(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/II
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumbuhan
Sahabatku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman
dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teksarahan/ petunjuk tentang perawatanhewan
dan tumbuhan serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.2.1 Menyampaikan
kembali informasi berdasarkan teks
arahan/petunjuk tentang
perawatan tumbuhan secara tertulis dengan
bahasa sendiri
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat
dan karya teman sebaya
dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan
data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan
data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan
pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertical dan
horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang
disajikan.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas
sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam
berkarya seni
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan
menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Menirukan
gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar dengan iringan
alat musik ritmis dengan
tempo lambat dan cepat
4.9 Mengembangkan
gerak berdasarkan hasil pengamatan
alam sekitar ke dalam bentuk tari
bertema.
4.9.1 Mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah
berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membedakan dan
menirukan gerak lemah dan kuat berdasarkan pengamatan bunga melati di
alam.
2.
Membaca teks
petunjuk perawatan melati, bunga nasional
Indonesia.
3.
Menjelaskan
penghitungan waktu berdasarkan data dan menginterpretasikan data berdasarkan
grafik yang disajikan.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
o
Siswa diminta
membaca teks pembuka tentang sahabat tanaman bersama-sama.
o
Siswa menjawab
pertanyaan:
o
Dapatkah kamu
bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada lagi tumbuhan di sekitar kita?
o
Alternatif
jawaban: mengakibatkan banjir, lingkungan menjadi panas, binatang akan mati karena kehilangan makanan dan tempat
hidup, kehi dupan manusia akan
berubah karena kesulitan mencari bahan makanan dari tanaman dan tumbuhan, dan jawaban lain yang relevan.
o
Apa yang harus
kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan?
o
Alternatif
jawaban: melakukan tebang pilih, menanam tanaman di halaman rumah, menjaga tanaman di tempat-tempat umum, tidak
memetik dan menarik-narik daun tanaman sembarangan, dan jawaban lain yang
relevan.
o
Siswa diminta
mengamati gambar bunga pada buku siswa
o
Siswa menjawab
pertanyaan:
o
Tahukah kamu bunga apa yang ada pada
gambar di atas? (Jawaban:
bunga melati)
o
Siswa diminta berdiskusi dengan teman
sebangku untuk
mengumpulkan informasi mengenai bunga melati dan
menuliskannya ke dalam kotak yang telah disediakan
di buku siswa.
o
Siswa diminta
membaca teks tentang bunga melati yang ada
dalam buku siswa
o
Siswa diminta
menunjukkan gerakan melati yang bergoyang
ditiup angin sepoi-sepoi.
o
(Siswa dapat menunjukkan
gerakan yang ber aneka ragam
namun tetap sesuai dengan tema melati yang bergoyang
ditiup angin sepoi-sepoi.)
Siswa menjawab
pertanyaan:
·
Apakah gerakannya
kuat atau lemah?
·
(Jawaban: melati
yang bergoyang ditiup angin sepoisepoi adalah
termasuk gerakan lemah.)
·
Siswa diminta
menunjukkan gerakan melati yang tersiram
air hujan deras.
·
(Siswa dapat
menunjukkan gerakan yang ber aneka ragam
namun tetap sesuai dengan tema melati yang
bergoyang tersiram air hujan deras.)
o
Siswa menjawab
pertanyaan:
o
Apakah gerakannya
kuat atau lemah?
o
(Jawaban: melati
yang bergoyang tersiram air hujan deras
adalah termasuk gerakan kuat.)
o
Siswa merangkai gerakan-gerakan lemah
dan kuat yang
telah diperagakan. Siswa yang lain mengiringi dengan alat musik
ritmis atau tepuk tangan. Lagu yang dapat
digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan
lemah adalah lagu ‘Lihat Kebunku’.
o
Sedangkan lagu yang dapat digunakan
untuk mengiringi
tarian dengan gerakan kuat adalah ‘Di
o
Sini Senang Di
Sana Senang’.
o
Siswa diminta membaca nyaring teks
petunjuk perawatan
tanaman melati di buku siswa.
o
Dengan teman sebangku, siswa
mendiskusikan teks petunjuk
yang telah dibaca dan menuliskan pertanyaan berkaitan tentang
teks petunjuk perawatan di dalam
kotak yang telah disediakan di buku siswa.
o
Guru dapat menstimulasi siswa untuk
dapat berpikir kritis
dengan memberi contoh pertanyaan. Misal:
o
Apakah tujuan dari teks?
·
(Tujuan teks tersebut adalah untuk
memberi kan petunjuk
perawatan tanaman melati di dalam pot)
o
Untuk apa pecahan genting atau batu
merah disusun di dasar
pot?
·
(untuk menahan air langsung keluar dari
pot)
o
Dan pertanyaan lain yang sesuai dengan
teks perawatan
tanaman melati yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa mengidentifikasi teks dengan cara
menentukan kalimat
yang sesuai dengan teks dan membubuhkan tanda centang () pada kotak di
sebelah kanan
kalimat
o
Siswa menceritakan kembali petunjuk
perawatan tanaman
melati secara tertulis di dalam kotak yang disediakan di
buku siswa dengan menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan tanda titik (.) pada akhir
kalimat.
o
Siswa diminta mengamati gambar
bersambung tentang
waktu kegiatan Udin menanam tanaman melati yang ada
dalam buku siswa.
o
Siswa menuliskan kalimat yang
menggambarkan kegiatan
Udin dan waktunya pada masing-masing gambar
o
Siswa mengurutkan
gambar berdasarkan waktu yang
tertera.
o
Siswa berdiskusi
dengan teman sebangku untuk mengisi
bagan dengan satuan-satuan waktu.
o
Siswa menuliskan
satuan-satuan waktu di garis waktu
dengan urutan yang tepat dengan teman sebangku.
o
Siswa
menerjemahkan data tumbuh kembang ke dalam
grafik batang dan mempresentasikannya di depan
kelas.
o
Siswa mencari
informasi tentang besaran satuan-satuan waktu di dunia.
o
Siswa
membandingkan besaran satuan waktu.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1
hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing dipimpin oleh
salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Membedakan gerak
lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan
pengamatan dari
alam.
Rubrik Penilaian:
Kriteria
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
1.
|
Memperagakan
gerakan melati ditiup angin sepoi-sepoi.
|
Kesesuaian
tema dinilai 10 sampai
30 poin.
|
2.
|
Memperagakan
gerakan melati disiram air hujan deras
|
Kesesuaian
tema dinilai 10 sampai
30
poin
|
3.
|
Menentukan
gerakan melati ditiup angin sepoi-sepoi merupakan gerakan
lemah/kuat
|
Jawaban
benar: 20 poin.
Jawaban
salah: 0 poin.
|
4.
|
Menentukan
gerakan melati disiram air hujan deras merupakan
gerakan lemah/kuat
|
Jawaban
benar: 20 poin.
Jawaban
salah: 0 poin
|
b. Menentukan
kalimat yang sesuai dengan teks petunjuk perawatan tanaman
melati.
1 soal = 12,5 poin
Total nilai = 100
c. Menjelaskan
penghitungan waktu
Susunan gambar yang membentuk cerita yang runut adalah
1 soal : 12,5 poin
Total skor: 100
d. Menyebutkan dan
membandingkan antar satuan waktu.
Total skor: 100
1 Soal : 10 poin
e. Membandingkan
satuan waktu
Total skor : 100
20 poin setiap soal
3. Penilaian
Keterampilan
Unjuk Kerja
a. Menirukan gerak
lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan pengamatan
dari alam dengan
iringan musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
|||||
2.
|
Menggambar jam berdasarkan waktu yang ditentukan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Keaslian
dan
kesesuaian
dengan
pengamatan
tanaman
melati
|
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri.
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi
dari
gerakan
teman
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
meniru
gerakan teman
|
Siswa
belum
dapat
menarikan
gerakan
yang
sesuai.
|
2.
|
Konsistensi
gerakan.
|
Siswa menari
dengan ragam
gerakan yang
konsisten dari
awal hingga
akhir
|
Siswa
menarikan
sebagian besar
gerakan dengan
konsisten
|
Siswa
menarikan
separuh
gerakan
tarian
dengan
konsisten.
|
Siswa belum
dapat menari
dengan
gerakangerakan
konsisten
|
Kepercayaan
diri.
|
Siswa dapat
menari
secara
individu
dan
kelompok
dengan
percaya
diri.
|
Siswa dapat
menari secara
kelompok
dengan percaya
diri
|
Siswa
dapat
menari
dengan
motivasi
dan
dorongan
dari
guru
|
Siswa belum
dapat menari
dengan percaya
diri
|
b. Menceritakan
kembali teks petunjuk perawatan tanaman melati yang telah di baca
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kesesuaian
dengan
teks.
|
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
|
Cerita
yang
ditulis
sesuai
dengan
teks
dengan
sedikit
perubahan.
|
Cerita
yang
ditulis
merujuk
pada teks
dengan
penambahan
dan
pengurangan
|
Cerita
yang
ditulis
tidak
sesuai
dengan
teks
|
2
|
Keaslian
redaksi
cerita
|
Pilihan
kata
dalam
cerita
otentik
|
Pilihan
kata
yang
digunakan
lebih
banyak
redaksi
sendiri
(otentik).
|
Menggunakan
kata-kata dari
teks dengan
gaya bahasa
sendiri
|
Menggunakan
seluruh
kata
dari teks
|
3
|
Penggunaan
tanda
titik dan
huruf
kapital
|
Menggunakan
tanda titik
dan
huruf kapital
dengan tepat
|
Kesalahan
tidak
lebih
dari 5
(lima)
kesalahan.
|
Lebih
dari
separuh
tanda
titik dan
huruf
kapital
tidak
tepat
|
Belum
menggunakan
tanda
titik dan
huruf
kapital
dengan tepat
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar jam
3. Jam
Mengetahui, Tijue,
1 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan gambar di
atas dengan teman
sebangkumu. Tuliskan
hal-hal yang ingin kamu
ketahui tentang bunga
tersebut pada kotak di
bawah ini.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment