Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 6 March 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/II
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia. 
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi secara tertulis dengan tepat

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel , grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan data berupa grafik batang yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1 Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyimak cerita tentang
2.      Sumber Energi
3.      Melakukan percobaan serta diskusi tentang sumber energi.
4.      Membuat gambar dekoratif dengan memanfaatkan sumber energi berupa biji-bijian
5.      Membaca data grafik batang tentang sumber energi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Mengajak semua siswa berdoa.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
  9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari


15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
o   Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis sumber energi, siswa mengamati gambar tersebut
o   Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
o   Kemudian siswa menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku teks.
o   Guru juga menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar.
o   Untuk membuktikan bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta siswa melakukan percobaan tentang Matahari adalah
o   Sumber Energi yang terdapat pada buku teks halaman 3.
o   Matahari adalah Sumber Energi

Tujuan: Mengetahui bahwa cahaya adalah energi.
Alat dan bahan:
  • Kaca pembesar
  • Kapas/kertas tisu 
Cara kerja:
o   Bawalah peralatan yang sudah disiapkan ke luar kelas.
o   Letakkanlah kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari
o   Letakkan kaca pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
o   Arahkan Cahaya matahari yang diterima kaca pembesar ke kapas/tisu
o   Pusatkan cahaya tersebut pada satu titik. Diamkan di posisi tersebut dan amati apa yang terjadi. sampai kamu melihat kapas atau tisu terbakar.
o   Setelah melakukan percobaan siswa diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas.
o   Sambil mendengarkan laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi terhadap kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
o   Guru melakukan diskusi hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa.
o   Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu member kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
o   Guru melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari.
o   Guru menjelaskan bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga menghasilkan energi panas.
o   Bagaimana panas disebut sebagai energi maka guru kembali meminta siswa melakukan percobaan berjudul “Panas adalah Energi” seperti tercantum pada buku teks halaman 6.
o   Guru melakukan tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan.
o   Guru melengkapi penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam kehidupan seharihari.
o   Siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
o   Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang sedang dibahas.
o   Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
o   Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
o   Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
o   Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan pengarahan guru tentang hasil diskusi.
o   Siswa menyimak penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah tumbuh-tumbuhan. Di antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan bijibijian.
o   Selain sumber makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif.
o   Guru menjelaskan sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh yang ada di buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat sebelumnya.
o   Siswa menyimak penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
o   Kemudian siswa membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan tema “Matahari Sumber Energi”.
o   Setelah selesai siswa diminta merapikan bekasbekas pekerjaannya.
o   Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
o   Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar penjelasan guru tentang rencana kegiatan selanjutnya.
o   Siswa memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang sudah disiapkan guru sebelumnya.
o   Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka ketahui dari diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan menyampaikan bahwa ada beberapa kata tanya yang harus siswa perhatikan ketika akan bertanya yaitu: apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan, dan di/ke mana? Jika siswa sulit mengajukan pertanyaan guru memberi arahan sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan bisa muncul.
o   Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan tujuan untuk menjelaskan tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana cara membaca data pada diagram batang.
o   Setelah menyimak penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan cara membaca grafik batang.
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
o   Kelas ditutup dengan doa bersama.
o   Mengumpulkan guntingan gambar macam-macam sumber energi dari koran atau majalah, kemudian dibuat klipping.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
  1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Melakukan penilaian hasil belajar
  3. Melakukan repleksi
  4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
  5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


 Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
- Tes lisan tentang karakteristik teks laporan.
- Latihan soal tentang membaca data grafik batang.
- Tes lisan tentang karakteristik karya dekoratif

3. Penilaian Keterampilan
Keterampilan
Rubrik Kriteria
Skor 4
Sangat Baik
Skor 3
Baik
Skor 2
Cukup
Skor 1
Kurang
1. Menceritakan kembali isi
teks laporan informatif
tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
Sesuai dengan ide pokok teks, alur
penyampaiannya
runut, menggunakan
intonasi yang benar, lancar dalam
penyampaian
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Hanya
memenuhi
1 kriteria
2. Menyusun gagasan
berupa teks laporan
informatif tentang
sumber energi secara
tertulis
Sesuai dengan
topik, struktur
kalimatnya benar, alur teks runut,
penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
Hanya
memenuhi
3 kriteria

Hanya
memenuhi
2 kriteria

Hanya
memenuhi
1 kriteria
3. Membuat grafik batang
berdasarkan data yang sudah diperoleh
Grafik sesuai
dengan data,
gambar batang
grafik menunjuk
pada angka yang
tepat, bentuk dan jarak antar batang konsisten, rapi dan proporsional
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria



Hanya
memenuhi
1 kriteria
4. Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda
3 dimensi yang
ada di sekitar
Sesuai dengan tema, menggunakan
minimal 3
kombinasi garis,
menggunakan
minimal 3
kombinasi bentuk,
menggunakan
minimal 5
kombinasi warna
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Hanya
memenuhi
1 kriteria




Lembar Penilaian Keterampilan:
1. Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara
lisan atau tulis dengan tepat
No
Nama Siswa
Sesuai dengan
ide pokok teks
Alur
Penyampaian runut
Menggunakan
intonasi yang
benar
Lancar dalam
penyampaian
Skor
Predikat
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin








Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027



H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar macam-macam sumber energi (matahari, air, tanah, dan udara atau angin).
3.      Gambar grafik batang.
4.      Gambar contoh hasil karya seni hias dari benda-benda tiga dimensi (seperti bijibijian, gulungan kertas).
5.      Biji-bijian.
6.      Lem yang kuat daya lekatnya.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 1 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd

NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Berdasarkan tabel tersebut jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.  PDAM manakah yang memiliki persediaan terbanyak?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
2.  Bandingkan antara PDAM Setia Jaya dengan PDAM Kusuma Jaya. Manakah yang memiliki persediaan air lebih banyak? Berikan alasanmu!
………………………………………………………………
………………………………………………………………
3.  Berapakah perbedaan jumlah persediaan air di PDAM Setia Jaya dengan PDAM Tri Jaya?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
4.  PDAM manakah yang persediaan airnya paling sedikit?
………………………………………………………………
………………………………………………………………
2.  Jika PDAM Setia Jaya ingin memiliki jumlah persediaan air sama dengan PDAM Tri Jaya, berapakah perusahaan tersebut harus menambah persediaan airnya?
………………………………………………………………
………………………………………………………………

MEDIA



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors