(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber
Energi/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan
mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi
secara tertulis dengan tepat
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel , grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan
data berupa grafik batang yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat
grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
karya seni
3.1 Mengenal karya
seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi
alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3 Menghias benda
gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1 Membuat karya
dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menyimak cerita
tentang
2.
Sumber Energi
3.
Melakukan percobaan
serta diskusi tentang sumber energi.
4.
Membuat gambar
dekoratif dengan memanfaatkan sumber energi berupa biji-bijian
5.
Membaca data grafik
batang tentang sumber energi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa
siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
o
Guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
o
Guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
o
Guru mengawali
pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis sumber energi, siswa mengamati
gambar tersebut
o
Guru menggugah
rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang diamati.
o
Kemudian siswa
menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku teks.
o
Guru juga
menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar.
o
Untuk membuktikan
bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta siswa melakukan
percobaan tentang Matahari adalah
o
Sumber Energi
yang terdapat pada buku teks halaman 3.
o
Matahari adalah
Sumber Energi
Tujuan:
Mengetahui bahwa cahaya adalah energi.
Alat dan bahan:
Cara kerja:
o
Bawalah peralatan
yang sudah disiapkan ke luar kelas.
o
Letakkanlah
kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari
o
Letakkan kaca
pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
o
Arahkan Cahaya
matahari yang diterima kaca pembesar ke kapas/tisu
o
Pusatkan cahaya
tersebut pada satu titik. Diamkan di posisi tersebut dan amati apa yang
terjadi. sampai kamu melihat kapas atau tisu terbakar.
o
Setelah melakukan
percobaan siswa diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas.
o
Sambil
mendengarkan laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi
terhadap kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
o
Guru melakukan
diskusi hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa.
o
Di sela-sela
diskusi dan penjelasan, guru selalu member kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
o
Guru melanjutkan
pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari.
o
Guru menjelaskan
bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga menghasilkan energi panas.
o
Bagaimana panas
disebut sebagai energi maka guru kembali meminta siswa melakukan percobaan berjudul
“Panas adalah Energi” seperti tercantum pada buku teks halaman 6.
o
Guru melakukan
tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan.
o
Guru melengkapi
penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam kehidupan
seharihari.
o
Siswa dibentuk
menjadi kelompok-kelompok.
o
Siswa
mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang sedang
dibahas.
o
Guru mengamati
proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
o
Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
o
Siswa
menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
o
Setelah
menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan pengarahan guru
tentang hasil diskusi.
o
Siswa menyimak
penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah tumbuh-tumbuhan. Di
antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan bijibijian.
o
Selain sumber
makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif.
o
Guru menjelaskan
sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh yang ada di
buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat
sebelumnya.
o
Siswa menyimak
penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
o
Kemudian siswa
membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan tema “Matahari
Sumber Energi”.
o
Setelah selesai
siswa diminta merapikan bekasbekas pekerjaannya.
o
Hasil karya yang
sudah dibuat dipajang di kelas.
o
Setelah memajang
hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar penjelasan guru tentang
rencana kegiatan selanjutnya.
o
Siswa
memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang sudah
disiapkan guru sebelumnya.
o
Guru memberi
kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka ketahui dari
diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan menyampaikan bahwa
ada beberapa kata tanya yang harus siswa perhatikan ketika akan bertanya
yaitu: apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan, dan di/ke mana? Jika siswa
sulit mengajukan pertanyaan guru memberi arahan sehingga
pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan bisa muncul.
o
Guru menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan tujuan untuk menjelaskan
tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana
cara membaca data pada diagram batang.
o
Setelah menyimak
penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan cara membaca
grafik batang.
o
Sebagai penutup
guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan
refleksi kegiatan hari itu.
o
Kelas ditutup
dengan doa bersama.
o
Mengumpulkan
guntingan gambar macam-macam sumber energi dari koran atau majalah, kemudian dibuat
klipping.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
- Tes lisan tentang karakteristik teks laporan.
- Latihan soal tentang membaca data grafik batang.
- Tes lisan tentang karakteristik karya dekoratif
3. Penilaian
Keterampilan
Keterampilan
|
Rubrik Kriteria
|
|||
Skor 4
Sangat Baik
|
Skor 3
Baik
|
Skor 2
Cukup
|
Skor 1
Kurang
|
|
1.
Menceritakan kembali isi
teks
laporan informatif
tentang
sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
|
Sesuai dengan
ide pokok teks, alur
penyampaiannya
runut, menggunakan
intonasi yang
benar, lancar dalam
penyampaian
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
2.
Menyusun gagasan
berupa
teks laporan
informatif
tentang
sumber energi
secara
tertulis
|
Sesuai
dengan
topik,
struktur
kalimatnya
benar, alur teks runut,
penggunaan
tanda baca dan ejaan sesuai EYD
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
3.
Membuat grafik batang
berdasarkan
data yang sudah diperoleh
|
Grafik
sesuai
dengan
data,
gambar
batang
grafik
menunjuk
pada
angka yang
tepat,
bentuk dan jarak antar batang konsisten, rapi dan proporsional
|
Hanya
memenuhi
3
kriteria
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
4.
Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda
3 dimensi
yang
ada di
sekitar
|
Sesuai dengan
tema, menggunakan
minimal 3
kombinasi
garis,
menggunakan
minimal 3
kombinasi
bentuk,
menggunakan
minimal 5
kombinasi warna
|
Hanya
memenuhi
3
kriteria
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan:
1. Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara
lisan atau tulis dengan tepat
No
|
Nama Siswa
|
Sesuai
dengan
ide pokok teks
|
Alur
Penyampaian runut
|
Menggunakan
intonasi
yang
benar
|
Lancar dalam
penyampaian
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||
10
|
Fawniya
|
||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||
33
|
Alfin
|
Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar macam-macam sumber energi (matahari, air, tanah, dan udara atau angin).
3. Gambar grafik batang.
4. Gambar contoh hasil karya seni hias dari benda-benda tiga dimensi
(seperti bijibijian, gulungan kertas).
5. Biji-bijian.
6. Lem yang kuat daya lekatnya.
Mengetahui, Tijue,
1 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan
tabel tersebut jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. PDAM
manakah yang memiliki persediaan terbanyak?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
2. Bandingkan
antara PDAM Setia Jaya dengan PDAM Kusuma Jaya. Manakah yang memiliki
persediaan air lebih banyak? Berikan alasanmu!
………………………………………………………………
………………………………………………………………
3. Berapakah
perbedaan jumlah persediaan air di PDAM Setia Jaya dengan PDAM Tri Jaya?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
4. PDAM
manakah yang persediaan airnya paling sedikit?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
2. Jika
PDAM Setia Jaya ingin memiliki jumlah persediaan air sama dengan PDAM Tri Jaya,
berapakah perusahaan tersebut harus menambah persediaan airnya?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment