RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 2
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1 Menyebutkan
contoh hak yang
berkaitan dengan sila kelima.
3.1.2 Menyebutkan
contoh kewajiban
yang berkaitan dengan
sila kelima.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menceritakan
hasil pengamatan
tentangperilaku di sekitar rumah
berkaitan
dengan hak sebagai
pengamalan sila kelima.
4.1.2 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah
berkaitan dengan kewajiban
sebagai pengamalan
sila kelima.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan
informatif tentang alam
semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Memberi
tanggapan terhadap
laporan informatif tentang
alam semesta secara
tertulis.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
konsep gerak
kombinasi pola gerak
dasar lokomotor dalam
bentuk permainan sederhana.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
kombinasi pola
gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep
gerak dalam bentuk permainan
sederhana.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca dan menjawab
sesuai teks.
2.
Contoh
sikap pengamalan sila ke lima
Pancasila.
3.
Menulis pengalaman
mengantri.
4.
Memberi tanggapan
terhadap laporan.
5.
Bermain menirukan
sistem tata surya.
6.
Mengamati gerak rotasi
dan revolusi planet.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali
nama planet dan benda langit lainnya. (Mengkomunikasikan)
o Siswa membaca teks tentang kunjungan ke Planetarium,
dan mengamati contoh sikap sebagai pengamalan sila kelima Pancasila. (Mengamati)
o Sila kelima berbicara tentang keadilan. Keadilan
terhadap diri sendiri juga orang lain. Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai
dengan tempatnya. Saat mempraktikkan antri, artinya siswa adil terhadap
temannya yang mengantri duluan.
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai dengan
teks.
(Menanya)
o Siswa berlatih menentukan sikap yang seharusnya
dilakukan saat menemui sebuah permasalahan yang berkaitan dengan sikap adil. (Mengekplorasi)
o Siswa berdiskusi tentang pengalamannya melakukan
antri. Lalu menuliskan pengalaman antri pada tempat yang sudah disediakan.
o Siswa mengamati contoh teks laporan, lalu
mengidentifikasi informasi yang terkandung di dalamnya. (Mengamati)
o Siswa berlatih membuat 5 pertanyaan sesuai teks
bacaan, lalu menjawabnya. Siswa saling mengajukan pertanyaan yang dibuat, dan
meminta temannya menjawab. (Mengekplorasi)
o Setelah siswa mengamati contoh laporan, siswa
diminta untuk memberikan tanggapan terhadap laporan tersebut. (Mengasosiasi)
o Isi tanggapan berupa hal-hal yang sudah baik dari
laporan tersebut, juga hal-hal yang perlu diperbaiki.
o Antri juga berfungsi untuk menjaga keteraturan.
Dalam tata surya juga terjaga keteraturannya.
o Siswa berlatih mempraktikkan gerak rotasi dan
revolusi planet. Kegiatan menjadi dua tahapan. Tahapan pertama mempraktikkan
gerak rotasi, dan tahap kedua mempraktikkan gerak revolusi. (Mengekplorasi)
o Tahap 1 mempraktikkan gerak revolusi atau gerakan
planet mengelilingi matahari.
o Tahap 2 mempraktikkan gerak rotasi matahari atau
gerakan planet berputar pada porosnya.
o Sebelum beraktivitas lakukan gerakan pemanasan
terlebih dahulu.
o Tahapan kegiatannya sebagai berikut.
·
Bagilah kelompok yang terdiri dari 8 orang siswa.
·
Siapkan 8 buah kartu yang bertuliskan nama planet.
·
Siapkan pula delapan lintasan planet.
·
Simpan sebuah bola besar di tengah-tengah lintasan.
·
Susun kartu secara acak, dan setiap siswa mengambil
satu buah kartu.
·
Siswa harus menempati lintasan sesuai dengan nama
planet yang didapatkannya.
o Tahap 1 : Menirukan gerak rotasi
·
Berdirilah di lintasan yang sesuai.
·
Beri tanda tempat siswa kamu berdiri.
·
Lalu setiap siswa akan berlatih jalan ke samping di
setiap lintasan.
·
Setiap satu hitungan, siswa akan berjalan ke samping
satu langkah.
·
Hitung banyak langkah yang diperlukan untuk
mengitari satu lintasan penuh.
·
Catat pada tabel yang telah disediakan berikut.
o Tahap 2 : Menirukan gerak revolusi
·
Siswa tetap pada posisi sebelumnya.
·
Setiap hitungan 1 siswa akan melangkah satu langkah
menyamping ke kanan.
·
Setiap langkah pula siswa akan mengahadapkan
badannya ke sebelah kanan.
·
Amati bagian tubuh yang kena sinar matahari (bola).
·
Catat pengamatanmu pada tabel yang sudah tersedia.
berikut.
o Seluruh siswa melakukan gerakan pendinginan.
Kegiatan diakhiri dengan berbagi pengalaman saat mempraktikkan gerak rotasi
dan revolusi. (Mengekplorasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran
ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa, meliputi
menjawab pertanyaan sesuai teks dan mengidentifikasi bentuk benda datar. Adapun
skor yang dinilai sebagai berikut.
Untuk tes
menjawab pertanyaan sesuai teks, skor setiap soal 2. Jika benar semua, maka 2 x
5 = 10. Sedangkan skor untuk mengidentifikasi bentuk benda datar, skor setiap
soal 5, maka jika benar semua 12 x 5/6 = 10
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menentukan
sikap adil, keterampilan siswa pada saat menirukan gerak planet pada sistem
tata surya, dan kegiatan menuliskan pengalaman. Adapun rubrik kriteria yang
dinilai sebagai berikut.
Lembar Pengamatan Kemampuan Siswa dalam Menentukan
Sikap Adil
No
|
Nama
|
Kemampuan
Menentukan Sikap sebagai Contoh Pengamalan Sila Kelima
|
|
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
||
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan
|
|
|
3
|
Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk
|
|
|
Rubrik Kegiatan
Menuliskan Pengalaman
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda
titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang
diminta
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
|
Semua isi teks belum sesuai
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Isilah titik-titik di bawah ini sesuai bacaan
dengan benar.
1. Apa kegiatan yang sedang dilakukan Siti dan teman-teman
di planetarium?
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
2. Mengapa Siti dan teman-teman harus bergiliran
menggunakan teropong bintang?
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
3. Udin mendapat antrian di belakang. Kewajiban Udin
adalah...
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
4. Siti berada di antrian paling depan. Hak Siti adalah...
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
5. Apa arti adil menurutmu?
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment