Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 16 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/2
Tema 7                                        : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerajaan Islam di Indonesia / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
Indikator
3.5.2. Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
Kompetensi dasar
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.4. Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
Indikator
3.3.2. Memahami prosedur mengukur sudut.
Kompetensi Dasar
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator
4.5.2. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.

IPS
Kompetensi dasar
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
Indikator
3.21. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
Kompetensi dasar
4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
Indikator
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.

C.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Ukuran sudut dalam derajat, nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Peninggalanpeninggalan tradisi yang mengandung nilai-nilai persatuan
- Tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
- Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 menit
B.Kegiatan Inti
• Siswa mengamati gambar masjid seperti yang disajikan pada buku siswa, siswa diminta untuk membuat sketsa dari gambar masjid tersebut.
• Siswa melingkari salah satu sudut yang mereka temukan dalam gambar sketsa dan menggunakan busur derajat untuk mengukur besarnya sudut tersebut.
• Siswa memperhatikan secara cermat, gambar cara menggunakan busur derajat seperti yang disajikan dalam buku siswa, dan mencoba mengukur besarnya sudut dari sudut yang mereka lingkari sebelumnya. (Guru memberikan umpan balik kepada siswa tentang cara menggunakan busur dan memastikan ketepatan pengukurannya).
• Siswa diberi kesempatan untuk menukarkan pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling memeriksa apakah cara pengukuran dan hasil pengukuran mereka sudah tepat.
• Siswa membaca seksama petunjuk mengukur sudut menggunakan busur derajat.
• Siswa kemudian mengamati gambar sudut dan busur derajat yang dihimpitkan pada gambar sudut tersebut.
• Siswa mengidentifikasi besarnya sudut berdasarkan gambar.
• Guru membantu mengembangkan keterampilan siswa dalam menggunakan busur derajat dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan busur derajat mereka sendiri dalam mengukur besarnya sudut pada gambar.
  Siswa mencoba secara mandiri dalam mengukur sudut, untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa. Siswa menukarkan hasil kerjanya dengan hasil kerja temannya dan saling memeriksa ketepatan pengukuran sudut yang telah dilakukan.
• Siswa mencermati gambar-gambar sudut yang disajikan dalam buku siswa.
• Dengan bantuan guru, siswa mengukur besar sudut yang ada dengan menggunakan bantuan busur.
• Dengan bantuan guru, siswa memeriksa kembali hasil pengukurannya.
• Siswa mencermati gambar-gambar sudut yang disajikan dalam buku siswa.
• Siswa membuat perkiraan terlebih dahulu tentang besarnya sudut-sudut tersebut.
• Siswa mencoba secara mandiri pengukuran sudut dan memeriksa ketepatan pengukuran sudut yang telah dilakukan.
• Siswa mencermati bacaan tentang Kesultanan Gowa.
• Siswa diminta untuk menggarisbawahi informasi-informasi penting dan kata-kata sulit yang mereka temukan dalam bacaan.
• Siswa kemudian mencari arti dari kata-kata sulit yang mereka temukan dengan bertanya, berdiskusi dan menggunakan kamus.
• Siswa kemudian mengolah informasi dari bacaan menjadi sebuah kesimpulan yang menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia secara mandiri.
• Siswa kemudian menganalisa nilai-nilai kesatuan dan persatuan yang dapat mereka temukan dalam bacaan untuk kemudia mereka catat di lembar yang telah disediakan.
• Siswa membaca bacaan tentang Sultan Hasanuddin dan mengolah bacaan tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak.
• Siswa mencari jawaban atau informasi berdasarkan pertanyaan acuan yang telah diberikan agar lebih memahami tentang perjuangan Sultan Hasanuddin.
• Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Sultan Hasanuddin sebagai tokoh persatuan dan kesatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Sultan Hasanuddin, dan mengidentifikasikan perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya, bermain peran untuk memerankan tokoh Sultan Hasanuddin.
• Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan menjadi naskah drama untuk bermain peran.
• Siswa bersama-sama dengan kelompoknya menjawab pertanyaan tentang Sultan Iskandar Muda.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Sultan Iskandar Muda, dan mengidentifikasikan perilaku serta sikap kepahlawanan yang dimilikinya.
• Siswa mencari informasi tentang Sultan Ageng Tirtayasa, serta mengidentifikasi perilaku serta sikap kepahlawanan yang dimilikinya.
• Siswa membuat pertanyaan yang akan dijawab oleh teman dan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh temannya tersebut tentang Sultan Ageng Tirtayasa.
• Siswa menuliskan informasi yang diperolehnya tentang Sultan Ageng Tirtayasa berkenaan dengan kebijakan yang dilakukannya untuk mendukung nilai-nilai persatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencermati bacaan singkat tentang lini perubahan
• Siswa bersama dengan kelompoknya, mendiskusikan lini-lini perubahan pada masa kehidupan bangsa Indonesia secara mandiri.
• Siswa mencari informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi di beberapa bidang dengan tekun.
• Siswa mencermati hasil pencarian informasi tentang lini perubahan yang sudah dikerjakan sebelumnya.
• Siswa mencari tahu sebab-akibat terjadinya perubahan tersebut secara mandiri.
• Dengan bimbingan guru, siswa memilah dan menggali informasi yang diperoleh tentang penyebab dan akibat yang timbul dari perubahan.
• Guru membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dengan memberikan penjelasan dan berdiskusi.
• Siswa mengingat kembali hal atau informasi penting yang mereka pelajari.
• Siswa mencatat pemahaman dan penguasaan pembelajaran mereka pada lembar yang telah disediakan.
• Siswa mengeksplorasi dan mendiskusikan contoh perubahan nyata yang terjadi di keluarga dari segi ekonomi, pendidikan maupun kegiatan beribadah.
• Siswa kemudian mencatat hasil diskusi dan ekplorasi siswa di rumah dengan bimbingan orang tua.
• Siswa meminta pendapat atau input dari guru tentang pengerjaan tugas mereka.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·         Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·         Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2





3






Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
















Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006

Lembar Kerja Siswa
(LKS)




Tentukan besarnya sudut-sudut berikut menggunakan busur derajat.
                           1.    Ukurlah besar sudut ABC






 MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors