Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 19 February 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 1
Alokasi Waktu                             : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menceritakan kembali informasi berdasarkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan dengan kalimat lengkap.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
 3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengamati gerak alam (hewan) sebagai bagian dari memahami gerak kuat dalam tari.
4.11 Memperagakan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level, tempo dan dinamika.
4.11.1 Menirukan gerak alam (hewan) berdasarkan level , tempo dan dinamika gerak.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks dan menjawab pertanyaan berhubungan dengan tema teks dengan baik.
2.      Menulis cara merawat hewan peliharaan dengan kalimat lengkap.
3.      Menghitung soal cerita mengenai satuan ukuran waktu.
4.      Mengidentifikasi gerakan pada binatang.
5.      Menirukan gerakan kucing, sebagai gerakan sederhana sebuah tarian.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Siswa membaca teks pada buku siswa mengenai petunjuk merawat seekor kucing.
o   Siswa mengidentifikasi teks bacaan mengenai petunjuk perawatan hewan dengan menceritakan kembali petunjuk perawatan hewan dalam teks bacaan tersebut.
o   Siswa menggambarkan binatang peliharaannya serta menuliskan bagaimana cara merawat binatang peliharaannya dengan kalimat lengkap.
o   Kalimat lengkap adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari gabungan minimal satu buah subyek (S) dan satu buah predikat (P). Contoh kalimat
Lengkap:
o   Presiden SBY (S) membeli (P) buku gambar (O).
o   Si Jarwo (S) Pergi (P).
o   Tikus (S) dimakan (P) kucing(O).
o   Kalimat tidak lengkap adalah kalimat yang tidak sempurna karena hanya memiliki subyek saja, predikat saja, obyek saja atau keterangan saja.
o   Kalimat tidak lengkap dapat berupa semboyan, salam, perintah, pertanyaan, ajakan, jawaban, seruan, larangan, sapaan dan kekaguman.
Contoh kalimat tidak lengkap:
o   Selamat sore, Silakan Masuk!
o   Kapan menikah?Hei, Kawan...
o   Siswa menyelesaikan soal cerita mengenai perhitungan perubahan waktu (jawaban terlampir).
o   Konversi satuan waktu
         1 minggu = 7 hari 1. 1 hari = 24 jam
         1 bulan = 4 minggu 2. 1 jam = 60 menit
         1 bulan = 30 hari 3. 1 hari = 1440 menit
o   Siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok kemudian diberikan tugas untuk mengamati gerakan kucing.
o   Dengan dibimbing guru siswa dengan riang gembira melakukan gerakan sederhana dari gerakan kucing untuk dijadikan gerakan tari sederhana (guru melakukan penilaian sikap dan keterampilan dengan rubrik penilaian terlampir).
o   Guru menyimpulkan bahwa manusia harus menyayangi hewan serta dapat mengambil manfaat darinya.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Menyelesaikan soal cerita dengan skor 5.

3. Penilaian Keterampilan
Kegiatan membuat gerakan dari hewan (kucing).
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan tema
Sesuai dan
dikerjakan
mandiri
Sesuai dengan
arahan minimal
dari guru.
Sesuai dengan
arahan intensif
dari guru.
Tidak sesuai
dengan tema
2.
Kerja sama
dengan teman.
Melibatkan
semua anggota
kelompok
Melibatkan
hanya setengah
anggota kelompok
Melibatkan
1-3 orang
saja dalam
kelompok.
Tidak
melibatkan
teman
sekelompok


H. Sumber dan Media
1.      Binatang peliharaan dan hewan di sekitar rumah dan sekolah yang bisa dibawa.
2.      Gambar kucing, Internet, video atau majalah mengenai hewan.
3.      Alat tulis.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 16 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.   Bagaimanakah cara Siti merawat hewan peliharaannya?
…………………………………………………………
…………………………………………………………
2.   Disebut apakah kucing dalam bahasa daerahmu?
Tanyakan kepada gurumu.
…………………………………………………………
…………………………………………………………



Merawat hewan peliharaanmu.
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan?
Gambarkanlah hewan peliharaanmu pada kotak di
bawah ini! Kembangkan imajinasimu



Indahnya Persahabatan


 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors