RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 1
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks
laporan informatif tentang
alam semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Membuat
laporan informatif
tentang alam semesta.
4.1.2 Menyampaikan
laporan tentang
hasil kunjungan ke
planetarium.
b) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1 Mengidentifikasi
bentukbentuk bangun
datar.
3.12.2 Menjelaskan
hubungan dua
bangun datar.
4.6. Membentuk
dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan
menggunting atau cara lainnya.
4.6.1 Membuat
bangun datar melalui
kegiatan melipat dan
menggunting.
c) SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugrah Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya
dekoratif.
4.1 Menggambar
dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan
hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1 Membuat
pola untuk membuat
gambar dekoratif sesuai
contoh
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca dan menjawab
pertanyaan sesuai
teks
2.
Membuat laporan
3.
Menggambar dan menyusun
gambar-gambar planet dalam sistem
tata surya
4.
Membuat berbagai bangun
datar melalui kegiatan
melipat dan menggunting
5.
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk bangun datar
yang ditemui di lingkungan sekitar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan tema Bumi
dan Alam Semesta, dan subtema yang akan dibahas adalah Bumi bagian dari Alam
Semesta.
(Mengkomunikasikan)
o Siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat
pada siang dan malam hari.
(Menanya)
o Siswa membaca teks tentang Berkunjung ke
Planetarium.
(Mengamati)
o Planetarium adalah tempat simulasi posisi dan
pergerakan benda-benda langit. Planetarium dilengkapi dengan teropong, yaitu
yang alat yang digunakan untuk melihat benda langit.
o Siswa berdiskusi tentang isi teks terutama nama-nama
benda langit. (Mengasosiasi)
o Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku sesuai
isi teks.
(Menanya)
o Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan teks. (Mengekplorasi)
o Siswa seakan-akan melakukan perjalanan ke
planetarium. Isi laporan harus berisi informasi mulai dari waktu
keberangkatan dan hal yang diamati di sana.
o Untuk menambah wawasan, siswa diminta untuk mencari
informasi dari perpustakaan, orang tua, atau guru tentang status matahari.
Matahari bukan planet tapi bintang.
o Siswa menuliskan informasi tentang matahari pada
tempat yang tersedia.
o Siswa mengamati bentuk planet dan matahari yang
berbentuk lingkaran.
(Mengamati)
o Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai teknik
membuat lingakaran dengan menjiplak, menggunakan jangka, juga melalui
kegiatan melipat dan menggunting kertas.
Tahapannya adalah seperti gambar berikut:
o Siswa berlatih membuat lingkaran sebanyak 9 buah,
dengan berbagai ukuran untuk mewakili planet-planet dan matahari. (Mengekplorasi)
o Lingkaran yang dibuat akan diberi gambar dan
diwarnai seperti planet dan matahari. Lalu, gambar tersebut ditempelkan pada
gambar lintasan/orbit pada tata surya yang ada di buku.
o Siswa saling mengamati kebenaran susunan sistem tata
surya yang sudah dibuat oleh siswa.
(Mengamati)
o Siswa mencari informasi tentang matahari.
o Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi
yang diperoleh dari guru, orangtua, atau buku yang dibaca. (Menanya)
o Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada buku.
o Siswa mengamati bentuk-bentuk bangun datar selain
lingkaran.
(Mengamati)
o Siswa mengidentifikasi benda-benda yang memiliki
kemiripan bentuk dengan bangun datar yang disebutkan. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi hubungan antarbangun datar.
Misalnya, bangun segitiga dapat dibuat dari bangun persegi dan persegi
panjang.
o Siswa berlatih membuat berbagai bangun datar dengan
cara melipat dan menggunting kertas, lalu di tempel pada tempat yang
tersedia.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran
ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa meliputi
hal-hal berikut.
o Menjawab pertanyaan sesuai teks.
o Skor setiap soal 2.
o Benar semua 2 x 5 = 10
o Mengidentifikasi bentuk benda datar.
o Skor setiap soal 5.
o Benar semua 12 x 5/6 = 10
3. Penilaian
Keterampilan
Rubrik Model
Tata Surya
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Hasil guntingan
|
Semua bagian bentuk gambar utuh.
|
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Belum mampu menggunting
|
Hasil Menempel
|
Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada
sisa lem yang tercecer.
|
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.
|
Hanya satu kriteria yang terpenuhi.
|
Belum mampu menempel.
|
Kemampuan menggambar planet
|
Semua hasil gambar sesuai contoh gambar planet.
|
Ada 1-2 hasil gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
|
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
|
Semua hasil gambar tidak sesuai contoh.
|
Kemampuan mewarnai
|
Menggunakan warna yang sesuai dengan contoh yang diberikan.
|
Ada 1-2 warna yang tidak sesuai dengan contoh, namun tidak ada warna yang
keluar dari garis gambar.
|
Ada lebih dari dua warna yang tidak sesuai dengan contoh dan keluar garis
gambar.
|
Masih belum mampu mewarnai.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Kertas berwarna
3. Poster tata surya
4. Gunting dan lem
5. Buku teks
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jawablah
pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan.
1.
Apa yang dimaksud dengan planetarium?
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
2.
Siapa yang mengunjungi planetarium?
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
3.
Mengapa mereka pergi karyawisata ke planetarium?
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
4.
Apa fungsi matahari dalam sistem tata
surya?
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 5
TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment