Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 October 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
3.5.3 Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
4.2.8. Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan bulat.

b) PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1  Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka
2.      Symbol-simbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3.      Teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
o   Guru menjelaskan cara membuat barometer sederhana.
-          Tiuplah balon kemudian kempeskan kembali (ada gambar).
-          Guntinglah balon (ada gambar) .
-          Pasangkanlah potongan balon untuk menutup toples (ada gambar).
-          Ikatlah balon dengan karet gelang (ada gambar).
-          Tempelkan sedotan pada toples (ada gambar).
-          Tempelkan kertas pada dinding (ada gambar).
-          Dekatkan toples ke kertas (ada gambar).
-          Berikanlah tanda pada kertas saat sedotan menunjukkan tekanan udara (ada gambar).
o   Setelah selesai membuat barometer sederhana, siswa membuat gagasan pokok untuk menulis teks laporan.
o   Siswa menyusun gagasan pokok dan menulis teks laporan mengenai membuat barometer sederhana
o   Guru membimbing siswa untuk membuat soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian sebagai penyelesaiannya. Siswa saling menukar soal cerita yang telah dibuat dan menjawab soal cerita buatan siswa lain.
o   Setelah membuat soal cerita mengenai opearsi hitung perkalian, siswa membuat soal cerita dengan operasi hitung pembagian sebagai cara penyelesaiannya.
o   Siswa saling menukar soal cerita yang telah dibuat dan menjawab soal cerita yang dibuat temannya.
o   Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan soal cerita.
o   Mengamati gambar yang terdapat pada lembar kerja siswa. Siswa mengelompokkan gambar sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila
o   Pada akhir pembelajaran, guru menjelaskan bahwa kita harus saling mneghormati teman-teman yang berbeda agama. Menghormati orang lain untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya termasuk pengamalan sila pertama Pancasila.

Remedial
·         Guru membimbing siswa menmbuat gagasan pokok bagi siswa yang belum memahami
·         Guru membimbing siswa membuat soal cerita dengan operasi hitung perkalian dan pembagian bagi siswa yang belum memahami


Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru menugaskan siswa untuk membuat gagasan pokok dan menulis teks laporan mengenai kegiatan mengamati cuaca.
o   Guru menugaskan siswa untuk menyusun gagasan pokok yang dibuat temannya dan menulis teks laporan sesuai dengan gagasan pokok.
o   Guru menugaskan siswa untuk membuat gambar mengenai perilaku yang tidak sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: mengelompokkan gambar dan membuat soal cerita dengan
operasi hitung perkalian dan pembagian
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
Membuat barometer sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ukuran dan bentuk
Bentuk dan ukuran
sesuai prosedur.
Bentuk sesuai
prosedur ukuran
sebagian besar
sesuai
Bentuk tidak
sesuai prosedur
ukuran sesuai
prosedur.

Bentuk tidak
sesuai prosedur
ukuran tidak
sesuai.
2
Kerapian.
Seluruh pekerjaan
rapi
Sebagian besar
pekerjaan rapi.
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
Pekerjaan tidak
rapi

H. Sumber dan Media
1.      Gunting
2.      Balon
3.      Sedotan
4.      Kertas
5.      Spidol
6.      Toples atau botol plastic
7.      Kumpulan gambar
8.      Lembar kerja pada buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




NAMA:    ……………………………………………………….
……………………………………………………….
……………………………………………………….
……………………………………………………….
 
 




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Dihutan tropis banyak terdapat hewan. Ular adalah salah satu hewan yang banyak terdapat di hutan tropis. Ular kobra termasuk ular yang banyak dijumpai di hutan tropis.

a. Apakah yang dimaksud dengan hutan tropis?


Rounded Rectangle: …………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
 







b. Hewan-hewan apa saja yang terdapat di hutan hujan     tropis?


Rounded Rectangle: …………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
 








Rounded Rectangle: …………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………..


c. Seekor ular kobra panjangnya dapat mencapai 3 meter. Jika di hutan hujan Kalimantan terdapat 45 ekor ular kobra. Tentukan panjang seluruh ular kobra jika ular–ular tersebut berjalan beriringan?


MEDIA


















Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors