Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 24 February 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/II
Tema 8                                        : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 5
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1  Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
4.6.1    Membuat jaring-jaring bangun ruang.

c) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang kewajiban yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima Pancasilasesuai konteks/tema.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengamati bagian bumi.
2.      Membuat laporan.
3.      Mengenal bangun ruang.
4.      Menggambar jaring-jaring sebuah bangun ruang.
5.      Contoh sikap adil.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar pada buku paket tentang lapisan-lapisan yang membentuk bumi. (Mengamati)
o   Siswa membaca teks informasi pada buku siswa mengenai bagian-bagian bumi.
o   Siswa melakukan percobaan dengan telur ayam/bebek. Kegiatan ini bisa dilakukan per individu atau kelompok. (Mengekplorasi)
o   Sebelum melakukan percobaan siswa/guru menyiapkan sebuah telur ayam/bebek untuk direbus. Pastikan telur hingga matang.
o   Minta siswa untuk membelah telur menjadi dua bagian tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian siswa mengamati bagian-bagian telur tersebut. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa lapisan-lapisan pada telur menggambar-kan lapisan-lapisan pada bumi kita. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengidentifikasi bagian-bagian telur yang mewakili setiap lapisan bumi.
o   Siswa menuliskan laporan dari hasil pengamatan-nya pada tempat yang disediakan. (Mengasosiasi)
o   Siswa berdiskusi untuk membandingkan hasil laporan pengamatan mereka dengan teman-temannya. Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan hasil pengamatan masing-masing. (Mengekplorasi)
o   Siswa menceritakan hasil percobaan yang dilakukannya.
o   Siswa saling membandingkan hasil percobaan dan mengidentifikasi jika ada persamaan dan perbedaannya. (Mengasosiasi)
o   Siswa mengamati gambar bumi pada buku siswa yang menyerupai bentuk bangun ruang bola. Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun ruang lainnya yang mereka kenal. (Mengamati)
o   Siswa diminta untuk membawa kardus bekas atau kemasan untuk mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang membentuk kardus.
o   Siswa diminta untuk membuka kardus kemasan dan mengamati bentuk jaring-jaring bangun. Penting untuk mengamati jumlah dan bentuk bangun datar pada jaring-jaring tersebut.
o   Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai jaring-jaring sebagai gabungan bangun datar pembentuk bangun ruang. (Mengasosiasi)
o   Jika memungkinkan siswa diminta untuk melakukan hal yang sama pada bentuk bangun ruang lainnya, yaitu limas. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengidentifikasi jaring-jaring balok, kubus, dan limas.
o   Siswa berdiskusi dalam kelompok dan mencoba untuk membuka kotak kardus kemasan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunting bagian rusuk kotak kardus.
o   Siswa mengamati dan menggambarkan bentuk baru dari jaring-jaring bangun tersebut. (Mengamati)
o   Siswa berlatih menyelesaikan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi)
o   Siswa membaca teks pada buku siswa tentang bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
o   Siswa menjelaskan manfaat bersikap adil kepada orang lain dan menyebutkan beberapa contoh lain bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o   Siswa berlatih mempraktikkan salah satu sikap adil yang bisa dilakukannya di kelas.
o   Siswa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai sikap adil yang akan dipraktikkannya, lalu menulis laporan singkat tentang sikap yang dilakukannya.
o   Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari itu. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tertulis dan secara lisan, yaitu pada saat siswa melakukan kegiatan berikut.
• Identifikasi jaring-jaring bangun ruang (latihan pada buku siswa).
• Menyebutkan contoh dan manfaat perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam menulis laporan dan pada saat melakukan diskusi. Rubrik kriteria yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan mendeskripsikan laporan hasil pengamatan
Deskripsi detail, kesesuaian isi dengan tema, runut
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria saja
Tata bahasa
Seluruh struktur kalimat dan tata bahasa benar
Sebagian besar kalimat dan tata bahasa benar
Kurang dari setengah tulisan menggunakan kalimat dan tata bahasa benar
Kalimat dan tata bahasa belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Lembar Pengamatan Kegiatan Melempar Bola
No
Nama
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


2
Partisipasi dalam bertanya


3
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan



H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Kardus bekas
3.      Berbagai macam jaring-jaring bangun datar yang dibuat dari karton bekas.
4.      Bangun ruang
5.      Telur
6.      Alat masak

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd

NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)





Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Menurutmu, mengapa Lani harus bersikap adil?



2.  Apa yang terjadi jika salah satu dari teman Lani mendapatkan potongan yang lebih besar?



3.  Apakah manfaat berbuat adil kepada orang lain?



4.  Bisakah kalian menyebutkan beberapa contoh bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari?



MEDIA
TEMA 8 KELAS SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors