Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 25 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 8                                    : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menyebutkan persebaran Sumber Daya Alam hasil bumi di Indonesia Menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam bagi masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan manfaat dari SDA hasil bumi di Indonesia
4.6.2 Menjelaskan proses pembuatan Sumber Daya Alam

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menyebutkan bahan-bahan membuat getuk
3.2.2 Menjelaskan instruksi cara membuat getuk
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan cara membuat getuk
4.2.2 Mempraktikkan cara membuat Getuk

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya  
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Menuliskan Sumber Daya Alam yang ada di Pulau-pulau besar di Indonesia
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Menuliskan Sumber Daya Alam yang ada di tempat tinggal

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal kondisi alam Padang
2.      Mengenal persebaran SDA hasil bumi Indonesia
3.      Menjelaskan manfaat SDA hasil bumi
4.      Membuat getuk

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang keadaan sumber daya alam di Sumatra Barat.
o   Siswa menganalisis sumber daya alam yang ada di daerah Sumatra Barat.
o   Siswa mendiskusikan sumber daya alam yang ada di Sumatra Barat dengan temannya. Hal yang didiskusikan adalah sumber daya alam, jenisnya, dan manfaatnya.
o   Jawaban hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas
o   Guru menguatkan bahwa sumberdaya alam di setiap tempat berbeda-beda.
o   Guru mengajak siswa untuk mengamati persebaran sumberdaya alam hasil bumi di Indonesia.
o   Siswa mengamati peta persebaran hasil bumi yang ada di Indonesia
o   Siswa menuliskan hasil informasi yang didapatkan dalam bentuk tabel.
o   Siswa menukarkan hasil jawaban dengan temannya.
o   Guru secara klasikal menyampaikan persebaran sumberdaya alam di Indonesia
o   Siswa menuliskan manfaat dari sumber daya alam.
o   Siswa mencari informasi dengan cara bertanya, membaca artikel, buku atau bahan lainnya
o   Siswa menuliskan hasil informasi yang didapatnya ke dalam tabel.
o   Guru membagi siswa dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
o   Siswa dalam kelompok mewawancarai warga sekitar.
o   Siswa menuliskan hasil wawancara pada sebuah kertas.
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o   Guru menguatkan bahwa kondi suatu tempat mempengaruhi jenis sumber daya alam yang ada.
o   Kali ini siswa akan belajar mengenai pengolahan sumber daya alam sederhana.
o   Awalnya siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Bahan dan alat untuk kegiatan disiapkan oleh guru.
o   Siswa membuat getuk. Singkong atau umbi-umbian sudah dikukus oleh guru di rumah. Guru menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
o   Siswa membaca instruksi langkah-langkah membuat getuk.
o   Getuk (bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan (kudapan) yang dibuat dengan bahan utama singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
o   Siswa membuat getuk dengan teknik yang benar.
o   Setiap kelompok bekerjasama untuk membuat getuk.
o   Setiap kelompok memajang getuk yang telah dibuat.
o   Siswa menceritakan cara membuat getuk dengan langkah yang benar secara individu.
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 4 dengan mejawab pertanyaan
o   yang terdapat pada buku siswa.

Pengayaan
---

Remedial
o   (Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian
1. IPA dan IPS Mengolah informasi dalam bentuk tabel
No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Siswa menuliskan sumber daya alam yang ada di setiap
daerah di Indonesia


2
Siswa menuliskan manfaat dari sumber daya alam


3
Siswa menuliskan sumber daya alam yang ada di lingkungan tempat tinggal



2. Bahasa Indonesia: Pembuatan Getuk
No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Siswa menyebut bahan membuat getuk


2
Siswa membuat getuk dengan langkah yang tepat


3
Siswa membuat getuk dengan teknik benar


4
Siswa menceritakan proses membuat getuk dengan benar



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,


CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                  NIP. 19601231 198202 1 012








LEMBAR KEJA SISWA

Diskusikan peta di atas dengan temanmu. Tuliskan hasilnya berdasarkan bagan
berikut.

Wilayah                                                         Sumber daya alam dan penjelasan
 

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 4


MEDIA

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 4
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors