(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
3.3.2 Membuat
tanggapan terhadap surat pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi
teks tentang permasalahan sosial.
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan
strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah
uang.
3.6.1 Mengenali
masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang dengan pengurangan
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa
ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam
berkarya seni
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi
bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.4 Membentuk karya
dekoratif dari bahan lunak.
4.4.1 Membuat karya
dekoratif dari bahan lunak yang telah dipilih.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
- Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
- Cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan
Teliti
|
Bertanggung
jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
- Menjawab pertanyaan tentang isi surat (latihan pada buku siswa).
- Menyelesaikan masalah penjumlahan yang melibatkan uang (latihan pada buku siswa).
Berikut ini skor penilaian yang digunakan.
Skor penilaian: 100
Skor = x 100
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
96,25 - 100
|
3,85 - 4,00
|
A
|
87,75 - 96
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
79,5 – 87,5
|
3,18 - 3,50
|
B+
|
71,25 - 79,25
|
2,85 - 3,17
|
B
|
62,75 - 71
|
2,51 - 2,84
|
B-
|
54,5 – 62,5
|
2,18 - 2,50
|
C+
|
46,25 – 54,25
|
1,85 - 2,17
|
C
|
37,75 - 46
|
1,51 - 1,84
|
C-
|
29,5 – 37,5
|
1,18 - 1,50
|
D+
|
25 – 29,25
|
1,00 - 1,17
|
D
|
3. Penilaian
Ketrampilan
Rubrik
Kegiatan Membaca Teks
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Suara
terdengar
jelas,
nada tepat, jeda
tepat.
|
Memenuhi
semua kriteria
|
Memenuhi
dua
kriteria
|
Memenuhi satu kriteria.
|
Belum
Memenuhi
kriteria
|
2
|
Tampil
percaya
diri,
menatap
pendengar,
berdiri
tegak
|
Memenuhi
semua
kriteria
|
Memenuhi
dua
kriteria.
|
Memenuhi
satu kriteria
|
Belum
memenuhi
kriteria
|
Daftar Periksa
Membuat Benda Menggunakan Bahan Lunak
No
|
Nama Siswa
|
Kreatif
|
Rapi
|
Antusia
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||
10
|
Fawniya
|
||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||
33
|
Alfin
|
H. Sumber dan Media
- Berbagai pecahan uang kertas dan logam
- Gambar-gambar sungai dan pemanfaatannya
- Gambar/poster sungai yang bersih dan indah
- Plastisin/tanah liat/ adonan tepung
- Contoh bentuk peralatan rumah yang terbuat dari bahan lunak
- Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment