Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 13 January 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 6                                       : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

 B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan hasil telaah tentang interaksi manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Menyajikan hasil telaah tentang interaksi manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat secara tertulis dan menggunakan gambar

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam ahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Mengumpulkan informasi penting dari teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  • Membaca dan mengamati tentang campuran dan larutan
  • Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan
  • Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat

 D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Mengajak semua siswa berdoa.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
15 menit
B.Kegiatan Inti
  • Guru menyampaikan kepada siswa bahwa kesehatan adalah merupakan hak asasi manusia dan merupakan kesejahteraan yang harus dipenuhi sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia dalam
  • Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara
  • Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satu cara menjadi negara yang kuat adalah dengan menciptakan masyarakat sehat. Hal tersebut dapat dimulai dari tingkat sekolah.
  • Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang berjudul Sehat di Sekolah, Sehat di Rumah
  • Ketika siswa membaca, guru berkeliling dari satu meja ke meja lainnya untuk mengamati siswa dan memberikan motivasi bagi siswa yang memerlukan.
  • Siswa mendiskusikan gambar dan teks secara berkelompok dan membuat daftar pertanyaan untuk hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang sekolah sehat.
  • Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa
  • Siswa mendiskusikan secara berkelompok jawaban atas pertanyaan yang telah mereka buat.
  • Siswa membandingkan antara sekolah mereka dengan SD Negeri Melati.
  • Siswa menuliskan persamaan dan perbedaan antara sekolah mereka dengan SD Negeri Melati.
  • Siswa mencari tahu mengapa SD Negeri Melati mengimbau seluruh siswanya untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan mengapa siswa tidak diperkenankan jajan sembarangan.
  • Siswa mengamati gambar jajanan yang sering ditemui di lingkungan sekolah.
  • Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  • Siswa melakukan curah pendapat secara berpasangan dan menuliskan hasilnya pada peta pikiran seperti di bawah ini.
  • Siswa mencari tahu apa saja campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman dengan melakukan wawancara kepada penjual yang ada di sekitar sekolah mereka.
  • Siswa menuliskan temuan mereka pada bagan yang terdapat dalam buku siswa.
  • Setelah mengetahui bahan pembuat makanan dan minuman yang dijual di sekitar sekolah mereka, siswa mengelompokkan makanan dan minuman tersebut berdasarkan campuran dan larutan pada bagan yang terdapat dalam buku siswa
  • Setelah mengumpulkan data tentang berbagai jajanan yang ada di sekitar sekolah melalui wawancara, siswa menulis laporan.
  • Laporan harus mencakup: hari dan tanggal pelaksanaan wawancara, tujuan wawancara, jumlah penjual yang diwawancarai, jenis jajanan yang dijual, bahan-bahan pembuat jajanan, pengelompokan makanan berdasarkan larutan dan campuran, serta kesimpulan
  • Siswa mempresentasikan laporannya secara bergantian dalam kelompok yang terdiri atas 5-6 orang.
  • Siswa menganalisis pertanyaan:
  • Mengapa kita perlu mengetahui tentang campuran dan larutan?
  • Apa hubungannya antara campuran - larutan dan kesehatan?
  • Siswa menjawab pertanyaan di atas berdasarkan informasi bacaan.
  • Siswa kembali menjawab pertanyaan berdasarkan hasil wawancara, hasil diskusi, informasi bacaan, dan menuliskannya pada diagram ikan yang tersedia
  • Siswa melakukan perenungan harian dengan menjawab serangkaian pertanyaan.
  • Negara yang kuat lahir dari masyarakat yang senantiasa bekerja sama.
  • Bentuk kerja sama apa yang sudah kamu lakukan di sekolah agar tercipta masyarakat sehat?
  • Tuhan sangat menyenangi umatnya yang senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Setelah belajar hari ini, apa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sebagai bentuk rasa syukur?
  • Kamu telah belajar tentang campuran dan larutan, menurutmu, mengapa kita perlu mengetahui hal tersebut? Apa manfaatnya untuk kesehatanmu dan kesehatan masyarakat?
 Pengayaan
  • Siswa mencari informasi lebih lanjut lagi tentang jenis-jenis jajanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Remedial
  • Siswa yang belum memahami pentingnya kesehatan lingkungan, akan mengulang tugas pemahaman bacaan dan menjawab pertanyaan dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
  1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Melakukan penilaian hasil belajar
  3. Melakukan repleksi
  4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
  5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 1.        Penilaian
1. PPKn dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat

Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
Sering merespon
kurang tepat
terhadap komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman, selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik
Jarang berbicara
Selama proses diksusi berlangsung

2.        IPA dan Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Membaca:
menjawab
pertanyaan
bacaan
Menuliskan 5
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 4
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 3
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 2
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menulis: tulisan
laporan hasil
investigasi
•• Pemakaian
huruf besar
benar
•• Pemakaian
tanda baca
tepat
•• Penggunaan
kosa kata
baku benar
•• Tulisan rapi
dan terbaca
•• Informasi
berdasarkan
fakta hasil
investigasi
Memenuhi 4
dari 5 kriteria
di kolom 1

Memenuhi 3
dari 5 kriteria
di kolom 1
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Berbicara
Siswa melakukan
wawancara
dengan:
• Pertanyaan
Yang jelas dan
dimengerti
• Suara terdengar
dengan jelas
• Percaya diri
Memenuhi 2
dari 3 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 1
dari 3 kriteria
di kolom 1
Tidak memenuhi
semua kriteria
di kolom 1
Menyimak
Siswa menyimak
jawaban nara
sumber dengan:
• Penuh perhatian
• Menulis
Informasi hasil
wawancara
dengan tepat
• Memberikan
Tanggapan dengan tepat
Memenuhi 2
dari 3 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 1
dari 3 kriteria
di kolom 1
Tidak memenuhi
semua kriteria
di kolom 1
Sikap
Siswa mengerjakan
tugas dengan:
• Tekun
• Mandiri
• Percaya diri
• Selesai tepat
waktu
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1
Hanya
memenuhi
1 kriteria

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 20

Nilai = Skor Perolehan / Skor Maksimum

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
o   Kondisi lingkungan sekolah untuk diobservasi.
o   Penjual jajanan makanan dan minuman di sekitar sekolah



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Bachtiar, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19800611 200504 1 001







LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)
 





Diskusikan gambar dan teks secara berkelompok dan buat daftar pertanyaan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang sekolah sehat!

 



Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dapat kamu pelajari dari SD Negeri Melati.
 



2. Apakah hal tersebut juga perlu diterapkan di sekolahmu? Jelaskan apa yang     perlu diterapkan di sekolahmu!
 









 3. Mengapa hal tersebut perlu diterapkan?

 











MEDIA


TEMA 6 KELAS 6 SUB 2






Baca Juga Artikel Berkaitan:



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors