RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/II
Tema 8 : Tempat
Tinggalku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menyebutkan
persebaran Sumber Daya
Alam hasil bumi di
Indonesia Menjelaskan pemanfaatan
Sumber Daya Alam bagi
masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan
manfaat dari SDA hasil bumi
di Indonesia
4.6.2 Menjelaskan
proses pembuatan Sumber Daya
Alam
b) Bahasa
Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menyebutkan
bahan-bahan membuat
getuk
3.2.2 Menjelaskan
instruksi cara membuat
getuk
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan
cara membuat getuk
4.2.2 Mempraktikkan
cara membuat Getuk
c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Menuliskan
Sumber Daya Alam yang ada di
Pulau-pulau besar di
Indonesia
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Menuliskan
Sumber Daya Alam yang ada di
tempat tinggal
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal
kondisi alam Padang
2. Mengenal
persebaran SDA hasil bumi
Indonesia
3. Menjelaskan
manfaat SDA hasil bumi
4. Membuat
getuk
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks tentang keadaan sumber daya alam
di Sumatra Barat.
o
Siswa menganalisis sumber daya alam yang ada di
daerah Sumatra Barat.
o
Siswa mendiskusikan sumber daya alam yang ada di
Sumatra Barat dengan temannya. Hal yang didiskusikan adalah sumber daya alam,
jenisnya, dan manfaatnya.
o
Jawaban hasil diskusi akan dipresentasikan di depan
kelas
o
Guru menguatkan bahwa sumberdaya alam di setiap
tempat berbeda-beda.
o
Guru mengajak siswa untuk mengamati persebaran
sumberdaya alam hasil bumi di Indonesia.
o
Siswa mengamati peta persebaran hasil bumi yang ada
di Indonesia
o
Siswa menuliskan hasil informasi yang didapatkan
dalam bentuk tabel.
o
Siswa menukarkan hasil jawaban dengan temannya.
o
Guru secara klasikal menyampaikan persebaran
sumberdaya alam di Indonesia
o
Siswa menuliskan manfaat dari sumber daya alam.
o
Siswa mencari informasi dengan cara bertanya,
membaca artikel, buku atau bahan lainnya
o
Siswa menuliskan hasil informasi yang didapatnya ke
dalam tabel.
o
Guru membagi siswa dalam kelompok. Satu kelompok
terdiri dari 5 siswa.
o
Siswa dalam kelompok mewawancarai warga sekitar.
o
Siswa menuliskan hasil wawancara pada sebuah kertas.
o
Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya
di depan kelas.
o
Guru menguatkan bahwa kondi suatu tempat
mempengaruhi jenis sumber daya alam yang ada.
o
Kali ini siswa akan belajar mengenai pengolahan sumber
daya alam sederhana.
o
Awalnya siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok
terdiri dari 5 siswa. Bahan dan alat untuk kegiatan disiapkan oleh guru.
o
Siswa membuat getuk. Singkong atau umbi-umbian sudah
dikukus oleh guru di rumah. Guru menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
o
Siswa membaca instruksi langkah-langkah membuat
getuk.
o
Getuk (bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan
(kudapan) yang dibuat dengan bahan utama singkong. Getuk merupakan makanan
yang mudah ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
o
Siswa membuat getuk dengan teknik yang benar.
o
Setiap kelompok bekerjasama untuk membuat getuk.
o
Setiap kelompok memajang getuk yang telah dibuat.
o
Siswa menceritakan cara membuat getuk dengan langkah
yang benar secara individu.
o
Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 4
dengan mejawab pertanyaan
o
yang terdapat pada buku siswa.
Pengayaan
---
Remedial
o
(Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum
tuntas menguasai konsep)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1. IPA dan
IPS Mengolah informasi dalam bentuk tabel
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa
menuliskan sumber daya alam yang ada di setiap
daerah
di Indonesia
|
|
|
2
|
Siswa
menuliskan manfaat dari sumber daya alam
|
|
|
3
|
Siswa menuliskan sumber daya alam yang ada di
lingkungan tempat tinggal
|
|
|
2. Bahasa
Indonesia: Pembuatan Getuk
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa
menyebut bahan membuat getuk
|
|
|
2
|
Siswa
membuat getuk dengan langkah yang tepat
|
|
|
3
|
Siswa
membuat getuk dengan teknik benar
|
|
|
4
|
Siswa
menceritakan proses membuat getuk dengan benar
|
|
|
5. Penilaian sikap (cinta
lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Beureunuen,
…………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas IVB,
CHAIRUNNISA,
S.Pd ABDULLAH,
S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19601231 198202 1 012
LEMBAR KEJA SISWA
Diskusikan peta di atas dengan temanmu. Tuliskan
hasilnya berdasarkan bagan
berikut.
Wilayah Sumber daya
alam dan penjelasan
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment