(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1.
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah
Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur,
dan pengisian waktu luang untukmenjaga kesehatan.
3.8.2
Menjelaskan konsep kebutuhan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat,
tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.4
Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan waktu luang untuk menjaga kesehatan.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2 Menjelaskan
makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan
tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.1.11
Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Konsep kebutuhan istirahat,
tidur, dan pengisian
waktu luang
untukmenjaga
kesehatan
2.
Symbol-simbol sila
pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3.
Isi teks laporan
informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengajak siswa untuk berdiskusi. Siswa berdiskusi mengenai
berbgai kegiatan yang biasa dilakukan siswa untuk mengisi waktu luangnya.
Guru menunjukkan berbagai gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang
seperti menonton televisi, main sepeda, main video game atau membaca buku
o
Setiap siswa
menuliskan cerita singkat mengenai kegiatan mengisi waktu luang
o
Saat jam
istirahat siswa melakukan pengamatan terhadap kegiatan mengisi waktu luang
yang dilakukan teman-temannya. Setelah melakukan pengamatan, siswa memberikan
pendapatnya terhadap kegiatan yang dilakukan siswa lain
o
Siswa membaca
teks laporan mengenai kegiatan di musim kemarau dan musim hujan.
o
Setelah membaca
teks laporan mengenai kegiatan di musim kemarau dan musim penghujan, siswa menentukan
gagasan pokok pada teks laporan tersebut. Siswa menuliskan gagasan pokok pada
setiap paragaraf dan menuliskan gagasan pokok di kertas karton.
o
Siswa diminta
untuk saling menukarkan daftar kegiatan harian di sekolah dan di rumah yang telah
dibuat pada pertemuan sebelumnya. Setelah saling menukar daftar kegiatan,
siswa melakukan pengamatan terhadap daftar kegiatan temannya.
o
Siswa
mengidentifikasi kegiatan yang termasuk mengamalkan sila pertama.
o
Siswa memberikan
pendapat mengenai hasil pengamatannya terhadap kegiatan pengamalan sila pertama
Pancasila yang telah dilakukan temannya.
o
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan penjelasan bahwa guru dan siswa harus selalu
bersyukur atas nikmat kesehatan yang telah
o
Diberikan oleh
Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan
baik.
o
Guru pun
menjelaskan bahwa guru dan siswa harus dapat memilih kegiatan yang tepat
sebagai pengisi waktu luang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.
Remedial
·
Guru membimbing
siswa menentukan kegiatan pengisi waktu luang yang tepat bagi siswa yang
belum memahami.
·
Guru membahas
cara menentukan gagasan pokok pada paragraf teks laporan bagi siswa yang
belum memahami.
·
Guru membimbing
siswa melakukan pengamatan terhadap pengamalan sila pertama Pancasila bagi
siswa yang belum memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
·
Guru menugaskan
siswa untuk menggambar kegiatan pengisi waktu luang yang baik bagi kesehatan.
·
Guru menugaskan
siswa untuk menentukan gagasan pokok pada paragraf dari artikel koran.
·
Guru menugaskan
siswa untuk melakukan wawancara kepada temannya mengenai kegiatan ibadah yang
dilakukan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Menentukan kegiatan
pengisi waktu luang yang tepat dan menentukan gagasan
pokok pada teks laporan
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
Lembar pengamatan
pengamalan sila pertama
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Melaksanakan
ibadah di sekolah.
|
||
2
|
Melaksanakan
ibadah di rumah.
|
H. Sumber dan Media
1. Kumpulan gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang seperti gambar bermain
sepeda, menonton televisi, bermain video game dan membaca buku.
2. Teks laporan tentang kegiatan di musim kemarau dan musim hujan.
3. Karton, spidol dan penggaris..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Apa
kegiatan yang paling kamu sukai saat jam istirahat di sekolah?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah
ada temanmu yang senang bermain bola saat jam istirahat di sekolah?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Berikanlah
pendapat tentang kegiatan temanmu
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment