(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Lingkungan Sosialku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti
:
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi maknaanugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesiayang dikenal sebagai bahasa persatuan dansarana belajar
di tengahkeberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang lingkungan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi
teka-teki terkait isi teks tentang lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi
pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2 Mengidentifikasi
pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya
terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.2 Melakukan
pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila keempat Pancasila
4.1.3 Melakukan
pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua Pancasila.
c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi
cara melatih kekuatan otot tangan.
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan
pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak
secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan
cara melatih kekuatan otot melalui permainan sederhana.
C.
Deskripsi
Materi
Pembelajaran :
- Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
- Simbol-simbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
- Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15
menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan secara tes tertulis yang terdapat pada buku siswa,
yaitu
sebagai berikut.
- Mengenal pengamalan sila keempat Pancasila (latihan pada buku siswa).
- Mengenal pengamalan sila kedua Pancasila (latihan pada buku siswa).
3.
Penilaian Ketrampilan
Penilaian pada
ranah keterampilan, dilakukan guru pada saat siswa membaca sebuah
teks yang terdapat
dalam buku siswa. Penilaian keterampilan dilihat dari kriteria
keterampilan
membaca, seperti pada rubrik berikut.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Volume
suara
|
Suara
terdengar
jelas
|
Sebagian
besar suara
terdengar
jelas
|
Sebagian suara
tidak terdengar
jelas
|
Suara
tidak
terdengar
|
2
|
Kelancaran
|
Sangat
lancar
|
Ada
bagian
yang
sedikit
tersendat
|
Tersendatsendat
Tapi tuntas
|
Belum
mampu
membaca
|
Intonasi
|
Tertata
rapi
|
Kadang
datar
|
Datar
|
Sulit
terdeteksi
|
H.
Sumber dan Media
1.
Lambang negara
Pancasila, khususnya sila kedua dan keempat Pancasila.
2.
Kertas surat.
3. Buku teks pelajaran tematik..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tulislah surat lengkap dengan bagian-bagiannya.
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
Silabus a ada ga
ReplyDeleteada, belum kita upload karena belum bisa di gunakan permanen
ReplyDelete