(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/2
Tema 7 :
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerajaan
Islam di Indonesia /
3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.3. Mengenali perkembangan kerajaan Islam
Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
Indikator
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati
pola.
Indikator
3.3.2. Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
Kompetensi Dasar
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur
derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator
4.9.2. Membandingkan besar sudut.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
Islam.
Indikator
3.5.1. Menyebutkan nilai-nilai persatuan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada
masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi
simbol persatuan.
C.
Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Besar kecilnya sudut, sifat dan perilaku yang menunjukkan
nilai-nilai persatuan
kerajaan Islam di Indonesia
- Tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
- Peninggalan masa Islam di daerahnya,
- Perkembangan kerajaan Islam Indonesia
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
· Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
· Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi,
meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
• Siswa mengamati gambar yang disajikan pada buku
siswa.
• Siswa mengidentifikasikan titik sudut dan namanya.
• Siswa menjiplak gambar sudut dengan menggunakan
kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai
sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya.
• Siswa menganalisa instruksi yang diberikan yaitu
mengamati sudut-sudut yang ada pada buku siswa.
• Siswa kemudian menjiplak gambar sudut dengan menggunakan
kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai
sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya.
• Pada latihan berikutnya, siswa menggunakan model
sudut hasil jiplakkannya untuk mengidentifikasikan apakah gambar-gambar sudut
pada latihan berikutnya lebih besar, lebih kecil atau sama dengan model sudut
yang dimilikinya.
• Siswa membaca dan menggali informasi dari bacaan
Raden Patah.
• Siswa mencermati informasi yang disampaikan melalui
bacaan dan mengidentifikasikan sifat dan perilaku yang menunjukkan
nilai-nilai persatuan kerajaan Islam di Indonesia.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi
tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan
mengidentifikasikan perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai
persatuan.
• Siswa bersama dengan kelompoknya, bermain peran
untuk memerankan tokoh Raden Patah.
• Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan
menjadi naskah drama untuk bermain peran.
• Siswa mempelajari nilai dan sikap toleransi dan
persatuan yang dapt ditauladani dari tokoh Raden Patah.
• Siswa kemudian menganalisa sikap mereka berkaitan
dengan sikap toleran maupun persatuan di lingkungan sekitar dalam kehidupan
sehari-hari.
• Siswa mencatat pencerminan kedua sikap tersebut di
lembar yang telah disediakan.
• Siswa menganalisa dan berdiskusi dengan orangtua
tentang ketaatan beribadah keluarga dalam menjalankan ibadah sehari-hari.
• Dengan bimbingan orang tua siswa kemudian mencatat
dan menceritakan hasil diskusi dengan orang tua kedalam sebuah
cerita/tulisan.
· Siswa kemudian meminta pendapat orang tua mengenai
hasil karya tulis mereka
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·
Guru
meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·
Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana
anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan siswa
tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Impitkan gambar sudut yang telah kamu gunting (Sudut
ABC) pada gambar
sudut-sudut berikut.
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment