Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 31 December 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional Di Daerahku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
 3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks mengenai permainan tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional dengan tepat.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
1.8 Menemukan unsure dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan.
4.10 Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
3.8.1 Menyebutkan unsure-unsur yang ada pada bangun datar yang diamatinya.
4.10.1 Membuat berbagai bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting..

 C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengetahui jenis mainan anak-anak tradisional dan modern.
2.      Membuat mainan tradisional dari bahan alami dan buatan.
3.      Mengidentifikasi unsur bangun datar pada berbagai permainan tradisional.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Mengajak semua siswa berdoa.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
  9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menanyakan kepada siswa berbagai jenis permainan yang selalu mereka mainkan baik sendiri maupun berkelompok
o   Siswa menuliskan seluruh permainan yang biasa mereka mainkan di papan tulis. Pada akhir pembelajaran siswa akan memilih diantara permainan tersebut yang merupakan permainan tradisional.
o   Guru meminta siswa membaca teks informative yang terdapat dalam buku siswa mengenai permainan tradisional.
o   Guru membimbing siswa menemukan informasi dengan menanyakan apa saja hal-hal yang diingat siswa dari wacana yang telah dibacakan.
o   Siswa menuliskan dengan bahasa mereka sendiri informasi yang terdapat dalam teks yang telah dibacakan pada lembar yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru berkeliling dan mengecek informasi yang dituliskan siswa, memberi masukan terhadap bahasa yang digunakan.
o   Guru dan siswa membahas bersama informasi yang terdapat dalam wacana yang telah dibaca.
o   Siswa menentukan diantara permainan yang telah mereka tuliskan di papan tulis yang merupakan permainan tradisional.
o   Siswa menceritakan pengalaman mereka dalam bermain permainan tradisional.
o   Guru menunjukkan sebuah kardus bekas dan menanyakan kepada siswa apa saja manfaat dari benda tersebut.
o   Siswa menyebutkan berbagai manfaat dari kardus bekas.
o   Guru menjelaskan bahwa barang bekas seperti kardus tersebut dapat dimanfaatkan mejadi berbagai barang yang memiliki kegunaan bagi manusia, salah satunya adalah tempat tissu.
o   Guru mengajak siswa untuk membuat tempat tissu dari kardus bekas tersebut dan menjelaskan langkah pembuatannya secara sederhana.
o   Siswa mengikuti setiap langkah dalam pembuatan tempat tissu tersebut dalam bimbingan guru.
o   Guru berkeliling dan membimbing siswa dalam membuat karyanya.
o   Setelah kegiatan membuat tempat tissu tersebut selesai, siswa melakukan analisis sederhana mengenai keuntungan menggunakan barangbarang bekas untuk membuat benda fungsional.
o   Guru dapat menjelaskan bahwa kegiatan yang baru mereka lakukan disebut reuse atau menggunakan kembali barang-barang bekas.
o   Kegiatan ini dapat mengurangi jumlah sampah di lingkungan sekitar sehingga menjadi lebih bersih dan sehat.
o   Guru meminta siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mengamati gambar suasana lapangan bermain yang terdapat dalam buku siswa dan menyebutkan jenis-jenis bangun datar yang terdapat di dalam gambar tersebut.
o   Guru menerangkan konsep sisi dan titik sudut pada 3 jenis bangun datar pada beberapa bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, segi lima dan segi enam).
o   Siswa mengamati gambar bangun datar yang terdapat dalam buku siswa dan menentukan banyak sisi dan titik sudut yang dimiliki masing-masing bangun datar.
o   Siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa dan guru mengecek jawaban bersamasama.
o   Guru dapat menjelaskan kembali konsep penentuan titik sudut dan sisi pada bangun datar.
o   Siswa menggambarkan jenis-jenis bangun datar yang telah mereka ketahui unsur-unsurnya pada selembar kertas warna kemudian menggunting dan menempelkannya pada tempat yang tersedia dalam buku siswa.

Pengayaan
o   Siswa dapat membaca teks lainnya dan menjelaskan mengenai isi teks kepada guru atau teman-temannya apabila telah mampu mengidentifikasi informasi pada teks yang dibacanya.
o   Siswa dapat membuat model mobil-mobilan sendiri apabila telah menguasai materi yang disampaikan oleh guru.
o   Siswa dapat membuat cerita bergambar berisikan apabila telah menguasai konsep dasar membangun bangun datar.

Remedial
o   Guru dapat membimbing siswa untuk membaca taks informasi yang tersedia jika siswa belum mampu membaca dan menemukan informasi dari teks yang disediakan.
o   Guru dapat membimbing siswa dalam berkreasi apabila siswa belum dapat menyelesaikankteasinya.
o   Guru dapat mengulang kembali konsep bangun dataruntuk siswa yangbelum menguasi konsep tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2.     Penilaian pengetahuan pada kegiatan menuliskan 5 informasi yang terdapat dalam teks bacaan berjudul mainan anak-anak.
o   Bobot setiap jawaban tepat : 20
o   Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
o   Nilai maksimal : 5 x 20 = 100

3.    Penilaian keterampilan pada kegiatan membuat mainan tradisional
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Mempersiapkan
alat dan bahan
dengan baik.
Membawa
seluruh
barang yang
ditugaskan
Membawa
lebih dari
50% barangbarang
yang
ditugaskan.
Membawa
kurang dari
50% barangbarang
yang
ditugaskan.
Tidak
membawa
barangbarang
yang
dibutuhkan.
2.       
Membuat
karya dengan
langkah yang
tepat
Mampu
melakukan
seluruh langkah
pembuatan
dengan baik
Mampu
melakukan
lebih dari
50% langkah
pembuatan
dengan baik.
Mampu
melakukan
kurang dari
50% langkah
pembuatan
dengan baik
Tidak mampu
melakukan
seluruh langkah
pembuatan
3.       
Hasil karya
Penampilan
baik, ada
inovasi dan
dapat berfungsi
dengan baik
Penampilan
baik dan dapat
berfungsi
dengan baik
Penampilan
kurang
namun dapat
berfungsi
Penampilan
kurang dan
tidak dapat
berfungsi.

H. Sumber dan Media
1.      Kardus bekas sepatu.
2.      Majalah atau koran bekas.
3.      Gunting.
4.      Lem
5.      Penggaris.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                             NIP. 19760511 200701 2 027




Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Amati surat di pada buku siswa, lalu jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Mengapa Udin berkirim surat kepada Beni?

___________________________________________

2. Apa yang diceritakan Udin dalam surat tersebut?




3. Apa yang Udin tunggu dari Beni?



4. Menurutmu, bagaimana perasaan Udin ketika
    menulis surat itu?



5. Apa yang akan dilakukan Beni setelah membaca
surat Udin?


___________________________________________
Ayo Pikirkn





MEDIA

















Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors