Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 15 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/2
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerajaan Islam di Indonesia / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5       Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.3.   Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5       Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.3.   Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.3       Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
Indikator
3.3.2.   Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
Kompetensi Dasar
4.9       Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator
4.9.2.   Membandingkan besar sudut.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
Indikator
3.5.1.   Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5       Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
4.5.1.   Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
 
C.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Besar kecilnya sudut, sifat dan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai persatuan
kerajaan Islam di Indonesia
- Tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
- Peninggalan masa Islam di daerahnya,
- Perkembangan kerajaan Islam Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit
B.Kegiatan Inti
       Siswa mengamati gambar yang disajikan pada buku siswa.
       Siswa mengidentifikasikan titik sudut dan namanya.
       Siswa menjiplak gambar sudut dengan menggunakan kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya.
       Siswa menganalisa instruksi yang diberikan yaitu mengamati sudut-sudut yang ada pada buku siswa.
       Siswa kemudian menjiplak gambar sudut dengan menggunakan kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya.
       Pada latihan berikutnya, siswa menggunakan model sudut hasil jiplakkannya untuk mengidentifikasikan apakah gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya lebih besar, lebih kecil atau sama dengan model sudut yang dimilikinya.
       Siswa membaca dan menggali informasi dari bacaan Raden Patah.
       Siswa mencermati informasi yang disampaikan melalui bacaan dan mengidentifikasikan sifat dan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai persatuan kerajaan Islam di Indonesia.
       Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan mengidentifikasikan perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai persatuan.
       Siswa bersama dengan kelompoknya, bermain peran untuk memerankan tokoh Raden Patah.
       Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan menjadi naskah drama untuk bermain peran.
       Siswa mempelajari nilai dan sikap toleransi dan persatuan yang dapt ditauladani dari tokoh Raden Patah.
       Siswa kemudian menganalisa sikap mereka berkaitan dengan sikap toleran maupun persatuan di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
       Siswa mencatat pencerminan kedua sikap tersebut di lembar yang telah disediakan.
       Siswa menganalisa dan berdiskusi dengan orangtua tentang ketaatan beribadah keluarga dalam menjalankan ibadah sehari-hari.
       Dengan bimbingan orang tua siswa kemudian mencatat dan menceritakan hasil diskusi dengan orang tua kedalam sebuah cerita/tulisan.
·      Siswa kemudian meminta pendapat orang tua mengenai hasil karya tulis mereka
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·         Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·         Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2





3






Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
















Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Impitkan gambar sudut yang telah kamu gunting (Sudut ABC) pada gambar
sudut-sudut berikut.

Lengkapi titik-titik berikut dengan lebih kecil, sama dengan, atau lebih besar


TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors