RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/2
Tema 7 :
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerajaan
Islam di Indonesia /
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
SBdP
Kompetensi Dasar
3.5
Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
Indikator
3.5.2.
Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
Kompetensi Dasar
4.17
Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan
bahasa daerah.
Indikator
4.17.1.
Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa
daerah setempat.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.5
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.3.
Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Kompetensi Dasar
4.5
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
Indikator
3.5.3.
Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5
Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.5.
Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari
teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5
Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.5.
Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
yang ada di daerahnya.
IPA
Kompetensi Dasar
3.5Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator
3.5.8.
Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
Kompetensi Dasar
4.5
Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda
yang ditarik oleh magnet.
Indikator
4.5.7.
Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
C.
Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru,
unsur-unsur budaya daerah
- Keunikan karya seni/kerajinan daerah
- Perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
- Mengelompokkan benda yang bersifat
magnetis dan tidak magnetis
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian
siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika,
melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan
sebagainya.
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
•
Siswa membaca
teks pendek tentang pentingnya jantung dan paru-paru.
•
Guru
menstimulus diskusi yang mengarah kepada manfaat menjaga kesehatan, terutama
jantung dan paru-paru.
•
Siswa
mengemukakan pendapat tentang manfaat-manfaat lain yang bisa dipetik dari
menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan percaya diri menggunakan
pengetahuan yang diperoleh sebelum pencarian informasi.
•
Siswa menggali
informasi dari bacaan dan mencari informasi terkait dengan aktifitas yang
bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru.
•
Siswa
mengamati gambar beberapa bentuk aktifitas seperti yang disajikan pada buku
siswa
•
Siswa
menjelaskan cara melakukan aktifitas-aktifitas sehat tersebut dengan benar,
menjelaskan manfaat yang terdapat dalam aktifitas tersebut, serta
perbedaannya dengan aktifitas kesehatan yang lain.
•
Siswa diberi
kesempatan untuk mendiskusikan jawaban mereka dengan teman yang lain.
•
Siswa mencoba
melakukan langkah-langkah aktifitas yang sudah mereka pelajari sebelumnya.
•
Dengan bantuan
guru, siswa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut di luar lingkungan sekolah.
•
Siswa
mencermati bacaan tentang motif hias klasik yang terdapat pada masa Kerajaan
Islam.
•
Siswa juga
mempelajari seni ukiran motif hias klasik di beberapa daerah yang ada di
Indonesia, seperti motif Mataram.
•
Siswa diminta
untuk menggarisbawahi istilah-istilah baru yang mereka temukan dalam bacaan.
•
Siswa mencari
arti kata istilah-istilah dalam bahasa daerah tersebut.
•
Siswa
diberikan kesempatan untuk bekerja secara mandiri dalam menjawab pertanyaan.
•
Siswa mengolah
informasi tentang kerajinan khas daerah setempat, mulai dari keunikan yang
dimiliki, nama kerajinan tersebut, serta daerah asal tempat kerajinan
berasal.
•
Siswa
menjelaskan kerajinan daerah tersebut secara jelas dan mandiri.
•
Guru membuka
diskusi yang mengarah pada kekayaan budaya daerah setempat yang berbentuk
kerajinan khas daerah.
•
Siswa
mencermati teks bacaan tentang Sunan Kalijaga serta sepak terjang beliau
dalam upaya penyebaran agama Islam.
•
Siswa menggaris-bawahi
informasi-informasi penting sehubungan dengan bacaan.
•
Guru membuka
forum diskusi tentang tokoh Sunan Kalijaga serta hasil percampuran budaya
lokal dengan Islam yang sudah beliau ciptakan.
•
Siswa mengolah
informasi tentang perkembangan nilai-nilai pada masa kerajaan Islam di
Indonesia. Siswa dapat memperoleh informasi tersebut dari beberapa teks
bacaan yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
•
Siswa memilih
salah satu tema yang tersedia.
•
Siswa membuat
kerangka karangan berdasarkan tema tulisan.
•
Siswa
mengembangkan kerangka karangan dan menuangkannya dalam bentuk cerita
tertulis tentang tema tersebut.
•
Siswa
mencermati setiap gambar yang tersaji dalam buku siswa.
•
Siswa menelaah
bahan-bahan pembuat benda-benda tersebut.
•
Siswa
mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat
magnetis dan bukan magnetis.
•
Guru membuka
forum diskusi terkait dengan ciri benda-benda magnetis dan bukan magnetis.
•
Siswa bersama
kelompoknya mendiskusikan beberapa pertanyaan yang tersedia sebagai acuan.
•
Siswa
mendiskusikan pertanyaan tentang apakah benda logam, benda plastik, benda
kaca dan benda kayu termasuk ke dalam benda magnetis.
•
Siswa
memberikan penjelasan berikut dengan contoh.
•
Siswa menelaah
bahan-bahan pembuat benda-benda tersebut.
•
Siswa mengklasifikasikan
benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan
magnetis.
•
Guru membuka
forum diskusi terkait dengan ciri benda-benda magnetis dan bukan magnetis.
•
Siswa bersama
dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
•
Dengan bantuan
guru, siswa melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
•
Guru membuka
diskusi dengan siswa terkait dengan sukses atau tidaknya percobaan yang
dilakukan serta faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat pembuatan
elektromagnetik sederhana.
•
Siswa bersama
dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
•
Dengan bantuan
guru, siswa melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
•
Guru membuka
diskusi dengan siswa terkait dengan sukses atau tidaknya percobaan yang
dilakukan serta faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat pembuatan
elektromagnetik sederhana.
•
Siswa
mengingat kembali hal-hal penting yang mereka pelajari hari ini, seperti
kisah perjuangan para pahlawan Islam, dan nilai perjuangan yang mereka
contohkan, cara membuat elektromagnetik sederhanam dan lain-lain.
•
Siswa kemudian
menuliskan di buku jurnal mereka tentang sikap dan nilai apa yang telah
mereka kembangkan melalui kegiatan hari ini.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·
Guru
meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·
Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana
anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan siswa
tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Bersama kelompokmu diskusikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1.
Benarkah semua bahan logam itu termasuk
benda magnetis? Jelaskan alas an dan berikan contohnya!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
2.
Benarkah semua bahan kaca itu termasuk
benda bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
3.
Benarkah semua bahan plastik itu termasuk
benda bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
4.
Benarkah semua bahan kayu itu termasuk benda
bukan magnetis? Jelaskan alasan dan berikan contohnya!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment