RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 3
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah
Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengetahui
cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi
bahan alam
dan bahan buatan yang
dapat digunakan untuk
membuat prakarya.
4.14 Membuat
karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan dari
lingkungan.
4.14. Merancang
karya dengan teknik
meronce dengan bahan
dari alam atau buatan.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Menjelaskan
kembali isi teks
laporan informatif tentang
alam semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Membuat
laporan tentang percobaan
menirukan gerak bumi
c) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1 Mengidentifikasi
hubungan antar
bangun datar.
4.6. Membentuk
dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat
dan menggunting atau cara lainnya.
4.6.1 Membuat
bangun melalui kegiatan
melipat dan menggunting
berbagai bangun
datar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menentukan suku kata
yang belum diketahui
dari kalimat matematika berkaitan
dengan penjumlahan.
2.
Menjelaskan berbagai
tekstur dan bentuk.
3. Menceritakan
aktifitas dalam teks narasi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali
gerak rotasi dan revolusi planet.
(Mengkomunikasikan)
o Siswa membuka kembali data yang sudah dikumpulkan saat
bermain menirukan gerak rotasi dan revolusi pada pertemuan kedua. (Mengamati)
o Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan data yang
dikumpulkan. Saat menulis laporan, isinya harus menunjukkan data bukan
asumsi. Kesimpulan dari laporan kegiatan menirukan gerak rotasi adalah:
semakin jauh jarak dari matahari, semakin lama gerak rotasinya. Ada perbedaan
bagian planet yang mendapat sinar matahari saat gerak rotasi. (Mengekplorasi)
o Siswa menceritakan kesimpulan dari laporan yang
dibuat. (Mengasosiasi)
o Siswa saling mengamati hasil pengamatan dan
mengajukan pertanyaan jika ada perbedaan dalam menyimpulkan hasil percobaan. (Mengamati)
o Siswa membaca teks tentang proses terjadinya siang
dan malam.
o Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa proses
terjadinya siang dan malam adalah akibat dari pergerakan bumi mengelilingi
porosnya.
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks.
Siswa diajak memikirkan apa yang terjadi jika sepanjang hari siang terus atau
malam terus, biarkan siswa memberikan pendapatnya. (Mengekplorasi)
o Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
tentang hal yang ingin diketahuinya lebih lanjut tentang bumi. (Menanya)
o Siswa menyebutkan benda-benda langit, lalu membentuk
bintang, matahari dan bulan di atas sebuah karton, lalu menggunting. (Mengekplorasi)
o Buatlah berbagai benda langit tersebut sejumlah yang
dibutuhkan.
o Ukur lingkar pergelangan tangan untuk menentukan
panjang karet atau tali yang dibutuhkan.
o Beri lubang pada potongan benda-benda langit
tersebut, untuk memasukan tali atau karet.
o Ikat sehingga membentuk seperti gelang atau kalung.
Amati gambar yang ada pada buku.
o Siswa mengamati gambar suasana malam hari, siswa
mengidentifikasi bentuk benda-benda sekitar yang memiliki bentuk dasar bangun
datar yang disebutkan dengan benar.
(Mengamati)
o Siswa membuat berbagai bangun datar melalui teknik
melipat dan menggunting kertas dengan rapi, lalu menempelkan pada tempat yang
tersedia. Siswa membuat bentuk sebuah benda menggunakan potongan bangun
datar. (Mengekplorasi)
o Siswa saling membandingkan hasil kreasinya untuk
dapat saling memberi ide. (Mengasosiasi)
o Siswa mengamati gambar bangun datar, lalu
menggunting dan diminta menyusun kembali sehingga membentuk bangun datar yang
baru.
o Siswa diarahkan untuk membentuk bangun datar
sebanyak mungkin, sehingga dapat menyimpulkan hubungan antarbangun datar. (Mengekplorasi)
o Kegiatan diakhiri dengan saling memberi apresiasi
terhadap hasil karya yang sudah dibuat. (Mengasosiasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian pada
ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis
yang terdapat pada buku siswa. Aspek yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
·
Menjawab
pertanyaan sesuai teks.
·
Skor setiap soal
2,5.
·
Benar semua 2,5
x 4 = 10
·
Mengidentifikasi
bentuk benda datar.
·
Skor setiap soal
2.
·
Benar semua 2 x
5 = 10
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan laporan, dan
keterampilan membuat gelang. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai
berikut.
Rubrik Kegiatan
Menuliskan Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda
titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang
diminta
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Semua isi teks belum sesuai
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Hasil guntingan
|
Semua bagian bentuk gambar utuh.
|
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Belum mampu menggunting
|
Pola penyusunan gambar
|
Gambar disusun sesuai pola
|
Ada 1-2 gambar tidak sesuai pola
|
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai pola
|
Gambar tidak disusun berdasarkan pola
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Kertas warna
3. Berbagai bangun datar dari kertas
4. Lem dan gunting
5. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment