(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3
Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya
dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan
bilangan sampai dua angka.
4.2.
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
3.5.3
Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam
penyelesaian masalah.
4.2.8.
Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan
dengan perkalian dan pembagian bilangan bulat.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan
makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan
tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Kesamaan
dua ekspresi
dengan
menggunakan penambahan/ pengurangan
bilangan sampai
dua angka
2.
Symbol-simbol sila
pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3. Teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda,
sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok
terdiri dari 4 siswa.
o
Guru menjelaskan cara
membuat barometer sederhana.
-
Tiuplah balon kemudian kempeskan kembali (ada
gambar).
-
Guntinglah balon (ada gambar) .
-
Pasangkanlah potongan balon untuk menutup toples
(ada gambar).
-
Ikatlah balon dengan karet gelang (ada gambar).
-
Tempelkan sedotan pada toples (ada gambar).
-
Tempelkan kertas pada dinding (ada gambar).
-
Dekatkan toples ke kertas (ada gambar).
-
Berikanlah tanda pada kertas saat sedotan menunjukkan
tekanan udara (ada gambar).
o
Setelah selesai
membuat barometer sederhana, siswa membuat gagasan pokok untuk menulis teks laporan.
o
Siswa menyusun
gagasan pokok dan menulis teks laporan mengenai membuat barometer sederhana
o
Guru membimbing
siswa untuk membuat soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian sebagai
penyelesaiannya. Siswa saling menukar soal cerita yang telah dibuat dan
menjawab soal cerita buatan siswa lain.
o
Setelah membuat
soal cerita mengenai opearsi hitung perkalian, siswa membuat soal cerita
dengan operasi hitung pembagian sebagai cara penyelesaiannya.
o
Siswa saling
menukar soal cerita yang telah dibuat dan menjawab soal cerita yang dibuat
temannya.
o
Guru membimbing
siswa untuk menyelesaikan soal cerita.
o
Mengamati gambar
yang terdapat pada lembar kerja siswa. Siswa mengelompokkan gambar sesuai dengan
pengamalan sila pertama Pancasila
o
Pada akhir
pembelajaran, guru menjelaskan bahwa kita harus saling mneghormati
teman-teman yang berbeda agama. Menghormati orang lain untuk menjalankan
ibadah sesuai agamanya termasuk pengamalan sila pertama Pancasila.
Remedial
·
Guru membimbing
siswa menmbuat gagasan pokok bagi siswa yang belum memahami
·
Guru membimbing
siswa membuat soal cerita dengan operasi hitung perkalian dan pembagian bagi
siswa yang belum memahami
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Guru menugaskan
siswa untuk membuat gagasan pokok dan menulis teks laporan mengenai kegiatan
mengamati cuaca.
o
Guru menugaskan
siswa untuk menyusun gagasan pokok yang dibuat temannya dan menulis teks
laporan sesuai dengan gagasan pokok.
o
Guru menugaskan
siswa untuk membuat gambar mengenai perilaku yang tidak sesuai dengan
pengamalan sila pertama Pancasila.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
penilaian: mengelompokkan gambar dan membuat soal cerita dengan
operasi hitung
perkalian dan pembagian
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
Membuat barometer
sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ukuran
dan bentuk
|
Bentuk
dan ukuran
sesuai prosedur.
|
Bentuk
sesuai
prosedur
ukuran
sebagian
besar
sesuai
|
Bentuk
tidak
sesuai
prosedur
ukuran sesuai
prosedur.
|
Bentuk
tidak
sesuai
prosedur
ukuran
tidak
sesuai.
|
2
|
Kerapian.
|
Seluruh
pekerjaan
rapi
|
Sebagian besar
pekerjaan rapi.
|
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
|
Pekerjaan tidak
rapi
|
H. Sumber dan Media
1. Gunting
2. Balon
3. Sedotan
4. Kertas
5. Spidol
6. Toples atau
botol plastic
7. Kumpulan
gambar
8. Lembar
kerja pada buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Dihutan
tropis banyak terdapat hewan. Ular adalah salah satu hewan yang banyak terdapat
di hutan tropis. Ular kobra termasuk ular yang banyak dijumpai di hutan tropis.
a.
Apakah yang dimaksud dengan hutan tropis?
b.
Hewan-hewan apa saja yang terdapat di hutan hujan
tropis?
c. Seekor ular kobra panjangnya dapat mencapai 3
meter. Jika di hutan hujan Kalimantan terdapat 45 ekor ular kobra. Tentukan
panjang seluruh ular kobra jika ular–ular tersebut berjalan beriringan?
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment