(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tumbuhan sumber kehidupan / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk
hidup.
o Mengklasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara
perkembangbiakan.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk
tulisan.
o Melaporkan hasil klasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
b) MATEMATIKA
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.1 Memahami
operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran,
desimal dan persen).
o Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi
hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
o Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita pecahan,
desimal, dan persen.
c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas,
dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan
rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila.
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam sila
Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
o Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di
rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan
moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat.
o Menceritakan pengalaman dan rencana mempraktikkan sikap yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat
sekitar.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1. Beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
2. Klasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
3. Sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
4. Strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal,
dan persen
5. Soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
6. Sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah,
dan lingkungan masyarakat sekitar
7.
Nilai-nilai Pancasila
di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||||
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Selamatkan Makhluk Hidup”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
||||||||||
B.Kegiatan Inti
|
-
Siswa diingatkan
kembali tentang perkembangbiakan tumbuhan secara generatif yaitu perkembangbiakan
melalui perkawinan. Ingatkan kepada siswa tentang kebesaran ciptaan Tuhan Yang
Maha Esa mampu membuat serangga bekerjasama dengan bunga untuk melestarikan tumbuhan
di Bumi ini.
-
Siswa diminta
mengamati daun cocor bebek yang berkembang biak secara vegetatif alami,
yaitu dengan tunas pada daun.
-
Guru dapat
membawa pohon cocor bebek untuk mempermudah siswa dalam memahami materi
-
Siswa diminta
membuat minimal dua pertanyaan mengenai tanaman cocor bebek.
-
Siswa secara
berpasangan akan saling men jawab pertanyaan yang telah dibuat Siswa menjawab
pertanyaan di buku siswa.
Jawaban
-
Siswa mengamati
jenis tanaman lain yang berkembang biak dengan cara vegetatif,
kemudian mencari informasi mengenai jenis perkembangbiakan jenis-jenis
tumbuhan tersebut.
-
Siswa mengisi
tabel yang tersedia.
-
Guru mengingatkan
siswa tentang kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan beragam
tumbuhan dengan kemampuan berkembang biak dengan cara berbeda-beda.
Tugas berpasangan
-
Siswa mengamati
gambar proses penyerbukan secara generatif.
-
Siswa
mengklasifikasikan beragam tumbuhan yang ada di sekitar sekolah menjadi dua
jenis berdasarkan cara perkembangbiakannya, yaitu vegetative dan generatif
dalam bentuk diagram venn.
-
Untuk memastikan
klasifikasi mereka benar, maka motivasikan siswa untuk mencari informasi
tentang kedua jenis perkembangbiakan tersebut.
-
Siswa
menganalisis dan menyimpulkan hubungan antara perkembangbiakan tumbuhan
dengan kelangsungan makhluk hidup lainnya. (Penilaian 1)
-
Saat melakukan
pengklasifikasian, siswa dapat melakukan eksplorasi mengamati beragam
tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Siswa juga dapat menggunakan informasi
tentang jenis tanaman yang mereka diamati pada pelajaran sebelumnya.
-
Jika tidak
terdapat beragam tumbuhan di sekitar sekolah, guru dapat menyiapkan tanaman
atau dalam bentuk gambar. Contoh jenis tumbuhan yang dianjurkan adalah
sebagai berikut.
v Vegetatif Alami Spora:
paku, pakis
o
Akar tinggal (rhizoma)
: kunyit, jahe, lengkuas, kunci, temulawak,rumput.
o
Umbi: kentang/ubi
jalar, singkong/wortel, bawang merah.
o
Geragih : rumput
teki, arbei, pegagan, semanggi.
o
Tunas: pisang.
v Vegetatif Buatan
o
Cangkok : batang
beragam jenis buah dari pohon berkayu yang dicangkok.
o
Setek : batang
singkong, daun cocor bebek.
Catatan: siswa
telah mempraktikkan cangkok dan setek di kelas 4.
v
Generatif
-
Siswa diberikan
penguatan tentang nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila sila ketiga,
keempat, dan sila kelima Pancasila.
1. Ketuhanan yang
Maha Esa
2. Kemanusiaan yang
adil dan beradab
3. Persatuan
Indonesia
4. Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
5. dalam
permusyawaratan/perwakilan
6. Keadilan sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia
-
Siswa dalam
kelompok mendiskusikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga
“Persatuan Indonesia”, sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”, dan sila kelima “Keadilan
Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.
-
Siswa kemudian
mempresentasikan hasil diskusi di depan.
-
Siswa diberikan
penguatan tentang nilai-nilai yang terkandung pada sila ketiga, keempat, dan
sila kelima Pancasila.
Persatuan
Indonesia
-
Siswa diminta
mencari 3 contoh perilaku/sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila sila ketiga, keempat, dan kelima Pancasila. (Penilaian
2)
-
Siswa mengerjakan
soal hitung campur pecahan.
-
Pastikan siswa
memahami soal dan mengerjakan dengan tekun dan teliti.
-
Empat kebun untuk tempat ternak lebah milik Paman
Lani
A 20% B
50% C 15% D 15%
Diagram tersebut menunjukkan luas kebun paman.
Setiap kebun menghasilkan madu yang dipanen satu kali setiap tahunnya dalam
waktu yang berbeda.
a. Luas setiap kebun
dalam bentuk pecahan biasa, persen, dan desimal.
b. Jika luas total
kebun paman adalah 1.640 m2, maka luas setiap kebun adalah sebagai berikut.
c. Jika jumlah madu
yang dihasilkan dari kebun B adalah 1.260 liter, maka madu yang dihasilkan
oleh kebun A, C, dan D adalah
-
Kebun A = [1.260 : 820] x 328 = 503,99 = 504 liter
-
Kebun C = [1.260 : 820] x 246 = 377,99 = 378 liter
-
Kebun D = Kebun C = 378 liter
d. Jika setiap liter
madu dijual seharga Rp25.000, 00, maka pendapatan yang dihasilkan dari setiap
kebun tersebut adalah
-
Kebun A = Rp25.000 x 504 = Rp12.600.000,00
-
Kebun B = Rp25.000 x 1.260 = Rp31.500.000,00
-
Kebun C = Rp25.000 x 378 = Rp9.450.000,00
-
Kebun D = Kebun C = Rp9.450.000,00
(Penilaian 3)
-
Siswa melakukan
refleksi tentang tanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolah dan kepedulian
terhadap tumbuhan. Siswa mengisi pernyataan pada kolom penilaian sikap
sebagai bahan perenungan.
-
Pengayaan
-
Siswa yang telah
menyelesaikan soal hitungan, diberikan lagi soal tambahan dengan tingkat
kesulitan yang lebih tinggi.
-
Siswa
menceritakan tentang pentingnya tanaman bunga bagi keberlangsungan kehidupan
di bumi kepada orang tua di rumah dan mengajak orang tua dan semua anggota
keluarga untuk merawat tanaman bunga yang terdapat di rumah.
Remedial
-
Siswa yang belum
dapat melakukan operasi hitung bilangan desimal dan persen, agar diberikan
soal latihan tambahan dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
||||||||||
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian tugas IPA
•
Perkembangbiakan
tumbuhan.
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mengamati
&
mengasosiasi
|
Siswa
mampu
melakukan
analisis
hubungan
sebab
akibat
pada interaksi
serangga
dan
reproduksi
tumbuhan
berdasarkan
observasi
dan
pengetahuan
yang
telah dimiliki
sebelumnya
dengan
menjawab
5
pertanyaan
secara
benar.
|
Siswa
menjawab 4 pertanyaan secara benar.
|
Siswa menjawab
3 pertanyaan
secara benar
|
Siswa menjawab
2 pertanyaan
secara benar
|
Mengumpulkan
dan
mengolah
informasi
|
Siswa
mencari
informasi
tambahan
dari
berbagai sumber
dengan
penuh rasa
ingin
tahu, dan
mendiskusikannya
dengan
penuh
semangat.
|
Siswa
mencari
Informasi
tetapi tidak mendiskusikannya.
|
Siswa
tidak tampak antusias
saat
mencari
informasi
|
Siswa
tidak
melakukan
pencarian
informasi.
|
Menganalisis
(membandingkan
& mengklasifikasi
|
Siswa
mampu
menemukan
persamaan
dan
perbedaan,
serta
menuliskan
masing-masing
5
contoh
reproduksi
tumbuhan
secara
generatif
dan
vegetatif.
|
Siswa
hanya
menuliskan
3 poin
dari
kriteria di
kolom 1
|
Siswa
hanya
menuliskan
2 poin
dari
kriteria
di
kolom
|
Siswa tidak
mampu
menemukan
persamaan
dan
perbedaannya
|
Sikap
|
Selama
kegiatan,
siswa
menunjukkan
sikap
antusias dan
rasa
ingin tahu
yang
tinggi dengan
mengajukan
banyak
pertanyaan.
|
Siswa
mengikuti
kegiatan
sesuai
instruksi
tanpa
banyak
pertanyaan.
|
Siswa
kurang
tertib
saat
melakukan
kegiatan.
|
Siswa
perlu
motivasi
untuk
melakukan
kegiatan
sesuai
instruksi.
|
Catatan:
Centang √ pada
bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian:
[total nilai : total kolom] x 10
Contoh: [13 : 15] x 10 = 0,86 x 10 = 8,6
2. Penilaian tugas PPKn
Diskusi, kesimpulan
hasil analisis, dan bermain peran
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Diskusi
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
teman
lainnya
saat diskusi, dan dapat menerima
masukan.
|
Aktif memberi
masukan,
merespon
sesuai
dengan
topik, dan
dapat
menerima
masukan
|
Aktif
memberi
masukan, merespon
sesuai
dengan
topik,
tetapi
sulit
menerima
masukan, selalu
mendominasi
pembicaraan.
|
Jarang berbicara
Selama proses
diskusi
berlangsung
|
Analisis hubungan
sebab akibat
|
Tulisan
lengkap dan tepat menuliskan
hasil
analisis sikap yang mencerminkan
5 sila.
|
Tulisan
cukup
lengkap
dan
tepat
dalam
menuliskan
hasil
analisis
sikap yang mencerminkan 3-4 sila.
|
Tulisan
kurang
lengkap,
hanya
menuliskan
hasil analisis
sikap
yang
mencerminkan
1-2 sila.
|
Tulisan
tidak
tepat.
|
Sikap
|
Mampu
bekerja
sama,
mandiri, tertib, dan disiplin.
|
Memenuhi
3 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi
2
dari 4
kriteria
di kolom 1.
|
Memenuhi
1
dari 4
kriteria
di kolom 1.
|
Bermain Peran
|
Mandiri,
percaya
diri,
suara jelas,
dan
ekspresi sesuai
karakter.
|
Mandiri,
cukup
percaya
diri, suara cukup terdengar, namun ekspresi kurang.
|
Mandiri,
namun
kurang
percaya
diri,
dan suara
kurang terdengar,
ekspresi
kurang.
|
Kurang mandiri,
kurang percaya diri suara sulit
terdengar,
ekspresi kurang.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
3. Soal cerita Matematika diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media :
Gambar
bagian tubuh manusia
Alat/Bahan : Bacaan “Jenis tanaman yang berkembang biak dengan cara vegetatif, seperti cocor bebek, bawang merah, wortel, singkong, kentang,
ubi, dan jahe-jahean.
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru,
Mengetahui, Beureunuen,…………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) (
Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2 006 NIP. 19800611
200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Buatlah minimal dua pertanyaan mengenai tanaman cocor bebek, terutama perkembangbiakannya. Mintalah temanmu untuk menjawab pertanyaan yang
kamu buat.
Bagaimana cara perkembangbiakan tanaman cocor bebek?
Apakah perkembangbiakan tersebut termasuk perkembangbiakan generatif?
Berikan alasanmu.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment