Home » » Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 2

Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 June 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan               : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 3/1
Tema 1                                 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema/ Pembelajaran      : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/ 2
Alokasi Waktu                     : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang perawatan kucing.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1    Menuliskan tata cara merawat hewan

b) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.1    Mengidentifikasi hak anggota keluarga.
3.2.2    Mengidentifikasi kewajiban anggota keluarga.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1    Mengelompokkan hak-hak yang telah telah diperoleh di rumah.
4.2.2    Mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah.

c) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3. 5   Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
3.5.1    Mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
4. 5   Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
4.5.1    Mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.    Teks tentang perawatan hewan.
2.    Cara merawat hewan.
3.    Memperagakan gerak hewan.
4.    Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o    Siswa membaca dan mengamati isi teks bacaan. (Mengamati)
o    Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan kembali isi teks yang sudah dibaca. Teks berisi tentang petunjuk perawatan hewan peliharaan dan proses perkembangbiakan.
o    Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks. (Menanya)
o    Perwakilan siswa berbagi pengalaman merawat hewan peliharaan. Siswa menyampaikan tahapan dan kebutuhan alat untuk merawat hewan.
o    Siswa berlatih menuliskan petunjuk perawatan hewan. Siswa dapat menuliskan petunjuk perawatan secara umum atau khusus, misalnya tahapan memandikan hewan dimulai dari membasahi badan, menambahkan sabun, dan mengeringkan badan atau menjelaskan kegiatan merawat hewan secara garis besar. (Mengekplorasi)
o    Siswa menulis pada tempat yang tersedia.
o    Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas.
o    Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing. (Mengamati)
o    Perwakilan siswa memperagakan gerak yang akan di pelajari. Siswa pertama-tama tidur terlentang. Lalu, siswa mengangkat kakinya satu persatu. Siswa menahan kakinya untuk beberapa saat. Setelah itu, siswa mengangakat tangannya ke atas dan menahannya. Setelah kedua kaki terangkat, lalu taruh bola di atas kedua tangan atau kedua kaki. Teman-teman yang lain menghitung untuk mengetahui berapa lama siswa dapat melakukan gerakan tersebut. (Mengkomunikasikan)
o    Seluruh siswa mencoba melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
o    Siswa saling mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut. (Mengamati)
o    Setelah selesai, siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks. (Mengekplorasi)
o    Kegiatan diakhiri dengan berdiskusi tentang pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut. Lalu, menyampaikan hal lain yang ingin mereka ketahui tentang gerak kucing atau hewan lainnya yang dapat ditiru untuk dijadikan latihan fisik dalam bentuk permainan.
o    Siswa menuliskan pertanyaan tentang hal lainnya yang ingin diketahui tentang kucing untuk meningkatkan kemampuan bertanya. (Menanya)
o    Siswa menuliskan pertanyaan pada tempat yang tersedia.
o    Siswa mengamati teks pada buku yang sudah dibaca pada awal kegiatan.
o    Siswa berdiskusi mengapa anak kucing Siti ada yang berwarna putih, hitam, dan juga hitam putih, padahal induknya berwarna putih. Hal ini kemungkinan induk jantan berwarna hitam, namun tidak tampak dalam gambar. (Mengekplorasi)
o    Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang tersedia. (Mengasosiasi)
o    Siswa membaca teks dan mengamati isi teks.
o    Siswa mengidentifikasi hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. (Mengekplorasi)
o    Siswa mengamati kejadian sehari-hari, lalu mengelompokkan hak-hak yang sudah diperoleh dan kewajiban yang sudah dilaksanakan di rumah. (Mengamati)
o    Siswa membentuk kelompok sebanyak 5 orang
o    Siswa berdiskusi tentang hak dan kewajiban dalam keluarga (Mengekplorasi)
o    Masing-masing anggota siswa menuliskan hasil diskusi pada buku masing-masing (Mengasosiasi)
o    Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi hak dan kewajiban yang sudah mereka terima atau lakukan di rumah.
o    Setelah siswa memahami dan mengidentifikasi mengenai hak dan kewajiban, siswa berlatih untuk mengevaluasi diri sendiri tentang pelaksanaan kewajiban bersikap tertib saat berdiskusi, sebagai implementasi dari pelaksanaan kewajiban di sekolah. (Mengasosiasi)
o    Siswa menilai diri sendiri dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.  Menjawab pertanyaan sesuai teks tentang perawatan hewan.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 7 / 1,4 = 14 / 1,4
b.  Mengidentifikasi hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
c.  Mengelompokkan hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.

Keterampilan
a. Rubrik Menulis Cara Merawat Hewan
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Penulisan

Penulisan kata sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.

Penggunaan kalimat yang efektif.

Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.

Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.


b. Rubrik Menyampaikan Pendapat
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam menyampaikan pendapat.

Menyampaikan seluruh pendapat dengan lancar.

Setengah atau lebih bagian pendapat disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian pendapat disampaikan dengan lancar.
Belum mampu menyampaikan pendapat.

Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.


c. Rubrik Melakukan Aktivitas untuk Melatih Kekuatan Otot Lengan dan Kaki
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kekuatan.

Mampu bertahan lebih dari 30 hitungan (30 detik).
Mampu bertahan lebih dari 15-20 hitungan (15-20 detik).
Mampu bertahan 10 hitungan (10 detik).
Belum mampu mengankat kaki dan bertahan.

Kebenaran gerakan.
Gerakan kaki dan tangan sesuai contoh.

Hanya gerakan kaki atau tangan yang sesuai contoh.
Dapat melakukan namun gerakan tidak sesuai contoh.
Belum mampu melakukan gerakan yang dicontohkan.

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan Buku Siswa
2.      Gambar yang menunjukkan kebisaan kucing.
3.      Gambar induk dan anak hewan yang memiliki kemiripan bentuk dan rupa sejak lahir.
4.      Gambar induk dan anak hewan yang memiliki perbedaan bentuk dan rupa sejak lahir.
5.      Matras atau alas untuk melakukan kegiatan olahraga.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Berdasarkan teks bacaan pada bukumu, Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar. 

1.  Mengapa Siti merasa senang? 


2.  Bagaimana cara kucing berkembang biak? 


3.  Berapa banyak anak kucing milik Siti? 

4.  Ada berapa jenis warna anak kucing? 

5.  Apakah kamu suka memelihara kucing? 

6.  Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? 

7.  Tahukah kamu cara merawatnya? 

Media
Tema 1 Kelas 3 Sub 1 Pb 2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors