Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 13 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                   : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat bendabenda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku dengan sudut-sudut lainnya melalui pengamatan
4.14 Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat
4.14.1 Membuat kesimpulan dari eksplorasi tentang sudut segiempat

b) PJOK
1.1 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.4 Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
3.4.1 Mengidentifikasi cara lari melewati rintangan dan meloncati ban
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.
4.14.1 Mempraktikkan keterampilan melompati rintangan

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan cita-cita

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi sudut
  2. Bereksplorasi dengan sudut segiempat
  3. Mempraktikkan keterampilan melompati  rintangan

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca sekilas informasi tentang arsitek dan tukang kayu, yakni bahwa seorang arsitek harus dapat bekerja sama dengan tukang kayu. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang bangun datar dan bangun ruang dengan baik, termasuk tentang sudut-sudutnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. (Penilaian no. 1)
o   Siswa menjawab bangun apa saja yang termasuk segiempat.
o   Siswa mencocokkan antara bangun segiempat dan nama yang benar dari beberapa bangun segiempat yang ada.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan sudut siku-siku dan sudut lainnya dari gambar-gambar bangun segiempat tadi dan menandainya.
o   Guru mengingatkan siswa kembali tentang sudut siku-siku dan besarnya, yakni 900. Sudut siku-siku memiliki dua sinar garis yang tegak lurus.
o   Siswa membandingkan jawabannya dengan jawaban teman. Jika mereka memiliki jawaban yang berbeda, siswa harus menemukan perbedaannya.
o   Siswa mendiskusikan dengan guru tentang jawaban yang benar
o   Siswa menganalisis besar sudut dalam pada sebuah segiempat, yaitu pada persegi,
o   kemudian menuliskan cara mendapatkan jawabannya
o   Besar sudut dalam pada masing-masing sudut persegi ini adalah 90° karena sudutnya adalah sudut siku-siku.

Cara mengetahui jawabannya:
Tiap sudut persegi adalah sudut siku-siku yang besarnya 90°, sehingga jumlah besar sudut dalamnya adalah 4 x 90° yaitu
o   360°.
 
o   Siswa membuktikan besar sudut pada segiempat-segiempat lainnya, yaitu persegi panjang, jajar genjang, dan trapesium siku-siku, dengan cara yang sama pada pembelajaran sebelumnya, yaitu dengan menggunting sudut-sudut pada segiempat, kemudian menyusunnya.
o   Dari kegiatan ini akan dapat diambil kesimpulan bahwa besar sudut segiempat adalah 360°.

Contoh pada trapesium siku-siku

o   Siswa membuktikan besar sudut segiempat-segiempat lainnya secara individu atau berpasangan dengan menggunting sudut-sudut dan menyusunnya hingga membentuk sudut 360°.
o   Setelah itu, siswa dapat membuktikan ukuran sudut dengan menghitungnya menggunakan busur derajat.
o   Siswa membuat kesimpulan tentang besar sudut dalam pada segiempat
o   Siswa berlatih mengerjakan soal mencari satu besar sudut dalam pada segiempat. Untuk jawaban no. 1:
o   Siswa mempraktikkan olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, di antaranya adalah permainan lari melompati rintangan, meloncati ban, dan loncat tegak. Baca kembali informasi tentang kebugaran jasmani yang telah ada sebelumnya.
o   Setelah berolahraga, siswa berdiskusi dengan seorang teman tentang sikap-sikap
yang dapat ia contoh dari kegiatan olahraga tadi, paling sedikit 2! (Penilaian no. 3)
Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
         Siswa membuat segiempat sembarang dan menebak besar tiap sudut dalamnya.
         Selanjutnya ia membuktikan kebenarannya dengan menghitung tiap sudut menggunakan busur derajat. (Kegiatan ini dapat dilakukan secara berpasangan, satu siswa membuat gambar segiempat untuk siswa lain dan menemukan sudut-sudut dalamnya.)

Remedial
         (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
         Siswa yang belum dapat menentukan besar sudut dalam yang hilang pada segiempat perlu diberi soal-soal lebih banyak seperti pada buku siswa. Kegiatan remedial dilakukan selama 30 menit setelah waktu sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).
Penilaian
1.        Daftar periksa Bahasa Indonesia
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu mengidentifikasi hubungan
antara manusia dengan kondisi sosial


2
Siswa mampu menceritakan interaksi yang
dilakukan manusia dengan lingkungan sosial.



2.        Kegiatan berlatih soal tentang sudut dalam segiempat dinilai dengan angka (Matematika)
3.        Daftar periksa kegiatan lompat tegak (PJOK)
4.        Penilaian Sikap (Percaya diri, bekerja sama, teliti, sportif, pantang menyerah)
Contoh terlampir pada halaman 151.


F. Sumber dan Media
  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Busur derajat, kardus-kardus




Mengetahui,                                                                        Tijue, 23 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Kamu sudah mengenal tentang besar sudut dalam segi empat. Kini saatnya kamu
berlatih mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan sudut dalam bangun segiempat. Jawablah dengan teliti, ya.





MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors