RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/2
Tema 7 :
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerajaan
Islam di Indonesia /
4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
Kompetensi Dasar
3.5
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
Indikator
3.5.2.
Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi
keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
Kompetensi dasar
4.5 Mensimulasikan
nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
4.5.1.
Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5
Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.4.
Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita
sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi dasar
4.5
Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.4.
Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola.
Indikator
3.3.2.
Memahami prosedur mengukur sudut.
Kompetensi Dasar
4.9
Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis
sudutnya.
Indikator
4.5.2.
Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.
IPS
Kompetensi dasar
3.2
Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta
perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
Indikator
3.21.
Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
Kompetensi dasar
4.2
Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi
dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa
tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
Indikator
4.2.1.
Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
C.
Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Ukuran sudut dalam derajat, nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam Indonesia
- Peninggalanpeninggalan tradisi yang mengandung nilai-nilai persatuan
- Tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
- Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian
siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan
permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
• Siswa mengamati gambar masjid seperti yang disajikan pada buku siswa,
siswa diminta untuk membuat sketsa dari gambar masjid tersebut.
• Siswa melingkari salah satu sudut yang mereka temukan dalam gambar
sketsa dan menggunakan busur derajat untuk mengukur besarnya sudut tersebut.
• Siswa memperhatikan secara cermat, gambar cara menggunakan busur
derajat seperti yang disajikan dalam buku siswa, dan mencoba mengukur
besarnya sudut dari sudut yang mereka lingkari sebelumnya. (Guru memberikan
umpan balik kepada siswa tentang cara menggunakan busur dan memastikan
ketepatan pengukurannya).
• Siswa diberi kesempatan untuk menukarkan pekerjaannya dengan pekerjaan
temannya dan saling memeriksa apakah cara pengukuran dan hasil pengukuran
mereka sudah tepat.
• Siswa membaca seksama petunjuk mengukur sudut menggunakan busur
derajat.
• Siswa kemudian mengamati gambar sudut dan busur derajat yang
dihimpitkan pada gambar sudut tersebut.
• Siswa mengidentifikasi besarnya sudut berdasarkan gambar.
• Guru membantu mengembangkan keterampilan siswa dalam menggunakan busur
derajat dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan busur
derajat mereka sendiri dalam mengukur besarnya sudut pada gambar.
• Siswa mencoba secara mandiri
dalam mengukur sudut, untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa.
Siswa menukarkan hasil kerjanya dengan hasil kerja temannya dan saling
memeriksa ketepatan pengukuran sudut yang telah dilakukan.
• Siswa mencermati gambar-gambar sudut yang disajikan dalam buku siswa.
• Dengan bantuan guru, siswa mengukur besar sudut yang ada dengan
menggunakan bantuan busur.
• Dengan bantuan guru, siswa memeriksa kembali hasil pengukurannya.
• Siswa mencermati gambar-gambar sudut yang disajikan dalam buku siswa.
• Siswa membuat perkiraan terlebih dahulu tentang besarnya sudut-sudut
tersebut.
• Siswa mencoba secara mandiri pengukuran sudut dan memeriksa ketepatan
pengukuran sudut yang telah dilakukan.
• Siswa mencermati bacaan tentang Kesultanan Gowa.
• Siswa diminta untuk menggarisbawahi informasi-informasi penting dan
kata-kata sulit yang mereka temukan dalam bacaan.
• Siswa kemudian mencari arti dari kata-kata sulit yang mereka temukan
dengan bertanya, berdiskusi dan menggunakan kamus.
• Siswa kemudian mengolah informasi dari bacaan menjadi sebuah kesimpulan
yang menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia
secara mandiri.
• Siswa kemudian menganalisa nilai-nilai kesatuan dan persatuan yang
dapat mereka temukan dalam bacaan untuk kemudia mereka catat di lembar yang
telah disediakan.
• Siswa membaca bacaan tentang Sultan Hasanuddin dan mengolah bacaan
tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak.
• Siswa mencari jawaban atau informasi berdasarkan pertanyaan acuan yang
telah diberikan agar lebih memahami tentang perjuangan Sultan Hasanuddin.
• Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Sultan Hasanuddin sebagai
tokoh persatuan dan kesatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku
maupun artikel tentang Sultan Hasanuddin, dan mengidentifikasikan perilaku
serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya, bermain peran untuk memerankan tokoh
Sultan Hasanuddin.
• Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan menjadi naskah drama
untuk bermain peran.
• Siswa bersama-sama dengan kelompoknya menjawab pertanyaan tentang
Sultan Iskandar Muda.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku
maupun artikel tentang Sultan Iskandar Muda, dan mengidentifikasikan perilaku
serta sikap kepahlawanan yang dimilikinya.
• Siswa mencari informasi tentang Sultan Ageng Tirtayasa, serta
mengidentifikasi perilaku serta sikap kepahlawanan yang dimilikinya.
• Siswa membuat pertanyaan yang akan dijawab oleh teman dan menjawab pertanyaan
yang dibuat oleh temannya tersebut tentang Sultan Ageng Tirtayasa.
• Siswa menuliskan informasi yang diperolehnya tentang Sultan Ageng
Tirtayasa berkenaan dengan kebijakan yang dilakukannya untuk mendukung
nilai-nilai persatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencermati bacaan singkat tentang lini
perubahan
• Siswa bersama dengan kelompoknya, mendiskusikan lini-lini perubahan
pada masa kehidupan bangsa Indonesia secara mandiri.
• Siswa mencari informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi di
beberapa bidang dengan tekun.
• Siswa mencermati hasil pencarian informasi tentang lini perubahan yang
sudah dikerjakan sebelumnya.
• Siswa mencari tahu sebab-akibat terjadinya perubahan tersebut secara
mandiri.
• Dengan bimbingan guru, siswa memilah dan menggali informasi yang
diperoleh tentang penyebab dan akibat yang timbul dari perubahan.
• Guru membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dengan memberikan
penjelasan dan berdiskusi.
• Siswa mengingat kembali hal atau informasi penting yang mereka
pelajari.
• Siswa mencatat pemahaman dan penguasaan pembelajaran mereka pada lembar
yang telah disediakan.
• Siswa mengeksplorasi dan mendiskusikan contoh perubahan nyata yang
terjadi di keluarga dari segi ekonomi, pendidikan maupun kegiatan beribadah.
• Siswa kemudian mencatat hasil diskusi dan ekplorasi siswa di rumah
dengan bimbingan orang tua.
• Siswa meminta pendapat atau input dari guru tentang pengerjaan tugas
mereka.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·
Guru
meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·
Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana
anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan siswa
tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tentukan besarnya sudut-sudut berikut menggunakan
busur derajat.
1.
Ukurlah besar sudut ABC
MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment