Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB5

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 October 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5  Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.3 Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8. Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan bulat.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha  Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,perubahan iklim dan  cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka
2.      Simbolsimbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3.      Teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Setelah semua kelompok tampil, guru mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai kegiatan ibadah yang dilakukan sehari-hari. Siswa diminta menceritakan mengenai kegiatan ibadah yang dilakukan seharihari.
o   Guru membagikan kepada setiap siswa karton yang telah dipotong dengan ukuran 10 x 15 cm. Siswa diminta membuat tabel ibadah harian. Tabel ibadah harian tersebut diisi selama 7 hari. Setiap hari siswa melakukan ibadah sesuai dengan tabel ibadah yang telah dibuatnya. Siswa memberikan alasan jika tidak melaksanakan ibadah sesuai tabel ibadah
o   Guru menjelaskan kepada siswa dengan rajin dan ikhlas dalam beribadah itu adalah salah satu cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang
o   Maha Esa. Salah satu nikmat yang telah Diberikan
o   Tuhan Yang Maha Esa adaalah kondisi cuaca yang nyaman untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.
o   Guru menanyakan kepada siswa bagaiman cara kita dapat mengetahui cuaca yang akan terjadi?
o   Siswa membaca teks bacaan mengenai meramal cuaca melalui tingkah laku hewan
o   Guru menjelaskan bahwa para ilmuwan dapat melakukan penelitian untuk mempredisi kondisi cuaca di suatu tempat. Ilmuwan biasa menggunakan alat-alat seperti barometer, higrometer dan termometer untuk memprediksi cuaca. Namun siswa dapat memprediksi cuaca dengan cara alami yaitu dengan mengamati tingkah laku hewan.
o   Guru mengajak siswa keluar kelas. Di halaman sekolah, siswa diminta melakukan pengamatan terhadap sebagian hewan yang dianggap dapat memprediksi kondisi cuaca. Beberapa jenis hewan tersebut adalah: kodok, sapi, kucing, burung, lebah, kupu-kupu, kambing, kumbang, semut. Siswa mengamati hewan-hewan yang berada di sekitar halaman sekolahnya. Pengamatan dibantu dengan arahan dari pertanyaan-pertanyaan berikut:
        Apakah kodok bersuara kencang?
        Apakah sapi berbaring di rumput?
        Apakah kucing sedang membersihkan badannya?
        Apakah burung terbang tinggi?
        Apakah lebah dan kupu-kupu ada di sekitar tanaman berbunga?
        Apakah kambing berkumpul bersama kawanannya?
        Apakah kumbang berlindung di balik daun?
        Apakah gundukan rumah semut tinggi atau rendah?
o   Siswa mencatat hasil pengamatannya pada lembar kegiatan siswa. Guru mengarahkan siswa untuk menyusun gagasan pokok teks laporan berdasarkan hasil pengamatan.
o   Guru membimbing siswa untuk memahami soal cerita. Siswa menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian.
o   Siswa saling berdiskusi untuk menyelesaikan soal cerita.
o   Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penugasan siswa untuk berlatih menyelesaikan soal cerita di rumah.

Remedial
·         Guru membimbing siswa melaksanakan kegiatan ibadah bagi siswa yang belum melaksanakan
·         Guru membimbing siswa menyusun gagasan pokok bagi siswa yang belum memahami
·         Guru membimbing siswa menyelesaikan soal cerita dengan operasi hitung perkalian dan pembagian bagi siswa yang belum memahami

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita bergambar mengenai kegiatan ibadah yang dilaksanakan sehari-hari.
·         Guru menugaskan siswa untuk menyusun gagasan pokok yang dibuat temannya dan menulis teks laporan sesuai dengan gagasan pokok.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat soal cerita yang menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian sebagai cara penyelesaiannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Menyusun gagasan pokok, dan menyelesaikan soal cerita dengan operasi hitung
perkalian dan pembagian.
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
a. Melaksanakan pengamalan sila pertama Pancasila
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Melaksanakan ibadah di sekolah


2
Melaksanakan ibadah di
rumah.



b. Rubrik Menulis Laporan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat.
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
kurang tepat
namun tanpa
bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca yang kurang tepat namun dilakukan
dengan
bimbingan guru
Ada beberapa Penggunaan huruf kapital, kata depan,
dan tanda baca
yang tidak tepat namun dilakukan dengan  bimbingan guru.
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap.
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
tepat.
Terdapat
setengah
penulisan kata
yang kurang
tepat
Sebagian besar kalimat menggunakan
penulisan kata
yang belum tepat

Kesesuaian isi teks
dengan tema.
Seluruh isi tulisan
sesuai dengan judul
atau tema.
Setengah atau
lebih tulisan
sesuai dengan
judul atau tema.
Kurang dari
setengah tulisan sesuai dengan judul atau tema
Seluruh isi tulisan
belum sesuai judul atau tema.

Penggunaan
kalimat yang
efektif.
Mengandung
kalimat yang tepat
dengan susunan
kalimat yang tepat.
Mengandung
kalimat yang
tepat dengan
susunan kalimat
yang kurang
tepat.
Mengandung
kalimat yang
kurang tepat
dengan susunan
kalimat yang
juga kurang
tepat.
Mengandung
kalimat yang
kurang tepat
dan tidak jelas
susunannya juga
sulit dipahami.

Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100


H. Sumber dan Media
1.      Karton dan spidol
2.      Lembar kerja pada buku siswa.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





NAMA:    ……………………………………………………….
……………………………………………………….
……………………………………………………….
……………………………………………………….
 
 





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Bacalah soal cerita di bawah ini dengan teliti.

Saat cuaca cerah Beni mengajak teman-temannya bermain layang-layang. Ada 8 anak yang bermain layang-layang di lapangan.

Setiap anak membawa 5 layang-layang. Pada waktu bermain, ada 3 layang-layang yang putus. Berapa sisa layangan yang ada?


Jumlah seluruh layang-layang adalah ...









Rounded Rectangle: …………..
Rounded Rectangle: …………..



Rounded Rectangle: …………..
Rounded Rectangle: …………..

 
                                                      =


Jumlah sisa layangan adalah ...









Rounded Rectangle: …………..
Rounded Rectangle: …………..



Rounded Rectangle: …………..
Rounded Rectangle: …………..

 
                                                      =


Rounded Rectangle: …………..
 
Jadi jumlah layangan yang ada sebanyak
layangan.


MEDIA


















Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors