RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 4
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan
informatif tentang alam
semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menulis
laporan informatif sesuai
teks yang dibaca.
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1 Menyebutkan
contoh hak individu
yang berkaitan dengan
sila kelima.
3.1.2 Menyebutkan
contoh kewajiban
individu yang berkaitan
dengan sila kelima.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah sebagai
pelaksanaan hak individu
yang berkaitan dengan
pengamalan sila kelima.
4.1.2 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah sebagai
pelaksanaan kewajiban
individu yang
berkaitan dengan pengamalan
sila kelima.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi
konsep gerak
kombinasi pola gerak
dasar manipulatif dalam
bentuk permainan sederhana.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan
kombinasi pola
gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep
gerak dalam bentuk permainan
sederhana.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membuat agenda
kegiatan.
2.
Membuat laporan.
3. Mempraktekkan
gerak melempar bola
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali
gerak rotasi menyebabkan terjadinya peristiwa siang dan malam. (Mengkomunikasikan)
o Siswa mengamati gambar, lalu mengidentifikasi
perbedaan antara aktifitas aktivitas siang dan malam. Tuhan sudah mengatur
siang dan malam agar seimbang antara aktivitas yang harus dilakukan dengan
waktu istirahat.
(Mengamati)
o Menggunakan waktu sesuai dengan kegiatan yang
seharusnya adalah salah satu sikap adil.
o Siswa berlatih untuk membuat jadwal kegiatan
sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa menyimpulkan jadwal yang dibuatnya sudah
memenuhi keadilan untuk diri sendiri atau tidak. (Mengasosiasi)
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks. (Menanya)
o Siswa mengidentifikasi contoh-contoh sikap adil yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa membaca teks tentang keutamaan bumi
dibandingkan planet lainnya. Bumi memenuhi syarat untuk terjadinya sebuah
proses kehidupan. Bumi juga memiliki gaya gravitasi yang merupakan gaya tarik
bumi sehingga benda tidak jatuh meskipun Bumi berotasi. (Mengamati)
o Siswa mengidentifikasi informasi penting yang ada
pada bacaan. (Mengekplorasi)
o Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan teks yang
dibacanya.
o Siswa berlatih mencoba melempar bola dengan berbagai
ketinggian, lalu amati ke mana arah bola selanjutnya? Setiap lemparan akan
membuat bola jatuh ke bawah.
o Siswa berlatih bermain melempar bola dan
memasukannya ke dalam keranjang. Hitung bola yang berhasil dimasukkan ke
dalam keranjang oleh setiap siswa.
o Kegiatan dilakukan secara bertahap. Pertama-tama
melempar bola dengan satu tangan. Lalu dilakukan dengan dua tangan.
o Siswa menyimpulkan kegiatan dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut. (Mengasosiasi)
·
Siapa yang dapat melempar bola paling tinggi?
·
Sejauh mana jarak yang dapat ditempuh bola tersebut?
·
Ke arah mana bola bergerak setelah dilempar?
·
Apakah terjadi hal serupa pada benda lain? Cobalah
menggunakan beberapa benda yang ada di sekitarmu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
Penilaian pada
ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis
yang terdapat pada buku siswa. Aspek yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
•
Menjawab
pertanyaan setelah bermain.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2,5 x 4 = 10
•
Menjawab
pertanyaan setelah bermain.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2 x 4 = 10
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan
dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan laporan, dan keterampilan
melempar bola. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.
Rubrik Kegiatan
Menuliskan Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda
titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang
diminta
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Semua isi teks belum sesuai
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif
|
Lembar
Pengamatan Kegiatan Melempar Bola
No
|
Nama
|
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
|
|
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
||
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
||
2
|
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan
|
||
3
|
Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Bola dan keranjang
3. Globe
4. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jadwal Kegiatan Sehari-Hari
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
Pukul 5 pagi
|
Bangun tidur
|
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
Amatilah kegiatan tersebut.
1. Apakah waktu istirahatmu sudah cukup?
……………………………………………………………
2. Apakah waktu belajarmu sudah cukup?
……………………………………………………………
3. Apakah waktu bermainmu sudah cukup?
……………………………………………………………
4. Apakah kamu sudah adil dengan dirimu
sendiri?
……………………………………………………………
6. Jika belum, kegiatan mana yang akan kamu perbaiki?
……………………………………………………………
Bersikap adil terhadap diri sendiri adalah contoh
pengamalan sila kelima Pancasila.
Berikan contoh lain dari sikap adil yang pernah
kamu lakukan di rumah.
1. Setelah bermain, aku mengerjakan
pekerjaan rumah.
2. ...................................................................................
3. ...................................................................................
4. ...................................................................................
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment