RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/2
Tema 7 :
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerajaan
Islam di Indonesia /
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5
Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.4.
Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita
sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
Indikator
4.5.6.
Membuat keliping teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
IPS
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang
terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan,
masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya.
Indikator
3.2.1.Menunjukkan
perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
Kompetensi Dasar
4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai
perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan
dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
Indikator
4.2.1.Bercerita
secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan,
dan budaya pada masa penjajahan.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.5
Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
Indikator
3.5.3.
Menjelaskan unsur-unsur budaya daerah.
Kompetensi Dasar
4.17
Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan
bahasa daerah.
Indikator
4.17.2.
Menjelaskan secara lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa
daerah setempat.
C.
Materi, Sumber dan Media
Pembelajaran
Materi: - Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
- Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Keunikan karya seni
- Sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian
siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika,
melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan
sebagainya.
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
•
Siswa menggali
informasi dari bacaan yang disajikan di buku siswa.
•
Dengan bantuan
guru, siswa mencermati informasi tentang upaya perjuangan yang dilakukan oleh
Sultan Agung Hanyokrokusumo.
•
Siswa
berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, guru
memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
•
Siswa membaca
bacaan tentang Sultan Agung Hanyokrokusumo dan mengolah bacaan tersebut
secara mandiri dalam Rekam Jejak.
•
Siswa
mencermati nilai-nilai kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo sebagai tokoh
yang melawan penjajah VOC.
•
Siswa bersama
dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel
tentang Sultan Agung Hanyokrokusumo, dan mengidentifikasikan perilaku serta
kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan.
•
Siswa membaca
sebuah teks bacaan singkat tentang sejarah munculnya semangat kebangsaan.
•
Siswa bersama
dengan kelompoknya mendiskusikan dan mencari referensi bahan dari buku atau
artikel tentang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi pemicu
timbulnya semangat kebangsaan.
•
Siswa berbagi
pendapat dengan kelompok lain.
•
Siswa
menyimpulkan faktor-faktor eksternal dan internal dari hasil diskusi kelompok
dan diskusi antar kelompok.
•
Siswa
mencermati bacaan tentang perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan
di berbagai bidang kehidupan.
•
Guru membuka
forum diskusi yang membicarakan tentang contoh-contoh lain perubahan yang
terjadi yang belum terdapat dalam teks bacaan.
•
Siswa
mengemukakan pendapat tentang manfaat semangat kebangsaan bagi kehidupan
berbangsa dan bernegara serta akibat yang ditimbulkan jika semangat tersebut
hilang atau terkikis.
•
Siswa bersama
dengan kelompoknya mendiskusikan keberlangsungan pengaruh yang muncul dari
semangat kebangsaan di masa kini.
•
Siswa diminta
mendiskusikan keberlangsungan pengaruh tersebut dilihat dari bidang
pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi.
•
Dengan bantuan
guru, siswa mencoba menarik kesimpulan dari diskusi yang sudah mereka lakukan.
•
Siswa
mencermati teks bacaan tentang sebuah kerajinan khas daerah Kalimantan.
•
Dengan bantuan
guru, siswa mencari tahu manfaat lain dari kerajinan khas daerah yang tidak
semata-mata dibuat untuk keindahan semata.
•
Siswa mencari
tahu istilah-istilah berbahasa daerah terkait dengan kerajinan khas tersebut.
•
Dengan bantuan
guru, siswa mencoba mencari tahu arti dari istilah-istilah tersebut.
•
Siswa
mengingat kembali hal-hal penting yang mereka pelajari dalam minggu ini.
•
Siswa kemudian
menuliskan di buku jurnal mereka tentang sikap dan nilai apa yang telah
mereka kembangkan melalui kegiatan Pembelajaran.
•
Siswa juga
mencatat keterampilan apa saja yang telah mereka kembangkan selama proses
pembelajaran.
•
Siswa
berdiskusi dengan orang tua tentang perkembangan keadaan ekonomi di keluarga
mereka.
•
Siswa mencatat
bukti perbaikan dan perkembangan ekonomi yang dialami keluarga.
•
Siswa
dibimbing orang tua menganalisa penyebab terjadinya perkembangan ekonomi
keluarga.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·
Guru
meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·
Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana
anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan siswa
tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Kamu sudah membaca teks mengenai Sultan Agung
Hanyokrokusumo melawan VOC. Sekarang ceritakan kembali isi bacaan yang tersebut
dengan membuat
1.
Rekam Jejak seperti berikut:
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
2.
Siapakah Sultan Agung Hanyokrokusumo itu?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
3.
Apa kisah perjuangan yanh dilakukan
Sultan Agung Hanyokrokusumo
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
4.
Nilai-nilai apa sajakah yang dapat kamu
ambil dari kisah kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment