Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 17 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/2
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerajaan Islam di Indonesia / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5    Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.6. Membuat keliping teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
IPS
Kompetensi Dasar
3.2    Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
Indikator
3.2.1.Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
Kompetensi Dasar
4.2    Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
Indikator
4.2.1.Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.

SBdP
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
Indikator
3.5.3. Menjelaskan unsur-unsur budaya daerah.
Kompetensi Dasar
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
4.17.2. Menjelaskan secara lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.

C.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
- Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Keunikan karya seni
- Sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 menit
B.Kegiatan Inti
         Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan di buku siswa.
         Dengan bantuan guru, siswa mencermati informasi tentang upaya perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo.
         Siswa berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
         Siswa membaca bacaan tentang Sultan Agung Hanyokrokusumo dan mengolah bacaan tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak.
         Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo sebagai tokoh yang melawan penjajah VOC.
         Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Sultan Agung Hanyokrokusumo, dan mengidentifikasikan perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan.
         Siswa membaca sebuah teks bacaan singkat tentang sejarah munculnya semangat kebangsaan.
         Siswa bersama dengan kelompoknya mendiskusikan dan mencari referensi bahan dari buku atau artikel tentang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi pemicu timbulnya semangat kebangsaan.
         Siswa berbagi pendapat dengan kelompok lain.
         Siswa menyimpulkan faktor-faktor eksternal dan internal dari hasil diskusi kelompok dan diskusi antar kelompok.
         Siswa mencermati bacaan tentang perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan di berbagai bidang kehidupan.
         Guru membuka forum diskusi yang membicarakan tentang contoh-contoh lain perubahan yang terjadi yang belum terdapat dalam teks bacaan.
         Siswa mengemukakan pendapat tentang manfaat semangat kebangsaan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara serta akibat yang ditimbulkan jika semangat tersebut hilang atau terkikis.
         Siswa bersama dengan kelompoknya mendiskusikan keberlangsungan pengaruh yang muncul dari semangat kebangsaan di masa kini.
         Siswa diminta mendiskusikan keberlangsungan pengaruh tersebut dilihat dari bidang pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi.
         Dengan bantuan guru, siswa mencoba menarik kesimpulan dari diskusi yang sudah mereka lakukan.
         Siswa mencermati teks bacaan tentang sebuah kerajinan khas daerah Kalimantan.
         Dengan bantuan guru, siswa mencari tahu manfaat lain dari kerajinan khas daerah yang tidak semata-mata dibuat untuk keindahan semata.
         Siswa mencari tahu istilah-istilah berbahasa daerah terkait dengan kerajinan khas tersebut.
         Dengan bantuan guru, siswa mencoba mencari tahu arti dari istilah-istilah tersebut.
         Siswa mengingat kembali hal-hal penting yang mereka pelajari dalam minggu ini.
         Siswa kemudian menuliskan di buku jurnal mereka tentang sikap dan nilai apa yang telah mereka kembangkan melalui kegiatan Pembelajaran.
         Siswa juga mencatat keterampilan apa saja yang telah mereka kembangkan selama proses pembelajaran.
         Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang perkembangan keadaan ekonomi di keluarga mereka.
         Siswa mencatat bukti perbaikan dan perkembangan ekonomi yang dialami keluarga.
         Siswa dibimbing orang tua menganalisa penyebab terjadinya perkembangan ekonomi keluarga.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·         Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·         Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2





3






Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
















Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Kamu sudah membaca teks mengenai Sultan Agung Hanyokrokusumo melawan VOC. Sekarang ceritakan kembali isi bacaan yang tersebut dengan membuat

1.    Rekam Jejak seperti berikut:

……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..


2.    Siapakah Sultan Agung Hanyokrokusumo itu?

……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..


3.    Apa kisah perjuangan yanh dilakukan Sultan Agung Hanyokrokusumo

……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..

4.    Nilai-nilai apa sajakah yang dapat kamu ambil dari kisah kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo?

 ……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..




MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 6
 
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors