Home » » TEMA 1 KELAS 6 SUB 3 PB1

TEMA 1 KELAS 6 SUB 3 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 17 October 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 1                                        : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Lestarikan Hewan dan Tumbuhan / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
3.1.1 Menemukan informasi tentang peranan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan di lingkungan sekitar
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
.4.1.1 Melaporkan hasil perkembangbiakan tanaman.

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6 Mendeskrisikan perkembangbiakan makhluk hidup.
3.6.1 Mendeskripsikan perkembangbiakan satu jenis tumbuhan.
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
4.1.1 Mengamati dan menuliskan perkembangbiakan satu jenis tumbuhan dalam bentuk laporan..

c) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbawgai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen).
3.1.1 Menemukan operasi hitung yang melibatkan pecahan.
3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
3.2.1 Memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan senilai.
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.1.1 Membuat soal cerita dan menemukan strategi yang efektif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung perbandingan dan pecahan.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.    Teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
2.    Perkembangbiakan makhluk hidup
3.    Operasi hitung yang melibatkan pecahan

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Selamatkan Makhluk Hidup”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca senyap teks tentang hewan bertelur melahirkan (ovovivipar)
o   Siswa kemudian membuat diagram venn tiga irisan untuk menemukan persamaan dan perbedaan hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar
o   Minta siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari tentang perkembangbiakan hewan.
o   Siswa ditugaskan untuk menulis laporan investigasi berdasarkan informasi bacaan dan fakta-fakta yang telah mereka dapat pada pembelajaran sebelumnya.
o   Ingatkan siswa untuk memperhatikan kriteria tulisan, yaitu:
-          Tulisan berisi fakta tentang ciri-ciri hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
-          Sertakan contoh-contoh hewan dari setiap jenis perkembang biakan tersebut.
-          Perhatikan penggunaan huruf besar, tanda baca, dan kosa kata baku.
o   Siswa mengerjakan latihan soal perbandingan.
o   Siswa berkreasi membuat soal cerita sendiri dengan menerapkan hitungan perbandingan dan pecahan. Motivasi siswa untuk menggunakan contohcontoh yang ada di sekitar mereka sebagai bahan cerita.
o   Siswa saling bertukar soal cerita dan saling menjawabnya.
o   Siswa saling memeriksa kebenaran jawaban soal cerita.
(Penilaian 2)

Pengayaan
o   Siswa yang mampu menyelesaikan latihan soal perbandingan lebih cepat dari waktu yang ditentukan, diberikan soal tambahan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
o   Siswa mengamati perkembangbiakan satu jenis hewan ovovivipar yang ada di sekitar rumah dan mendiskusikannya bersama orang tua.

Remedial
o   Siswa yang belum dapat mengerjakan soal latihan perbandingan, diminta untuk mengerjakan ulang dengan pendampingan guru. Guru dapat memberikan soal-soal tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1. Rubrik penilaian integrasi Bahasa Indonesia dan IPA.
Tulisan laporan hasil investigasi perkembangbiakan hewan.

Aspek
Sangat baik
Baik
Kurang
Berlatih lagi
Huruf besar
dan tanda
baca
Pemakaian
huruf besar
dan tanda baca
seluruhnya benar
Pemakaian
huruf besar dan
tanda baca 75%
benar.
Pemakaian huruf besar dan tanda baca 50% benar.

Pemakaian huruf besar dan tanda
baca hanya 25% benar.
Tata bahasa
dan kosa kata
Penggunaan
kosa kata dan
tata bahasa seluruhnya
benar dan tepat
Penggunaan
kosa kata dan
tata bahasa
75% benar dan
tepat.

Penggunaan
kosa kata dan tata bahasa 50% benar dan tepat.

Penggunaan
kosa kata dan
tata bahasa
hanya 25% benar dan tepat
Bentuk dan
Kerapian tulisan
Bentuk huruf
benar, tulisan
terbaca dan
rapi
Bentuk huruf
benar, tulisan
terbaca namun
kurang rapi.
Bentuk huruf
benar, tulisan
terbaca namun tidak rapi.

Bentuk huruf
kurang jelas,
tulisan tidak
terbaca
Kelengkapan
Informasi
Menuliskan
Seluruh informasi yang
didapat.
Menuliskan
75% informasi
yang didapat.


Menuliskan
50% informasi
yang didapat.
Menuliskan
hanya 25%
informasi
yang didapat.
Kebenaran
Informasi
Seluruh
informasi
benar, berdasarkan
hasil
investigasi.
Sebagian besar
informasi benar, berdasarkan
hasil
investigasi.


Sebagain kecil
informasi
benar.
berdasarkan
hasil
investigasi


Seluruh informasi
tidak benar,
tidak berdasarkan
hasil investigasi.
Sikap
Siswa
mengerjakan
tugas secara
mandiri dan
selesai tepat
waktu.
Siswa
mengerjakan
tugas secara
mandiri, namun
memerlukan
waktu
tambahan
Siswa mengerjakan
tugas secara
mandiri namun perlu diingatkan
berulang kali.

Siswa mengerjakan
tugas tidak
mandiri dan selalu
dimotivasi.


2. Matematika: tugas latihan perbandingan dan pecahan diperiksa kebenarannya
    dan diskor, soal cerita dinilai dengan rubrik.


Aspek
Sangat baik
Baik
Kurang
Berlatih lagi
Operasi hitung
Siswa mampu
membuat soal
cerita yang
melibatkan
operasi hitung
1.    penjumlahan,
2.    pengurangan,
3.    perkalian,
4.    pembagian.

Memenuhi 3
dari 4 kriteria di kolom 1.


Memenuhi 2
dari 4 kriteria di kolom 1.
Hanya
memenuhi
1 dari 4 kriteria di kolom 1.
Berbagai
bentuk
pecahan
Siswa mampu
membuat soal
cerita yang
melibatkan
bentuk pecahan
1.    pecahan biasa,
2.    pecahan campuran, desimal, persen.

Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1.


Hanya memenuhi
1 dari 4 kriteria di
kolom 1.
Tingkat
Kesulitan
soal cerita
Siswa mampu
membuat soal
cerita dengan
3 langkah
penyelesaian
Siswa mampu
membuat soal
cerita dengan
2 langkah
penyelesaian.

Siswa mampu
membuat soal
cerita dengan
1 langkah
penyelesaian

Siswa dibimbing
untuk dapat
membuat
soal cerita
Strategi dan
kemampuan
menghitung
Siswa mampu
menyelesaikan
soal cerita
menggunakan
strategi yang
tepat dengan
hasil hitungan
secara benar.
Siswa
menyelesaikan
soal cerita
menggunakan
strategi yang
tepat dengan
hasil hitungan
hampir benar
Siswa
menyelesaikan
soal cerita
menggunakan
strategi yang
kurang tepat.



Siswa dibimbing
untuk
menyelesaikan
soal cerita.
Sikap
Siswa
mengerjakan
tugas dengan
1. tekun,
2. mandiri,
3. percaya diri,
4. mampu bekerjasama.
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1.
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1


Hanya
memenuhi 1
kriteria.



4. Penilaian sikap (tanggung jawab dan kerja keras). (Contoh terlampir di halaman 198).

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar bagian tubuh manusia
Alat/Bahan        : kertas HVS, alat tulis.
Sumber Belajar : Lingkungan sekitar, Buku siswa dan buku guru,


Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                                   ( Bachtiar, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                                 NIP. 19800611 200504 1 001






MEDIA






















                                                                






Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors