(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Sosialku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni
3.2 Membedakan pola
irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.1 Mengidentifikasi
isi lagu berpola irama rata bertanda birama enam.
4.5 Menyanyi lagu
wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan
lagu bertanda birama enam dengan syair yang benar.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan
pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
.4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang tentang lingkungan sosial.
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.6 Menentukan
strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlahuang.
3.6.1 Mengenal
masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membedakan pola
irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
2. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
3. Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlahuang
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan menyampaikan tema baru yang akan dibahas, yaitu Peduli
Lingkungan Sosial.
o
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya apa yang ingin diketahuinya tentang lingkungan
sosial. (Menanya)
o
Jika siswa
mengalami kesulitan, guru memancing siswa dengan mengajak mereka mengamati
lingkungan sekitar. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan bersama-sama. (Menalar)
o
Siswa berbagi
pengalaman tentang siapa saja orang-orang yang ada di lingkunganmereka,
kepada siapa saja mereka pernah berbicara, siapa saja yang pernah mereka
bantu dan membantu mereka, siapa saja yang pernah mereka kunjungi.
o
Misalnya, siswa
bercerita ia bertemu dengan tetangga di rumah, dengan siswa lain di sekolah,
penjual dan pembeli bertemu di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya, dokter
bertemu dengan pasien di rumah sakit atau puskesmas. (Menggali informasi)
o
Siswa berbagi
cerita tentang tempat-tempat apa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya,
sekolah, pasar, dokter, bank, desa, dan kota.(Menggali informasi)
o
Dengan bantuan
guru, siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial, yaitu tempat
manusia saling bertemu dan berhubungan, saling membantu, bekerja sama,
berbicara, dan lain-lain. (Menyimpulkan)
o
Siswa mengamati
gambar pedesaan tempat Kakek
o
Udin tinggal yang
ada pada buku teks pelajaran.(Mengamati)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa pedesaan adalah salah satu lingkungan
sosial.
o
Siswa
mengidentifikasi perbedaan suasana desa
o
Kakek Udin dengan
lingkungan tempat tinggalnya. (Mengeksplorasi)
o
Siswa
menyampaikan hasil pengamatannya terhadap gambar secara bergantian.
(Menyajikan)
o
Seorang siswa
membaca teks dan siswa lain menyimak. (Mengamati)
o
Guru bertanya
apakah siswa sudah mengenal lagu “Desaku yang Kucinta”? Jika ada siswa yang sudah
bisa menyanyikan lagu tersebut, siswa yang bersangkutan dapat menyanyikan
lagu tersebut di depan kelas. (Mencoba)
o
Siswa
mendengarkan guru menyanyikan lagu
o
“Desaku yang
Kucinta”. (Mengamati)
o
Guru meminta
siswa untuk membuat kelompok yang terdiri atas 4 – 6 siswa. Masing-masing
kelompok berlatih menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”.(Mencoba)
o
Siswa secara
berkelompok menyanyi di depan kelas bergantian dengan kelompok lain.
(Menyajikan)
o
Setelah semua
mendapat kesempatan menyanyi, siswa mengamati isi teks lagu. (Mengamati)
o
Siswa
menyimpulkan isi lagu dengan menggunakan bahasanya sendiri di buku siswa. (Menyajikan)
o
Setelah
bernyanyi, beberapa siswa membaca surat
o
Udin secara
bersambung. Diawali seorang siswa, lalu guru meminta siswa berhenti, dan
dilanjutkan siswa lain, demikian seterusnya. Siswa yang tidak mendapat
giliran membaca harus menyimak dengan serius dan menanti gilirannya atas
permintaan guru. (Mengamati)
o
Siswa menanggapi
surat Udin dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. (Menalar)
o
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang bagianbagian yang harus ada dalam sebuah
surat.(Mengamati)
o
Siswa
mengidentifikasi bagian-bagian surat yang dibuat Udin. (Menalar)
o
Siswa mengingat
kembali bagian-bagian surat pribadi. (Menalar)
o
Siswa berlatih
menulis surat pribadi tentang teman bermain. (Mencoba)
o
Surat bisa
ditujukan kepada orang tua. (Mengomunikasikan)
o
Guru bertanya
kepada siswa tentang apa saja yang dibutuhkan untuk berkirim surat. (Mencari
tahu)
o
Siswa mengamati
gambar benda-benda pos pada buku siswa. (Mengamati)
o
Jika
memungkinkan, guru membawa benda-benda pos yang asli.
o
Siswa mengerjakan
latihan memecahkan masalah terkait uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sejumlah
benda pos. (Menalar)
Penutup
o
Kegiatan diakhiri
dengan menyebutkan hal-hal yang sudah dipelajari pada hari itu.
o
Siswa
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling berhubungan satu
dengan lainnya. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia selalu menjalin hubungan
dengan manusia lain, saling menghargai dan bekerja sama. Salah satu cara
menjalin hubungan adalah melalui surat.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian pada
ranah pengetahuan dilakukan dengan melihat hasil latihan di buku
siswa, yaitu
sebagai berikut.
• Mengidentifikasi surat pribadi (latihan di buku siswa).
• Berlatih berhitung (latihan di buku siswa).
Keterangan :
Skor Penilaian
Skor = x 100
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
96,25 - 100
|
3,85 - 4,00
|
A
|
87,75 - 96
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
79,5 – 87,5
|
3,18 - 3,50
|
B+
|
71,25 - 79,25
|
2,85 - 3,17
|
B
|
62,75 - 71
|
2,51 - 2,84
|
B-
|
54,5 – 62,5
|
2,18 - 2,50
|
C+
|
46,25 – 54,25
|
1,85 - 2,17
|
C
|
37,75 - 46
|
1,51 - 1,84
|
C-
|
29,5 – 37,5
|
1,18 - 1,50
|
D+
|
25 – 29,25
|
1,00 - 1,17
|
D
|
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian ranah keterampilan dalam pembelajaran 1 dilakukan pada rubrik
kegiatan menyanyi lagu “Desaku yang Kucinta”. Rubrik kriteria yang dinilai,
antara lain sebagai berikut.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan
lagu
|
Siswa
hafal
seluruh
syair
lagu.
|
Siswa
melakukan
sedikit
kekeliruan.
|
Tidak
semua
syair
dihafal
dengan
baik.
|
Siswa
tidak
hafal
lagu.
|
2
|
Vokal
|
Artikulasi
yang
diucapkan
sangat
jelas.
|
Terdapat
sedikit
kesalahan
dalam
artikulasi.
|
Artikulasi
yang
diucapkan
sebagian
jelas.
|
Artikulasi
yang
diucapkan
tidak
jelas.
|
3
|
Ekspresi
|
Ekspresi
wajah
sesuai
dengan
isi lagu,
konsisten
dan
bersemangat
|
Memenuhi
dua
kriteria.
|
Memenuhi
satu
kriteria.
|
Tidak
memenuhi
kriteria.
|
H. Sumber dan Media
1. Berbagai benda-benda pos, seperti aneka prangko, aneka kartu pos, kertas
surat, amplop, dan lain-lain.
2. Contoh surat yang sudah dikirim (ada perangko dan stempel kantor pos).
3. Buku teks pelajaran tematik
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amati surat di pada buku siswa, lalu jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Mengapa Udin berkirim surat kepada Beni?
___________________________________________
2. Apa yang diceritakan Udin dalam surat tersebut?
3. Apa yang Udin tunggu dari Beni?
4.
Menurutmu, bagaimana perasaan Udin ketika
menulis surat itu?
5. Apa
yang akan dilakukan Beni setelah membaca
surat
Udin?
Ayo Pikirkn
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment