Home » » Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 1

Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 June 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan               : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                    : 3/1
Tema 1                                 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 1/ Pembelajaran   : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/ 1
Alokasi Waktu                     : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentangpetunjuk cara perkembangbiakanhewan.
3.2.2    Menuliskan tahapanperkembangbiakan hewan.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2.1    Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
4.2.2    Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
3.1.1    Membaca dan menuliskan bilangan1.000-10.000 secara panjang (ribuan,ratusan, puluhan dan satuan)
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1    Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000.

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gayadekoratif.
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1    Menjiplak untuk membuat polagambar dekoratif buatan sendiri diatas media kertas.
4.1.2    Mewarnai pola gambar dekoratifbuatan sendiri.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.         Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang perkembangbiakan hewan.
2.         Mengidentifikasi cara berkembang biak hewan.
3.         Menulis tahapan perkembangbiakan ayam.
4.         Menulis nama dan lambang bilangan.
5.         Membuat pola dan mewarnai gambar dekoratif.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
  • Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi jenis hewan. (Mengamati)
  • Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan tentang pengalaman melihat hewan tersebut. (Mengekplorasi)
  • Siswa membaca teks yang menjelaskan berbagai cara perkembangbiakan hewan.
  • Hewan memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur.
  • Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
  • Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah (Mengamati)
  • Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah
  • Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing. (Mengekplorasi)
  • Siswa mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam. (Mengamati)
  • Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam. (Mengekplorasi)
  • Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
  • Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
  • Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
  • Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
  • Siswa bekerja secara berkelompok. (Mengasosiasi)
  • Siswa mencari beberapa contoh induk dan anak hewan yang memiliki rupa dan bentuk yang sama juga yang berbeda. (Mengekplorasi)
  • Berapa lama perbedaan itu terjadi pada tahapan perkembangan hewan.
  • Siswa menuliskan hasil diskusi di buku masing-masing.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi. (Mengasosiasi)
  • Siswa saling memeriksa dan membandingkan hasil pendataan dari setiap kelompok.
  • Siswa membaca informasi tentang adanya perbedaan sebutan untuk induk dan anak hewan pada suatu daerah. (Mengamati)
  • Siswa mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah lainnya.
  • Siswa mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya. (Mengamati)
  • Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
  • Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan. (Menanya)
  • Angka 1 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ribuan, dan bernilai 1.000.
  • Angka 2 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ratusan, dan bernilai 200.
  • Angka 5 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat puluhan, dan bernilai 50.
  • Angka 0 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat satuan, dan bernilai 0
  • Lambang bilangan 1.250 dibaca seribu dua ratus lima puluh.
  • Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh. (Mengasosiasi)
  • Siswa berlatih menemukan cara yang paling mudah dalam membaca lambang bilangan ribuan. Lalu menuliskan pada tempat yang tersedia.
  • Siswa mengamati berbagai benda yang memiliki motif hewan yang ada di sekitar. (Mengamati)
  • Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.
  • Siswa menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih tampak. (Mengekplorasi)
  • Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar. Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.
  • Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.
  • Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.
  • Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan. (Mengkomunikasikan)
  • Siswa bercerita secara bergantian
  • Cerita bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.  Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 4 = 8
b.  Memasangkan nama dan lambang bilangan
Skor setiap soal 1.
Benar semua 10 x 1 = 10

Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Tahapan Perkembangbiakan Ayam

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
2
Kesesuaian isi laporan yang ditulis.

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Semua isi teks belum sesuai.


Penulisan

Penulisan kata sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.

Penggunaan kalimat yang efektif.
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.

b. Rubrik Membuat Gambar Dekoratif
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Hasil guntingan
Semua bagian bentuk gambar utuh.
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
Belum mampu menggunting.

2
Hasil menempel

Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada sisa lem yang tercecer.
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.

Hanya satu kriteria yang terpenuhi.

Belum mampu menempel.

3
Variasi hewan yang dibuat.

Membuat lebih dari tiga jenis pola hewan/tiga ukuran hewan yang sejenis.

Membuat dua sampai tiga jenis pola hewan/dua sampai tiga ukuran hewan yang sejenis.
Membuat hanya satu jenis pola hewan/satu ukuran hewan.

Belum mampu membuat pola.


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan buku siswa
1.      Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta anaknya.
2.      Pola gambar hewan untuk dijiplak.
3.      Alat mewarnai.
4.      Karton.
2.      Gunting.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan tersebut.
  • Bagaimana cara hewan berkembang biak?


  •  Apa saja hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan?
  • Apa saja hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur? 


  • Mengapa hewan berkembang biak?


Media 

Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors