RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/2
Tema 7 :
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerajaan
Islam di Indonesia /
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PJOK
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya
tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran
jasmani.
Indikator
3.5.1. Menjelaskan manfaat dan cara berlari yang
benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Kompetensi Dasar
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
4.5.3. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh
jarak 0,5 km.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam
bahasa daerah.
Indikator
3.5.1.
Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan.
Kompetensi Dasar
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan
unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
4.17.2.
Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah
di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (contoh: dalam ukiran Jawa Tengah/DIY
ada istilah pecahan, cawen, dsb).
IPA
Kompetensi dasar
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan
sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat
magnetis.
Kompetensi Dasar
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan
menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet
sederhana.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.2.
Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
Indonesia.
Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
Indikator
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
C.
Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: - Manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas
latihan daya tahan jantung dan paru-paru
- Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Benda-benda yang bersifat magnetis,
- Cara membuat elektromagnet sederhana,
- Unsur-unsur dan istilah kesenian
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian
siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika,
melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan
sebagainya.
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
• Siswa mencermati bacaan dan gambar tentang kegiatan olahraga lari.
• Dengan bantuan guru, siswa berdiskusi tentang manfaat dan cara berlari
yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan
paru-paru.
• Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan pada
buku siswa, guru memberikan bantuan dalam mengarahkan diskusi dengan memberikan
penekanan pada manfaat dan cara berlari yang benar.
• Guru memberikan sumber informasi yang lain untuk melengkapi pemahaman
siswa tentang manfaat lari dan hubungannya dengan daya tahan jantung dan
paru.
• Siswa menuliskan pemahaman mereka tentang hubungan antara berlari
dengan daya tahan jantung dan paru berdasarkabn hasil diskusi dan materi atau
sumber informasi lainnya di kolom yang telah disediakan.
• Siswa bersama guru mempraktikan cara berlari yang benar, pada kegiatan
ini siswa melakukan kegiatan berlari di luar ruangan kelas.
• Guru memberikan umpan balik terhadap praktek berlari yang telah
dilakukan siswa.
• Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan di buku siswa.
• Siswa menggarisbawahi informasi penting yang ditemukan dalam bacaan.
• Dengan bantuan guru, siswa mencermati informasi tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
• Siswa berdiskusi tentang
informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, guru memberikan beberapa
pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
• Siswa mencari kata-kata yang sulit dipahami dalam bacaan Kerajaan
Demak. Siswa dengan bimbingan guru mencari arti dari kata-kata tersebut untuk
memperdalam pemahaman mereka tentang bacaan.
• Kemudian, siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca, dengan bantuan
guru, siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam Indonesia
• Siswa membaca teks bacaan tentang Kerajaan Demak dan mengolah bacaan
tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak.
• Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Raden Patah sebagai tokoh
pahlawan yang sangat toleran dan menghormati agama lain.
• Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku
maupun artikel tentang Raden Patah, dan mengidentifikasikan sikap, perilaku
serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai toleransi dan persatuan
sewaktu memimpin kerajaan Demak.
• Siswa kemudian menjawab pertanyaan acuan yang terdapat di buku siswa
untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kerajaan Demak dibawah
kepemimpinan Raden Patah.
• Siswa mengamati gambar benda-benda yang ditemukan di Masjid Demak.
• Dengan bantuan guru, siswa
mencermati gambar tersebut secara detail, guru menstimulus diskusi yang
mengarah kepada bagian-begian tertentu pada gambar untuk mengaitkannya dengan
pembahasan benda-benda magnetis.
• Dengan bantuan guru, siswa mengingat kembali pemahaman mereka tentang
ciri-ciri benda magnetis dan mengidentifikasikan benda-benda magnetis yang
bisa mereka temukan dalam gambar.
• Guru bisa menggunakan bahan lain atau gambar lain untuk memberikan
penjelasan lebih tentang benda-benda magnetis.
• Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya atau kelompoknya untuk
menjelaskan mengapa benda-benda magnetis berbeda dengan benda tidak magnetis.
• Siswa kemudian mengelompokkan gambar-gambar benda yang mengandung
magnet di kolom yang tersedia.
• Siswa bereksplorasi dengan mencari benda-benda yang mengandung magnet
di rumah. Siswa menuliskan hasil temuan mereka di kolom yang disediakan.
Siswa mendiskusikan hasil pencarian mereka dengan teman sebangku.
• Guru memberikan topik diskusi lanjutan tentang benda-benda magnetis,
dan cara- cara membuat magnet sederhana.
• Siswa distimulus untuk memberikan pendapatnya tentang cara-cara membuat
magnet (guru bisa memberikan beberapa pertanyaan seperti : apakah magnet bisa
dibuat? Bahan–bahan apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat magnet,
pernahkah kamu membaca informasi tentang cara membuat magnet?).
• Siswa mendemonstrasikan cara membuat magnet seperti pada gambar yang
disajikan pada buku siswa (guru membantu menyediakan bahan-bahan yang
dibutuhkan yaitu: magnet dan besi.
• Siswa mengikuti langkah-langkah yang disarankan yaitu menggosok–gosok
magnet pada besi secara berulang-ulang dan mendekatkan besi tersebut dengan
benda-benda magnetis (besi/paku dll).
• Siswa mengamati apa yang terjadi ketika mereka mendekatkan magnet
buatan dengan benda-benda magnetis dan mencatat hasil pengamatannya.
• Siswa mencermati bacaan yang disajikan di buku siswa.
• Siswa mencermati kata-kata yang berkaitan dengan istilah-istilah
kesenian.
• Siswa mengidentifikasikan unsur-unsur kesenian yang mereka bisa temukan
dalam bacaan dan mendiskusikannya dengan bantuan guru.
• Dengan bantuan guru, siswa menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan
istilah kesenian.
• Dengan bantuan guru, siswa mendiskusikan kata-kata tersebut untuk
memahami lebih lanjut arti kata dan informasi dari bacaan yang disajikan.
• Siswa saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk menemukan arti
dari unsur atau nilai kesenian yang merka temukan dan ingin ketahui lebih
dalam.
• Siswa melanjutkan eksplorasi dengan mengamati dan mencari benda-benda
atau bagian-bagian bangunan yang ada di rumah mereka atau di lingkungan
sekitar tempat tinggalmu yang mengandung seni ukir.
• Siswa kemudian mencoba mendiskusikan atau mencari petunjuk tentang
motif ukir dari tiap benda-benda yang mereka temui.
• Siswa menuliskan hasil eksplorasi mereka di tabel yang telah
disediakan.
• Siswa kemudian membaca ringkasan bacaan tentang beberapa jenis ulir
yang bisa siswa temukan.
• Siswa melanjutkan eksplorasi dengan mengamati dan mencari unsur-unsur
atau istilah dan motif dalam seni ukir di tiap-tiap wilayah Indonesia.
• Siswa bekerja sama dengan teman kemudian mencari dan mencatat hasil
temuan mereka di tempat yang telah disediakan.
• Siswa mengingat kembali hal-hal penting apa yang telah mereka pelajari
hari ini.
• Siswa kemudian merumuskan pemahaman mereka tentang pentingnya aktivitas
olahraga lari, mengelompokkan benda yang mengandung magnet dan tidak
mengandung magnet, membaca bacaan tentang Masjid Agung di Demak, dan
mempelajari berbagai karya seni ukir.
• Siswa mengidentifikasikan manfaat dari semua pembelajaran tersebut
dengan melihat kembali kegunaannya bagi siswa.
• Siswa kemudian menulis hasil renungan di kolom yang telah disediakan.
• Siswa mengeksplorasi contoh seni ukir yang dapat mereka temui di rumah.
• Siswa kemudian membuat kreasi motif ukiran di kertas A4.
• Siswa membuat motif dengan dibantu orabgtua berdasarkan dua tema yang
telah ditentukan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a
penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
·
Guru
meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
·
Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana
anaknya bermasalah dalam belajar di kelas
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan siswa
tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Sekarang giliranmu, kelompokkan benda-benda
di atas yang mengandung magnet.
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
MEDIA
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment