Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 6 March 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi gerak sikap lilin dan kop stand
4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan gerak sikap lilin dan kop stand dalam senam

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Menunjukkan contoh perilaku seharihari yang merupakan kewajiban di rumah
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menceritakan contoh pelaksanaan kewajiban di rumah yang berkaitan dengan kelestarian sumber energi

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Latihan gerakan sikap lilin dan kop stand
2.      Membaca dan memahami isi bacaan tentang sumber energi.
3.      Mendiskusikan tentang perilaku menjaga kelestarian energi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Mengajak semua siswa berdoa.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
  9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o   Guru memulai pelajaran dengan mengajak siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
o   Siswa mengamati gambar gerakan sikap lilin dan kop-stand yang akan dipelajari sebelum ke halaman/lapangan sekolah siswa.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan gambar yang diamati.
o   Siswa menyimak penjelasan guru karena mereka akan melakukan latihan gerakan senam sikap lilin dan berdiri dengan kepala (kop-stand).
o   Sebelum memulai latihan siswa melakukan gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
o   Setelah pemanasan, guru menjelaskan apa manfaat melakukan gerakan sikap lilin. Lalu guru mencontohkan bagaimana melakukan gerakan sikap lilin, sebagai berikut:
  • Guru berbaring telentang di atas matras/alas lainnya, kedua kaki lurus, kedua tangan di samping badan.
  •  Panggul dan kedua kaki diangkat lurus ke atas dengan tangan menumpu dan menahan panggul agar kaki dapat diluruskan ke atas.
  • Kedua tangan menahan di pinggang dengan ibu jari tangan di perut sedangkan keempat jari-jari tangan di panggul untuk menjaga agar kaki dan pinggang tetap lurus.
  • Kemudian guru juga menunjukkan cara melakukan gerakan berdiri dengan kepala (kop stand).
  • Letakkan tangan di samping kepala dengan posisi bersujud.
  • Angkat kaki lurus ke atas. Gunakan dinding untuk menahan kaki agar tetap bisa tegak.

         Guru meminta siswa mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
         Guru memandu siswa melakukan gerakan tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan siswa.
         Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan yang dilakukan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
         Setelah kegiatan senam inti guru memandu siswa melakukan pendinginan.
         Siswa kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
         Setelah siswa siap, siswa diminta membaca teks berjudul “Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama”.
         Siswa diminta membuat rangkuman dari teks tersebut secara tertulis terlebih dahulu.
         Siswa diminta menceritakan kembali isi teks yang telah dibaca berdasarkan rangkuman yang dibuatnya.
         Setelah menceritakan kembali isi teks yang dibaca, guru melakukan diskusi kelas membahas kewajibankewajiban di rumah khususnya berkaitan dengan pelestarian sumber energi.
         Siswa diminta memberikan contoh pelaksanaan kewajiban dalam mencegah pencemaran sumber energi, sebagai bentuk pengamalan Pancasila.
         Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
         Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
         Orang tua mendiskusikan bersama siswa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian air

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027



2. Penilaian Pengetahuan
1. Tes lisan tentang prosedur melakukan gerak sikap lilin dan kop stand
2. Tes lisan tentang karakteristik teks laporan
3. Latihan soal tertulis di buku teks.

3. Penilaian Keterampilan
1. Melakukan gerakan sikap lilin dan kop stand.
2. Menceritakan kembali isi teks laporan informatif
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
1.
1. Melakukan
gerakan sikap lilin
Melakukan
seluruh
gerakan tanpa
intervensi
guru
Melakukan
Seluruh gerakan
namun
dengan
intervensi
minimal
                       
Melakukan
Hanya sebagian
kecil gerakan
dengan tepat

Hampir
seluruh
gerakan
belum mampu
dilakukan
2.
2. Menceritakan
kembali isi teks
informatif tentang
sumber energi
secara lisan
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya
runut ,
menggunakan
intonasi yang benar, lancar dalam
penyampaian
Hanya
memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria
Belum mampu


Lembar Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan gerakan sikap lilin dan kop stand
No
Nama Siswa
Melakukan
kedua
gerakan tanpa
intervensi
guru
Melakukan
kedua gerakan
dengan
intervensi
minimal
Melakukan
hanya salah
satu gerakan
dengan tepat
Belum mampu
melakukan
kedua gerakan
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, …………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar gerak sikap lilin dan kopstand


Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027






Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Setelah membaca teks, ceritakanlah kembali isi teks itu.
Agar bisa bercerita dengan baik, tulislah dahulu apa yang ingin kamu ceritakan.


MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors