(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Olahraga
Tradisional di Daerahku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
1.5.1
Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/ dolanan
tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali
teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan dengan tepat.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.7 Menemukan sifat simetri
bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya),
simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret
4.3.1 Membuktikan simetri putar
yang dimiliki oleh suatu bangun datar Mengumpulkan dan mengelola data pokok
kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan
urutan label pada sumbu.
3.7.1 Menemukan sifat simetri
bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar
yang dimiliki oleh suatu bangun datar
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna karya
seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan
makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1
Mengidentifikasi karya seni budaya daerah.
4.17
Mengklasifikasikan karya seni budaya setempat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengenal olahraga
tradisional.
2.
Mengidentifikasi
seni tradisional.
3.
Melakukan percobaan
menemukan simetri lipat pada benda konkret
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Apakah olahraga
kesukaanmu?
·
Apakah olahraga
tradisional di daerahmu?
Olahraga
Tradisional Indonesia
·
Apakah kamu
senang bermain layanglayang?
·
Apa kesulitan
dalam membuat layanglayang?
·
Bagaimana bentuk
layang-layang?
Remedial
Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Memahami teks
laporan, mengidentifikasi daerah asal karya seni
tradisional.
Keterangan :
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
D (Kurang)
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Menemukan
simetri lipat melalui percobaan.
Penilaian:
Observasi (pengamatan).
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Menentukan
bentuk bangun datar.
|
||
2.
|
Menetukan
simetri lipat pada setiap
bangun datar.
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain
tenun, dan patung.
2. Layang-layang
3. Kertas lipat berwarna
4. Penggaris
5. Spidol
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah
pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Apakah yang dimaksud dengan olah raga tradisional?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
2. Siapakah yang bertugas mengendalikan sapi pada olah
raga karapan sapi?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
3. Bagaimanakah cara melakukan olah raga sepak takraw?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
4. Mengapa pencak silat memiliki banyak jurus?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment