Home » » TEMA 1 KELAS 6 SUB 2 PB1

TEMA 1 KELAS 6 SUB 2 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 17 October 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 1                                        : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Hewan Sahabatku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.
B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal dan persen).
3.1.1 Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian..

b) BAHASA INDONESIA
3.1  Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1 Menemukan informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1 Menjelaskan struktur teks investigasi.

c) IPA
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
3.6.1  Menjelaskan proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
4.1.1 Menuliskan perkembangbiakan satu jenis tanaman yang diobservasi.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian..
  2. Informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
  3. proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan
 D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Selamatkan Makhluk Hidup”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang Hewan Sahabatku dalam hati.
o   Siswa membaca dengan suara nyaring.
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar dengan judul ‘Hewan Sahabatku’. Mereka dapat menerapkan kata tanya ADIK SIMBA (Apa Di mana, Kapan, Siapa, Bagaimana) dalam membuat pertanyaan yang dituliskan pada potongan kertas. Pertanyaan menggunakan ADIK SIMBA merupakan pengulangan dari pembelajaran kelas IV.
o   Siswa saling bertukar pertanyaan dengan pasangan yang ditentukan guru.
o   Siswa mendiskusikan jawabannya dengan pasangan masing-masing.
a.      Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling melakukan pengamatan. Guru
b.      membuat catatan anekdot tentang interaksi dan partisipasi siswa. Guru
c.       memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif dalam
d.      berdiskusi dan memberikan motivasi dan arahan.
e.       Catatan anekdot merupakan salah satu alat untuk mengumpulkan data
f.        tentang tingkah laku siswa atau peristiwa yang terjadi seketika di luar
g.      kebiasaan. Catatan anekdot ini sangat bermanfaat ketika guru menulis
h.      laporan tentang perkembangan siswa nantinya.

o   Siswa menggolongkan hewan yang telah mereka amati pada gambar berdasarkan kategori langka atau tidak langka pada tabel yang telah disediakan.
o   Siswa membaca teks investigasi tentang “Bagaimana menghasilkan susu berkualitas baik”.
o   Siswa menuliskan fakta-fakta dari teks investigasi yang dibacanya.
o   Siswa mengidentifikasi ciri-ciri teks laporan investigasi dengan panduan guru dan berpedoman kepada hal-hal berikut.
o   Siswa menggarisbawahi kosa kata yang menunjukkan fakta-fakta tentang hewan berdasarkan teks laporan investigasi.
o   Siswa membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang berhubungan dengan fakta yang terdapat dalam bacaan.
o   Siswa saling mendiskusikan hasil pekerjaannya kepada temannya.
o   Siswa menjelaskan hal-hal berikut.
a.      Alasan teks “Bagaimana Menghasilkan Susu Sapi yang Berkualitas Baik?”termasuk teks investigasi? Coba Jelaskan!
b.      Tulislah bagian yang merupakan definisi umum, deskripsi bagian (fakta), dan kesimpulan.
o   Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman nya. Produk ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.

o   Siswa mengamati gambar berbagai jenis hewan.
o   Siswa dapat mengidentifikasi prosedur perkembangbiakan hewan berdasarkan gambar acak.
o   Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan cara berkembang biaknya dalam bentuk diagram venn.
o   Siswa menjelaskan alasan dalam melakukan pengelompokan.
o   Siswa membaca teks bergambar tentang cara hewan berkembang biak (ovivar, vivivar, dan ovovivipar).
o   Siswa menuliskan perkembangbiakan hewan dalam bentuk peta pikiran.
o   Peta pikiran yang ditulis memuat (perkembangbiakan, penjelasan, ciri-ciri, contoh) dengan detail.
o   Siswa dapat melengkapi peta pikiran yang dibuatnya dengan gambar supaya menarik.
o   Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya.
o   Produk ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.

o   Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
o   Siswa mencari fakta-fakta tentang perkembangbiakan hewan dari berbagai literatur (buku, koran, majalah, dan/atau situs internet).
o   Siswa mencatat fakta tersebut di buku siswa.
o   Siswa mencari informasi mengenai (contoh hewan, ciri-ciri, letak habit yang cocok).
o   Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya ke depan kelas.
o   Siswa menuliskan apakah letak geografis suatu wilayah berpengaruh terhadap persebaran hewan? Bagaimana pula pengaruhnya terhadap aktivitas manusia sehubungan dengan keberadaan hewan? Produk ini dinilai dengan Penilaian 3.

o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (ada 3 hal yang mereka pelajari di hari ini, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik dan bagian yang belum dipahami, apa manfaat yang mereka peroleh, serta apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada Lampiran 1, halaman 196.

Pengayaan
o   Siswa menulis teks laporan investigasi tentang perkembangbiakan berbagai jenis hewan berdasarkan literatur yang mereka baca (buku perpustakaan, ensiklopedia, dan berbagai sumber dari internet). Kegiatan ini disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan investigasi (belum dapat membuat laporan hasil investigasi secara tepat) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa teks laporan investigasi sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya.
o   Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Siwa dipandu oleh guru untuk menulis berdasarkan fakta. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.      Bahasa Indonesia
Kriteria
Ya   
Tidak
Siswa menjelaskan alasan teks yang dibaca adalah teks eksplanasi


Siswa menjelaskan deskripsi umum dari teks dengan benar


Siswa menjelaskan deskripsi bagian (fakta) dari teks dengan benar.


Siswa menyebutkan kesimpulan dengan benar



2. IPA dinilai dengan rubrik

Aspek
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Ovivar
1. Menjelaskan definisi dengan benar.
2. Memberikan contoh dengan benar.
3. Menjelaskan ciri-ciri dengan benar.
Hanya memenuhi 2
dari 3 kriteria yang
diharapkan.


Hanya memenuhi 1
dari 3 kriteria yang
diharapkan

Ovovivivar
1.   Menjelaskan definisi dengan benar.
2.   Memberikan contoh dengan benar.
3.   Menjelaskan ciri-ciri
dengan benar.

Hanya memenuhi 2
dari 3 kriteria yang
diharapkan.
Hanya memenuhi 1
dari 3 kriteria yang
diharapkan.
Vivivar
1.  Menjelaskan  definisi dengan benar.
2.  Memberikan contoh dengan benar.
3.  Menjelaskan ciri-ciri dengan benar.
Hanya memenuhi 2
dari 3 kriteria yang
diharapkan.
Hanya memenuhi 1
dari 3 kriteria yang
diharapkan.

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.

Kriteria
Ya   
Tidak
Siswa mampu menjelaskan manusia
dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan.



Siswa mampu menggambarkan manusia dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan



Siswa mampu menuliskan sedikitnya 5  contoh keterkaitan antara manusia dengan hewan.



Siswa mampu menuliskan sedikitnya 5 pengaruh hewan terhadap kehidupan
manusia.



4. Penilaian sikap (tanggung jawab dan kerja keras). (Contoh terlampir di halaman 198).

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar bagian tubuh manusia
Alat/Bahan        : Buku referensi, ensiklopedia hewan, majalah, koran, internet (disesuaian dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru,



Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                                   ( Bachtiar, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                                NIP. 19800611 200504 1 001




MEDIA






















                                                                







Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors