan
dari awal sampai hampir
selesai
|
Ikut
kerjasama
membersihkan
dari awal
sampai setengah waktu
membersihkan
|
Tidak
ikut kerjasama
membersihkan
dari awal sampai selesai
|
2
|
Menentukan
alat
yang
dibutuhkan
|
Mampu
menentukan
semua alat
yang
dibutuhkan
|
Mampu menentukan
sebagian besar alat yang dibutuhkan
|
Mampu menentukan
sebagian kecil alat yang dibutuhkan
|
Belum mampu
menentukan
semua alat yang
dibutuhkan
|
3
|
Menentukan
cara
menjaga
kebersihan
|
Mampu
menyebutkan
cara menjaga kebersihan
secara sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara menjaga kebersihan
secara sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara menjaga kebersihan
secara sistematis
|
Belum
mampu
menyebutkan
cara menjaga kebersihan
secara sistematis
|
b. Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan
sekitar.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menulis Teks Laporan Sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD
yang
tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata depan,
dan tanda
baca
yang
tepat tanpa
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf kapital, kata depan,
dan tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat namun
dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata depan,
dan tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata depan,
dan tanda
baca
tidak
digunakan
dengan
tepat dan
dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang
lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan kata
yang kurang lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata yang belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks
yang ditulis
dengan tema
cerita narasi
sederhana
|
Seluruh
isi teks
yang
ditulis sesuai
judul
atau tema teks
laporan
sederhana
|
Setengah
atau lebih
isi
karangan sesuai
judul
atau tema teks
laporan sederhana
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai
judul
atau tema teks
laporan
sederhana
|
Seluruh
isi karangan
belum
sesuai
dengan
tema teks
laporan
sederhana
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur
kalimat yang
lengkap
dengan
susunan
yang tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat yang
lengkap
namun
susunannya
kurang
tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat yang
kurang
lengkap dan susunannya juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang
lengkap
dan tidak jelas susunannya
juga
kurang sulit
dipahami
|
c. Membaca data
yang disajikan dengan grafik konkrit.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Membaca Data
yang Disajikan dengan Grafik Konkrit
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Membaca data
|
Mampu membaca
isi data
secara
keseluruhan
|
Mampu membaca
sebagian
besar isi data
|
Mampu
membaca
sebagian
kecil isi data
|
Belum
mampu
membaca isi data
|
2
|
Mampu
menjelaskan
isi
data
|
Mampu
menjelaskan
isi data
secara
keseluruhan
|
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi data
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
kecil isidata
|
Belum
mampu
menjelaskan isi data
|
d.
Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat.
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar
Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila
Keempat
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Tidak
memaksakan kehendak
|
|
|
2
|
Menghargai
suara terbanyak
|
|
|
3
|
Bersedia
menerima kekalahan
|
|
|
4
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
F. Sumber
dan Media
- Buku Siswa
- Gambar Lani, Dayu, dan Udin mengamati serumpun tebu.
- Tanaman di taman.
- Teks laporan sederhana tentang pohon jeruk
- Gambar Lani, Dayu, Udin, dan Beni membersihkan kebun tebu.
- Tabel hasil pengukuran panjang ruas tebu yang diukur Lani dan Beni.
- Grafik garis tentang panjang ruas tebu.
- Gambar sarang sikap sesuai sila Pancasila.
- Sapu.
1
Mengetahui, Tijue,
2 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah salah satu tanaman di
sekolahmu.
Tulislah laporan sederhana tentang hasil pengamatanmu!
Jelaskan tanaman yang kamu amati.
Sampaikan dengan bahasa yang santun dan
suara
yang nyaring! MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment