Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 6 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/II
Tema 8                                        : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 6
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada teks tentang alam semesta.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
3.12.1  Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.1    Membuat jaring-jaring bangun ruang

c) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal bulan.
2.      Membuat kalimat.
3.      Membuat bangun ruang dari jaring-jaring.
4.      Mencari pasangan antara jaring-jaring dan bangun ruang.
5.      Menulis cita-cita.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali tentang bumi dan hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (Mengkomunikasikan)
o   Sebagai kegiatan pembuka siswa diminta untuk berpasangan dan memperagakan gerak Bumi dan bulan. Siswa yang berperan sebagai Bumi akan bergerak mengeliling Matahari, sementara Bulan akan selalu mengikuti gerak bumi.
o   Siswa diminta untuk membaca teks tentang bumi dan bulan pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Mengasosiasi)
o   Siswa diminta berlatih untuk menggambarkan bentuk-bentuk fase bulan yang mereka ketahui dari pengamatan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o   Siswa berlatih membuat kalimat dari kata yang terdapat pada teks di buku siswa.
o   Siswa berlatih membuat kalimat berdasarkan katakata yang tersedia.
o   Kata-kata yang dipilih terkait dengan materi yang sedang dibahas.
o   Kegiatan ini merupakan kegiatan pengayaan, bisa dilakukan atau tidak.
o   Sebagai latihan tambahan, siswa diminta untuk mencoba mengamati bulan selama 1 bulan, kemudian menggambarkan perubahan bentuk bulan dari hasil pengamatannya.
o   Siswa mengamati gambar pada buku teks dan mengidentifikasi bangun-bangun ruang yang menyerupai bentuk benda pada gambar tersebut. (Mengamati)
o   Siswa mengamati gambar pesawat luar angkasa, lalu mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun ruang yang ada pada gambar tersebut.
o   Siswa berlatih membuat jaring-jaring dari bangun ruang yang disebutkan berdasarkan prediksi siswa. (Mengekplorasi)
o   Siswa diminta untuk menggunting jaring-jaring bangun ruang yang terdapat pada buku siswa. Kemudian siswa dipandu oleh guru untuk melipat dan membentuk bangun ruang dari jaring-jaring tersebut.
o   Siswa berlatih mengidentifikasi dan memasang-kan gambar bangun ruang dengan jaring-jaringnya, sesuai latihan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi)
o   Siswa membaca teks tentang pentingnya bekerja keras mencapai cita-cita. (Mengamati)
o   Siswa memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru bahwa bekerja keras untuk berusaha meraih cita-cita adalah salah satu bentuk perilaku adil terhadap diri sendiri. (Mengasosiasi)
o   Siswa diminta untuk bercerita tentang cita-citanya dan hal apa saja yang harus dilakukan agar citacitanya tercapai.
o   Siswa menuliskan cita-cita dan hal yang perlu dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut.
o   Siswa mengidentifikasi sikap adil yang sesuai dengan cerita yang dibuatnya. (Mengekplorasi)
o   Siswa dan guru menutup pertemuan dengan doa bersama. (Mengasosiasi)

Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial dilakukan pada siswa yang dinilai masih memerlukan bimbingan lebih jauh. Remedial diberikan dalam bentuk sebagai berikut.
       Menjelaskan kembali contoh pengalaman sila kelima Pancasila.
       Memberikan contoh langsung bentuk laporan.
       Membuat jaring-jaring berdasarkan bangun ruang yang dibongkar.
       Membawa contoh berbagai jadwal kegiatan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
       Kunjungan ke planetarium.
       Melakukan pengamatan bentuk bulan selama beberapa hari.
       Membuat lapisan-lapisan bumi menggunakan lilin atau plastisin
       Membuat model tata surya menggunakan bola dan di gantung

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis, yaitu membuat kalimat dari sebuah kata, dan memasangkan bangun ruang dan jaring-jaring bangun ruang.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan kegiatan bercerita.
Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
Kepercayaan diri dalam bercerita
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri
Volume suara, intonasi dan ekspresi
Volume dan Intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas
Hanya terdengar di bagian depan kelas
Sangat pelan atau tidak terdengar

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027







LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Buatlah kalimat menggunakan kata-kata berikut.
1. Gerhana
 
2. Bulan purnama


3. Bulan sabit
 

 4. Cahaya




5. Air laut
 


MEDIA
TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors