(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 1 :
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/ 1
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki kedisiplinan
dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi
isi teks tentangpetunjuk cara perkembangbiakanhewan.
3.2.2
Menuliskan tahapanperkembangbiakan
hewan.
4.2 Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.2.1
Menjelaskan cara perkembangbiakan
sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
4.2.2
Menceritakan
hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
3.1.1
Membaca
dan menuliskan bilangan1.000-10.000 secara panjang (ribuan,ratusan, puluhan dan
satuan)
4.2. Merumuskan dengan
kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda,
dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1
Merumuskan
cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni
gaya dekoratif.
3.1.1
Mengidentifikasi
karya seni gayadekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif
dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1
Menjiplak
untuk membuat polagambar dekoratif buatan sendiri diatas media kertas.
4.1.2
Mewarnai
pola gambar dekoratifbuatan sendiri.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca dan menjawab
pertanyaan sesuai teks tentang perkembangbiakan hewan.
2.
Mengidentifikasi cara
berkembang biak hewan.
3.
Menulis tahapan
perkembangbiakan ayam.
4.
Menulis nama dan
lambang bilangan.
5.
Membuat pola dan
mewarnai gambar dekoratif.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 4 = 8
b. Memasangkan nama dan lambang bilangan
Skor setiap soal 1.
Benar semua 10 x 1 = 10
Keterampilan
a.
Penilaian: Unjuk Kerja
Tahapan Perkembangbiakan Ayam
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda
titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian isi laporan yang ditulis.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang
diminta.
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang
diminta.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.
|
b. Rubrik Membuat Gambar Dekoratif
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Hasil guntingan
|
Semua bagian bentuk gambar utuh.
|
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Belum mampu menggunting.
|
2
|
Hasil menempel
|
Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada
sisa lem yang tercecer.
|
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.
|
Hanya satu kriteria yang terpenuhi.
|
Belum mampu menempel.
|
3
|
Variasi hewan yang dibuat.
|
Membuat lebih dari tiga jenis pola hewan/tiga ukuran hewan yang sejenis.
|
Membuat dua sampai tiga jenis pola hewan/dua sampai tiga ukuran hewan
yang sejenis.
|
Membuat hanya satu jenis pola hewan/satu ukuran hewan.
|
Belum mampu membuat pola.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru dan buku siswa
1. Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta
anaknya.
2. Pola gambar hewan untuk dijiplak.
3. Alat mewarnai.
4. Karton.
2. Gunting.
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jawablah
pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan tersebut.
- Bagaimana cara hewan berkembang biak?
- Apa saja hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan?
- Apa saja hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur?
- Mengapa hewan berkembang biak?
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment