Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 6

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 19 February 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila keempat Pancasila.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman,
3.2.1 Menulis teks arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulis.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Mempresentasikan arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks mengenai kebun binatang dan menjawab pertanyaanya.
2.      Mengamati gambar mengenai pengamalan sila ke empat Pancasila dan menjawab pertanyaannya.
3.      Membuat sosia drama menegenai pengamalan sila ke -4 Pancasila yaitu kegiatan pemilihan ketua kelompok atau ketua kelas.
4.      Mengerjakan soal mengenai menghitung satuan waktu.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Siswa membaca teks mengenai cara kebun binatang merawat hewan-hewannya.
o   Siswa menuliskan kembali lima hal mengenai bagaimana kebun binatang memelihara hewanhewannya.
o   Siswa menceritakan kembali mengenai bagaimana kebun binatang memelihara hewan-hewannya.
o   Siswa duduk berkelompok dan mengamati gambar
o   Pemilu (Pemilihan Umum) kemudian melakukan diskusi mengenai kegiatan itu dan menjawab persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kegiatan itu (guru melakukan penilaian sikap dan penilaian keterampilan dengan rubrik terlampir).
o   Siswa berkelompok dan melakukan sosio drama
o   Pemilu atau praktek Pemilu sederhana yaitu pemilihan ketua kelas (guru melakukan penilaian sikap dan penilaian keterampilan dengan rubric terlampir).
o   Siswa mengerjakan latihan soal mengenai konversi waktu .
o   Guru mengulas kembali mengenai konversi bilangan waktu dan bagaimana mengerjakan soal cerita.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

Remedial
o   Guru memberikan remedial pada siswa yang belum memahami konsep konversi satuan waktu.
o   Guru memberikan remedial pada siswa yang belum memahami konsep konversi satuan waktu dan bagaimana menyelesaikan soal-soal cerita.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat menambahkan cara merawat hewan dengan baik .
o   Siswa diberi kesempatan untuk membuat 5 atau 10 soal konversi satuan waktu.
o   Siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat menambahkan merubah lagu terkenal dengan lirik mengenai hewan .
o   Siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat dan lebih cepat dari waktu dapat menambahkan gerakan sederhana dari gerakan hewan untuk senam ritmik .

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit
E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan Pemilihan Ketua
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan tema
Sesuai dan
dikerjakan
mandiri
Sesuai dengan
arahan minimal
dari guru.
Sesuai dengan
arahan intensif
dari guru
Tidak sesuai
dengan tema
2.
Kerjasama.
Setiap siswa
memiliki tugas yang khusus
Hanya sebagian
siswa memiliki
tugas khusus
Sedikit siswa
memiliki tugas
khusus.
Hanya satu atau
dua orang yang
bekerja

Ketepatan
waktu.
Tepat waktu
Perlu sedikit
tambahan
waktu.
Perlu banyak
tambahan
waktu.
Perlu waktu
khusus untuk
menyelesaikan
kegiatan.

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar jam
3.      Jam



Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027






















Kunci Jawaban Lembar Penilaian
Contoh: 1 jam = 60 menit= 3600 ddetik
1. 2 jam = 120 menit = 7200 detik
2. 3 minggu = 21 hari = 504 jam
3. 21 hari = 3 minggu = 504 jam
4. 6 Bulan = 24 minggu = 180 hari
5. 2 tahun = 24 bulan = 96 minggu

Contoh 1 bulan + 2 minggu = 6 minggu
1. 4 minggu + 4 hari = 32 hari
2. 2 tahun + 3 bulan = 27 bulan
3. 2 windu + 5 tahun = 21 tahun
4. 24 minggu + 30 hari+ 3 bulan = 10 bulan
5. 1 abad + 3 tahun + 60 bulan =108 tahun

Contoh : 65 menit= 1 jam 5 menit
1. 98 menit = 1 jam 38 menit
2. 47 minggu = 11 bulan 3 minggu
3. 5 tahun 2 bulan = 62 bulan
4. 4 windu 1 bulan = 383 bulan
5. 1 abad 2 windu = 116 tahun

Contoh : 2 jam 4 menit + 10 menit= 134 menit
1. 3 jam 15 menit = 195 menit
2. 2hari 5 jam= 53 jam
3. 3 bulan 2 minggu = 14 minggu
4. 4 bulan 2 minggu = 126 hari
5. 2 tahun 4 bulan = 196 minggu

Kunci Jawaban Soal Pengayaan
No. 1
1. Kucing dirawat diberi minum atau susu
2. Kucing di rawat ditidurkan ditempat yang bersih dan nyaman
3. Kucing diberi obat
4. Kucing diberimakan yang sehat
5. Kucing dibawa ke dokter hewan atau mantra hewan( seseorang yang bisa
mengobati hewan )

No. 2
9 jam 45 menit

No. 3
Mereka harus bermusyawarah untuk bisa mendapatkan kesepakatan kemudian
mereka merinci kelebihan masing-masing dalam keunggulan merawat hewan serta
kelemahannya.

No. 4
100 tahun

No. 5
Teman-teman Beni harus memberitahu Beni dan Udin tentang bagaimana mereka
bersikap ketika oaring tua atau siapa saja sedang menerangkan sesuatu untuk
mendengarkan dengan baik dan tidak bercanda agar informasi dapat didengar.
Kemudian pesan moral yang ingin disampaikan adalah kita harus menghargai
seseorang yang sedang berbicara.


Lembar Kerja Siswa
(LKS)




1.   Kegiatan apakah yang sedang dilakukan?

……………………………………………………………….
……………………………………………………………….

2.   Apakah Pemilu bagian dari pengamalan sila keempat dari Pancasila?

……………………………………………………………….
……………………………………………………………….

3.   Apakah manfaat Pemilu bagi kita?

……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….
……………………………………………………………….




Contoh soal
50 hari = ...................... minggu

Jawaban
1 minggu = 7 hari, 50 hari = 50 : 7 = 7 sisa 1
Jadi 50 hari = 7 minggu 1 hari
1.      54 bulan           = .............. tahun ............. bulan
2.      126 hari            = .............. bulan ............. hari
3.      567 hari            = .............. bulan ............. hari
4.      46 minggu         = .............. bulan ............. minggu
2.      560 jam            = .............. hari     ............. jam
3.      1000 jam          = .............. hari     ............. jam
4.      400 hari            = .............. tahun ............. hari
5.      578 jam            = .............. hari
6.      350 jam            = .............. minggu
7.      10. 1000 bulan = .............. minggu



MEDIA

Indahnya Persahabatan
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors