Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 11 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.10 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.7 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.10.1 Membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit. 

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
3.1.10 Menjelaskan makna symbol sila keempat Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
4.1.12 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.3 Menyebutkan alas an menjaga kebersihan.
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8.1 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan sekolah.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan
2.      Menjelaskan isi teks laporan
3.      Menyebutkan alasan menjaga kebersihan
4.      Mengurutkan hasil pengukuran
5.      Membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit
5.      Menjelaskan makna simbol sila keempat
6.      Mempraktikkan cara menjaga kebersiahn kelas

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Lani, Dayu, dan
o   Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Lani, Dayu, dan Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Lani,
o   Dayu, dan Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar Lani, Dayu, dan Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Lani, Dayu, dan
o   Udin yang mengamati serumpun tebu di kebun (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o   Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o   Siswa mengamati gambar pohon jeruk (mengamati).
o   Siswa memprediksi isi teks laporan sederhana tentang pohon jeruk (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatannya dengan tanggung jawab.
o   Siswa mengamati salah satu tanaman yang ada di sekolah (mengamati).
o   Siswa menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatannya (mencoba).
o   Siswa menjelaskan tentang tanaman yang ia amati (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati beberapa gambar tentang Lani, Dayu,
o   Udin, dan Beni membersihkan kebun tebu (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab tentang kegiatan yang pernah dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekolah (menanya).
o   Siswa mengamati teks percakapan bergambar tentang alasan yang tepat untuk menjaga kebersihan tanaman.
o   Siswa diarahkan untuk mengolah data tentang hasil pengukuran panjang ruas tebu yang diukur Lani dan Beni pada tabel dengan peduli (menalar).
o   Siswa mengamati gambar tentang Lani, Dayu, Udin, dan Beni mengukur panjang ruas tebu yang sudah dipotong (mengamati).
o   Siswa mengolah data tentang hasil pengukuran panjang ruas tebu yang diukur Lani dan Beni pada tabel (menalar).
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar (menalar).
o   Siswa membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan grafik konkrit (menalar).
o   Siswa menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat (mengomunikasikan).
o   Siswa memilih perilaku yang sesuai dengan nilai sila keempat (memalar).
o   Siswa menjelaskan makna simbol sila keempat
o   Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (mengomunikasikan).
o   Siswa mencentang pada gambar sesuai dengan silamkeempat Pancasila.
o   Siswa diarahkan untuk berlatih membaca data yang disajikan dengan piktograf dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
o   Siswa menetukan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kelas (menalar).
o   Siswa mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu saling memeriksa kalimat lapoaran teman.
o   Jika siswa sudah mampu menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka guru dapat memberikan penugasan dengan membuat contoh lain dari sila keempat.
o   Jika siswa sudah mampu membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa mengolah data dari grafik konkrit yang baru.
o   Jika siswa sudah mampu mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan dalam bentuk soal tertulis.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatanmtumbuhan di lingkungan sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menulis laporan.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat, maka guru dapat memberikan latihan bermain peran.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas, maka guru dapat memberikan bimbingan berupa mendemonstrasikan cara menjaga kebersihan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit


E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Bentuk Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:
1.      12 cm (skor 25)
2.      Ruas 2 (skor 25)
3.      Ruas 1 (skor 25)
4.      Ruas 3 (skor 25)

3. Penilaian Keterampilan
a. Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.

Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Mempraktikkan Cara Menjaga Kebersihan Kelas
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ikut kerjasama
membersihkan
Ikut kerjasama
membersihkan dari awal sampai selesai
Ikut kerjasama
membersihkan dari awal sampai hampir
selesai
Ikut kerjasama
membersihkan
dari awal sampai setengah waktu
membersihkan

Tidak ikut kerjasama
membersihkan dari awal sampai selesai
2
Menentukan
alat yang
dibutuhkan
Mampu menentukan
semua alat yang
dibutuhkan
Mampu menentukan
sebagian besar alat yang dibutuhkan
Mampu menentukan
sebagian kecil alat yang dibutuhkan
Belum mampu
menentukan
semua alat yang
dibutuhkan
3
Menentukan
cara menjaga
kebersihan
Mampu
menyebutkan cara menjaga kebersihan
secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara menjaga kebersihan
secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara menjaga kebersihan
secara sistematis
Belum mampu
menyebutkan cara menjaga kebersihan
secara sistematis



b. Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan
sekitar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Teks Laporan Sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan huruf kapital, kata depan,
dan tanda baca
yang tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan huruf kapital, kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan huruf
kapital, kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan huruf
kapital, kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang
lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan kata
yang kurang lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata yang belum lengkap
3
Kesesuaian
isi teks
yang ditulis
dengan tema
cerita narasi
sederhana
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai
judul atau tema teks
laporan sederhana
Setengah atau lebih
isi karangan sesuai
judul atau tema teks
laporan sederhana
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema teks
laporan sederhana
Seluruh isi karangan
belum sesuai
dengan tema teks
laporan sederhana
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap namun
susunannya kurang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap dan susunannya juga kurang tepat
Mengandung unsur kalimat yang kurang
lengkap dan tidak jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

c. Membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membaca Data yang Disajikan dengan Grafik Konkrit
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Membaca data
Mampu membaca
isi data secara
keseluruhan
Mampu membaca
sebagian besar isi data
Mampu membaca
sebagian kecil isi data
Belum mampu
membaca isi data
2
Mampu
menjelaskan
isi data
Mampu menjelaskan
isi data secara
keseluruhan
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi data
Mampu menjelaskan
sebagian kecil isidata
Belum mampu
menjelaskan isi data

d. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila keempat.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Menunjukkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila Keempat
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat ()
1
Tidak memaksakan kehendak


2
Menghargai suara terbanyak


3
Bersedia menerima kekalahan


4
Menghargai pendapat orang lain



F. Sumber dan Media
  1. Buku Siswa
  2. Gambar Lani, Dayu, dan Udin mengamati serumpun tebu.
  3. Tanaman di taman.
  4. Teks laporan sederhana tentang pohon jeruk
  5. Gambar Lani, Dayu, Udin, dan Beni membersihkan kebun tebu.
  6. Tabel hasil pengukuran panjang ruas tebu yang diukur Lani dan Beni.
  7. Grafik garis tentang panjang ruas tebu.
  8. Gambar sarang sikap sesuai sila Pancasila.
  9. Sapu.
1



Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amatilah salah satu tanaman di sekolahmu.
Tulislah laporan sederhana tentang hasil pengamatanmu!






Jelaskan tanaman yang kamu amati.
Sampaikan dengan bahasa yang santun dan suara
yang nyaring! 



MEDIA

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors