Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 15 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/2
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Kerajaan Islam di Indonesia / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PJOK
Kompetensi Dasar
3.5       Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
3.5.1.   Menjelaskan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Kompetensi Dasar
4.5       Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
4.5.3.   Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.

SBdP
Kompetensi Dasar
3.5       Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
Indikator
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan.
Kompetensi Dasar
4.17     Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (contoh: dalam ukiran Jawa Tengah/DIY ada istilah pecahan, cawen, dsb).
IPA
Kompetensi dasar
3.5       Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
3.5.7.   Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.
Kompetensi Dasar
4.5       Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator
4.5.6.   Merancang cara membuat electromagnet sederhana.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5       Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5       Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
4.5.2.   Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

C.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru-paru
- Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Benda-benda yang bersifat magnetis,
- Cara membuat elektromagnet sederhana,
- Unsur-unsur dan istilah kesenian
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 menit
B.Kegiatan Inti
• Siswa mencermati bacaan dan gambar tentang kegiatan olahraga lari.
• Dengan bantuan guru, siswa berdiskusi tentang manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru-paru.
• Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan pada buku siswa, guru memberikan bantuan dalam mengarahkan diskusi dengan memberikan penekanan pada manfaat dan cara berlari yang benar.
• Guru memberikan sumber informasi yang lain untuk melengkapi pemahaman siswa tentang manfaat lari dan hubungannya dengan daya tahan jantung dan paru.
• Siswa menuliskan pemahaman mereka tentang hubungan antara berlari dengan daya tahan jantung dan paru berdasarkabn hasil diskusi dan materi atau sumber informasi lainnya di kolom yang telah disediakan.
• Siswa bersama guru mempraktikan cara berlari yang benar, pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan berlari di luar ruangan kelas.
• Guru memberikan umpan balik terhadap praktek berlari yang telah dilakukan siswa.
• Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan di buku siswa.
• Siswa menggarisbawahi informasi penting yang ditemukan dalam bacaan.
• Dengan bantuan guru, siswa mencermati informasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
   Siswa berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
• Siswa mencari kata-kata yang sulit dipahami dalam bacaan Kerajaan Demak. Siswa dengan bimbingan guru mencari arti dari kata-kata tersebut untuk memperdalam pemahaman mereka tentang bacaan.
• Kemudian, siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca, dengan bantuan guru, siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
• Siswa membaca teks bacaan tentang Kerajaan Demak dan mengolah bacaan tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak.
• Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Raden Patah sebagai tokoh pahlawan yang sangat toleran dan menghormati agama lain.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan mengidentifikasikan sikap, perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai toleransi dan persatuan sewaktu memimpin kerajaan Demak.
• Siswa kemudian menjawab pertanyaan acuan yang terdapat di buku siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kerajaan Demak dibawah kepemimpinan Raden Patah.
• Siswa mengamati gambar benda-benda yang ditemukan di Masjid Demak.
   Dengan bantuan guru, siswa mencermati gambar tersebut secara detail, guru menstimulus diskusi yang mengarah kepada bagian-begian tertentu pada gambar untuk mengaitkannya dengan pembahasan benda-benda magnetis.
• Dengan bantuan guru, siswa mengingat kembali pemahaman mereka tentang ciri-ciri benda magnetis dan mengidentifikasikan benda-benda magnetis yang bisa mereka temukan dalam gambar.
• Guru bisa menggunakan bahan lain atau gambar lain untuk memberikan penjelasan lebih tentang benda-benda magnetis.
• Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya atau kelompoknya untuk menjelaskan mengapa benda-benda magnetis berbeda dengan benda tidak magnetis.
• Siswa kemudian mengelompokkan gambar-gambar benda yang mengandung magnet di kolom yang tersedia.
• Siswa bereksplorasi dengan mencari benda-benda yang mengandung magnet di rumah. Siswa menuliskan hasil temuan mereka di kolom yang disediakan. Siswa mendiskusikan hasil pencarian mereka dengan teman sebangku.
• Guru memberikan topik diskusi lanjutan tentang benda-benda magnetis, dan cara- cara membuat magnet sederhana.
• Siswa distimulus untuk memberikan pendapatnya tentang cara-cara membuat magnet (guru bisa memberikan beberapa pertanyaan seperti : apakah magnet bisa dibuat? Bahan–bahan apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat magnet, pernahkah kamu membaca informasi tentang cara membuat magnet?).
• Siswa mendemonstrasikan cara membuat magnet seperti pada gambar yang disajikan pada buku siswa (guru membantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu: magnet dan besi.
• Siswa mengikuti langkah-langkah yang disarankan yaitu menggosok–gosok magnet pada besi secara berulang-ulang dan mendekatkan besi tersebut dengan benda-benda magnetis (besi/paku dll).
• Siswa mengamati apa yang terjadi ketika mereka mendekatkan magnet buatan dengan benda-benda magnetis dan mencatat hasil pengamatannya.
• Siswa mencermati bacaan yang disajikan di buku siswa.
• Siswa mencermati kata-kata yang berkaitan dengan istilah-istilah kesenian.
• Siswa mengidentifikasikan unsur-unsur kesenian yang mereka bisa temukan dalam bacaan dan mendiskusikannya dengan bantuan guru.
• Dengan bantuan guru, siswa menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan istilah kesenian.
• Dengan bantuan guru, siswa mendiskusikan kata-kata tersebut untuk memahami lebih lanjut arti kata dan informasi dari bacaan yang disajikan.
• Siswa saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk menemukan arti dari unsur atau nilai kesenian yang merka temukan dan ingin ketahui lebih dalam.
• Siswa melanjutkan eksplorasi dengan mengamati dan mencari benda-benda atau bagian-bagian bangunan yang ada di rumah mereka atau di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang mengandung seni ukir.
• Siswa kemudian mencoba mendiskusikan atau mencari petunjuk tentang motif ukir dari tiap benda-benda yang mereka temui.
• Siswa menuliskan hasil eksplorasi mereka di tabel yang telah disediakan.
• Siswa kemudian membaca ringkasan bacaan tentang beberapa jenis ulir yang bisa siswa temukan.
• Siswa melanjutkan eksplorasi dengan mengamati dan mencari unsur-unsur atau istilah dan motif dalam seni ukir di tiap-tiap wilayah Indonesia.
• Siswa bekerja sama dengan teman kemudian mencari dan mencatat hasil temuan mereka di tempat yang telah disediakan.
• Siswa mengingat kembali hal-hal penting apa yang telah mereka pelajari hari ini.
• Siswa kemudian merumuskan pemahaman mereka tentang pentingnya aktivitas olahraga lari, mengelompokkan benda yang mengandung magnet dan tidak mengandung magnet, membaca bacaan tentang Masjid Agung di Demak, dan mempelajari berbagai karya seni ukir.
• Siswa mengidentifikasikan manfaat dari semua pembelajaran tersebut dengan melihat kembali kegunaannya bagi siswa.
• Siswa kemudian menulis hasil renungan di kolom yang telah disediakan.
• Siswa mengeksplorasi contoh seni ukir yang dapat mereka temui di rumah.
• Siswa kemudian membuat kreasi motif ukiran di kertas A4.
• Siswa membuat motif dengan dibantu orabgtua berdasarkan dua tema yang telah ditentukan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·         Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·         Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).
Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2





3






Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
















Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)




 
Sekarang giliranmu, kelompokkan benda-benda di atas yang mengandung magnet.
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................

MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors