Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 18 October 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.1 Mengidentifikasi isi lagu berpola irama rata bertanda birama enam.
4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan lagu bertanda birama enam dengan syair yang benar.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.3.1 Membuat surat tanggapan pribadi tentang tentang lingkungan sosial.

c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlahuang.
3.6.1 Mengenal masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
2.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
3.      Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlahuang
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa.
  2. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  3. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  4. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  5. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  6. Menginformasikan tentang
  7. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  8. tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
  9. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
  10. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan menyampaikan tema baru yang akan dibahas, yaitu Peduli Lingkungan Sosial.
o   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apa yang ingin diketahuinya tentang lingkungan sosial. (Menanya)
o   Jika siswa mengalami kesulitan, guru memancing siswa dengan mengajak mereka mengamati lingkungan sekitar. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan bersama-sama. (Menalar)
o   Siswa berbagi pengalaman tentang siapa saja orang-orang yang ada di lingkunganmereka, kepada siapa saja mereka pernah berbicara, siapa saja yang pernah mereka bantu dan membantu mereka, siapa saja yang pernah mereka kunjungi.
o   Misalnya, siswa bercerita ia bertemu dengan tetangga di rumah, dengan siswa lain di sekolah, penjual dan pembeli bertemu di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya, dokter bertemu dengan pasien di rumah sakit atau puskesmas. (Menggali informasi)
o   Siswa berbagi cerita tentang tempat-tempat apa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya, sekolah, pasar, dokter, bank, desa, dan kota.(Menggali informasi)
o   Dengan bantuan guru, siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial, yaitu tempat manusia saling bertemu dan berhubungan, saling membantu, bekerja sama, berbicara, dan lain-lain. (Menyimpulkan)
o   Siswa mengamati gambar pedesaan tempat Kakek
o   Udin tinggal yang ada pada buku teks pelajaran.(Mengamati)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pedesaan adalah salah satu lingkungan sosial.
o   Siswa mengidentifikasi perbedaan suasana desa
o   Kakek Udin dengan lingkungan tempat tinggalnya. (Mengeksplorasi)
o   Siswa menyampaikan hasil pengamatannya terhadap gambar secara bergantian. (Menyajikan)
o   Seorang siswa membaca teks dan siswa lain menyimak. (Mengamati)
o   Guru bertanya apakah siswa sudah mengenal lagu “Desaku yang Kucinta”? Jika ada siswa yang sudah bisa menyanyikan lagu tersebut, siswa yang bersangkutan dapat menyanyikan lagu tersebut di depan kelas. (Mencoba)
o   Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu
o   “Desaku yang Kucinta”. (Mengamati)
o   Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang terdiri atas 4 – 6 siswa. Masing-masing kelompok berlatih menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”.(Mencoba)
o   Siswa secara berkelompok menyanyi di depan kelas bergantian dengan kelompok lain. (Menyajikan)
o   Setelah semua mendapat kesempatan menyanyi, siswa mengamati isi teks lagu. (Mengamati)
o   Siswa menyimpulkan isi lagu dengan menggunakan bahasanya sendiri di buku siswa. (Menyajikan)
o   Setelah bernyanyi, beberapa siswa membaca surat
o   Udin secara bersambung. Diawali seorang siswa, lalu guru meminta siswa berhenti, dan dilanjutkan siswa lain, demikian seterusnya. Siswa yang tidak mendapat giliran membaca harus menyimak dengan serius dan menanti gilirannya atas permintaan guru. (Mengamati)
o   Siswa menanggapi surat Udin dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. (Menalar)
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagianbagian yang harus ada dalam sebuah surat.(Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi bagian-bagian surat yang dibuat Udin. (Menalar)
o   Siswa mengingat kembali bagian-bagian surat pribadi. (Menalar)
o   Siswa berlatih menulis surat pribadi tentang teman bermain. (Mencoba)
o   Surat bisa ditujukan kepada orang tua. (Mengomunikasikan)
o   Guru bertanya kepada siswa tentang apa saja yang dibutuhkan untuk berkirim surat. (Mencari tahu)
o   Siswa mengamati gambar benda-benda pos pada buku siswa. (Mengamati)
o   Jika memungkinkan, guru membawa benda-benda pos yang asli.
o   Siswa mengerjakan latihan memecahkan masalah terkait uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sejumlah benda pos. (Menalar)

Penutup
o   Kegiatan diakhiri dengan menyebutkan hal-hal yang sudah dipelajari pada hari itu.
o   Siswa menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling berhubungan satu dengan lainnya. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia selalu menjalin hubungan dengan manusia lain, saling menghargai dan bekerja sama. Salah satu cara menjalin hubungan adalah melalui surat.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilakukan dengan melihat hasil latihan di buku
siswa, yaitu sebagai berikut.
• Mengidentifikasi surat pribadi (latihan di buku siswa).
• Berlatih berhitung (latihan di buku siswa).

Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
96,25 - 100
3,85 - 4,00
A
87,75 - 96
3,51 – 3,84
A-
79,5 – 87,5
3,18 - 3,50
B+
71,25 - 79,25
2,85 - 3,17
B
62,75 - 71
2,51 - 2,84
B-
54,5 – 62,5
2,18 - 2,50
C+
46,25 – 54,25
1,85 - 2,17
C
37,75 - 46
1,51 - 1,84
C-
29,5 – 37,5
1,18 - 1,50
D+
25 – 29,25
1,00 - 1,17
D

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian ranah keterampilan dalam pembelajaran 1 dilakukan pada rubrik kegiatan menyanyi lagu “Desaku yang Kucinta”. Rubrik kriteria yang dinilai, antara lain sebagai berikut.

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penguasaan
lagu
Siswa hafal
seluruh syair
lagu.
Siswa
melakukan
sedikit
kekeliruan.
Tidak semua
syair dihafal
dengan baik.

Siswa tidak
hafal lagu.
2
Vokal
Artikulasi yang
diucapkan
sangat jelas.
Terdapat sedikit
kesalahan
dalam
artikulasi.
Artikulasi yang
diucapkan
sebagian jelas.
Artikulasi yang
diucapkan
tidak jelas.
3

Ekspresi
Ekspresi
wajah sesuai
dengan isi lagu,
konsisten dan
bersemangat
Memenuhi dua
kriteria.

Memenuhi satu
kriteria.

Tidak
memenuhi
kriteria.



H. Sumber dan Media
1.      Berbagai benda-benda pos, seperti aneka prangko, aneka kartu pos, kertas surat, amplop, dan lain-lain.
2.      Contoh surat yang sudah dikirim (ada perangko dan stempel kantor pos).
3.      Buku teks pelajaran tematik



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Amati surat di pada buku siswa, lalu jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Mengapa Udin berkirim surat kepada Beni?

___________________________________________

2. Apa yang diceritakan Udin dalam surat tersebut?




3. Apa yang Udin tunggu dari Beni?



4. Menurutmu, bagaimana perasaan Udin ketika
    menulis surat itu?



5. Apa yang akan dilakukan Beni setelah membaca
surat Udin?


___________________________________________
Ayo Pikirkn





MEDIA

















Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors