Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 20 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/II
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 1
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Membuat laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.2    Menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1  Mengidentifikasi bentukbentuk bangun datar.
3.12.2  Menjelaskan hubungan dua bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
4.6.1    Membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting.

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1    Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks
2.      Membuat laporan
3.      Menggambar dan menyusun gambar-gambar planet dalam sistem tata surya
4.      Membuat berbagai bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting
5.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar yang ditemui di lingkungan sekitar

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan tema Bumi dan Alam Semesta, dan subtema yang akan dibahas adalah Bumi bagian dari Alam Semesta. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat pada siang dan malam hari. (Menanya)
o   Siswa membaca teks tentang Berkunjung ke Planetarium. (Mengamati)
o   Planetarium adalah tempat simulasi posisi dan pergerakan benda-benda langit. Planetarium dilengkapi dengan teropong, yaitu yang alat yang digunakan untuk melihat benda langit.
o   Siswa berdiskusi tentang isi teks terutama nama-nama benda langit. (Mengasosiasi)
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku sesuai isi teks. (Menanya)
o   Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan teks. (Mengekplorasi)
o   Siswa seakan-akan melakukan perjalanan ke planetarium. Isi laporan harus berisi informasi mulai dari waktu keberangkatan dan hal yang diamati di sana.
o   Untuk menambah wawasan, siswa diminta untuk mencari informasi dari perpustakaan, orang tua, atau guru tentang status matahari. Matahari bukan planet tapi bintang.
o   Siswa menuliskan informasi tentang matahari pada tempat yang tersedia.
o   Siswa mengamati bentuk planet dan matahari yang berbentuk lingkaran. (Mengamati)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai teknik membuat lingakaran dengan menjiplak, menggunakan jangka, juga melalui kegiatan melipat dan menggunting kertas.
Tahapannya adalah seperti gambar berikut:


o   Siswa berlatih membuat lingkaran sebanyak 9 buah, dengan berbagai ukuran untuk mewakili planet-planet dan matahari. (Mengekplorasi)
o   Lingkaran yang dibuat akan diberi gambar dan diwarnai seperti planet dan matahari. Lalu, gambar tersebut ditempelkan pada gambar lintasan/orbit pada tata surya yang ada di buku.
o   Siswa saling mengamati kebenaran susunan sistem tata surya yang sudah dibuat oleh siswa. (Mengamati)
o   Siswa mencari informasi tentang matahari.
o   Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari guru, orangtua, atau buku yang dibaca. (Menanya)
o   Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada buku.
o   Siswa mengamati bentuk-bentuk bangun datar selain lingkaran. (Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi benda-benda yang memiliki kemiripan bentuk dengan bangun datar yang disebutkan. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengidentifikasi hubungan antarbangun datar. Misalnya, bangun segitiga dapat dibuat dari bangun persegi dan persegi panjang.
o   Siswa berlatih membuat berbagai bangun datar dengan cara melipat dan menggunting kertas, lalu di tempel pada tempat yang tersedia.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa meliputi hal-hal berikut.
o   Menjawab pertanyaan sesuai teks.
o   Skor setiap soal 2.
o   Benar semua 2 x 5 = 10
o   Mengidentifikasi bentuk benda datar.
o   Skor setiap soal 5.
o   Benar semua 12 x 5/6 = 10

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Model Tata Surya
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Hasil guntingan
Semua bagian bentuk gambar utuh.
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
Belum mampu menggunting
Hasil Menempel
Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada sisa lem yang tercecer.
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.
Hanya satu kriteria yang terpenuhi.
Belum mampu menempel.
Kemampuan menggambar planet
Semua hasil gambar sesuai contoh gambar planet.
Ada 1-2 hasil gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
Semua hasil gambar tidak sesuai contoh.
Kemampuan mewarnai
Menggunakan warna yang sesuai dengan contoh yang diberikan.
Ada 1-2 warna yang tidak sesuai dengan contoh, namun tidak ada warna yang keluar dari garis gambar.
Ada lebih dari dua warna yang tidak sesuai dengan contoh dan keluar garis gambar.
Masih belum mampu mewarnai.











H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Kertas berwarna
3.      Poster tata surya
4.      Gunting dan lem
5.      Buku teks


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……, …….……,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


 


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan.
1.   Apa yang dimaksud dengan planetarium?
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................   

2.   Siapa yang mengunjungi planetarium?
.................................................................................................

.................................................................................................
.................................................................................................
................................................................................................. 
.................................................................................................
 
3.   Mengapa mereka pergi karyawisata ke planetarium?
.................................................................................................

.................................................................................................
.................................................................................................
................................................................................................. 
.................................................................................................
 
4.   Apa fungsi matahari dalam sistem tata surya?
.................................................................................................

.................................................................................................
.................................................................................................
................................................................................................. 
.................................................................................................
 
5. Apa saja benda langit yang ada dalam system tata surya?

 .................................................................................................

.................................................................................................
.................................................................................................
................................................................................................. 
.................................................................................................


MEDIA

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 5
TEMA 8 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors