(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menceritakan
kembali informasi berdasarkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan
secara lisan atau tulisan dengan kalimat lengkap.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi
sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur
waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengamati
gerak alam (hewan) sebagai bagian dari memahami gerak kuat dalam tari.
4.11 Memperagakan
gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level, tempo dan
dinamika.
4.11.1 Menirukan
gerak alam (hewan) berdasarkan level , tempo dan dinamika gerak.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks dan menjawab pertanyaan berhubungan dengan tema teks dengan
baik.
2.
Menulis cara merawat hewan peliharaan dengan kalimat lengkap.
3.
Menghitung soal cerita mengenai satuan ukuran waktu.
4.
Mengidentifikasi gerakan pada binatang.
5.
Menirukan gerakan kucing, sebagai gerakan sederhana sebuah tarian.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Siswa membaca
teks pada buku siswa mengenai petunjuk merawat seekor kucing.
o
Siswa
mengidentifikasi teks bacaan mengenai petunjuk perawatan hewan dengan
menceritakan kembali petunjuk perawatan hewan dalam teks bacaan tersebut.
o
Siswa
menggambarkan binatang peliharaannya serta menuliskan bagaimana cara merawat
binatang peliharaannya dengan kalimat lengkap.
o
Kalimat lengkap
adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari gabungan minimal satu buah subyek
(S) dan satu buah predikat (P). Contoh kalimat
Lengkap:
o
Presiden SBY (S)
membeli (P) buku gambar (O).
o
Si Jarwo (S)
Pergi (P).
o
Tikus (S) dimakan
(P) kucing(O).
o
Kalimat tidak
lengkap adalah kalimat yang tidak sempurna karena hanya memiliki subyek saja,
predikat saja, obyek saja atau keterangan saja.
o
Kalimat tidak
lengkap dapat berupa semboyan, salam, perintah, pertanyaan, ajakan, jawaban, seruan,
larangan, sapaan dan kekaguman.
Contoh kalimat
tidak lengkap:
o
Selamat sore, Silakan
Masuk!
o
Kapan
menikah?Hei, Kawan...
o
Siswa
menyelesaikan soal cerita mengenai perhitungan perubahan waktu (jawaban
terlampir).
o
Konversi satuan
waktu
•
1 minggu = 7 hari
1. 1 hari = 24 jam
•
1 bulan = 4
minggu 2. 1 jam = 60 menit
•
1 bulan = 30 hari
3. 1 hari = 1440 menit
o
Siswa
dikelompokkan dalam beberapa kelompok kemudian diberikan tugas untuk
mengamati gerakan kucing.
o
Dengan dibimbing
guru siswa dengan riang gembira melakukan gerakan sederhana dari gerakan
kucing untuk dijadikan gerakan tari sederhana (guru melakukan penilaian sikap
dan keterampilan dengan rubrik penilaian terlampir).
o
Guru menyimpulkan
bahwa manusia harus menyayangi hewan serta dapat mengambil manfaat darinya.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Menyelesaikan soal
cerita dengan skor 5.
3. Penilaian
Keterampilan
Kegiatan membuat
gerakan dari hewan (kucing).
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan tema
|
Sesuai
dan
dikerjakan
mandiri
|
Sesuai
dengan
arahan
minimal
dari
guru.
|
Sesuai
dengan
arahan
intensif
dari guru.
|
Tidak
sesuai
dengan
tema
|
2.
|
Kerja
sama
dengan teman.
|
Melibatkan
semua
anggota
kelompok
|
Melibatkan
hanya
setengah
anggota kelompok
|
Melibatkan
1-3 orang
saja
dalam
kelompok.
|
Tidak
melibatkan
teman
sekelompok
|
H. Sumber dan Media
1.
Binatang peliharaan dan hewan di sekitar rumah dan sekolah yang bisa
dibawa.
2.
Gambar kucing, Internet, video atau majalah mengenai hewan.
3.
Alat tulis.
Mengetahui, Tijue,
16 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Bagaimanakah cara Siti
merawat hewan peliharaannya?
…………………………………………………………
…………………………………………………………
2.
Disebut apakah kucing dalam bahasa
daerahmu?
Tanyakan kepada gurumu.
…………………………………………………………
…………………………………………………………
Merawat hewan peliharaanmu.
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan?
Gambarkanlah hewan peliharaanmu pada kotak di
bawah ini! Kembangkan imajinasimu
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment