(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadapperkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.4 Menggali
informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi
teks dongeng tentang kondisi alam dengan tepat
4.4 Menyampaikan
teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.4.1 Menceritakan
kembali isi teks dongeng tentang kondisi alam secara lisan atau tulis dengan
tepat..
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran .
3.14.1 Mengidentifikasi
data yang terdapat pada teks.
3.14.2 Membandingkan
data pada tabel.
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat
tabel berdasarkan data yang sudah diperoleh.
4.11.2 Membuat
grafik batang berdasarkan data pada tabel.
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna
karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Mengidentifikasi
isi syair lagu daerah setempat
4.5 Menyanyi lagu
wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan
lagu daerah setempat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2.
Perbandingan data
menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran .
3. Makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Guru membuka pembelajaran
dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang telah
mereka pelajari sebelumnya.
·
Sebagai
pemanasan, guru menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari siswa. Jika guru pernah mengunjungi Pulau Lombok, guru bisa
menceritakan pengalaman tersebut. Atau dapat juga siswa yang bercerita.
·
Siswa mengamati
gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Minta mereka memberikan
pendapat mengenai gambar tersebut. (Mengamati, menalar)
·
Siswa menyebutkan
kembali permasalahan sosial yang sudah dibahas pada minggu lalu, dan sikap
yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi permasalahan tersebut.
(Mengomunikasikan)
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dibahas pada minggu ini,
yaitu sikap peduli kepada orang lain dan lingkungan tempat tinggal.
·
Siswa membaca
teks dongeng tentang asal muasal
·
Pulau Lombok dan
mengamati isi teksnya dengan cermat. (Mengamati)
·
Siswa secara
berpasangan melakukan Tanya jawab mengenai teks tersebut, dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
yang akan diajukan beserta jawabannya. (Menalar)
·
Siswa menyebutkan
kembali pertanyaan-pertanyaan dan jawaban yang muncul saat berdiskusi.
(Mengkonfirmasi)
·
Siswa menuliskan
pertanyaan beserta jawaban berkaitan dengan teks. (Menalar)
·
Siswa membaca
kembali isi teks dongeng tentang
·
Pulau Lombok.
(Mencari informasi)
·
Siswa
menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri dan dituangkan
dalam bentuk tulisan. Siswa dapat menggunakan bahasa daerah setempat.
(Menyajikan)
·
Siswa mengambil
pelajaran dari teks dongeng bahwa Dewi Anjani memiliki kepedulian yang tinggi
terhadap manusia. Kepedulian yang tinggi masyarakat Lombok terhadap sesama
juga tertuang dalam lagu daerah mereka yang sangat populer di kalangan
anak-anak yang berjudul “Kadal Nongak” (Mengamati)
·
Siswa mengamati
lagu “Kadal Nongak” dan mencermati terjemahannya serta mendiskusikan isinya.
·
Kemudian siswa
menyanyikan lagu ”Kadal Nongak.”
·
Guru bisa
mengganti lagu “Kadal Nongak” dengan lagu daerah setempat yang berisi kisah
kemanusiaan.
·
Siswa diberi
kesempatan menyanyikannya secara berkelompok.(Mengamati, mencoba, menyajikan)
·
Kepedulian
masyarakat Lombok terhadap lingkungan ditunjukkan dengan banyaknya
perkebunan. Perkebunan membuat suasana Lombok tetap indah dan asri dan
kesuburan tanahnya tetap terjaga.
·
Pohon-pohon juga
dapat menghindari bencana seperti longsor dan banjir. Lombok terkenal dengan perkebunan
jambu mete, vanili, kangkung dan manggis. Sambal pencing kangkung merupakan makanan
khas Lombok yang sangat enak.
·
Kegiatan
dilanjutkan dengan mengamati tabel banyaknya petani yang menanam beberapa
tumbuhan khas Lombok dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawahnya.
(Mengamati)
·
Siswa menggunakan
data pada tabel untuk membuat grafik batang secara mandiri. (Menyajikan).
·
Usai membuat
grafik batang, siswa diberi kesempatan menanyakan hal lain yang ingin mereka ketahui
berkaitan dengan pembelajaran hari ini. (Menanya)
·
Guru menutup
kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai,
peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
o Mengidentifikasi isi teks dongeng (latihan pada buku siswa)
o Mengidentifikasi syair sebuah (latihan pada buku siswa)
o Membandingkan data pada tabel (latihan pada buku siswa)
3. Penilaian
Ketrampilan
Rubrik
Kegiatan Menyanyi
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan
lagu
|
Siswa
hafal
seluruh
syair
lagu.
|
Siswa
melakukan
sedikit
kekeliruan
|
Tidak semua syair
dihafal dengan
baik
|
Siswa
tidak
menyanyi
|
2
|
Vokal
|
Artikulasi
yang
diucapkan
sangat jelas
|
Terdapat
sedikit
kesalahan
dalam
artikulasi
|
Artikulasi
yang
diucapkan
sebagian
jelas.
|
Artikulasi
tidak
terdengar
jelas
|
3
|
Ekspresi
|
Ekspresi
wajah
sesuai
dengan isi
lagu,
konsisten
dan
bersemangat
|
Memenuhi
dua
kriteria
|
Memenuhi
satu kriteria.
|
Tidak
memenuhi
kriteria
|
Daftar Periksa
Membuat Benda Menggunakan Bahan Lunak
No
|
Nama Siswa
|
Kreatif
|
Rapi
|
Antusia
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
H. Sumber dan Media
1. Gambar-gambar pulau Lombok
2. Gambar tanaman khas Lombok
3. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
9 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Lengkapi tabel berikut berdasarkan data petani
tersebut!
No
|
Jenis tanaman
|
Banyaknya
petani yang
menanam
|
Vanila
|
||
Jambu Mete
|
||
Manggis
|
||
Tembakau
|
||
Kangkung
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment