Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday, 8 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 3/2
Tema 5                                       : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional di Daerahku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda- benda konkret.
3.7.1 Mengetahui unsure bangun datar dari gambar yang disajikan.
4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar.
4.3.2 Menggambarkan hasil pencerminan suatu bangun datar.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4.5 Mempraktikkan suatu kegiatan yang menuntut adanya kerja sama di sekolah dengan teman-teman dan guru
 
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks permainan Gol-golan.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.2 Mempraktikkan permainan Gol-golan sesuai dengan petunjuk permainan yang tertera.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal salah satu jenis permainan di dalam ruangan tentang pencerminan.
2.      Mengorganisasi kegiatan lomba di luar ruangan.
3.      Menganalisis nilai kebersatuan dalam permainan di dalam dan di luar ruangan.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan diawali dengan mengucapkan salam dan berdoa.
o   Siswa mengulang pembelajaran sebelumnya mengenai prinsip pencerminan dalam matematika.
o   Setiap siswa mencari seorang teman untuk bermain gol-golan.
o   Setiap pasangan siswa membaca langkah permainan gol-golan.
o   Guru dapat meminta salah seorang siswa untuk maju dan mempraktikkan cara bermain golgolan pada selembar kertas.
o   Permainan dilakukan dalam waktu 5 menit.
o   Guru menghitung waktu, agar setiap pasangan siswa dapat memulai permainan bersamaan.
o   Setelah bermain, salah seorang siswa dapat diminta menjelaskan apa yang terjadi ketika gambar bola di lipat?
o   Siswa membandingkan jarak bola ke garis lipatan dan jarak bayangan bola ke garis lipatan.
o   Siswa menjelaskan hasil pengamatan permainan gol-golan
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menggambar hasil pencerminan bangun datar.
o   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa dan menggambarkan bayangan masing-masing object di lembar yang disediakan.
o   Siswa dan guru berdiskusi mengenai hasil pencerminan bangun datar.
o   Guru dapat menggunakan papan tulis berkotak atau papan sederhana dari kardus atau karton bekas dan menggambarkan kotak-kotak.
o   Setiap siswa dapat saling mengoreksi jawaban temannya.
o   Perwakilan siswa diminta menunjukkan pembahasan dari masing-masing soal. Siswa lainnya memeriksa jawaban.
o   Siswa mengumpulkan hasil latihan dan guru dapat memeriksa hasil kerja siswa.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kerjasama yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan sekolah maupun masyarakat.
o   Guru menjelaskan berbagai contoh kegiatan sekolah seperti kerjasama siswa dalam mengerjakan piket kelas dan kerja sama guru dan siswa dalam kegiatan belajar. Dibutuhkan kesadaran akan pentingnya peran masingmasing pihak dalam kerjasama tersebut. Tidak boleh ada pemaksaan kehendak dari salah satu pihak yang merugikan pihak lain.
o   Guru menjelaskan lomba permainan tradisional yang akan dirancang dan dikerjakan oleh siswa dan guru. Lomba akan terdiri dari lomba berpindah dengan kertas dan lomba memindahkan batu dengan kaki terikat. Dalam perlombaan tersebut akan dibutuhkan 3 orang penanggungjawabuntuk masing-masing perlombaan. Serta akan terdapat 5 kelompok yang menjadi peserta perlombaan.
o   Siswa berdiskusi menentukan penanggung jawab lomba, kelompok lomba dan tugas masing-masing dalam perlombaan tersebut.
o   Dalam kegiatan ini guru dapat membimbing siswa untuk bermusyawarah secara damai dalam menentukan peran dan kelompok. Serta membantu siswa menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi dalam bermusyawarah.
o   Siswa yang bertugas menjadi penanggungjawab lomba mulai mempersiapkan perlombaan di lapangan. Untuk mempersingkat waktu, guru dapat mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan sebelum pembelajaran dimulai.
o   Sementara itu siswa yang akan menjadi peserta lomba dapat bersiap-siap mengatur strategi dan membagi tugas untuk masing-massing anggota kelompok.
o   Siswa melaksanakan lomba permainan tradisional. Kelompok siswa yang akan menjadi peserta lomba diminta membawa buku siswa ke lapangan lomba. Kelompok siswa yang menjadi penanggungjawab lomba diminta membawa alat tulis untuk mencatat score.
o   Siswa dan guru mendiskusikan sikap kerjasama yang telah terlaksana dalam perlombaan permainan tradisional. Kendala apa yang timbul dalam melaksanakan kerjasama dalam keberagaman. Guru dapat memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Pengayaan
o   Siswa dapat menjelaskan cara bermain Gol-golan kepada temantemannya yang belum memahami cara permainan atau menuliskan dan mempraktikkan urutan permainan lain yang mereka ketahui.
o   Siswa dapat mengidentifikasi hasil pencerminan bangun datar dengan berbagai posisi sumbu pencerminan apabila telah menguasai materi pencerminan yang tertera dalam buku paket.
o   Siswa dapat mengevaluasi dan menuliskan hasil evaluasi tugas yang dilakukannya apabila telah selesai melaksankan tugas dengan baik.

Remedial
o   Guru dapat membimbing siswa dalam membaca dan memahami teks dan bekerja sama dengan siswa yang menguasai materi dengan baik apabila siswa belum memahami cara bermain gol-golan.
o   Guru dapat membimbing dan menerangkan kembali cara menentukan hasil pencerminan sebuah bangun datang apabila siswa belum menguasai konsep pencerminan bangun datar.
o   Guru dapat menjelaskan kembali dan membimbing siswa yang belum dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

1. Keterampilan menggambarkan hasil pencerminan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Letak bayangan
Seluruh titik
object terletak
di tempat yang benar
Lebih dari 50%
titik object
terletak di
tempat yang
benar
Kurang dari 50% titik object
di tempat yang benar
Seluruh titik object tidak berada di
tempat yang tepat
2.       
Bentuk, ukuran
dan arah
bayangan
Bentuk, ukuran dan arah
bayangan sama dengan object
2 dari 3 kriteria
benar
1 dari 3 kriteria
benar
Tidak ada
kriteria yang benar

2. Keterampilan melaksanakan kerjasama dalam kegiatan sekolah
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Mampu
bekerjasama
dengan teman
A/B = Bekerja
sama dengan
seluruh teman
A/B = bekerja
sama hanya
dengan teman
sekelompok
(4-5 orang).
A/B = Bekerja
samahanya
dengan teman
dekat (2-3
orang).
A/B Tidak dapat
bekerja sama
dengan teman
2.       
Melaksanakan
seluruh peran
dengan baik
A = Berperan
dalam
persiapan
lomba, pelaksanaan
lomba dan setelah lomba.
B = Berperan
dalam diskusi
pembagian
tugas, melaksanakan
tugas,menerima hasil skor.
A/ B =
Melaksanakan
2 dari 3 peran
A/ B =
Melaksanakan 1 dari 3 peran
A/B Tidak
melaksanakan
peran apapun.
A = Siswa penanggungjawab lomba
B = Siswa peserta lomba

F. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Penggaris dan alat tulis
3.      Kertas/koran bekas
4.      Syal/ pita pengikat
5.      Batu.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Setelah mengetahui cara menggambar hasil pencerminan bangun datar, gambarkanlah hasil
pencerminan bangun datar berikut!

Warnailah sesuai warna bangun datar tersebut!
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5

MEDIA

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors