(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber
Energi/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi
gerak sikap lilin dan kop stand
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan
gerak sikap lilin dan kop stand dalam senam
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan
mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau
tulis dengan tepat
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Menunjukkan
contoh perilaku seharihari yang merupakan kewajiban di rumah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menceritakan
contoh pelaksanaan kewajiban di rumah yang berkaitan dengan kelestarian sumber
energi
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Latihan
gerakan sikap lilin dan kop stand
2. Membaca dan
memahami isi bacaan tentang sumber energi.
3. Mendiskusikan
tentang perilaku menjaga kelestarian energi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa siswa dan mengondisikan
kelas agar siap untuk belajar.
o
Salah satu siswa diminta untuk memimpin
doa.
o
Guru mengingatkan siswa tentang
pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o
Guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o
Guru memulai pelajaran dengan mengajak
siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
o
Siswa mengamati gambar gerakan sikap
lilin dan kop-stand yang akan dipelajari sebelum ke halaman/lapangan sekolah
siswa.
o
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan gambar yang
diamati.
o
Siswa menyimak penjelasan guru karena
mereka akan melakukan latihan gerakan senam sikap lilin dan berdiri dengan
kepala (kop-stand).
o
Sebelum memulai latihan siswa melakukan
gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
o
Setelah pemanasan, guru menjelaskan apa manfaat
melakukan gerakan sikap lilin. Lalu guru mencontohkan bagaimana melakukan
gerakan sikap lilin, sebagai berikut:
•
Guru meminta siswa mencoba melakukan
gerakan yang sudah dicontohkan.
•
Guru memandu siswa melakukan gerakan
tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan siswa.
•
Guru mengoreksi jika ada
kekeliruan-kekeliruan yang dilakukan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
•
Setelah kegiatan senam inti guru memandu
siswa melakukan pendinginan.
•
Siswa kembali ke kelas untuk melanjutkan
kegiatan berikutnya.
•
Setelah siswa siap, siswa diminta
membaca teks berjudul “Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama”.
•
Siswa diminta membuat rangkuman dari
teks tersebut secara tertulis terlebih dahulu.
•
Siswa diminta menceritakan kembali isi
teks yang telah dibaca berdasarkan rangkuman yang dibuatnya.
•
Setelah menceritakan kembali isi teks
yang dibaca, guru melakukan diskusi kelas membahas kewajibankewajiban di
rumah khususnya berkaitan dengan pelestarian sumber energi.
•
Siswa diminta memberikan contoh
pelaksanaan kewajiban dalam mencegah pencemaran sumber energi, sebagai bentuk
pengamalan Pancasila.
•
Sebagai penutup siswa diminta melakukan
refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
•
Pelajaran ditutup
dengan doa bersama.
•
Orang tua
mendiskusikan bersama siswa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga
kelestarian air
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
1. Tes lisan
tentang prosedur melakukan gerak sikap lilin dan kop stand
2. Tes lisan
tentang karakteristik teks laporan
3. Latihan soal
tertulis di buku teks.
3. Penilaian
Keterampilan
1. Melakukan
gerakan sikap lilin dan kop stand.
2. Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
1.
|
1.
Melakukan
gerakan
sikap lilin
|
Melakukan
seluruh
gerakan
tanpa
intervensi
guru
|
Melakukan
Seluruh gerakan
namun
dengan
intervensi
minimal
|
Melakukan
Hanya sebagian
kecil
gerakan
dengan tepat
|
Hampir
seluruh
gerakan
belum
mampu
dilakukan
|
2.
|
2.
Menceritakan
kembali
isi teks
informatif
tentang
sumber
energi
secara lisan
|
Sesuai
dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya
runut ,
menggunakan
intonasi yang
benar, lancar dalam
penyampaian
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
Belum mampu
|
Lembar Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan gerakan
sikap lilin dan kop stand
No
|
Nama Siswa
|
Melakukan
kedua
gerakan tanpa
intervensi
guru
|
Melakukan
kedua gerakan
dengan
intervensi
minimal
|
Melakukan
hanya salah
satu gerakan
dengan
tepat
|
Belum mampu
melakukan
kedua
gerakan
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|||||
2
|
Agung Arais
|
|||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|||||
5
|
Alif Al Gibral
|
|||||
6
|
Akramul Akbar
|
|||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
|||||
8
|
Amira Najla
|
|||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
|||||
10
|
Fawniya
|
|||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
|||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
|||||
16
|
Maqsalmina
|
|||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
|||||
18
|
M.Syuhada
|
|||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|||||
20
|
Muammar Hafizh
|
|||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|||||
22
|
Reva Umira
|
|||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
|||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|||||
25
|
Raudhatul Muna
|
|||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|||||
28
|
T. Firdaus
|
|||||
29
|
Tiara Anggelina
|
|||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|||||
32
|
Dicky Novrian
|
|||||
33
|
Alfin
|
Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar gerak sikap
lilin dan kopstand
Mengetahui, Tijue,
2 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Setelah
membaca teks, ceritakanlah kembali isi teks itu.
Agar bisa bercerita dengan baik, tulislah dahulu
apa yang ingin kamu ceritakan.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment