(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila keempat Pancasila.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman,
3.2.1 Menulis teks
arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulis.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Mempresentasikan
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.9 Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang
biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi
sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta
memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur
waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks mengenai kebun binatang dan menjawab pertanyaanya.
2.
Mengamati gambar mengenai pengamalan sila ke empat Pancasila dan menjawab
pertanyaannya.
3.
Membuat sosia drama menegenai pengamalan sila ke -4 Pancasila yaitu kegiatan
pemilihan ketua kelompok atau ketua kelas.
4.
Mengerjakan soal mengenai menghitung satuan waktu.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Siswa membaca
teks mengenai cara kebun binatang merawat hewan-hewannya.
o
Siswa menuliskan
kembali lima hal mengenai bagaimana kebun binatang memelihara hewanhewannya.
o
Siswa
menceritakan kembali mengenai bagaimana kebun binatang memelihara
hewan-hewannya.
o
Siswa duduk
berkelompok dan mengamati gambar
o
Pemilu (Pemilihan
Umum) kemudian melakukan diskusi mengenai kegiatan itu dan menjawab persoalan-persoalan
yang berkaitan dengan kegiatan itu (guru melakukan penilaian sikap dan penilaian
keterampilan dengan rubrik terlampir).
o
Siswa berkelompok
dan melakukan sosio drama
o
Pemilu atau
praktek Pemilu sederhana yaitu pemilihan ketua kelas (guru melakukan
penilaian sikap dan penilaian keterampilan dengan rubric terlampir).
o
Siswa mengerjakan
latihan soal mengenai konversi waktu .
o
Guru mengulas
kembali mengenai konversi bilangan waktu dan bagaimana mengerjakan soal
cerita.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
Remedial
o
Guru memberikan
remedial pada siswa yang belum memahami konsep konversi satuan waktu.
o
Guru memberikan
remedial pada siswa yang belum memahami konsep konversi satuan waktu dan
bagaimana menyelesaikan soal-soal cerita.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Siswa-siswa yang
telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat menambahkan
cara merawat hewan dengan baik .
o
Siswa diberi
kesempatan untuk membuat 5 atau 10 soal konversi satuan waktu.
o
Siswa-siswa yang
telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat
menambahkan merubah lagu terkenal dengan lirik mengenai hewan .
o
Siswa-siswa yang
telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat
menambahkan gerakan sederhana dari gerakan hewan untuk senam ritmik .
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian
Keterampilan Pemilihan Ketua
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan tema
|
Sesuai
dan
dikerjakan
mandiri
|
Sesuai
dengan
arahan
minimal
dari
guru.
|
Sesuai
dengan
arahan
intensif
dari guru
|
Tidak
sesuai
dengan
tema
|
2.
|
Kerjasama.
|
Setiap
siswa
memiliki
tugas yang
khusus
|
Hanya
sebagian
siswa
memiliki
tugas khusus
|
Sedikit
siswa
memiliki
tugas
khusus.
|
Hanya
satu atau
dua orang
yang
bekerja
|
Ketepatan
waktu.
|
Tepat
waktu
|
Perlu
sedikit
tambahan
waktu.
|
Perlu
banyak
tambahan
waktu.
|
Perlu
waktu
khusus
untuk
menyelesaikan
kegiatan.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar jam
3. Jam
Mengetahui, Tijue,
22 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Kunci
Jawaban Lembar Penilaian
Contoh: 1 jam = 60
menit= 3600 ddetik
1. 2 jam = 120
menit = 7200 detik
2. 3 minggu = 21
hari = 504 jam
3. 21 hari = 3
minggu = 504 jam
4. 6 Bulan = 24
minggu = 180 hari
5. 2 tahun = 24
bulan = 96 minggu
Contoh 1 bulan + 2
minggu = 6 minggu
1. 4 minggu + 4
hari = 32 hari
2. 2 tahun + 3
bulan = 27 bulan
3. 2 windu + 5
tahun = 21 tahun
4. 24 minggu + 30
hari+ 3 bulan = 10 bulan
5. 1 abad + 3 tahun
+ 60 bulan =108 tahun
Contoh : 65 menit=
1 jam 5 menit
1. 98 menit = 1 jam
38 menit
2. 47 minggu = 11
bulan 3 minggu
3. 5 tahun 2 bulan
= 62 bulan
4. 4 windu 1 bulan
= 383 bulan
5. 1 abad 2 windu = 116 tahun
Contoh : 2 jam 4
menit + 10 menit= 134 menit
1. 3 jam 15 menit =
195 menit
2. 2hari 5 jam= 53
jam
3. 3 bulan 2 minggu
= 14 minggu
4. 4 bulan 2 minggu
= 126 hari
5. 2 tahun 4 bulan
= 196 minggu
Kunci
Jawaban Soal Pengayaan
No. 1
1. Kucing dirawat
diberi minum atau susu
2. Kucing di rawat
ditidurkan ditempat yang bersih dan nyaman
3. Kucing diberi
obat
4. Kucing
diberimakan yang sehat
5. Kucing dibawa ke
dokter hewan atau mantra hewan( seseorang yang bisa
mengobati hewan )
No. 2
9 jam 45 menit
No. 3
Mereka harus
bermusyawarah untuk bisa mendapatkan kesepakatan kemudian
mereka merinci
kelebihan masing-masing dalam keunggulan merawat hewan serta
kelemahannya.
No. 4
100 tahun
No. 5
Teman-teman Beni
harus memberitahu Beni dan Udin tentang bagaimana mereka
bersikap ketika
oaring tua atau siapa saja sedang menerangkan sesuatu untuk
mendengarkan dengan
baik dan tidak bercanda agar informasi dapat didengar.
Kemudian pesan
moral yang ingin disampaikan adalah kita harus menghargai
seseorang yang sedang berbicara.
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Kegiatan apakah yang sedang dilakukan?
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
2.
Apakah Pemilu bagian dari pengamalan sila
keempat dari Pancasila?
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
3.
Apakah manfaat Pemilu bagi kita?
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
Contoh soal
50 hari = ...................... minggu
Jawaban
1 minggu = 7 hari, 50 hari = 50 : 7 = 7 sisa 1
Jadi 50
hari = 7 minggu 1 hari
1.
54 bulan =
.............. tahun ............. bulan
2.
126 hari =
.............. bulan ............. hari
3.
567 hari =
.............. bulan ............. hari
4.
46 minggu =
.............. bulan ............. minggu
2.
560 jam =
.............. hari ............. jam
3.
1000 jam =
.............. hari ............. jam
4.
400 hari =
.............. tahun ............. hari
5.
578 jam =
.............. hari
6.
350 jam =
.............. minggu
7.
10. 1000 bulan =
.............. minggu
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment