Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 20 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Olahraga Tradisional di Daerahku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah.
4.4.1 Menunjukkan sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.2 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan bola kasti dengan tepat.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Bermain kasti.
2.      Bermain dengan banyak teman.
3.      Berdiskusi menyelesaikan masalah saat bermain bersama teman.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar siswa-siswi bermain kasti.
o   Siswa membaca cerita tentang bola kasti secara nyaring.
o   Siswa mengamati gambar melempar bola, melambungkan bola, memukul bola dengan tongkat kasti
o   Siswa dan guru keluar kelas menuju halaman sekolah.
o   Guru memberikan contoh cara melempar bola kasti.
o   Siswa menirukan cara melempar bola kasti.
o   Guru memberikan contoh cara memukul bola kasti dengan menggunakan tongkat kasti.
o   Siswa memukul bola kasti dengan menggunakan tongkat kasti.
o   Guru menunjuk satu orang siswa untuk maju ke depan kelas.
o   Siswa tersebut diminta untuk menceritakan kegiatan bermainnya di rumah.
o   Guru membimbing siswa dengan pertanyaan sebagai berikut:
·         Siapa nama teman-temanmu di rumah?
·         Apa pemainan yang senang kalian lakukan?
·         Siapa yang sering menentukan jenis permaianan saat bermain bersama?
·         Apa masalah yang sering terjadi saat bermain bersama?
o   Siswa yang telah selesai bercerita dapat menunjuk teman lain untuk menceritakan pengalamannya bermain di rumah.
o   Siswa lain menyimak cerita temannya.
o   Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok.
o   Salah satu siswa diminta menceritakan masalah yang terjadi saat bermain di rumah.
o   Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mencari solusi.
o   Siswa menuliskan sikap yang baik saat bermain dengan teman di lingkungan rumah.
o   Guru membagi kelas menjadi dua kelompok.
o   Setiap kelompok memilih satu orang siswa untuk mengambil kertas undian.
o   Kelompok yang mendapat giliran jaga akan bersiap-siap di pos masing masing.
o   Kelompok yang mendapatkan giliran bermain bersiap menentukan pemain yang akan memukul bola terlebih dahulu.
o   Kelompok yang bermain akan bergiliran hingga salah satu pemainnya terkena lemparan bola dari kelompok jaga.
o   Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan bahwa bermain olahraga tradisional itu menyehatkan dan menyenangkan. Dalam permainan olahraga menang atau kalah itu hal biasa. Sebahai pemenang kita tidak boleh sombong, dan jika kalah kita tetap semangat.

Remedial
o   Guru membimbing siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara bermain bola kasti bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menyelesaikan masalah saat bermain bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru menugaskan siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pengalamannnya bermain kasti.
o   Guru menugaskan siswa untuk membantu temannya menguasai lempar tangkap bola kasti dengan baik.
o   Guru menugaskan siswa untuk bermain banyak teman.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
menceritakan secara urut tata cara bermain kasti.
Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100
Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan
a. Lembar pengamatan kegiatan bermain bola kasti.
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Siswa mampu aktif bermain dalam kelompok


2.
Keterampilan memukul bola dengan tongkat kasti


3.
Siswa mampu melakukan gerakan lempar tangkap bola dengan baik


4.
Ketaatan pada aturan permainan bola kasti



b. Lembar pengamatan kegiatan menyelesaikan masalah saat bermain
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Keterampilan mengidentifikasi masalah saat bermain.


2.
Keterampilan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah.


3.
Keterampilan bermain dengan banyak teman


4.
Ketaatan pada aturan bermain bersama



F. Sumber dan Media
1. Bola kasti
2. Pemukul kasti

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa 
(LKS)

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Ajaklah teman-temanmu bermain kasti!
Bagaimana perasaanmu saat bermain kasti?

Tuliskanlah perasaanmu pada kotak di
bawah ini!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
 
MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors