Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 2

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 30 January 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/II
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Tumbuhan Sahabatku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teksarahan/ petunjuk tentang perawatanhewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2.1 Menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara tertulis dengan bahasa sendiri

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertical dan horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang disajikan.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Menirukan gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar dengan iringan alat musik ritmis dengan tempo lambat dan cepat
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1 Mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membedakan dan menirukan gerak lemah dan kuat berdasarkan pengamatan bunga melati di alam.
2.      Membaca teks petunjuk perawatan melati, bunga nasional Indonesia.
3.      Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data dan menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang disajikan.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Siswa diminta membaca teks pembuka tentang sahabat tanaman bersama-sama.
o   Siswa menjawab pertanyaan:
o   Dapatkah kamu bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada lagi tumbuhan di sekitar kita?
o   Alternatif jawaban: mengakibatkan banjir, lingkungan menjadi panas, binatang akan mati karena kehilangan makanan dan tempat hidup, kehi dupan manusia akan berubah karena kesulitan mencari bahan makanan dari tanaman dan tumbuhan, dan jawaban lain yang relevan.
o   Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan?
o   Alternatif jawaban: melakukan tebang pilih, menanam tanaman di halaman rumah, menjaga tanaman di tempat-tempat umum, tidak memetik dan menarik-narik daun tanaman sembarangan, dan jawaban lain yang relevan.
o   Siswa diminta mengamati gambar bunga pada buku siswa
o   Siswa menjawab pertanyaan:
o   Tahukah kamu bunga apa yang ada pada gambar di atas? (Jawaban: bunga melati)
o   Siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengumpulkan informasi mengenai bunga melati dan menuliskannya ke dalam kotak yang telah disediakan di buku siswa.
o   Siswa diminta membaca teks tentang bunga melati yang ada dalam buku siswa
o   Siswa diminta menunjukkan gerakan melati yang bergoyang ditiup angin sepoi-sepoi.
o   (Siswa dapat menunjukkan gerakan yang ber aneka ragam namun tetap sesuai dengan tema melati yang bergoyang ditiup angin sepoi-sepoi.)
Siswa menjawab pertanyaan:
·         Apakah gerakannya kuat atau lemah?
·         (Jawaban: melati yang bergoyang ditiup angin sepoisepoi adalah termasuk gerakan lemah.)
·         Siswa diminta menunjukkan gerakan melati yang tersiram air hujan deras.
·         (Siswa dapat menunjukkan gerakan yang ber aneka ragam namun tetap sesuai dengan tema melati yang bergoyang tersiram air hujan deras.)
o   Siswa menjawab pertanyaan:
o   Apakah gerakannya kuat atau lemah?
o   (Jawaban: melati yang bergoyang tersiram air hujan deras adalah termasuk gerakan kuat.)
o   Siswa merangkai gerakan-gerakan lemah dan kuat yang telah diperagakan. Siswa yang lain mengiringi dengan alat musik ritmis atau tepuk tangan. Lagu yang dapat digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan lemah adalah lagu ‘Lihat Kebunku’.
o   Sedangkan lagu yang dapat digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan kuat adalah ‘Di
o   Sini Senang Di Sana Senang’.
o   Siswa diminta membaca nyaring teks petunjuk perawatan tanaman melati di buku siswa.
o   Dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan teks petunjuk yang telah dibaca dan menuliskan pertanyaan berkaitan tentang teks petunjuk perawatan di dalam kotak yang telah disediakan di buku siswa.
o   Guru dapat menstimulasi siswa untuk dapat berpikir kritis dengan memberi contoh pertanyaan. Misal:
o   Apakah tujuan dari teks?
·         (Tujuan teks tersebut adalah untuk memberi kan petunjuk perawatan tanaman melati di dalam pot)
o   Untuk apa pecahan genting atau batu merah disusun di dasar pot?
·         (untuk menahan air langsung keluar dari pot)
o   Dan pertanyaan lain yang sesuai dengan teks perawatan tanaman melati yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa mengidentifikasi teks dengan cara menentukan kalimat yang sesuai dengan teks dan membubuhkan tanda centang () pada kotak di sebelah kanan kalimat
o   Siswa menceritakan kembali petunjuk perawatan tanaman melati secara tertulis di dalam kotak yang disediakan di buku siswa dengan menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan tanda titik (.) pada akhir kalimat.
o   Siswa diminta mengamati gambar bersambung tentang waktu kegiatan Udin menanam tanaman melati yang ada dalam buku siswa.
o   Siswa menuliskan kalimat yang menggambarkan kegiatan Udin dan waktunya pada masing-masing gambar
o   Siswa mengurutkan gambar berdasarkan waktu yang tertera.
o   Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengisi bagan dengan satuan-satuan waktu.
o   Siswa menuliskan satuan-satuan waktu di garis waktu dengan urutan yang tepat dengan teman sebangku.
o   Siswa menerjemahkan data tumbuh kembang ke dalam grafik batang dan mempresentasikannya di depan kelas.
o   Siswa mencari informasi tentang besaran satuan-satuan waktu di dunia.
o   Siswa membandingkan besaran satuan waktu.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
a. Membedakan gerak lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan
pengamatan dari alam.
Rubrik Penilaian: Kriteria
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
1.
Memperagakan gerakan melati ditiup angin sepoi-sepoi.
Kesesuaian tema dinilai 10 sampai
30 poin.
2.
Memperagakan gerakan melati disiram air hujan deras
Kesesuaian tema dinilai 10 sampai
30 poin
3.
Menentukan gerakan melati ditiup angin sepoi-sepoi merupakan gerakan lemah/kuat
Jawaban benar: 20 poin.
Jawaban salah: 0 poin.
4.
Menentukan gerakan melati disiram air hujan deras merupakan gerakan lemah/kuat
Jawaban benar: 20 poin.
Jawaban salah: 0 poin

b. Menentukan kalimat yang sesuai dengan teks petunjuk perawatan tanaman
     melati.
1 soal = 12,5 poin
Total nilai = 100

c. Menjelaskan penghitungan waktu
Susunan gambar yang membentuk cerita yang runut adalah
1 soal : 12,5 poin
Total skor: 100

d. Menyebutkan dan membandingkan antar satuan waktu.
Total skor: 100
1 Soal : 10 poin

e. Membandingkan satuan waktu
Total skor : 100
20 poin setiap soal

3. Penilaian Keterampilan
Unjuk Kerja
a. Menirukan gerak lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan pengamatan
dari alam dengan iringan musik ritmis
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.





2.






Menggambar jam berdasarkan waktu yang ditentukan
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Keaslian dan
kesesuaian
dengan
pengamatan
tanaman
melati
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri.
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi dari
gerakan teman
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
meniru
gerakan teman
Siswa
belum dapat
menarikan
gerakan yang
sesuai.
2.
Konsistensi
gerakan.
Siswa menari
dengan ragam
gerakan yang
konsisten dari
awal hingga
akhir
Siswa
menarikan
sebagian besar
gerakan dengan
konsisten
Siswa
menarikan
separuh gerakan
tarian dengan
konsisten.
Siswa belum
dapat menari
dengan
gerakangerakan
konsisten

Kepercayaan
diri.
Siswa dapat
menari secara
individu dan
kelompok
dengan percaya
diri.
Siswa dapat
menari secara
kelompok
dengan percaya
diri
Siswa dapat
menari dengan
motivasi dan
dorongan dari
guru
Siswa belum
dapat menari
dengan percaya
diri

b. Menceritakan kembali teks petunjuk perawatan tanaman melati yang telah di baca

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Kesesuaian
dengan teks.
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
dengan sedikit
perubahan.
Cerita yang
ditulis merujuk
pada teks
dengan penambahan
dan
pengurangan
Cerita yang
ditulis tidak
sesuai dengan
teks
2
Keaslian
redaksi cerita
Pilihan kata
dalam cerita
otentik
Pilihan kata
yang digunakan
lebih banyak
redaksi sendiri
(otentik).
Menggunakan
kata-kata dari
teks dengan
gaya bahasa
sendiri
Menggunakan
seluruh kata
dari teks
3
Penggunaan
tanda titik dan
huruf kapital
Menggunakan
tanda titik dan
huruf kapital
dengan tepat
Kesalahan
tidak lebih
dari 5 (lima)
kesalahan.
Lebih dari
separuh tanda
titik dan huruf
kapital tidak
tepat
Belum
menggunakan
tanda titik dan
huruf kapital
dengan tepat

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar jam
3.      Jam



Mengetahui,                                                                        Tijue, 1 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2



Diskusikan gambar di atas dengan teman
sebangkumu. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu
ketahui tentang bunga tersebut pada kotak di
bawah ini.



Diskusikan gambar di atas dengan teman sebangkumu. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang bunga tersebut pada kotak di bawah ini.

 MEDIA

Diskusikan gambar di atas dengan teman sebangkumu. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang bunga tersebut pada kotak di bawah ini.



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors