RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Merawat Tumbuhan/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan vTuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.8 Memprediksi
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba
menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.7 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1
Mengidentifikasi symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda
Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa symbol sila Pancasila
4.1.15 Menceritakan
perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.
4.1.16 Menerapkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.1
Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
4.10.3 Membaca data
yang disajikan dengan piktograf
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.16 Menyajikan
makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
3.4.4 Mengidentifikasi
bahan alam di lingkungan sekitar untuk olahan makanan.
3.4.3
Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan.
4.16.1 Menyajikan
makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Memprediksi isi
teks laporan
2.
Membaca nyaring
teks laporan
3.
Membuat kesimpulan
4.
Menceritakan
perilaku disekolah sesuai sila
5.
Mengidentifikasi
simbol-simbol sila Pancasila
6.
Membandingkan hasil
pengukuran dua benda
7.
Membaca data yang
disajikan dengan piktograf
8.
Menyajikan makanan
dari buahbuahan
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diarahkan
untuk mengamati gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di
kebun sekolah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah
(mengamati).
o
Siswa diarahkan
untuk menanya tentang gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk
di kebun sekolah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o
Siswa menanya
tentang gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun
sekolah (menanya).
o
Siswa membuat
pertanyaan tentang gambar Lani, Siti,dan Edo membersihkan tanaman jeruk di
kebun sekolah (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o
Siswa saling
menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar pohon jeruk (mengamati).
o
Siswa memprediksi
isi teks laporan sederhana tentang pohon jeruk (menalar).
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang ciri-ciri pohon jeruk (menalar).
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang upaya untuk menjaga kesuburan tanaman jeruk (menalar).
o
Siswa menyebutkan
alasannya agar hati-hati membersihkan pohon jeruk (menalar).
o
Siswa menentukan
alat yang dibutukan untuk membersihkan pohon jeruk (menalar).
o
Siswa membaca
teks laporan tentang pohon jeruk (mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
kesimpulan bentuk batang jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang
dibacanya (mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
kesimpulan bentuk daun jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang
dibacanya (mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
kesimpulan bentuk buah jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang
dibacanya (mengomunikasikan).
o
Siswa diarahkan
untuk bercerita tentang perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang
sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan tanggung jawab.
o
Siswa menyimak
cerita yang dibacakan guru.
o
Siswa mengamati
gambar acak.
o
Siswa mengurutkan
gambar sesuai dengan cerita yang disampaikan guru.
o
Tangan Edo
terluka karena duri pohon jeruk sewaktu mencabut gulma yang menjalar pada
pohon jeruk.
o
Lani membawa Edo
ke UKS.
o
Lani kembali dari
UKS menuju kebun.
o
Lani memetik buah
jeruk.
o
Lani membagikan
buah jeruk kepada temantemannya.
o
Siswa
menceritakan gambar yang diurutkannya (mengomunikasikan).
o
Siswa
menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang sesuai dengan
sila-sila pada Pancasila (mengomunikasikan).
o
Siswa mencentang
gambar yang sesuai dengan sila Pancasila.
o
Siswa
memperhatikan gambar Lani memikirkan simbol sila kedua dan kelima
(mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab tentang simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” (menanya).
o
Siswa
mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” (menalar).
o
Siswa menerapkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila
(mengomunikasikan).
o
Siswa menentukan
contoh sikap yang sesuai dengan masing-masing sila (menalar).
o
Siswa diarahkan
untuk berlatih membaca data yang disajikan dengan piktograf dengan peduli.
o
Siswa
memperhatikan gambar Lani dan Siti mengukur panjang sapu lidi dan sekop
sampah (mengamati).
o
Siswa
memperhatikan gambar dua benda.
o
Siswa
membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda yang dilakukan Lani
menggunakan kata lebih panjang atau lebih pendek (mencoba).
o
Siswa menentukan
benda yang lebih panjang (mencoba).
o
Siswa membaca
data yang disajikan dengan piktograf (mengamati).
o
Siswa menjawab
pertanyaan terkait data yang disajikan dalam piktograf (menalar).
o
Siswa diarahkan
untuk membuat jus jeruk dengan peduli.
o
Siswa tergabung
dalam beberapa kelompok.
o
Siswa mengamati
gambar percakapan antara guru bersama siswa.
o
Siswa menanya
tentang cara membuat jus jeruk (menanya).
o
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus jeruk (mencoba).
Cara membuat jus jeruk:
o
Siswa
mempraktikkan cara membuat jus jeruk (mencoba).
o
Siswa menyajikan
jeruk dengan olahan sederhana menjadi jus jeruk (mencoba).
o
Siswa
mengidentifikasi bahan alam lainnya di lingkungan sekitar untuk olahan
makanan (menalar).
o
Siswa
mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan
(mencoba).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan
sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membaca nyaring teks laporan
sederhana dengan cara berkelompok dan bergantian.
o
Jika siswa sudah
mampu membaca data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat memberikan
penugasan dalam membaca data dalam piktograf yang lebih rumit.
o
Jika siswa sudah
mampu menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan silasila pada
Pancasila, maka guru dapat memberikan penugasan berupa memberikan latihan perilaku
dalam bentuk lainnya.
o
Jika siswa sudah
mampu menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa tes tertulis tentang
cara menyajikan makanan tersebut.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di
lingkungan sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan
latihan di rumah.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membaca data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat
memberikan bimbingan dalam yang lebih intensif.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila
pada Pancasila, maka guru dapat memberikan latihan bermain peran.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar
dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menyajikan
makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja:
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
a.
Memprediksi isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
Banyak soal: 4 soal
Kunci Jawaban:
1. Pohon jeruk
memiliki batang yang bercabang, tulang daunnya menyirip, dan buah yang bulat.
(skor 20)
2. Pohon jeruk
dipupuk, disiram, dan membersihkan gulma. (skor 20)
b. Membandingkan
hasil pengukuran panjang dua benda
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1. Lebih
panjang (skor 20)
2. Lebih
panjang (skor 20)
3. Lebih
pendek (skor 20)
3.
Penilaian Keterampilan
a. Membaca
nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik
Membaca Nyaring Teks Laporan Sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Mampu membaca
keseluruhan
teks
dengan lancar
|
Mampu membaca
sebagian
besar teks dengan lancar
|
Mampu membaca
sebagian
kecil teks dengan lancar
|
Belum
mampu
membaca
teks
dengan lancar
|
2
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
Semua pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
besar
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang diajukan
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
b. Membaca
data yang disajikan dengan piktograf.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik
Membaca Data yang Disajikan dengan Piktograf
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Membaca data
|
Mampu membaca
isi data
secara keseluruhan
|
Mampu
membaca
sebagian
besar isi data
|
Mampu membaca
sebagian kecil
isi data
|
Belum
mampu
membaca isi data
|
2
|
Mampu
menjelaskan
isi
data
|
Mampu
menjelaskan
isi data
secara keseluruhan
|
Mampu menjelaskan
sebagian
besar isi data
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
kecil isi data
|
Belum mampu
menjelaskan isi data
|
c.
Menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada
Pancasila.
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar
Pengamatan Menerapkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan
Sila-sila pada Pancasila
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Berdoa
sebelum belajar
|
||
2
|
Bersikap
adil kepada teman
|
||
3
|
Berteman baik dengan semua teman
|
||
4
|
Berbicara dengan sopan
|
||
5
|
Datang ke sekolah tepat waktu
|
d.
Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik
Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan
olahan
sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Cara membuat
|
Mampu
menyebutkan
cara membuat secara sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian
besar cara membuat secara sistematis
|
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil
cara membuat secara sistematis
|
Belum
mampu
menyebutkan
cara membuat secara sistematis
|
2
|
Alat dan
bahan
yang
dibutuhkan
|
Mampu
mengggunakan
alat dan bahan secara sangat
lengkap
|
Mampu
mengggunakan
alat dan bahan secara agak lengkap
|
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara kurang lengkap
|
Belum mampu
mengggunakan alat dan bahan secara lengkap
|
Cara
menyajikan
|
Mampu
menyajikan
jus jeruk
dengan
bersih, rapi,
dan
indah
dipandang
mata
|
Hanya
muncul dua diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang mata
|
Hanya
muncul satu diantara bersih, rapi, dan indah dipandang mata
|
Belum
mampu
menyajikan
jus
jeruk
dengan bersih, rapi, dan indah dipandang mata
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku Siswa
2. Gambar
Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah.
3. Gambar
pohon jeruk.
4. Teks
laporan sederhana tentang pohon jeruk.
5. Gambar Lani
memikirkan lambang sila kedua dan kelima.
6. Gambar Lani
dan Siti membandingkan panjang daun jeruk dan daun rambutan.
7. Tabel
perbedaan panjang benda.
8. Piktograf
tentang jeruk yang dibeli sebulan.
9. Mangkuk,
Pemeras jeruk, Pisau, Pengaring, Gelas.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2017
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
CHAIRUNNISA, S.Pd FAJRIAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19601231 198206 2 028
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan gambar, jawablah pertanyaan
berikut.
1. Tuliskan ciri-ciri pohon
jeruk.
Jawaban: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Apa yang harus kita lakukan
agar pohon jeruk tumbuh subur?
Jawaban: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment