Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 7 KELAS 2 SUB 4 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 10 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/II
Tema 7                                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Merawat Tumbuhan/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan vTuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.8 Memprediksi isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.7 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Mengidentifikasi symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa symbol sila Pancasila
4.1.15 Menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.
4.1.16 Menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
4.10.3 Membaca data yang disajikan dengan piktograf

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.16 Menyajikan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana.
3.4.4 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk olahan makanan.
3.4.3 Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan.
4.16.1 Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Memprediksi isi teks laporan
2.      Membaca nyaring teks laporan
3.      Membuat kesimpulan
4.      Menceritakan perilaku disekolah sesuai sila
5.      Mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila
6.      Membandingkan hasil pengukuran dua benda
7.      Membaca data yang disajikan dengan piktograf
8.      Menyajikan makanan dari buahbuahan

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar Lani, Siti,dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
o   Siswa saling menjawab pertanyaan temannya (menalar).
o   Siswa mengamati gambar pohon jeruk (mengamati).
o   Siswa memprediksi isi teks laporan sederhana tentang pohon jeruk (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri pohon jeruk (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang upaya untuk menjaga kesuburan tanaman jeruk (menalar).
o   Siswa menyebutkan alasannya agar hati-hati membersihkan pohon jeruk (menalar).
o   Siswa menentukan alat yang dibutukan untuk membersihkan pohon jeruk (menalar).
o   Siswa membaca teks laporan tentang pohon jeruk (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat kesimpulan bentuk batang jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang dibacanya (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat kesimpulan bentuk daun jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang dibacanya (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat kesimpulan bentuk buah jeruk berdasarkan isi teks laporan sederhana yang dibacanya (mengomunikasikan).
o   Siswa diarahkan untuk bercerita tentang perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan tanggung jawab.
o   Siswa menyimak cerita yang dibacakan guru.
o   Siswa mengamati gambar acak.
o   Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan cerita yang disampaikan guru.
o   Tangan Edo terluka karena duri pohon jeruk sewaktu mencabut gulma yang menjalar pada pohon jeruk.
o   Lani membawa Edo ke UKS.
o   Lani kembali dari UKS menuju kebun.
o   Lani memetik buah jeruk.
o   Lani membagikan buah jeruk kepada temantemannya.
o   Siswa menceritakan gambar yang diurutkannya (mengomunikasikan).
o   Siswa menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa mencentang gambar yang sesuai dengan sila Pancasila.
o   Siswa memperhatikan gambar Lani memikirkan simbol sila kedua dan kelima (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab tentang simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (menanya).
o   Siswa mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” (menalar).
o   Siswa menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa menentukan contoh sikap yang sesuai dengan masing-masing sila (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk berlatih membaca data yang disajikan dengan piktograf dengan peduli.
o   Siswa memperhatikan gambar Lani dan Siti mengukur panjang sapu lidi dan sekop sampah (mengamati).
o   Siswa memperhatikan gambar dua benda.
o   Siswa membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda yang dilakukan Lani menggunakan kata lebih panjang atau lebih pendek (mencoba).
o   Siswa menentukan benda yang lebih panjang (mencoba).
o   Siswa membaca data yang disajikan dengan piktograf (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan terkait data yang disajikan dalam piktograf (menalar).
o   Siswa diarahkan untuk membuat jus jeruk dengan peduli.
o   Siswa tergabung dalam beberapa kelompok.
o   Siswa mengamati gambar percakapan antara guru bersama siswa.
o   Siswa menanya tentang cara membuat jus jeruk (menanya).
o   Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus jeruk (mencoba).

Cara membuat jus jeruk:
  • §  Potong jeruk menjadi dua bagian sama besar.
  • §  Peras jeruk dengan menekan jeruk pada bagian atas alat pemeras menggunakan tangan.
  • §  Saring jeruk dengan penyaring.
  • §  Tuangkan ke dalam gelas.
  • §  Jus jeruk siap diminum.
o   Siswa mempraktikkan cara membuat jus jeruk (mencoba).
o   Siswa menyajikan jeruk dengan olahan sederhana menjadi jus jeruk (mencoba).
o   Siswa mengidentifikasi bahan alam lainnya di lingkungan sekitar untuk olahan makanan (menalar).
o   Siswa mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membaca nyaring teks laporan sederhana dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu membaca data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membaca data dalam piktograf yang lebih rumit.
o   Jika siswa sudah mampu menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan silasila pada Pancasila, maka guru dapat memberikan penugasan berupa memberikan latihan perilaku dalam bentuk lainnya.
o   Jika siswa sudah mampu menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa tes tertulis tentang cara menyajikan makanan tersebut.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca data yang disajikan dengan piktograf, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila, maka guru dapat memberikan latihan bermain peran.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja:

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
a. Memprediksi isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
Banyak soal: 4 soal
Kunci Jawaban:
1.      Pohon jeruk memiliki batang yang bercabang, tulang daunnya menyirip, dan buah yang bulat. (skor 20)
2.      Pohon jeruk dipupuk, disiram, dan membersihkan gulma. (skor 20)

b. Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1.      Lebih panjang (skor 20)
2.      Lebih panjang (skor 20)
3.      Lebih pendek (skor 20)

3. Penilaian Keterampilan
a. Membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membaca Nyaring Teks Laporan Sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Mampu membaca
keseluruhan teks
dengan lancar
Mampu membaca
sebagian besar teks dengan lancar
Mampu membaca
sebagian kecil teks dengan lancar
Belum mampu
membaca teks
dengan lancar
2
Pemahaman
Isi teks
Mampu menjawab
Semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang diajukan
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

b. Membaca data yang disajikan dengan piktograf.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membaca Data yang Disajikan dengan Piktograf
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Membaca data
Mampu membaca
isi data secara keseluruhan
Mampu membaca
sebagian besar isi data
Mampu membaca
sebagian kecil isi data
Belum mampu
membaca isi data
2
Mampu
menjelaskan
isi data
Mampu menjelaskan
isi data secara keseluruhan
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi data
Mampu menjelaskan
sebagian kecil isi data
Belum mampu
menjelaskan isi data

c. Menerapkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Menerapkan Perilaku di Sekitar Sekolah yang Sesuai
dengan Sila-sila pada Pancasila

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Berdoa sebelum belajar


2
Bersikap adil kepada teman


3
Berteman baik dengan semua teman


4
Berbicara dengan sopan


5
Datang ke sekolah tepat waktu



d. Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan olahan
sederhana.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyajikan makanan dari buah-buahan di lingkungan sekitar dengan
olahan sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Cara membuat
Mampu
menyebutkan cara membuat secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian besar cara membuat secara sistematis
Mampu
menyebutkan
sebagian kecil cara membuat secara sistematis
Belum mampu
menyebutkan cara membuat secara sistematis
2
Alat dan
bahan yang
dibutuhkan
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara sangat lengkap
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara agak lengkap
Mampu
mengggunakan alat dan bahan secara kurang lengkap
Belum mampu
mengggunakan alat dan bahan secara lengkap

Cara
menyajikan
Mampu menyajikan
jus jeruk dengan
bersih, rapi, dan
indah dipandang
mata
Hanya muncul dua diantara bersih, rapi, dan indah
dipandang mata
Hanya muncul satu diantara bersih, rapi, dan indah dipandang mata
Belum mampu
menyajikan jus
jeruk dengan bersih, rapi, dan indah dipandang mata

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Lani, Siti, dan Edo membersihkan tanaman jeruk di kebun sekolah.
3.      Gambar pohon jeruk.
4.      Teks laporan sederhana tentang pohon jeruk.
5.      Gambar Lani memikirkan lambang sila kedua dan kelima.
6.      Gambar Lani dan Siti membandingkan panjang daun jeruk dan daun rambutan.
7.      Tabel perbedaan panjang benda.
8.      Piktograf tentang jeruk yang dibeli sebulan.
9.      Mangkuk, Pemeras jeruk,  Pisau, Pengaring, Gelas.


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2017
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     FAJRIAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                  NIP. 19601231 198206 2 028



Lembar Kerja Siswa
(LKS)
 


Berdasarkan gambar, jawablah pertanyaan berikut.
1.      Tuliskan ciri-ciri pohon jeruk.
Jawaban: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.  Apa yang harus kita lakukan agar pohon jeruk tumbuh subur?
Jawaban: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

MEDIA

TEMA 7 KELAS SUB 4 PB 1

TEMA 7 KELAS SUB 4 PB 1

TEMA 7 KELAS SUB 4 PB 1


TEMA 7 KELAS SUB 4 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors