Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 20 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/II
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 2
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentangperilaku di sekitar rumah berkaitan dengan hak sebagai pengamalan sila kelima.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah berkaitan dengan kewajiban sebagai pengamalan sila kelima.

b) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis.

c) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1    Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan sederhana.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca dan menjawab sesuai teks.
2.      Contoh sikap pengamalan sila ke lima Pancasila.
3.      Menulis pengalaman mengantri.
4.      Memberi tanggapan terhadap laporan.
5.      Bermain menirukan sistem tata surya.
6.      Mengamati gerak rotasi dan revolusi planet.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali nama planet dan benda langit lainnya. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa membaca teks tentang kunjungan ke Planetarium, dan mengamati contoh sikap sebagai pengamalan sila kelima Pancasila. (Mengamati)
o   Sila kelima berbicara tentang keadilan. Keadilan terhadap diri sendiri juga orang lain. Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya. Saat mempraktikkan antri, artinya siswa adil terhadap temannya yang mengantri duluan.
o   Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai dengan teks. (Menanya)
o   Siswa berlatih menentukan sikap yang seharusnya dilakukan saat menemui sebuah permasalahan yang berkaitan dengan sikap adil. (Mengekplorasi)
o   Siswa berdiskusi tentang pengalamannya melakukan antri. Lalu menuliskan pengalaman antri pada tempat yang sudah disediakan.
o   Siswa mengamati contoh teks laporan, lalu mengidentifikasi informasi yang terkandung di dalamnya. (Mengamati)
o   Siswa berlatih membuat 5 pertanyaan sesuai teks bacaan, lalu menjawabnya. Siswa saling mengajukan pertanyaan yang dibuat, dan meminta temannya menjawab. (Mengekplorasi)
o   Setelah siswa mengamati contoh laporan, siswa diminta untuk memberikan tanggapan terhadap laporan tersebut. (Mengasosiasi)
o   Isi tanggapan berupa hal-hal yang sudah baik dari laporan tersebut, juga hal-hal yang perlu diperbaiki.
o   Antri juga berfungsi untuk menjaga keteraturan. Dalam tata surya juga terjaga keteraturannya.
o   Siswa berlatih mempraktikkan gerak rotasi dan revolusi planet. Kegiatan menjadi dua tahapan. Tahapan pertama mempraktikkan gerak rotasi, dan tahap kedua mempraktikkan gerak revolusi. (Mengekplorasi)
o   Tahap 1 mempraktikkan gerak revolusi atau gerakan planet mengelilingi matahari.
o   Tahap 2 mempraktikkan gerak rotasi matahari atau gerakan planet berputar pada porosnya.
o   Sebelum beraktivitas lakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu.
o   Tahapan kegiatannya sebagai berikut.
·      Bagilah kelompok yang terdiri dari 8 orang siswa.
·      Siapkan 8 buah kartu yang bertuliskan nama planet.
·      Siapkan pula delapan lintasan planet.
·      Simpan sebuah bola besar di tengah-tengah lintasan.
·      Susun kartu secara acak, dan setiap siswa mengambil satu buah kartu.
·      Siswa harus menempati lintasan sesuai dengan nama planet yang didapatkannya.
o   Tahap 1 : Menirukan gerak rotasi
·      Berdirilah di lintasan yang sesuai.
·      Beri tanda tempat siswa kamu berdiri.
·      Lalu setiap siswa akan berlatih jalan ke samping di setiap lintasan.
·      Setiap satu hitungan, siswa akan berjalan ke samping satu langkah.
·      Hitung banyak langkah yang diperlukan untuk mengitari satu lintasan penuh.
·      Catat pada tabel yang telah disediakan berikut.
o   Tahap 2 : Menirukan gerak revolusi
·      Siswa tetap pada posisi sebelumnya.
·      Setiap hitungan 1 siswa akan melangkah satu langkah menyamping ke kanan.
·      Setiap langkah pula siswa akan mengahadapkan badannya ke sebelah kanan.

·      Amati bagian tubuh yang kena sinar matahari (bola).
·      Catat pengamatanmu pada tabel yang sudah tersedia. berikut.
o   Seluruh siswa melakukan gerakan pendinginan. Kegiatan diakhiri dengan berbagi pengalaman saat mempraktikkan gerak rotasi dan revolusi. (Mengekplorasi)


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin

















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa, meliputi menjawab pertanyaan sesuai teks dan mengidentifikasi bentuk benda datar. Adapun skor yang dinilai sebagai berikut.
Untuk tes menjawab pertanyaan sesuai teks, skor setiap soal 2. Jika benar semua, maka 2 x 5 = 10. Sedangkan skor untuk mengidentifikasi bentuk benda datar, skor setiap soal 5, maka jika benar semua 12 x 5/6 = 10

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menentukan sikap adil, keterampilan siswa pada saat menirukan gerak planet pada sistem tata surya, dan kegiatan menuliskan pengalaman. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.

Lembar Pengamatan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Sikap Adil
No
Nama
Kemampuan Menentukan Sikap sebagai Contoh Pengamalan Sila Kelima
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan


3
Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk



Rubrik Kegiatan Menuliskan Pengalaman
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi  yang diminta
Semua isi teks belum sesuai
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

 


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Isilah titik-titik di bawah ini sesuai bacaan
dengan benar.
1.  Apa kegiatan yang sedang dilakukan Siti dan teman-teman di planetarium?

................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................  

2.  Mengapa Siti dan teman-teman harus bergiliran menggunakan teropong bintang?
................................................................................................

................................................................................................
................................................................................................ 
................................................................................................

3.  Udin mendapat antrian di belakang. Kewajiban Udin adalah...
................................................................................................

................................................................................................
................................................................................................ 
................................................................................................

4.  Siti berada di antrian paling depan. Hak Siti adalah...
................................................................................................

................................................................................................
................................................................................................ 
................................................................................................

5.  Apa arti adil menurutmu?
................................................................................................

................................................................................................
................................................................................................ 
................................................................................................

MEDIA

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 2
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors