Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 28 January 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/2
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Temanku Sahabatku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Memahami cara penulisan surat pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial secara lisan atau tulis dengan tepat.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila kedua Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila kedua Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenali sikap yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila sila kedua.
2.      Membuat surat tanggapan pribadi.
3.      Menyelesaikan masalah seharihari yang berkaitan dengan waktu.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Siswa diminta untuk mengamati gambar anak-anak yang sedang bermain layang-layang.
o   Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan pendapatnya mengenai gambar tersebut.
o   Guru bertanya kepada siswa:
         Apa yang sedang dilakukan anak-anak dalam gambar?
         Bagaimana cara mereka melakukannya?
o   Kemudian siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Guru bertanya kepada siswa tentang gambar anakanak yang bermain layang-layang:
         Apakah yang mereka lakukan adalah sikap yang baik?
         Adakah kaitan sikap anak-anak dalam gambar dengan Pancasila khususnya sila kedua?
o   Siswa menuliskan tanggapan mereka mengenai perilaku anak-anak di dalam gambar.
o   Guru mengulas kembali tentang sikap-sikap yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
o   Siswa diminta melengkapi tabel perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan Pancasila sila ke 2.
o   Siswa mengamati kotak yang disediakan untuk menulis surat pribadi.
o   Guru meminta siswa untuk menyebutkan bagian-bagian surat.
o   Siswa menulis sebuah surat yang ditujukan kepada teman di sekolah/luar sekolah tentang pengalaman berteman dengan teman yang berbeda agama, saling menghargai dan tolong menolong tanpa membeda-bedakan agamanya
o   Siswa dan guru bermain tebak-tebakkan konversi waktu. Guru memberikan pertanyaan pada seorang siswa berkaitan dengan konversi waktu. Jika siswa yang ditunjuk dapat menjawab dengan benar maka ia yang akan memberikan pertanyaan pada teman yang ditunjuknya. Jika jawaban salah maka akan diberikan pertanyaan yang lain, begitu seterusnya.
o   Siswa diminta mengamati tabel dan gambar kegiatan Siti yang ada di buku siswa.
o   Siswa menyelesaikan soal-soal yang ada pada buku siswa.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang telah dijawab siswa.
o   Siswa mengecek hasil pekerjaannya sendiri.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

Pengayaan
o   Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan alam yang termasuk gerak lemah dan gerak kuat.
o   Siswa dapat mencari referensi teks surat tanggapan pribadi lain dari buku, koran, majalah, dan internet.
o   Siswa dapat mengerjakan soal tambahan di buku tulis masing-masing.
o   Gambarlah jam yang tepat sesuai dengan waktu-waktu berikut ini:
         Pukul 07.10
         Pukul 08.25
         Pukul 09.40
         Pukul 12.05
         Pukul 04.55
         Guru dapat menambahkan soal-soal yang lebih menantang.

Remedial
o   Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menyebutkan waktu. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
o   Guru mengulang konsep membaca jam menggunakan gambar atau jam dinding asli atau alat peraga jam.
o   Guru memberikan tugas tambahan kepada siswa yang belum dapat menyebutkan sikap-sikap dalam bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan gambar perilaku pencerminan sila     kedua Pancasila.
    Jumlah soal: 5 soal

b. Menulis bagian-bagian surat pada tempat yang tepat Jumlah poin: 7

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel kegiatan Siti.
    Jumlah soal: 5
    Total skor: 100.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Menuliskan tanggapan berkaitan dengan sikap yang sesuai dengan Pancasila
    sila kedua
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2
Kata yang belum
tepat penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
2.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
 kurang efektif.
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
3.
Kesesuaian
tanggapan
yang ditulis
dengan tema
Seluruh isi
tanggapan
yang ditulis
sesuai tema.
Setengah atau
lebih isi tanggapan
sesuai dengan
tema.


Hampir
keseluruhan
tanggapan
kurang sesuai
dengan tema.
Tanggapan tidak
sesuai tema

b. Rubrik penulisan surat pribadi
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih
Dari 2 kesalahan
Dalamm penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
Kata yang belum
tepat penulisannya.
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
3.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

Kesesuaian
cerita yang
ditulis dengan tema
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai
tema
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema
Hampir
keseluruhan
cerita kurang sesuai dengan tema
Cerita tidak
Sesuai tema

c. Rubrik Penilaian menggunakan pengetahuan tentang waktu
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Ketepatan jawaban
Seluruh
jawaban benar
Terdapat 1-2
kesalahan
Terdapat lebih
dari
2 kesalahan
Tidak satu pun
Jawaban benar
2.
Kecepatan
Dalam menjawab
Dapat menyelesaikan
dalam waktu
1-2 menit.
Dapat menyelesaikan
dalam waktu 3-5 menit
Dapat
menyelesaikan
dalam waktu 6-8 menit.
Belum dapat
menyelesaikan
semua soal
walau dengan
bimbingan guru.


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar –gambar pada buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 6 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulislah tanggapanmu setelah mengamati gambar
pada kegiatan Ayo Mengamati!

Apakah perilaku siswa di dalam gambar sesuai
dengan sila kedua Pancasila? Apa alasanmu? Tuliskanlah pada kotak di bawah ini!


 









MEDIA


TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors