(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib
dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan
tugas.
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan
menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.3
Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam
penyelesaian masalah.
4.2.
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8.
Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan
dengan perkalian dan pembagian bilangan bulat.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2 Menjelaskan
makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol silasila Pancasila.
4.1.2 Melakukan
pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama
Pancasila.
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan,
bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif,perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa
Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Kesamaan
dua ekspresi
dengan
menggunakan penambahan/ pengurangan
bilangan sampai
dua angka
2. Simbolsimbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3. Teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan
atau tulis dengan tepat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Setelah semua
kelompok tampil, guru mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai kegiatan
ibadah yang dilakukan sehari-hari. Siswa diminta menceritakan mengenai
kegiatan ibadah yang dilakukan seharihari.
o
Guru membagikan
kepada setiap siswa karton yang telah dipotong dengan ukuran 10 x 15 cm.
Siswa diminta membuat tabel ibadah harian. Tabel ibadah harian tersebut diisi
selama 7 hari. Setiap hari siswa melakukan ibadah sesuai dengan tabel ibadah
yang telah dibuatnya. Siswa memberikan alasan jika tidak melaksanakan ibadah
sesuai tabel ibadah
o
Guru menjelaskan
kepada siswa dengan rajin dan ikhlas dalam beribadah itu adalah salah satu
cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang
o
Maha Esa. Salah
satu nikmat yang telah Diberikan
o
Tuhan Yang Maha
Esa adaalah kondisi cuaca yang nyaman untuk melaksanakan kegiatan
sehari-hari.
o
Guru menanyakan
kepada siswa bagaiman cara kita dapat mengetahui cuaca yang akan terjadi?
o
Siswa membaca
teks bacaan mengenai meramal cuaca melalui tingkah laku hewan
o
Guru menjelaskan
bahwa para ilmuwan dapat melakukan penelitian untuk mempredisi kondisi cuaca
di suatu tempat. Ilmuwan biasa menggunakan alat-alat seperti barometer,
higrometer dan termometer untuk memprediksi cuaca. Namun siswa dapat
memprediksi cuaca dengan cara alami yaitu dengan mengamati tingkah laku
hewan.
o
Guru mengajak
siswa keluar kelas. Di halaman sekolah, siswa diminta melakukan pengamatan terhadap
sebagian hewan yang dianggap dapat memprediksi kondisi cuaca. Beberapa jenis
hewan tersebut adalah: kodok, sapi, kucing, burung, lebah, kupu-kupu,
kambing, kumbang, semut. Siswa mengamati hewan-hewan yang berada di sekitar halaman
sekolahnya. Pengamatan dibantu dengan arahan dari pertanyaan-pertanyaan
berikut:
–
Apakah kodok bersuara kencang?
–
Apakah sapi berbaring di rumput?
–
Apakah kucing sedang membersihkan badannya?
–
Apakah burung terbang tinggi?
–
Apakah lebah dan kupu-kupu ada di sekitar tanaman
berbunga?
–
Apakah kambing berkumpul bersama kawanannya?
–
Apakah kumbang berlindung di balik daun?
–
Apakah gundukan rumah semut tinggi atau rendah?
o
Siswa mencatat
hasil pengamatannya pada lembar kegiatan siswa. Guru mengarahkan siswa untuk menyusun
gagasan pokok teks laporan berdasarkan hasil pengamatan.
o
Guru membimbing
siswa untuk memahami soal cerita. Siswa menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan
operasi hitung perkalian dan pembagian.
o
Siswa saling
berdiskusi untuk menyelesaikan soal cerita.
o
Pada akhir
pembelajaran, guru memberikan penugasan siswa untuk berlatih menyelesaikan
soal cerita di rumah.
Remedial
·
Guru membimbing
siswa melaksanakan kegiatan ibadah bagi siswa yang belum melaksanakan
·
Guru membimbing
siswa menyusun gagasan pokok bagi siswa yang belum memahami
·
Guru membimbing
siswa menyelesaikan soal cerita dengan operasi hitung perkalian dan pembagian
bagi siswa yang belum memahami
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
·
Guru menugaskan
siswa untuk membuat cerita bergambar mengenai kegiatan ibadah yang
dilaksanakan sehari-hari.
·
Guru menugaskan
siswa untuk menyusun gagasan pokok yang dibuat temannya dan menulis teks
laporan sesuai dengan gagasan pokok.
·
Guru menugaskan
siswa untuk membuat soal cerita yang menggunakan operasi hitung perkalian dan
pembagian sebagai cara penyelesaiannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Menyusun gagasan
pokok, dan menyelesaikan soal cerita dengan operasi hitung
perkalian dan
pembagian.
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
a. Melaksanakan
pengamalan sila pertama Pancasila
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Melaksanakan
ibadah di sekolah
|
||
2
|
Melaksanakan ibadah di
rumah.
|
b. Rubrik Menulis
Laporan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat.
|
Menggunakan
huruf
kapital, kata
depan,
dan tanda
baca yang
tepat
tanpa
bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
kurang tepat
namun tanpa
bimbingan guru.
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan tanda
baca yang kurang tepat namun dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
Ada
beberapa Penggunaan huruf kapital, kata depan,
dan tanda
baca
yang
tidak tepat namun dilakukan dengan bimbingan
guru.
|
2
|
Kelengkapan
penulisan
kata
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
lengkap.
|
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
tepat.
|
Terdapat
setengah
penulisan kata
yang kurang
tepat
|
Sebagian besar
kalimat menggunakan
penulisan
kata
yang belum tepat
|
Kesesuaian
isi teks
dengan
tema.
|
Seluruh
isi tulisan
sesuai
dengan judul
atau
tema.
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
sesuai dengan
judul atau tema.
|
Kurang dari
setengah tulisan sesuai dengan judul atau tema
|
Seluruh
isi tulisan
belum
sesuai judul atau tema.
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif.
|
Mengandung
kalimat
yang tepat
dengan
susunan
kalimat
yang tepat.
|
Mengandung
kalimat yang
tepat dengan
susunan
kalimat
yang kurang
tepat.
|
Mengandung
kalimat yang
kurang tepat
dengan susunan
kalimat yang
juga kurang
tepat.
|
Mengandung
kalimat
yang
kurang
tepat
dan tidak
jelas
susunannya
juga
sulit dipahami.
|
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor
= x 100
H. Sumber dan Media
1. Karton dan spidol
2.
Lembar kerja pada
buku siswa.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Bacalah soal cerita di bawah ini dengan teliti.
Saat cuaca cerah Beni mengajak teman-temannya
bermain layang-layang. Ada 8 anak yang bermain layang-layang di lapangan.
Setiap anak membawa 5 layang-layang. Pada waktu
bermain, ada 3 layang-layang yang putus. Berapa sisa layangan yang ada?
Jumlah
seluruh layang-layang adalah ...
=
Jumlah
sisa layangan adalah ...
=
Jadi
jumlah layangan yang ada sebanyak
layangan.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment