(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan
perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan
politik
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab,
peduli, percaya diri dalam mengembangkan
pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
hasil telaah tentang interaksi
manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan
dari dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi dalam berbagai
bentuk media (lisan, tulisan,
gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Menyajikan
hasil telaah tentang interaksi
manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat secara tertulis
dan menggunakan gambar
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan
ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan
investigasi tentang cirri khusus
makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan
dengan bantuan guru dan teman dalam
ahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.1.1 Mengumpulkan
informasi penting dari teks
laporan investigasi tentang
campuran dan larutan
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran
dan larutan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1.1 Menulis
teks laporan investigasi tentang
campuran dan larutan.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan
campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan
menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melaporkan
secara tertulis hasil
percobaan tentang campuran
dan larutan
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Membaca dan mengamati tentang campuran dan larutan
- Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan
- Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pengayaan
Remedial
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1.
PPKn dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman
yang
sedang berbicara
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara
namun
sesekali
masih
perlu
diingatkan
|
Masih
perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
namun
tidak
mengindahkan
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
non
verbal
dengan tepat
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap komunikasi non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman, selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan topik
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang
sesuai
dengan topik
|
Jarang
berbicara
Selama
proses diksusi berlangsung
|
2.
IPA dan Bahasa
Indonesia dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Membaca:
menjawab
pertanyaan
bacaan
|
Menuliskan
5
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
4
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
3
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
2
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menulis:
tulisan
laporan
hasil
investigasi
|
•• Pemakaian
huruf besar
benar
•• Pemakaian
tanda baca
tepat
•• Penggunaan
kosa kata
baku benar
•• Tulisan rapi
dan terbaca
•• Informasi
berdasarkan
fakta hasil
investigasi
|
Memenuhi
4
dari 5
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
3
dari 5
kriteria
di kolom 1
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Berbicara
|
Siswa
melakukan
wawancara
dengan:
•• Pertanyaan
Yang jelas dan
dimengerti
•• Suara terdengar
dengan
jelas
•• Percaya diri
|
Memenuhi 2
dari 3
kriteria
di
kolom 1
|
Memenuhi
1
dari 3
kriteria
di kolom 1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di kolom 1
|
Menyimak
|
Siswa
menyimak
jawaban
nara
sumber
dengan:
•• Penuh perhatian
•• Menulis
Informasi hasil
wawancara
dengan
tepat
•• Memberikan
Tanggapan dengan tepat
|
Memenuhi 2
dari 3
kriteria
di
kolom 1
|
Memenuhi
1
dari 3
kriteria
di kolom
1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di
kolom 1
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan
tugas
dengan:
•• Tekun
•• Mandiri
•• Percaya diri
•• Selesai tepat
waktu
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
2
dari
4 kriteria
di kolom 1
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 20
Nilai = Skor Perolehan / Skor Maksimum
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
o
Kondisi lingkungan
sekolah untuk diobservasi.
o
Penjual jajanan makanan dan minuman di sekitar sekolah
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19800611 200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Diskusikan gambar dan teks secara berkelompok dan buat
daftar pertanyaan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang sekolah
sehat!
Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dapat kamu pelajari dari SD
Negeri Melati.
2. Apakah hal tersebut juga perlu diterapkan di
sekolahmu? Jelaskan apa yang perlu diterapkan di
sekolahmu!
3. Mengapa hal tersebut perlu diterapkan?
MEDIA
Baca Juga Artikel Berkaitan:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment