Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 16 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/2
Tema 7                                        : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerajaan Islam di Indonesia / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
SBdP
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
Indikator
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
Kompetensi Dasar
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
 
PJOK
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Kompetensi Dasar
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
3.5.3. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.5. Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di daerahnya.

IPA
Kompetensi Dasar
3.5Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
Kompetensi Dasar
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator
4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.

 C.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru, unsur-unsur budaya daerah
- Keunikan karya seni/kerajinan daerah
- Perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
- Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 menit
B.Kegiatan Inti
         Siswa membaca teks pendek tentang pentingnya jantung dan paru-paru.
         Guru menstimulus diskusi yang mengarah kepada manfaat menjaga kesehatan, terutama jantung dan paru-paru.
         Siswa mengemukakan pendapat tentang manfaat-manfaat lain yang bisa dipetik dari menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan percaya diri menggunakan pengetahuan yang diperoleh sebelum pencarian informasi.
         Siswa menggali informasi dari bacaan dan mencari informasi terkait dengan aktifitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru.
         Siswa mengamati gambar beberapa bentuk aktifitas seperti yang disajikan pada buku siswa
         Siswa menjelaskan cara melakukan aktifitas-aktifitas sehat tersebut dengan benar, menjelaskan manfaat yang terdapat dalam aktifitas tersebut, serta perbedaannya dengan aktifitas kesehatan yang lain.
         Siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan jawaban mereka dengan teman yang lain.
         Siswa mencoba melakukan langkah-langkah aktifitas yang sudah mereka pelajari sebelumnya.
         Dengan bantuan guru, siswa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut di luar lingkungan sekolah.
         Siswa mencermati bacaan tentang motif hias klasik yang terdapat pada masa Kerajaan Islam.
         Siswa juga mempelajari seni ukiran motif hias klasik di beberapa daerah yang ada di Indonesia, seperti motif Mataram.
         Siswa diminta untuk menggarisbawahi istilah-istilah baru yang mereka temukan dalam bacaan.
         Siswa mencari arti kata istilah-istilah dalam bahasa daerah tersebut.
         Siswa diberikan kesempatan untuk bekerja secara mandiri dalam menjawab pertanyaan.
         Siswa mengolah informasi tentang kerajinan khas daerah setempat, mulai dari keunikan yang dimiliki, nama kerajinan tersebut, serta daerah asal tempat kerajinan berasal.
         Siswa menjelaskan kerajinan daerah tersebut secara jelas dan mandiri.
         Guru membuka diskusi yang mengarah pada kekayaan budaya daerah setempat yang berbentuk kerajinan khas daerah.
         Siswa mencermati teks bacaan tentang Sunan Kalijaga serta sepak terjang beliau dalam upaya penyebaran agama Islam.
         Siswa menggaris-bawahi informasi-informasi penting sehubungan dengan bacaan.
         Guru membuka forum diskusi tentang tokoh Sunan Kalijaga serta hasil percampuran budaya lokal dengan Islam yang sudah beliau ciptakan.
         Siswa mengolah informasi tentang perkembangan nilai-nilai pada masa kerajaan Islam di Indonesia. Siswa dapat memperoleh informasi tersebut dari beberapa teks bacaan yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
         Siswa memilih salah satu tema yang tersedia.
         Siswa membuat kerangka karangan berdasarkan tema tulisan.
         Siswa mengembangkan kerangka karangan dan menuangkannya dalam bentuk cerita tertulis tentang tema tersebut.
         Siswa mencermati setiap gambar yang tersaji dalam buku siswa.
         Siswa menelaah bahan-bahan pembuat benda-benda tersebut.
         Siswa mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan magnetis.
         Guru membuka forum diskusi terkait dengan ciri benda-benda magnetis dan bukan magnetis.
         Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan beberapa pertanyaan yang tersedia sebagai acuan.
         Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang apakah benda logam, benda plastik, benda kaca dan benda kayu termasuk ke dalam benda magnetis.
         Siswa memberikan penjelasan berikut dengan contoh.
         Siswa menelaah bahan-bahan pembuat benda-benda tersebut.
         Siswa mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan magnetis.
         Guru membuka forum diskusi terkait dengan ciri benda-benda magnetis dan bukan magnetis.
         Siswa bersama dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
         Dengan bantuan guru, siswa melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
         Guru membuka diskusi dengan siswa terkait dengan sukses atau tidaknya percobaan yang dilakukan serta faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat pembuatan elektromagnetik sederhana.
         Siswa bersama dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
         Dengan bantuan guru, siswa melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
         Guru membuka diskusi dengan siswa terkait dengan sukses atau tidaknya percobaan yang dilakukan serta faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat pembuatan elektromagnetik sederhana.
         Siswa mengingat kembali hal-hal penting yang mereka pelajari hari ini, seperti kisah perjuangan para pahlawan Islam, dan nilai perjuangan yang mereka contohkan, cara membuat elektromagnetik sederhanam dan lain-lain.
         Siswa kemudian menuliskan di buku jurnal mereka tentang sikap dan nilai apa yang telah mereka kembangkan melalui kegiatan hari ini.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·         Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·         Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2





3






Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
















Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Bersama kelompokmu diskusikan pernyataan-pernyataan berikut!

1.    Benarkah semua bahan logam itu termasuk benda magnetis? Jelaskan alas an dan berikan contohnya!

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

2.    Benarkah semua bahan kaca itu termasuk benda bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

3.    Benarkah semua bahan plastik itu termasuk benda bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

4.    Benarkah semua bahan kayu itu termasuk benda bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………




MEDIA

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors