Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 25 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 8                                    : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan,peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab  alam mengerjakan tugas
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.8.1 Membuat pertanyaan mengenai posisi suatu benda
4.8.2 Menyelelesaikan masalah yang terkait dengan rute perjalanan

b) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukaninteraksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3.4.1 Menjelaskan manfaat pajak
4.4 Mendeskripsikan kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar
4.4.1 Siswa mampu menjelaskan pentingnya orang membayar pajak

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menyebutkan kewajiban sebagai masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Siswa mampu menjelaskan cara menjaga sarana umum

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyelesaikan masalah tentang rute perjalanan
2.      Mengenal sarana umum
3.      Mengenal pentingnya pajak
4.      Mengenal cara menjaga sarana umum

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati denah lingkungan tempat tinggal Lani
o   Siswa membuat pertanyaan mengenai posisi tempat berdasarkan denah yang diamati.
o   Pertanyaan yang dibuat diberikan kepada temannya. Teman lain menjawab pertanyaan yang dibuat.
o   Guru memeriksa dan memastikan bahwa jawaban dan pertanyaan siswa tepat
o   Misalkan pertanyaan yang dibuat oleh siswa adalah:
o   Di sebelah manakah letak supermarket dari rumah Lani?
o   Jawaban: di sebelah Timur
o   Siswa mengerjakan soal yang terkait dengan letak tempat berdasarkan denah. Penilaian no 1
Misalkan:
o   Aku tinggal di kompleks permata II. Aku ingin pergi ke pasar tradisional. Tulislah kemungkinan rutenya

Jawaban kemungkinan rutenya
o   Dari Jalan Pattimura akan ke utara, bertemu perempatan akan ke barat Jalan Teuku Umar. Jalan Teuku Umar akan ke barat sampai bertemu dengan jalan Dewi Sartika. Pasar tradisional di sebelah barat jalan Dewi Sartika Dari denah tadi, siswa menuliskan sarana umum yang ada di lingkungan Lani.
o   Siswa menuliskan sarana umum yang ada dan manfaat sarana umum tersebut.
o   Dari gambar yang diberikan siswa mengisi tabel tentang manfaat sarana umum
o   Guru menguatkan tentang pentinya sarana umum yang ada di suatu lingkungan.

Siswa menjawab pertanyaan:
o   Darimanakah uang yang digunakan untuk membangun sarana umum?
o   Mengapa masyarakat perlu membayar pajak?
o   Apa manfaat dari membayar pajak? (Penilaian menggunakan lembar penilaian 2)
o   Siswa membaca teks yang ada di buku siswa
o   Siswa membaca teks yang ada di buku siswa.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan mengenai sarana umum yang ada di buku siswa
o   Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
o   Secara individu siswa menuliskan dalam tabel menganai sarana umum, manfaat dan cara menjaga Pengetahuan Guru  Tentang Pajak (Terlampir)
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 5 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

Pengayaan
o   ---

Remedial
o   (Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Matematika : dinilai dengan menggunakan nilai angka
2. IPS
No
Kriteria
Sudah
Belum
1
Siswa mampu menjelaskan dari sarana umum dibangun


2
Siswa mampu menjelaskan pentingnya orang membayar pajak



3. PPKn:
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menuliskan manfaat sarana umum


Menuliskan contoh sarana umum


Menuliskan cara merawat sarana umum



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,


CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                  NIP. 19601231 198202 1 012


Pajak
Jenis-jenis pajak
1.      Pajak Penghasilan (PPh), pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima.
2.      Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pajak yang dikenakan atas konsumsi Barang
3.      Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam Daerah Pabean. Orang Pribadi, perusahaan, maupun pemerintah yang mengkonsumsi Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak dikenakan PPN. Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Selain dikenakan PPN, atas barang-barang kena pajak tertentu yang tergolong mewah, juga dikenakan PPn BM. Yang dimaksud dengan Barang Kena Pajak yang tergolong mewah adalah:
a.       Barang tersebut bukan merupakan barang kebutuhan pokok; atau
b.      Barang tersebut dikonsumsi oleh masyarakat tertentu; atau
c.       Umumnya barang dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi; atau
d.      Barang tersebut dikonsumsi untuk menunjukkan status; atau
e.       Apabila dikonsumsi dapat merusak kesehatan dan moral masyarakat.
4.      Bea Materai, pajak yang dikenakan atas dokumen, seperti surat perjanjian, akta notaris, serta kwitansi pembayaran, surat berharga, dan efek, yang memuat jumlah uang atau nominal di atas jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan.
5.      Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak yang dikenakan atas kepemilikan atau pemanfaatan tanah dan atau bangunan.

Pajak-pajak yang dipungut oleh Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/
Kota adalah sebagai berikut:
1. Pajak Provinsi, meliputi:
a.       Pajak Kendaraan Bermotor;
b.      Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor;
c.       Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bemotor;
d.      Pajak Air Permukaan;
f.       Pajak Rokok.

2. Pajak Kabupaten/Kota, meliputi:
a.       Pajak Hotel;
b.      Pajak Restoran;
c.       Pajak Hiburan;
d.      Pajak Reklame;
e.       Pajak Penerangan Jalan;
g.      Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan;
h.      Pajak Parkir;
i.        Pajak Air Tanah;
j.        Pajak Sarang Burung Walet;
k.      Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan;
l.        Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan.

Apa Saja Manfaat Pajak Itu?
Sebagaimana halnya perekonomian dalam suatu rumah tangga atau keluarga,
perekonomian negara juga mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos
pengeluaran. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak,
sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Penggunaan uang
pajak di antaranya meliputi :
o   Pembangunan sarana umum, seperti fasilitas dan infrastruktur mulai dari jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas.
o   Pertahanan dan Keamanan, mulai dari bangunan, senjata, perumahan, sampai gaji-gajinya.
o   Subsidi pangan dan Bahan Bakar Minyak
o   Kelestarian lingkungan hidup, budaya
o   Dana Pemilu, transportasi massal.


LEMBAR KEJA SISWA
 
Buatlah 5 pertanyaan tentang denah di atas. Minta temanmu menjawab
pertanyaan tersebut.









Ternyata membayar pajak sangat penting. Ayo, cari tahu sarana umum lain yang
dibangun dan dibiayai dari pajak beserta manfaat dan cara menjaganya. Tulis hasilnya pada tabel berikut.






MEDIA

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors