(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Lingkungan Sosialku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti
:
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi, serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang lingkungan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi
teka-teki terkait isi teks tentang lingkungan sosial
4.3 Mengolah
dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat
dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan
mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat
model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah
nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian
bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa
kebenaran jawabannya
4.1.1 Mengenal
masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah.
4.1.2 Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa
ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam
berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi
bahan lunak untuk membuat prakarya.
4.4 Membentuk karya
dekoratif dari bahan lunak.
4.4.1 Mengidentifikasi
cara membuat bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.4.2 Membuat karya
dekoratif dari bahan lunak yang telah dipilih.
C.
Deskripsi
Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
2. Masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
3. Karya dekoratif dari bahan lunak
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan
kepada siswa untukberbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.
o Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar
tentang pasar sebagai salah satu fasilitas yang ada di lingkungan sosial.
o Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan
pengetahuan tentangpasar. (Menyajikan)
o Setelah berbagi pengalaman, siswa mengamati gambar
yang ada pada buku. Guru dapat memperkaya dengan gambar pasar dari sumber lain.
(Mengamati)
o Siswa menyebutkan apa saja yang dilihat pada gambar,
siapa yang ada di sana, dan apa yang sedang mereka lakukan. (Menyajikan)
o Guru menyampaikan bahwa pasar adalah salah satu
sarana yang ada di lingkungan sekitar.
o Siswa diberi kesempatan mengemukakan pertanyaan berkaitan
dengan pasar. (Menanya)
o Setelah mengamati gambar, siswa membaca
o teks yang ada pada buku siswa. Siswa dapat melakukannya
dengan cara estafet sampai beberapa putaran. (Mencoba)
o Setelah membaca teks, siswa bekerja berpasangan untuk
membuat pertanyaan sesuai isi teks lengkap dengan jawabannya. (Menanya)
o Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan danjawabannya
pada buku siswa. (Menyajikan)
o Setelah kegiatan menuliskan pertanyaan selesai, siswa
berkesempatan bercerita tentang pengalamannya pergi ke pasar kepada teman di
sebelahnya. (Mengomunikasikan)
o Jika siswa belum pernah berpengalaman berbelanja ke
pasar, siswa dapat bercerita tentang keinginannya untuk berbelanja ke pasar.
(Mengomunikasikan)
o Siswa menuliskan pengalaman pergi ke pasar dalam
bentuk surat yang akan dikirim kepada salah satu temannya. Kegiatan ini bisa
lebih mempererat pertemanan mereka. Bagi siswa yang belum memiliki pengalaman
pergi ke pasar, isi suratnya dapat berupa keinginannya berbelanja di pasar
atau pertanyaan yang ingin ia ketahui tentang pasar. (Mencoba)
o Surat bisa dipajang di papan pajangan kelas. (Menyajikan)
o Siswa yang telah selesai menulis surat, dapat berlatih
menemukan nama-nama kegiatan yang biasa dilakukan di pasar melalui teka-teki
pada buku siswa. (Mencoba)
o Siswa mengamati harga-harga buah pada buku siswa.
(Mengamati)
o Siswa menyebutkan nama-nama buah beserta harganya.
(Mengomunikasikan)
o Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa
mengenai strategi menjumlah. (Menalar)
o Siswa akan berkreasi membuat keranjang belanjadengan
menggunakan bahan lunak. Keranjang belanja dibutuhkan agar kita dapat
menghemat penggunaan plastik.
o Siswa bertanya jawab dengan teman-temannya tentang
jenis-jenis bahan lunak untuk membuat karya. Seorang siswa memimpin tanya
jawab, siswa lainnya menjawab sesuai dengan pengalaman masing-masing.
(Mengomunikasikan)
o Siswa mengamati gambar jenis-jenis bahan lunak untuk
membuat karya yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
o Siswa menyebutkan hasil pengamatannya tentang jenis-jenis
bahan lunak untuk berkarya, seperti tanah liat, plastisin, dan adonan yang
dibuat sendiri menggunakan bahan tepung. (Mengomunikasikan)
o Siswa mengamati gambar urutan membuat karya dari
bahan lunak. (Mengamati)
o Siswa membuat karya dari bahan lunak. (Mencoba)
o Urutan Membuat Karya dari Bahan Lunak
·
Tentukan bahan lunak yang akan dipakai.
·
Lenturkan bahan lunak dengan cara memukul-mukul dan
meremasnya.
o Bagi bahan menjadi beberapa bagian, untuk membuat
benda dengan bagian-bagiannya, dan untuk menghias.
o Bentuk bahan lunak menjadi seperti keranjang
belanja.
o Pilin bahan lunak untuk pegangan keranjang, lalu
sematkan pada keranjang.
o Hias keranjang dengan warna-warna bahan lunak yang
beragam
o Hiasan dapat dibuat dengan membuat ukiran pada bahan
lunak dengan menggunakan benda keras seperti tusuk gigi.
o Siswa dapat membuat benda lain yang mereka sukai
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15
menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilakukan guru dengan melihat hasil latihan
pada
buku siswa yang
meliputi hal-hal berikut.
o
Mengidentifikasi
teks (latihan pada buku siswa).
o
Mengenal
kegiatan di pasar (latihan pada buku siswa).
o
Mengenal
permasalahan berkaitan dengan uang (latihan pada buku siswa).
3.
Penilaian Ketrampilan
Penilaian pada ranah keterampilan dilakukan guru pada keterampilan siswa
dalam
menulis surat, dan
membuat keranjang dari tanah liat atau plastisin. Berikut rubrik
untuk kedua
penilaian tersebut.
Rubrik
Penilaian Menulis Surat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan
isi
|
Terdiri dari tempat dan waktu menulis surat, nama
yang
dituju, kalimat
pembuka, isi surat, kalimat penutup, nama pengirim.
|
Hanya memenuhi
lima kriteria.
|
Memenuhi tiga
kriteria
|
Siswa tidak
menulis surat
|
2
|
Struktur
Kalimat
|
Kalimat terdiri atas
subjek, predikat,
objek atau
keterangan dan
berkaitan dengan
lingkungan sosial
|
Kalimat
memenuhi tiga
unsur.
|
Kalimat
memenuhi dua
unsur
|
Siswa
belum dapat
membuat
kalimat
|
Rubrik
Keterampilan Membuat Keranjang dari Tanah Liat atau Plastisin
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya
memadukan dua
warna/lebih,
dihias dengan
ukiran, dihias
dengan tambahan
aksesoris.
|
Hasil prakarya
memiliki dua
kriteria.
|
Hasil prakarya
hanya
berbentuk
karya dasar
dan satu
warna.
|
Siswa tidak
selesai
mengerjakan
prakarya
|
2
|
Kerapian
|
Menggunakan
bahan seperlunya,
tidak ada
bahan tersisa,
tertib dalam
mengerjakan
|
Memenuhi dua
kriteria.
|
Memenuhi satu
kriteria
|
Siswa
belum dapat
membuat
prakarya.
|
F.
Sumber dan Media
1.
Gambar
pasar dengan proses jual beli di dalamnya.
2.
Gambar
beberapa kebutuhan yang dijual di pasar.
3.
Contoh
surat pribadi.
4.
Brosur
harga supermarket.
5.
Plastisin
aneka warna/adonan terigu.
6.
Alat-alat
membentuk hiasan pada plastisin seperti tusuk gigi.
7. Buku teks pelajaran/buku siswa.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.
Edo
membeli sebuah semangka dan dua buah jambu. Berapa uang yang harus Edo
keluarkan?
..................................................................................
2.
Lani
bertugas membeli sebuah nanas dan dua buah apel. Berapa jumlah uang yang harus
Lani keluarkan?
..................................................................................
3.
Udin
membeli dua jeruk. Ia juga membeli sebuah nanas. Udin menambahkan sebuah apel.
Berapa uang yang Udin keluarkan untuk membeli jeruk, nanas, dan apel?
..................................................................................
4.
Beni
dibekali uang sebanyak Rp10.000,00. Buah apa saja yang dapat ia beli, dan
berapa banyak? Beri contoh!
...................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment