Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 2 May 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 8                                    : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan  
3.4 Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
3.4.1 Mempraktikkan latihan kekuatan otot perut (sit-up) dengan benar
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
4.4.1 Mempraktikkan latihan kekuatan otot punggung (back-up) dengan benar

b) SBdP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Menjelaskan cara pembuatan vas bunga dari bahan bekas
4.14 Membuat karya kerajinan asesoris dengan berbagai bahan dan teknik
4.14.1 Dapat membuat vas bunga dari bahan bekas

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan kewajiban
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menceritakan cara menjaga kebersihan di lingkungan sekitar dengan tepat

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Melatih kekuatan otot perut (sit up) dan punggung (back up)
o   Mengenal kenampakan alam Jakarta
o   Evaluasi

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   B.Kegiatan Inti     Siswa melakukan latihan kebugaran jasmani berikut!
o   Bentuk-bentuk Latihan Kebugaran Jasmani
o   Latihan kekuatan otot perut (sit-up)
o   Cara melakukannya seperti berikut.
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 2 orang siswa.
·         Mula-mula siswa tidur telentang, kedua lutut ditekuk, dan kedua tangan ditekukkan di belakang kepala.
·         Kemudian badan diangkat ke atas, hingga dalam posisi duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
·         Setelah itu badan kembali lagi ke sikap yang pertama.
·         Gerakan ini dilakukan sebanyak-banyaknya (15- 30 detik).
·         Siswa melakukan secara bergantian.
·         Latihan kekuatan otot punggung (back-up)

Cara melakukannya:
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 2 orang siswa.
§  Mula-mula siswa tidur telungkup, kaki rapat dan kedua tangan berpegangan di belakang kepala.
§  Kemudian angkatlah badan dengan dada tidak menyentuh ke lantai.
§  Setelah itu badan kembali lagi ke sikap yang pertama.
§  Posisi kaki tetap masih menyentuh lantai agar kedua kaki tidak bergerak. Pergelangan kaki bisa dipegang oleh teman dan dapat pula tidak dipegang.
§  Gerakan ini dilakukan berulang-ulang selama 15-30 detik.
·         Siswa mengamati tiga gambar yang dilakukan oleh warga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
·         Siswa menjelaskan gambar tersebut menggunakan kata-kata sendiri.
·         Siswa menceritakan pengalamannya mereka menjaga kebersihan lingkungan
o   Siswa membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas. Siswa membawa alat dan bahan dari rumah.
o   Vas bunga bisa dibuat dengan kardus bekas.
o   Vas bunga ini terbuat dari daur ulang kertas. Kerajinan tangan ini dapat dibuat dengan mudah. Hanya diperlukan koran, lem, dan cat
o   Cara membuat kerajinan tangan ini sebagai berikut:
o   Ambil 2 lembar koran. Setiap lembar dilipat menjadi 8 lipatan. Kemudian guntinglah seperti gambar nomor 1.
o   Setelah dipotong, lilitkan potongan tersebut seperti gambar nomor 2.
o   Ambil pot bunga ukuran sedang, kemudian lilitkan lilitan tersebut dengan menggunakan lem. Jika lilitan sudah penuh, jemur agar lem kering,
o   Setelah kering, cetakan dikeluarkan. Berilah warna dengan menggunakan cat. Jemur hingga kering.

Pengayaan
Siswa bisa membuat kreasi kerajinan lain dengan memanfaatkan bahan daur ulang.

Remedial
(Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. PJOK: Sit Up
a. Keterampilan gerak sit up
Kriteria
Skor
(3)
Skor
(2)
Skor
(1)
Sit up (Proses)
a. Mula-mula siswa tidur telentang, kedua lutut ditekuk, dan kedua tangan ditekukkan di belakang kepala.
b. Kemudian badan diangkat ke atas,
hingga dalam posisi duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
c. Setelah itu siswa kembali lagi ke sikap
yang pertama
Jika siswa
Mampu melakukan 2 kriteria dengan benar
Jika siswa
Mampu melakukan
1 kriteria dengan benar

b. Produk
Siswa diberikan waktu 30 detik melakukan sit up sebanyak mungkin.
Putra
Putri
Nilai
Siswa mampu melakukan sit up 17 ke atas
Siswa mampu melakukan sit up 15 ke atas
5
Siswa mampu melakukan sit up 13- 16 kali
Siswa mampu melakukan sit up 11-
14 kali
4
Siswa mampu melakukan sit up 7-12 kali
Siswa mampu melakukan sit up
4-10 kali
3
Siswa mampu melakukan sit up 2-6 kali
Siswa mampu melakukan sit up 2-3
kali
2
Siswa mampu melakukan sit up 0-1 kali
Siswa mampu melakukan sit up 0-1
kali
1

Nilai Senam Lantai
2. PPkn cerita tentang kebersihan lingkungan
No
Kriteria
Sudah
Belum
1
Menceritakan manfaat menjaga kebersihan lingkungan


2
Menceritakan alasan menjaga kebersihan lingkungan


3
Menyebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan



3. SBdP: Membuat vas dari bahan bekas
Kriteria
Usaha Maksimal
Usaha yang baik
Usaha Cukup
Usahan
yang harus
ditingkatkan
Melakukan
kerja sesuai
dengan
instruksi
Siswa melakukan
semua langkah
sesuai dengan
benar
Siswa melakukan
Sebagian besar langkah sesuai dengan
benar
Usaha Cukup
Siswa
melakukan
setiap langkah
dengan teknik
yang tidak
tepat
Teknik melilit
Siswa bisa
melilitkan
kertas dengan
rapi. Seluruh
bagian vas tertutupi.
Siswa bisa
melilitkan
kertas dengan
kurang rapi.
Seluruh bagian vas tertutupi
Siswa bisa
melilitkan
kertas dengan
kurang rapi.
Seluruh bagian vas kurang
tertutupi
Siswa bisa
melilitkan
kertas dengan
tidak rapi.
Seluruh bagian
vas tidak tertutupi
Teknik
mengelem
Siswa
mengelem
dengan teknik
pengeleman
yang teknik
yang benar dan rapi
Siswa
mengelem
dengan teknik
pengeleman
yang teknik
yang benar
namun kurang
rapi
Siswa
mengelem
dengan teknik
pengeleman
yang teknik
yang kurang
benar dan
kurang rapi
Siswa
mengelem
dengan teknik
salah dan tidak
rapi

5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                NIP. 19601231 198202 1 012


Evaluasi
1.        Siswa menuliskan sarana umum beserta manfaatnya dalam bentuk peta pikiran.

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 6


2.      Siswa menggambar denah tempat tinggal mereka, lengkap dengan sarana umum. Kemudian mereka menceritakan rute menuju sarana umum tersebut dari rumah mereka.
3.      Siswa menuliskan sumber daya alam beserta manfaatnya pada bagan yang telah disediakan pada buku siswa



4.        Siswa menggambar kenampakan alam beserta manfaatnya pada bagan yang terdapat dalam buku siswa
Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150.
 






MEDIA

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 6



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors