(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
3.1.1 Menemukan
informasi tentang peranan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan di lingkungan
sekitar
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
.4.1.1 Melaporkan
hasil perkembangbiakan tanaman.
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi.
3.6 Mendeskrisikan perkembangbiakan
makhluk hidup.
3.6.1
Mendeskripsikan perkembangbiakan satu jenis tumbuhan.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk
tulisan.
4.1.1 Mengamati dan
menuliskan perkembangbiakan satu jenis tumbuhan dalam bentuk laporan..
c) MATEMATIKA
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami
operasi hitung yang melibatkan berbawgai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal,
dan persen).
3.1.1 Menemukan
operasi hitung yang melibatkan pecahan.
3.2 Memahami
perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
3.2.1 Memecahkan
masalah yang melibatkan perbandingan senilai.
4.1 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.1.1 Membuat soal
cerita dan menemukan strategi yang efektif dalam memecahkan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung perbandingan dan pecahan.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Teks laporan
investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
2.
Perkembangbiakan
makhluk hidup
3.
Operasi hitung yang
melibatkan pecahan
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Selamatkan Makhluk
Hidup”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
senyap teks tentang hewan bertelur melahirkan (ovovivipar)
o
Siswa kemudian
membuat diagram venn tiga irisan untuk menemukan persamaan dan perbedaan
hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar
o
Minta siswa untuk
mengingat kembali materi yang telah dipelajari tentang perkembangbiakan
hewan.
o
Siswa ditugaskan
untuk menulis laporan investigasi berdasarkan informasi bacaan dan
fakta-fakta yang telah mereka dapat pada pembelajaran sebelumnya.
o
Ingatkan siswa
untuk memperhatikan kriteria tulisan, yaitu:
-
Tulisan berisi fakta tentang ciri-ciri hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
-
Sertakan contoh-contoh hewan dari setiap jenis
perkembang biakan tersebut.
-
Perhatikan penggunaan huruf besar, tanda baca, dan
kosa kata baku.
o
Siswa mengerjakan
latihan soal perbandingan.
o
Siswa berkreasi
membuat soal cerita sendiri dengan menerapkan hitungan perbandingan dan
pecahan. Motivasi siswa untuk menggunakan contohcontoh yang ada di sekitar
mereka sebagai bahan cerita.
o
Siswa saling
bertukar soal cerita dan saling menjawabnya.
o
Siswa saling
memeriksa kebenaran jawaban soal cerita.
(Penilaian 2)
Pengayaan
o
Siswa yang mampu
menyelesaikan latihan soal perbandingan lebih cepat dari waktu yang
ditentukan, diberikan soal tambahan dengan tingkat kesulitan yang lebih
tinggi.
o
Siswa mengamati
perkembangbiakan satu jenis hewan ovovivipar yang ada di sekitar rumah
dan mendiskusikannya bersama orang tua.
Remedial
o
Siswa yang belum
dapat mengerjakan soal latihan perbandingan, diminta untuk mengerjakan ulang
dengan pendampingan guru. Guru dapat memberikan soal-soal tambahan untuk
meningkatkan pemahaman siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1. Rubrik penilaian integrasi Bahasa Indonesia dan IPA.
Tulisan
laporan hasil investigasi perkembangbiakan hewan.
Aspek
|
Sangat
baik
|
Baik
|
Kurang
|
Berlatih
lagi
|
Huruf
besar
dan tanda
baca
|
Pemakaian
huruf
besar
dan tanda
baca
seluruhnya
benar
|
Pemakaian
huruf
besar dan
tanda
baca 75%
benar.
|
Pemakaian
huruf besar dan tanda baca 50% benar.
|
Pemakaian
huruf besar dan tanda
baca
hanya 25% benar.
|
Tata
bahasa
dan kosa kata
|
Penggunaan
kosa kata
dan
tata
bahasa seluruhnya
benar dan
tepat
|
Penggunaan
kosa kata
dan
tata
bahasa
75% benar
dan
tepat.
|
Penggunaan
kosa kata
dan tata bahasa 50% benar dan tepat.
|
Penggunaan
kosa kata
dan
tata
bahasa
hanya 25%
benar dan tepat
|
Bentuk
dan
Kerapian tulisan
|
Bentuk
huruf
benar,
tulisan
terbaca
dan
rapi
|
Bentuk
huruf
benar,
tulisan
terbaca
namun
kurang
rapi.
|
Bentuk
huruf
benar,
tulisan
terbaca namun
tidak rapi.
|
Bentuk
huruf
kurang
jelas,
tulisan
tidak
terbaca
|
Kelengkapan
Informasi
|
Menuliskan
Seluruh informasi
yang
didapat.
|
Menuliskan
75%
informasi
yang
didapat.
|
Menuliskan
50% informasi
yang didapat.
|
Menuliskan
hanya 25%
informasi
yang
didapat.
|
Kebenaran
Informasi
|
Seluruh
informasi
benar, berdasarkan
hasil
investigasi.
|
Sebagian
besar
informasi
benar, berdasarkan
hasil
investigasi.
|
Sebagain
kecil
informasi
benar.
berdasarkan
hasil
investigasi
|
Seluruh informasi
tidak
benar,
tidak berdasarkan
hasil investigasi.
|
Sikap
|
Siswa
mengerjakan
tugas
secara
mandiri
dan
selesai
tepat
waktu.
|
Siswa
mengerjakan
tugas
secara
mandiri,
namun
memerlukan
waktu
tambahan
|
Siswa mengerjakan
tugas
secara
mandiri namun
perlu diingatkan
berulang
kali.
|
Siswa mengerjakan
tugas
tidak
mandiri dan
selalu
dimotivasi.
|
2. Matematika: tugas latihan perbandingan dan pecahan diperiksa
kebenarannya
dan diskor, soal cerita dinilai dengan rubrik.
Aspek
|
Sangat
baik
|
Baik
|
Kurang
|
Berlatih
lagi
|
Operasi hitung
|
Siswa
mampu
membuat
soal
cerita
yang
melibatkan
operasi
hitung
1. penjumlahan,
2. pengurangan,
3. perkalian,
4. pembagian.
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi
2
dari 4
kriteria di kolom 1.
|
Hanya
memenuhi
1 dari 4 kriteria
di kolom 1.
|
Berbagai
bentuk
pecahan
|
Siswa mampu
membuat
soal
cerita
yang
melibatkan
bentuk
pecahan
1. pecahan biasa,
2. pecahan campuran,
desimal, persen.
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria
di kolom
1
|
Memenuhi
2
dari 4
kriteria
di kolom 1.
|
Hanya memenuhi
1 dari 4 kriteria
di
kolom 1.
|
Tingkat
Kesulitan
soal cerita
|
Siswa
mampu
membuat
soal
cerita
dengan
3 langkah
penyelesaian
|
Siswa
mampu
membuat
soal
cerita
dengan
2 langkah
penyelesaian.
|
Siswa
mampu
membuat
soal
cerita
dengan
1 langkah
penyelesaian
|
Siswa dibimbing
untuk
dapat
membuat
soal cerita
|
Strategi dan
kemampuan
menghitung
|
Siswa
mampu
menyelesaikan
soal
cerita
menggunakan
strategi
yang
tepat
dengan
hasil
hitungan
secara
benar.
|
Siswa
menyelesaikan
soal
cerita
menggunakan
strategi
yang
tepat
dengan
hasil
hitungan
hampir benar
|
Siswa
menyelesaikan
soal cerita
menggunakan
strategi
yang
kurang tepat.
|
Siswa dibimbing
untuk
menyelesaikan
soal cerita.
|
Sikap
|
Siswa
mengerjakan
tugas
dengan
1. tekun,
2. mandiri,
3. percaya
diri,
4. mampu bekerjasama.
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria
di kolom
1.
|
Memenuhi
2
dari 4
kriteria
di kolom
1
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria.
|
4. Penilaian sikap
(tanggung jawab dan kerja keras). (Contoh terlampir di halaman 198).
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media :
Gambar
bagian tubuh manusia
Alat/Bahan : kertas HVS,
alat tulis.
Sumber Belajar : Lingkungan
sekitar, Buku siswa dan buku guru,
Mengetahui, Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) (
Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2 006 NIP. 19800611
200504 1 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment