Home » » PROYEK KELAS TEMA 4 Pb 1- 6

PROYEK KELAS TEMA 4 Pb 1- 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 19 November 2015

                                        RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

                                                    KEGIATAN BERBASIS PROYEK


Satuan Pendidikan    : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester         : 3/1
Tema 4                       : Peduli Lingkungan Sosial
Alokasi Waktu           : 1 Hari

Nama Proyek:
•    Peraturan-Peraturan di Sekolahku

Tujuan proyek:

  • Membuat perencanaan disiplin untuk sekolah
Manfaat proyek:
  • Melibatkan siswa dalam membuat peraturan di sekolah
  • Membuat siswa memiliki kepekaan terhadap peraturan
  • Memudahkan penerapan peraturan
  • Melibatkan siswa dalam mengontrol jalannya peraturan
Kegiatan pembuka:
  • Kepala Sekolah diundang ke kelas untuk menjelaskan kepada siswa bahwa sekolah membutuhkan usulan pendapat dari siswa dalam rangka menyusun aturan disiplin yang baru.
Rencana Kegiatan:
  • Mendata tempat-tempat di sekolah yang membutuhkan peraturan. (Sosial)
  • Memberi tahu orang tua tentang rencana proyek mereka. (Bahasa Indonesia; SBdP)
  • Melakukan wawancara tentang peraturan yang akan dibuat. (Sosial)
  • Mendata dan mendiskusikan hasil wawancara. (Bahasa Indonesia)
  • Mengunjungi kantor polisi. (Sosial)
  • Mendata dan mendiskusikan hasil kunjungan. (Bahasa Indonesia, Sosial)
  • Membuat laporan hasil kunjungan. (Bahasa Indonesia)
  • Bekerja berkelompok membuat aturan di tempat-tempat tertentu berkaitan dengan sekolah. (PPKn)
  • Membuat laporan hasil kerja kelompok kepada Kepala Sekolah. (Bahasa Indonesia)
  • Membuat poster tentang peraturan sekolah. (SBdP)
  • Merencanakan bagaimana mereka mensosialisasikan aturan yang sudah dibuatnya kepada anggota sekolah. (Sosial)
  • Menghias majalah dinding sekolah dengan poster-poster kreasi siswa.(SBdP)
  • Membuat undangan kepada para orang tua untuk menyaksikan pameran hasil karya siswa. (SBdP, Bahasa Indonesia)

HARI PERTAMA

Tujuan Pembelajaran
  • Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan tempat-tempat yang membutuhkan peraturan dengan tepat.
  • Dengan melakukan survei, siswa dapat mendata tempat-tempat di sekolah yang membutuhkan peraturan dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran
•    Contoh-contoh peraturan di sekolah
•    Buku tekspelajaran/buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari selama tiga minggu ini.
  • Siswa secara bergantian menyebutkan apa saja yang sudah mereka pelajari. Setiap siswa menyampaikan hal yang berbeda dengan apa yang sudah disampaikan teman-temannya. (Mengomunikasikan)
  • Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan melaksanakan proyek yang terkait dengan peraturan di sekolah. Peraturan ini dibuat dengan tujuan agar tercipta sekolah yang tertib, rapi, dan menyenangkan.

Kegiatan Inti
  • Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa mengidentifikasi hasil pengamatannya, siapa saja yang ada di gambar, dan apa yang sedang mereka lakukan. (Menalar).
  • Siswa menyebutkan tokoh yang ada di gambar dan menyampaikan kegiatan yang ada pada gambar. (Mengomunikasikan).
  • Siswa membaca apa yang disampaikan Ibu Kepala
  • Sekolah kepada anak-anak. (Mengamati)
  • Siswa menyebutkan apa yang disampaikan Ibu
  • Kepala Sekolah. (Mengkomunikasikan).
  • Siswa mendiskusikan apa yang dapat dilakukan untuk membuat sekolah mereka menjadi tempat yang menyenangkan. (Menalar)
  • Siswa berencana membuat peraturan untuk beberapa tempat di sekolah. Peraturan itu akan mereka berikan kepada Ibu Kepala Sekolah.
  • Siswa membagi kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 5-6 orang. (Mengorganisasikan)
  • Siswa memilih ketua kelompok masing-masing.
  • (Mengambil keputusan)
  • Siswa membuat kesepakatan kelompok. (Mencoba)
  • Siswa mengisi lembar kesepakatan kelompok (Menyajikan)
  • Guru mengingatkan siswa apa saja yang harus dilakukan saat mengamati sekolah. Misalnya, tempat-tempat yang ada dan mencatat kondisi kebersihan, kerapian tempat, dan apakah tempat tersebut sudah memiliki peraturan atau belum.
  • Siswa berkeliling sekolah melakukan pengamatan. (Mengeksplorasi)
  • Siswa mendata tempat-tempat yang membutuhkan peraturan. (Mengumpulkan data)
  • Siswa membuat catatan khusus tentang tempattempat yang dilihat. (Mengumpulkan data).
  • Siswa (ketua kelompok) melaporkan hasil pengamatan. (Mengomunikasikan)
  • Seorang siswa menuliskan di papan tulis tempattempat yang diamati. (Menyajikan).
  • Siswa menyimpulkan tempat-tempat mana saja yang akan dibuatkan peraturannya (Menalar, mengambil keputusan)
  • Siswa membagi tempat yang akan dibuatkan peraturannya kepada kelompok-kelompok. (Mengambil keputusan).
  • Siswa membaca teks yang ada pada buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa mengamati teks tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam satu minggu ini. (Mengamati)
  • Siswa memberi catatan pada tabel kegiatan jika diperlukan. (Mengomunikasikan)
  • Siswa mengamati surat yang dibuat Dayu di buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa membaca surat yang dibuat Dayu. (Membaca)
  • Siswa membuat surat pemberitahuan yang ditujukan kepada orang tua masing-masing tentang proyek mereka dengan bahasa mereka sendiri. Jika mungkin siswa dapat menggunakan bahasa daerah masing-masing.(Mencoba)

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)

HARI KE-2
Tujuan Pembelajaran

  • Dengan berdiskusi siswa dapat menyampaikan pendapat untuk memecahkan masalah dengan tepat.
  • Dengan berdiskusi siswa dapat menerima pendapat orang lain dalam memecahkan masalah dengan tepat.
  • Dengan berdiskusi siswa dapat menentukan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.

Alat dan Media Pembelajaran
•    Kertas/buku
•    Pensil
•    Buku tekspelajaran/bukusiswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari kemarin.
  • Siswa secara bergantian menyebutkan apa saja yang sudah mereka pelajari. Setiap siswa menyampaikan hal yang berbeda dengan apa yang sudah disampaikan teman-temannya. (Mengomunikasikan)
  • Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan melakukan wawancara yang terkait dengan peraturan di sekolah. 
Kegiatan Inti
  • Siswa mendiskusikan apa saja yang mereka butuhkan untuk melakukan wawancara. (Mengeksplorasi)
  • Siswa mendiskusikan peralatan yang dibutuhkan saat wawancara. (Mengeksplorasi)
  • Masing-masing siswa mengajukan pendapatnya, ada yang menyebut kertas, alat tulis, alas untuk menulis, alat perekam jika memungkinkan, dan lain-lain. (Mengeksplorasi)
  • Siswa mendiskusikan cara melakukan wawancara. (Mengeksplorasi)
  • Masing-masing siswa menyatakan pendapatnya tentang cara-cara mewawancara. Ada yang menyampaikan memberi salam, memperkenalkan diri, menyampaikn topik, tujuan wawancara, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, berterima kasih, member salam ketika wawancara sudah selesai, dan lainlain. (Mengomunikasikan)
  • Siswa berdiskusi membuat daftar pertanyaan. (Mengeksplorasi)
  • Masing-masing siswa menyampaikan pendapatnya.
  • Guru membantu siswa dengan mengingatkan mereka untuk mengawali pertanyaan dengan kata apa, mengapa, bagaimana, kapan, di mana, untuk apa, dan lain-lain. (Mengomunikasikan)
  • Siswa membaca teks yang ada pada buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa membaca teks pada buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa membaca daftar pertanyaan yang ada pada teks. (Mencoba)
  • Siswa menuliskan daftar pertanyaan pada lembaran kertas wawancara, siswa dapat membuat pertanyaan sendiri sesuai kebutuhan. (Mencoba)
  • Siswa melakukan wawancara. (Mencoba)
  • Ketua kelompok mengumpulkan catatan hasil wawancara. (Mengorganisasikan)
  • Siswa membacakan hasil wawancara kelompoknya. (Menyajikan)
  • Siswa mencatat hasil wawancara.(Mencoba)
  • Siswa mencatat kesimpulan wawancara dari catatan yang ada dan dihias rapi. (Menalar)
  • Siswa memajang kesimpulan wawancara yang dibuatnya di papan pajangan sekolah. (Menyajikan)

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)

HARI KETIGA
Tujuan Pembelajaran

  • Dengan penjelasan, siswa dapat menyebutkan tujuan dibuatnya peraturan dengan tepat.
  • Setelah mengetahui tujuan peraturan, siswa dapat menjalankan peraturan dengan tepat.
  • Dengan menjalankan peraturan, siswa dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan milik bersama dengan tepat.

Alat dan Media Pembelajaran
•    Cendera mata berupa hasil karya siswa
•    Buku catatan dan alat tulis
•    Kamera foto untuk dokumentasi
•    Buku tekspelajaran/buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari dua hari yang lalu.
  • Siswa secara bergantian menyebutkan apa saja yang sudah mereka pelajari. Setiap siswa menyampaikan hal yang berbeda dengan apa yang sudah disampaikan teman-temannya. (Mengomunikasikan)
  • Guru menyampaikan bahwa sesuai rencana kerja, hari ini siswa akan melakukan kunjungan ke kantor polisi. Siswa akan berjalan kaki menuju ke sana. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang tujuan ke kantor polisi.
  • Siswa menyampaikan tujuan ke kantor polisi adalah untuk mendapatkan penjelasan dari polisi tentang peraturan. (Mengomunikasikan)
  • Guru mengingatkan siswa untuk tetap bersikap santun kepada setiap orang yang dijumpainya.

Kegiatan Inti
  • Siswa bersiap-siap mengunjungi kantor polisi.
  • Siswa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, buku dan alat tulis untuk mencatat, topi sekolah, tempat minum. (Mencoba)
  • Siswa berbaris rapi di halaman sekolah sesuai dengan kelompok proyek. Ketua kelompok memeriksa kerapian kelompoknya masing-masing. (Mencoba)
  • Kelompok yang sudah siap mendapat giliran berangkat terlebih dahulu dipimpin oleh guru.
  • Siswa berjalan dengan rapi dan tertib sampai di tempat tujuan. (Mencoba)
  • Siswa berbaris rapi setiba di kantor polisi. Ketua kelompok bertanggung jawab atas kerapian kelompoknya. (Mencoba)
  • Siswa menyampaikan salam kepada Ibu Polisi dipimpin salah seorang ketua kelompok. (Mencoba)
  • Siswa mendengarkan penjelasan Ibu Polisi tentang peraturan dengan tertib. (Mengamati)
  • Siswa bertanya kepada Ibu Polisi hal yang ingin diketahuinya dengan santun. (Menanya)
  • Siswa berterimakasih atas penjelasan Ibu Polisi dan menyampaikan kenang-kenangan dari siswa. Siswa berfoto bersama Ibu Polisi. (Mencoba)
  • Siswa meminta izin pulang dan bersalaman dengan Ibu Polisi.
  • Siswa berbaris rapi seperti ketika hendak berangkat. (Mencoba)
  • Siswa berjalan menuju sekolah. (Mencoba)
  • Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing mendiskusikan hasil kunjungan.
  • Masing-masing siswa membacakan catatan hasil kunjungan ke kantor polisi. (Mengomunikasikan).
  • Siswa membuat kesimpulan dari catatan kunjungan. (Menalar)

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)

HARI KE-4

Tujuan Pembelajaran

  • Dengan berdiskusi, siswa dapat membuat peraturan sesuai dengan wilayahnya masing-masing dengan tepat.
  • Dengan mengamati teks, siswa dapat membuat surat undangan pameran dengan tepat.

Alat dan Media Pembelajaran
•    Kertas untuk menulis surat
•    Pensil warna/crayon
•    Buku tekspelajaran/buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari dalam tiga hari ini. Guru bertanya kegiatan apa yang paling berkesanbagi siswa.
  • Siswa secara bergantian menyebutkan apa saja yang sudah mereka pelajari. Setiap siswa menyampaikan hal yang berbeda dengan apa yang sudah disampaikan teman-temannya. Siswa juga menyampaikan kegiatan yang paling berkesan menurut pendapat mereka. (Mengomunikasikan)
  • Guru menyampaikan bahwa sesuai dengan rencana, hari ini mereka akan melanjutkan tugas, yaitu membuat peraturan sesuai dengan bagiannya masingmasing.
  • Guru mempersilakan siswa untuk bergabung dengan kelompoknya masing-masing.

Kegiatan Inti
  • Siswa membaca dan mempelajari teks yang terdapat pada bukusiswa. (Mengamati)
  • Siswa membaca kembali kesimpulan-kesimpulan yang dibuatnya. (Mengeksplorasi)
  • Siswa secara berkelompok membuat peraturan sesuai dengan tugasnya. (Mencoba)
  • Siswa menyerahkan hasil kerja kelompoknya kepada guru. (Mengomunikasikan)
  • Siswa mendapat saran-saran dari guru.
  • Siswa memperbaiki hasil kerjanya berdasarkan saran guru. (Mencoba)
  • Siswa menyerahkan peraturan yang sudah diperbaiki kepada kepala sekolah untuk mendapatkan saran. (Mengomunikasikan)
  • Siswa memperbaiki peraturan yang telah dibuatnya atas saran kepala sekolah. (Mencoba)
  • Siswa membaca teks pada buku siswa. Siswa mengamati surat undangan yang dibuat Dayu. (Mengamati)
  • Siswa menyebutkan kegiatan yang akan mereka lakukan berikutnya, yaitu membuat undangan pameran. (Mengomunikasikan)
  • Siswa menyiapkan kertas, alat tulis, pensil warna/ krayon untuk menghias.
  • Siswa membuat surat undangan pameran untuk orang tuanya masing-masing dan menghiasnya agar indah. Siswa menggunakan bahasanya sendiri, dan dapat menggunakan bahasa daerah atau bahasa lain yang siswa kuasai. (Mencoba)
  • Siswa menyimpan rapi surat undangan yang telah selesai dibuatnya di tas sekolahnya untuk diserahkan kepada orang tuanya di rumah nanti.

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)

TIPS MEMBUAT PERATURAN
  • Siswa dapat mengawalinya dengan apa yang mereka inginkan. Misalnya, mereka ingin perpustakaan rapi, maka peraturannya meletakkan buku di tempat yang telah disediakan, bersih dari makanan dan minuman. Jika ingin toilet wangi, maka peraturannya adalah menyiram usai buang air kecil (BAK), dan seterusnya.
  • Siswa juga dapat memulainya dengan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  • Misalnya, di lorong kelas tidak boleh berteriak/ribut, maka peraturannya adalah berbicara perlahan saat di lorong kelas. Hindari menggunakan kalimat negatif.

HARI KE-5

Tujuan Pembelajaran

  • Dengan membaca teks pada buku siswa, siswa dapat mengetahui cara membuat poster dengan tepat.
  • Setelah mengetahui cara membuat poster, siswa dapat membuat poster tentang peraturan dengan tepat.
  • Dengan membaca teks, siswa dapat mengetahui cara menyambut tamu dengan tepat.
  • Dengan membaca teks, siswa dapat memahami cara menjelaskan poster dengan tepat.

Alat dan Media Pembelajaran
  • Alat dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini, antara lain sebagai berikut.
  • Kertas gambar A3, pensil, pensil warna, krayon, spidol warna, daun kering, guntingan gambar, lem,     gunting, dan lain-lain.
  • Buku teks pelajaran/buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari dalam empat hari belakangan ini.
  • Siswa secara bergantian menyebutkan apa saja yang sudah mereka pelajari. Setiap siswa menyampaikan hal yang berbeda dengan apa yang sudah disampaikan teman-temannya. (Mengomunikasikan)
  • Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan menata peraturan yang sudah mereka buat dalam bentuk poster. Poster harus dibuat sebagus mungkin. Sebelum poster itu dipajang pada tempat yang sesuai, poster akan dipamerkan terlebih dahulu, dan akan dilihat oleh tamu-tamu undangan.

Kegiatan Inti
  • Siswa membaca teks yang ada pada buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa mengamati peralatan yang dibutuhkan untuk membuat poster. (Mengamati)
  • Siswa menyebutkan peralatan-peralatan untuk membuat poster. (Mengomunikasikan)
  • Siswa menyiapkan peralatan membuat poster yang mereka miliki dan tidak harus sama dengan yang tertera di buku siswa
  • Siswa membuat poster sesuai prosedur yang terdapat pada buku siswa. (Mencoba)
  • Siswa memajang poster yang sudah selesai dibuatnya pada tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan)
  • Siswa membaca buku teks. (Mengamati)
  • Siswa berdiskusi tentang persiapan pameran besok. (Menalar)
  • Siswa membagi tugas untuk pameran besok. Ada yang menjadi pembawa acara, penerima tamu, menjelaskan poster, dan mengundang tamu. (Mengorganisir)
  • Siswa yang bertugas mengundang, mengunjungi kelas-kelas lain di sekolahnya untuk mengundang mereka menghadiri pameran tentang Peraturan di Sekolahku. (Mencoba)
  • Siswa melakukan latihan membawa acara, menerima tamu, dan menjelaskan poster. (Mencoba)
  • Jika memungkinkan siswa menyiapkan penampilan untuk menyambut tamu seperti menari atau menyanyikan lagu daerah setempat.

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)


HARI KE-6

Tujuan Pembelajaran

•    Setelah mengetahui cara menyambut tamu, siswa dapat menerima tamu dengan tepat.
•    Setelah mengetahui cara membuat poster, siswa dapat menjelaskan cara membuat poster dengan lancar.
•    Setelah mengetahui cara menjelaskan peraturan, siswa dapat menjelaskan peraturan dengan tepat.

Media dan Alat Pembelajaran
•    Poster yang sudah dibuat siswa
•    Tempat memajang poster

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa secara khusus untuk kelancaran kegiatan hari ini.
  • Guru memastikan semua poster sudah rapi dan siap dipamerkan.
  • Ketua kelompok melaporkan posternya masing-masing dan menginformasikan tempat memajangnya. (Mengkomunikasikan)
  • Guru menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya kepada anak-anak yang telah serius mengerjakan proyek ini.
Kegiatan Inti
  • Siswa yang bertugas menerima tamu berdiri di depan pintu gerbang sekolah dengan rapi.
  • Siswa menyapa tamu dengan salam yang ramah. (Mencoba)
  • Siswa memberi petunjuk pada tamu arah jalan yang harus dilalui menuju tempat pameran. (Mencoba)
  • Siswa mengantar tamu hingga mendekat lokasi pameran. (Mencoba)
  • Siswa menemani tamu-tamu berkeliling melihatlihat poster yang mereka pamerkan. (Mencoba).
  • Siswa menjelaskan poster mereka masing-masing, bagaimana cara membuatnya, bahan-bahan dan peralatan yang dipergunakan. (Mengomunikasikan)
  • Siswa menjelaskan peraturan yang mereka buat, untuk apa peraturan dibuat, dan mereka terlibat dalam membuat peraturan sekolah. (Mengomunikasikan)
  • Siswa dan tamu berkumpul di depan kelas.
  • Siswa dan tamu mendengarkan pidato guru. (Menyimak)
  • Siswa, guru dan para tamu saling bersalaman dan saling mengucapkan terima kasih. (Mencoba)
  • Siswa berkumpul di dalam kelas.
  • Siswa saling bersalaman atas kesuksesan kegiatan mereka selama satu minggu. (Mengomunikasikan)
  • Siswa mendengarkan ucapan selamat yang diberikan guru kepada mereka. (Mengamati)
  • Siswa dan guru merapikan kelas bersama-sama. (Mencoba)

Penutup
•    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (Mencoba)
•    Guru meminta siswa bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya hari ini.
•    Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa. (Mencoba)




Mengetahui,                                                                    Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                           NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                        NIP. 19760511 200701 2 027

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors