Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 3

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 20 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/II
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 3
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1    Mengidentifikasi bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.14 Membuat karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan dari lingkungan.
4.14.    Merancang karya dengan teknik meronce dengan bahan dari alam atau buatan.

b) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Menjelaskan kembali isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Membuat laporan tentang percobaan menirukan gerak bumi

c) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1  Mengidentifikasi hubungan antar bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
4.6.1    Membuat bangun melalui kegiatan melipat dan menggunting berbagai bangun datar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
2.      Menjelaskan berbagai tekstur dan bentuk.
3.      Menceritakan aktifitas dalam teks narasi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali gerak rotasi dan revolusi planet. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa membuka kembali data yang sudah dikumpulkan saat bermain menirukan gerak rotasi dan revolusi pada pertemuan kedua. (Mengamati)
o   Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan data yang dikumpulkan. Saat menulis laporan, isinya harus menunjukkan data bukan asumsi. Kesimpulan dari laporan kegiatan menirukan gerak rotasi adalah: semakin jauh jarak dari matahari, semakin lama gerak rotasinya. Ada perbedaan bagian planet yang mendapat sinar matahari saat gerak rotasi. (Mengekplorasi)
o   Siswa menceritakan kesimpulan dari laporan yang dibuat. (Mengasosiasi)
o   Siswa saling mengamati hasil pengamatan dan mengajukan pertanyaan jika ada perbedaan dalam menyimpulkan hasil percobaan. (Mengamati)
o   Siswa membaca teks tentang proses terjadinya siang dan malam.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa proses terjadinya siang dan malam adalah akibat dari pergerakan bumi mengelilingi porosnya.
o   Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks. Siswa diajak memikirkan apa yang terjadi jika sepanjang hari siang terus atau malam terus, biarkan siswa memberikan pendapatnya. (Mengekplorasi)
o   Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang ingin diketahuinya lebih lanjut tentang bumi. (Menanya)
o   Siswa menyebutkan benda-benda langit, lalu membentuk bintang, matahari dan bulan di atas sebuah karton, lalu menggunting. (Mengekplorasi)
o   Buatlah berbagai benda langit tersebut sejumlah yang dibutuhkan.
o   Ukur lingkar pergelangan tangan untuk menentukan panjang karet atau tali yang dibutuhkan.
o   Beri lubang pada potongan benda-benda langit tersebut, untuk memasukan tali atau karet.
o   Ikat sehingga membentuk seperti gelang atau kalung. Amati gambar yang ada pada buku.
o   Siswa mengamati gambar suasana malam hari, siswa mengidentifikasi bentuk benda-benda sekitar yang memiliki bentuk dasar bangun datar yang disebutkan dengan benar. (Mengamati)
o   Siswa membuat berbagai bangun datar melalui teknik melipat dan menggunting kertas dengan rapi, lalu menempelkan pada tempat yang tersedia. Siswa membuat bentuk sebuah benda menggunakan potongan bangun datar. (Mengekplorasi)
o   Siswa saling membandingkan hasil kreasinya untuk dapat saling memberi ide. (Mengasosiasi)
o   Siswa mengamati gambar bangun datar, lalu menggunting dan diminta menyusun kembali sehingga membentuk bangun datar yang baru.
o   Siswa diarahkan untuk membentuk bangun datar sebanyak mungkin, sehingga dapat menyimpulkan hubungan antarbangun datar. (Mengekplorasi)
o   Kegiatan diakhiri dengan saling memberi apresiasi terhadap hasil karya yang sudah dibuat. (Mengasosiasi)


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa. Aspek yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
·         Menjawab pertanyaan sesuai teks.
·         Skor setiap soal 2,5.
·         Benar semua 2,5 x 4 = 10
·         Mengidentifikasi bentuk benda datar.
·         Skor setiap soal 2.
·         Benar semua 2 x 5 = 10

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan laporan, dan keterampilan membuat gelang. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.
Rubrik Kegiatan Menuliskan Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi  yang diminta
Semua isi teks belum sesuai
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif
Rubrik Membuat Gelang
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Hasil guntingan
Semua bagian bentuk gambar utuh.
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
Belum mampu menggunting
Pola penyusunan gambar
Gambar disusun sesuai pola
Ada 1-2 gambar tidak sesuai pola
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai pola
Gambar tidak disusun berdasarkan pola

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Kertas warna
3.      Berbagai bangun datar dari kertas
4.      Lem dan gunting
5.      Buku teks pelajaran/buku siswa

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 3


MEDIA






Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors