Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 13 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan panjang pendek bunyi dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan
4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
4.7.1 Menunjukkan kemampuan dalam menyanyikan solmisasi lagu daerah

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.5.1 Menemukan hubungan sifat bunyi dengan benda
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.4.1 Menarik kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.3. Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1 Menemukan manfaat keberagaman sifat individu di sekolah
4.3. Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat Indikator:
4.3.1 Menunjukkan kerja sama dengan teman dalam kegiatan pembelajaran

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Bereksplorasi dengan lagu Gambang Suling
  2. Berdiskusi tentang satu cita-cita
  3. Bercerita tentang keberagaman individu

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca sekaligus menyanyikan lagu
o   Gambang Suling (dari Jawa Tengah) yang ditampilkan di dalam buku siswa.
o   Siswa harus memperhatikan not angka serta panjang pendek dan tinggi rendah nadanya
o   Siswa mengulangi kembali menyanyikan lagu Gambang Suling hingga ia dapat mengingatnya dengan baik.
o   Siswa memperhatikan pula panjang pendek dan tinggi rendah nadanya, yang harus ia tunjukkan dan bedakan dengan gerakan tangannya. Siswa pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya di semester 1. Jika telah lancar, siswa dapat mulai berlatih menyanyikan solmisasi lagu ini.
o   Solmisasi adalah tangga nada yang kemudian menjadi dasar dari notasi musik. DO RE MI FA SO LA SI DO adalah solmisasi.
o   Siswa berlatih dengan sungguh-sungguh agar ia dapat menyanyikan solmisasi lagu daerah ini dengan benar.
o   Siswa mengajak beberapa teman untuk berlatih bersama agar kegiatan ini semakin menyenangkan.
o   Guru dapat membantu mengiringi siswa menyanyi menggunakan sebuah alat musik modern atau tradisional.
o   Guru dapat bercerita sedikit tentang alat musik tersebut, bahwa alat itu dapat membantu seseorang dalam melakukan sesuatu, seperti kegiatan menyanyi yang sedang dilakukan ini.
Guru bertanya:
-          Jika kamu bercita-cita ingin menjadi penyanyi, apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan cita-citamu itu?
-          Pengetahuan apa yang kamu perlukan?
-          Keterampilan atau kemampuan apa saja yang harus kamu kuasai?
-          Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan untuk mewujudkan cita-citamu ini?
o   Siswa berpikir, seandainya ia bercita-cita ingin menjadi penyanyi, apa saja yang dapat ia lakukan untuk mewujudkan cita-citanya itu, pengetahuan apa yang diperlukan, keterampilan atau kemampuan apa saja yang harus ia kuasai, serta sikap apa yang harus ia tunjukkan untuk mewujudkan cita-citanya ini.
o   Siswa mendiskusikannya dengan 2 orang teman.
o   Siswa menuliskan hasilnya dalam bagan yang tersedia
o   Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang baru saja dilakukannya.
o   Siswa menceritakan keberagaman individu yang muncul di sekolah (sesama siswa) dan manfaat apa yang mungkin muncul dari keberagaman tersebut.
o   Guru memperkuat bahwa sesungguhnya meskipun kita memiliki sifat yang berbedabeda, kita tetap dapat bekerja sama. Kalaupun ada yang sulit untuk bekerja sama, mungkin orang tersebut belum terbiasa, atau ia masih perlu waktu untuk bisa beradaptasi dengan banyak orang.
o   Siswa menuliskan pengalamannya tersebut dalam bagan yang tersedia. (Penilaian no. 2)
Guru bertanya kepada siswa:
−− Apa saja alat musik yang kamu ketahui?
−− Apa saja alat musik tradisional yang kamu ketahui?
−− Apa saja alat musik modern yang kamu ketahui?
−− Apa saja alat musik tradisional yang berasal dari        daerahmu? Bagaimana cara memainkannya?
o   Siswa menyebutkan apakah teknologi (alat musik) yang dipakai oleh guru bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari atau tidak, serta apa saja manfaatnya.
o   Siswa mencari tahu apakah ada teknologi lain yang dapat membantunya mewujudkan cita-citanya sebagai penyanyi. Siswa diminta menyebutkan
o   Guru dapat meminta siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan hal ini. Dengan diskusi kelompok diharapkan banyak ide yang akan disampaikan sehingga siswa dapat saling belajar
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa membuat lirik kreasi sendiri menggunakan melodi lagu Gambang Suling, tetapi tetap menghargai lagu tersebut dengan membuat lirik yang baik.

Remedial
o    (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
o    Siswa yang belum dapat menyanyikan solmisasi lagu Gambang Suling berlatih kembali menyanyikan lagu tersebut dengan bimbingan guru. Kegiatan remedial dilakukan selama kurang lebih 30 menit setelah jam sekolah

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar periksa menyanyikan lagu Gambang Suling (SBdP)
Beri tanda pada kolom yang sesuai
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu membedakan panjang pendek dan
tinggi rendah nada pada lagu Gambang Suling dengan menggunakan gerakan tangan.


2
Siswa mampu menyanyikan solmisasi lagu Gambang Suling di sepanjang lagu.



2. Daftar periksa tentang kerja sama (PPKn)
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan refleksi tentang bekerja sama dan manfaatnya.


2
Siswa mampu menunjukkan hubungan antara teknologi dan masyarakat



3. Penilaian Sikap (Percaya diri, bekerja sama, giat berusaha)
Contoh terlampir pada halaman 151.

4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media

  •  Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Alat musik tradisional, seperti seruling, dan tifa.
  •  Alat musik modern, seperti gitar, pianika, suling modern (blockflute) atau yang lainnya bila ada.



 
Mengetahui,                                                                        Tijue, 24 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Bagaimana menurutmu jika semua anak memiliki sifat yang sama?
Ceritakan pula manfaat dari bekerja sama.

Tuliskan pengalamanmu tadi pada bagan berikut!
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................


MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 5
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 4         

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors