Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 23 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/II
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 4
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menulis laporan informatif sesuai teks yang dibaca.

b) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1    Menyebutkan contoh hak individu yang berkaitan dengan sila kelima.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban individu yang berkaitan dengan sila kelima.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah sebagai pelaksanaan hak individu yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah sebagai pelaksanaan kewajiban individu yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima.

c) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1    Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana.
4.3    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan sederhana.


C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membuat agenda kegiatan.
2.      Membuat laporan.
3.      Mempraktekkan gerak melempar bola

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali gerak rotasi menyebabkan terjadinya peristiwa siang dan malam. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar, lalu mengidentifikasi perbedaan antara aktifitas aktivitas siang dan malam. Tuhan sudah mengatur siang dan malam agar seimbang antara aktivitas yang harus dilakukan dengan waktu istirahat. (Mengamati)
o   Menggunakan waktu sesuai dengan kegiatan yang seharusnya adalah salah satu sikap adil.
o   Siswa berlatih untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o   Siswa menyimpulkan jadwal yang dibuatnya sudah memenuhi keadilan untuk diri sendiri atau tidak. (Mengasosiasi)
o   Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks. (Menanya)
o   Siswa mengidentifikasi contoh-contoh sikap adil yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o   Siswa membaca teks tentang keutamaan bumi dibandingkan planet lainnya. Bumi memenuhi syarat untuk terjadinya sebuah proses kehidupan. Bumi juga memiliki gaya gravitasi yang merupakan gaya tarik bumi sehingga benda tidak jatuh meskipun Bumi berotasi. (Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi informasi penting yang ada pada bacaan. (Mengekplorasi)
o   Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan teks yang dibacanya.
o   Siswa berlatih mencoba melempar bola dengan berbagai ketinggian, lalu amati ke mana arah bola selanjutnya? Setiap lemparan akan membuat bola jatuh ke bawah.
o   Siswa berlatih bermain melempar bola dan memasukannya ke dalam keranjang. Hitung bola yang berhasil dimasukkan ke dalam keranjang oleh setiap siswa.
o   Kegiatan dilakukan secara bertahap. Pertama-tama melempar bola dengan satu tangan. Lalu dilakukan dengan dua tangan.
o   Siswa menyimpulkan kegiatan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. (Mengasosiasi)
·      Siapa yang dapat melempar bola paling tinggi?
·      Sejauh mana jarak yang dapat ditempuh bola tersebut?
·      Ke arah mana bola bergerak setelah dilempar?
·      Apakah terjadi hal serupa pada benda lain? Cobalah menggunakan beberapa benda yang ada di sekitarmu.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa. Aspek yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
         Menjawab pertanyaan setelah bermain.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2,5 x 4 = 10
         Menjawab pertanyaan setelah bermain.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2 x 4 = 10

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan laporan, dan keterampilan melempar bola. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.
Rubrik Kegiatan Menuliskan Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi  yang diminta
Semua isi teks belum sesuai
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif

Lembar Pengamatan Kegiatan Melempar Bola
No
Nama
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan


3
Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk



F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Bola dan keranjang
3.      Globe
4.      Buku teks pelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Jadwal Kegiatan Sehari-Hari
No
Waktu
Kegiatan
1
Pukul 5 pagi
Bangun tidur
2


3


4


5


6



Amatilah kegiatan tersebut.
1.  Apakah waktu istirahatmu sudah cukup?
……………………………………………………………
2.  Apakah waktu belajarmu sudah cukup?
……………………………………………………………
3.  Apakah waktu bermainmu sudah cukup?
……………………………………………………………
4.  Apakah kamu sudah adil dengan dirimu sendiri?
……………………………………………………………
6.  Jika belum, kegiatan mana yang akan kamu perbaiki?
……………………………………………………………

Bersikap adil terhadap diri sendiri adalah contoh
pengamalan sila kelima Pancasila.
Berikan contoh lain dari sikap adil yang pernah
kamu lakukan di rumah.
1.   Setelah bermain, aku mengerjakan pekerjaan rumah.
2.   ...................................................................................
3.   ...................................................................................
4.   ...................................................................................

MEDIA
TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors