Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 14 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.3 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya
3.3.1 Menemukan keunikan gerakan tari Sajojo
 4.10 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
4.10.1 Memperagakan tari Sajojo

b) Matematika
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat bendabenda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku dan sudut-sudut lainnya melalui pengamatan
 4.14 Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat
4.14.1 Menyelesaikan soal tentang sudut yang tidak diketahui pada segitigadan segiempat

c) EVALUASI
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  • Menari Sajojo
  • Berdiskusi tentang satu cita-cita
  • Bereksplorasi dengan sudut segitiga dan segiempat
  • Berlatih soal evaluasi

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca informasi tentang tari Sajojo yang berasal dari Papua.
o   Siswa berlatih membuat gerakan tari Sajojo sesuai irama musik. Gerakan tarinya loncat-bungkukloncat- bungkuk yang dimulai dengan gerakan kaki kiri.
o   Guru mencari informasi tentang tari Sajojo ini. Ada baiknya mencari rekamannya.
o   Apabila tidak ada, guru membimbing siswa untuk membuat gerakan sendiri yang sesuai irama lagu; dapat dilakukan secara berkelompok atau klasikal. Jika berkelompok, minta tiap kelompok untuk mempresentasikan kreasi tarinya kepada seluruh siswa di kelas.
o   Guru juga mengajak siswa untuk menari sambil menyanyikan lagu tersebut bersama-sama.
o   Siswa menyampaikan perasaannya ketika menari dan bernyanyi bersama. (Penilaian no. 1)
o   Secara berpasangan, siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa, yakni tentang hal-hal yang harus dimiliki siswa jika ia bercita-cita menjadi seorang penari. Poin-poin yang diharapkan adalah tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
o   Siswa belajar lebih lanjut tentang sudut dalam segitiga. Kali ini yang dieksplorasi adalah sudut dalam segitiga sama sisi.
o   Segitiga pertama yang ada di dalam buku siswa adalah segitiga sama sisi. Pada segitiga sama sisi ABC, ciri-cirinya adalah memiliki tiga sisi yang sama panjang dan memiliki tiga sudut yang sama besar. Guru mengajak siswa untuk membuktikan besar setiap sudut dalam segitiga sama sisi tersebut.
o   Jumlah besar sudut dalam segitiga adalah 1800, oleh karena itu, besar setiap sudut dalam segitiga sama sisi adalah 600.
o   Siswa mengamati segitiga selanjutnya, yaitu segitiga sama kaki.
o   Segitiga kedua yang ada di dalam buku siswa adalah segitiga sama kaki. Pada segitiga sama kaki DFE, ciri-cirinya adalah memiliki dua sisi yang sama panjang dan memiliki dua sudut yang sama besar.
o   Guru mengajak siswa untuk membuktikan besar setiap sudut dalam segitiga sama kaki tersebut.
o   Jumlah besar sudut dalam segitiga sama kaki dapat bervariasi, tergantung besar salah satu sudut yang diketahui.
o   Siswa mengerjakan soal-soal menemukan sudut dalam segitiga dan segiempat.
o   Guru berkeliling melihat proses siswa mengerjakan.
o   Guru memperhatikan siswa yang terlihat belum memahami cara menemukan sudut dalam yang hilang. Guru membimbing siswa tersebut. (Penilaian no. 2)

Pengayaan
o   Siswa mengerjakan soal tentang sudut dalam segitiga dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, misalnya:


o   Pada soal-soal pengayaan tersebut, perlu diingat bahwa sudut berpelurus besarnya adalah 180° sehingga untuk menemukan sudut yang ditanya, siswa harus menemukan sudut yang hilang pada sudut berpelurus.
Contoh:
o   Pada segitiga di sebelah kiri, sudut yang hilang pada sudut berpelurus adalah 28° karena 180° - 152° adalah 28°. Dari sini dapatlah dicari sudut a, yaitu 180° - (111° + 28°) = 41°.

Evaluasi
o   Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dengan benar dan mandiri. (Penilaian no. 3)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Daftar periksa tari Sajojo (SBdP)
Beri tanda pada kolom yang sesuai.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menunjukkan gerak tari yang diharapkan



2
Siswa mampu menampilkan gerak tari sesuai irama lagunya.



2. Latihan soal segitiga dan segiempat dinilai dengan angka (matematika)
3. Evaluasi dinilai dengan angka
4. Penilaian Sikap (percaya diri, bekerja sama, giat berusaha, dan teliti).

         Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  •  Buku Siswa
  • Pemutar lagu, lagu tari Sajojo, video tari Sajojo, busur derajat



Mengetahui,                                                                        Tijue, 25 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



Kunci Jawaban
1.      Giat berusaha (bekerja keras), dapat bekerja sama, rajin belajar, jujur, dsb.
2.      Bekerja sama dengan teman sekelas saat piket kelas, bekerja sama dengan anggota keluarga dalam membersihkan rumah, bekerja sama dengan teman saat permainan dalam olahraga, dsb.
 3.  


4.      Sudut dalam segitiga berjumlah 1800.
5.      Sudut dalam segiempat berjumlah 3600.
6.      Besar sudut dalam i adalah 660. Cara: 1800 – (900 + 240).
Jawaban juga dapat diperoleh dengan langsung: 900 - 240 karena salah satu sudutnya sudah diketahui, yaitu sudut siku-siku, yang besarnya 900.
7.      Besar sudut dalam sisanya adalah 90°. Segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku samakaki.

 
8.      Besar sudut dalam x adalah 850. Cara: 3600 – (1090 + 960 + 700).
9.      Besar sudut dalam b adalah 900. Cara: 3600 – (900 + 1050 + 750).
10.  Olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh di antaranya melakukan lompat tegak (vertical jump) dan push up. Kita perlu meningkatkan kebugaran tubuh agar dapat memperlancar peredaran darah, sehingga kita selalu segar dan tidak mudah lelah.


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
 
  Jawablah soal-soal berikut dengan benar!

MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 6
 
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 3
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 4
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors