(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 1 :
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub
Tema/ Pembelajaran : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/ 2
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki kedisiplinan
dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang perawatan kucing.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menuliskan tata cara merawat hewan
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi
hak anggota keluarga.
3.2.2 Mengidentifikasi
kewajiban anggota keluarga.
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Mengelompokkan
hak-hak yang telah telah diperoleh di rumah.
4.2.2 Mengelompokkan
kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3. 5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri.
3.5.1 Mengidentifikasi
gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
4. 5 Mempraktikkan pola
gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat).
4.5.1 Mempraktikkan
gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks tentang perawatan
hewan.
2. Cara merawat hewan.
3. Memperagakan
gerak hewan.
4.
Hak
dan kewajiban sebagai anggota keluarga
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan/”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca dan
mengamati isi teks bacaan. (Mengamati)
o
Kegiatan dilanjutkan
dengan mendiskusikan kembali isi teks yang sudah dibaca. Teks berisi tentang
petunjuk perawatan hewan peliharaan dan proses perkembangbiakan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai teks. (Menanya)
o
Perwakilan siswa
berbagi pengalaman merawat hewan peliharaan. Siswa menyampaikan tahapan dan
kebutuhan alat untuk merawat hewan.
o
Siswa berlatih
menuliskan petunjuk perawatan hewan. Siswa dapat menuliskan petunjuk
perawatan secara umum atau khusus, misalnya tahapan memandikan hewan dimulai
dari membasahi badan, menambahkan sabun, dan mengeringkan badan atau
menjelaskan kegiatan merawat hewan secara garis besar. (Mengekplorasi)
o
Siswa menulis pada
tempat yang tersedia.
o
Siswa melakukan
pemanasan sebelum melakukan aktivitas.
o
Siswa mengamati
gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing. (Mengamati)
o
Perwakilan siswa
memperagakan gerak yang akan di pelajari. Siswa pertama-tama tidur
terlentang. Lalu, siswa mengangkat kakinya satu persatu. Siswa menahan
kakinya untuk beberapa saat. Setelah itu, siswa mengangakat tangannya ke atas
dan menahannya. Setelah kedua kaki terangkat, lalu taruh bola di atas kedua
tangan atau kedua kaki. Teman-teman yang lain menghitung untuk mengetahui
berapa lama siswa dapat melakukan gerakan tersebut. (Mengkomunikasikan)
o
Seluruh siswa mencoba
melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
o
Siswa saling
mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut. (Mengamati)
o
Setelah selesai,
siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil
meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks. (Mengekplorasi)
o
Kegiatan diakhiri
dengan berdiskusi tentang pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut.
Lalu, menyampaikan hal lain yang ingin mereka ketahui tentang gerak kucing
atau hewan lainnya yang dapat ditiru untuk dijadikan latihan fisik dalam
bentuk permainan.
o
Siswa menuliskan
pertanyaan tentang hal lainnya yang ingin diketahui tentang kucing untuk
meningkatkan kemampuan bertanya.
(Menanya)
o
Siswa menuliskan
pertanyaan pada tempat yang tersedia.
o
Siswa mengamati teks
pada buku yang sudah dibaca pada awal kegiatan.
o
Siswa berdiskusi
mengapa anak kucing Siti ada yang berwarna putih, hitam, dan juga hitam
putih, padahal induknya berwarna putih. Hal ini kemungkinan induk jantan
berwarna hitam, namun tidak tampak dalam gambar. (Mengekplorasi)
o
Siswa menuliskan
hasil diskusi pada tempat yang tersedia. (Mengasosiasi)
o
Siswa membaca teks
dan mengamati isi teks.
o
Siswa
mengidentifikasi hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. (Mengekplorasi)
o
Siswa mengamati
kejadian sehari-hari, lalu mengelompokkan hak-hak yang sudah diperoleh dan
kewajiban yang sudah dilaksanakan di rumah. (Mengamati)
o
Siswa membentuk
kelompok sebanyak 5 orang
o
Siswa berdiskusi
tentang hak dan kewajiban dalam keluarga (Mengekplorasi)
o
Masing-masing anggota
siswa menuliskan hasil diskusi pada buku masing-masing (Mengasosiasi)
o
Kegiatan dilanjutkan
dengan mengidentifikasi hak dan kewajiban yang sudah mereka terima atau
lakukan di rumah.
o
Setelah siswa
memahami dan mengidentifikasi mengenai hak dan kewajiban, siswa berlatih
untuk mengevaluasi diri sendiri tentang pelaksanaan kewajiban bersikap tertib
saat berdiskusi, sebagai implementasi dari pelaksanaan kewajiban di sekolah. (Mengasosiasi)
o
Siswa menilai diri
sendiri dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan sesuai teks tentang
perawatan hewan.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 7 / 1,4 = 14 / 1,4
b. Mengidentifikasi hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
c. Mengelompokkan hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
Keterampilan
a. Rubrik
Menulis Cara Merawat Hewan
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penggunaan huruf besar dan
tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal
kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan
dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang
tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang
tepat dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam
penulisan.
|
Penggunaan
kalimat yang efektif.
|
Semua
kata menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat
1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Terdapat
lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Semua
kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.
|
b. Rubrik
Menyampaikan Pendapat
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran dalam menyampaikan
pendapat.
|
Menyampaikan seluruh pendapat
dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian
pendapat disampaikan dengan lancar.
|
Kurang dari setengah bagian
pendapat disampaikan dengan lancar.
|
Belum mampu menyampaikan
pendapat.
|
Kepercayaan diri dalam
bercerita.
|
Tidak terlihat ragu-ragu.
|
Terlihat ragu-ragu.
|
Memerlukan bantuan guru.
|
Belum menunjukkan kepercayaan
diri.
|
c. Rubrik
Melakukan Aktivitas untuk Melatih Kekuatan Otot Lengan dan Kaki
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kekuatan.
|
Mampu bertahan lebih dari 30
hitungan (30 detik).
|
Mampu bertahan lebih dari 15-20
hitungan (15-20 detik).
|
Mampu bertahan 10 hitungan (10
detik).
|
Belum mampu mengankat kaki dan
bertahan.
|
Kebenaran gerakan.
|
Gerakan kaki dan tangan sesuai
contoh.
|
Hanya gerakan kaki atau tangan
yang sesuai contoh.
|
Dapat melakukan namun gerakan
tidak sesuai contoh.
|
Belum mampu melakukan gerakan
yang dicontohkan.
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku
Guru dan Buku Siswa
2.
Gambar
yang menunjukkan kebisaan kucing.
3.
Gambar
induk dan anak hewan yang memiliki kemiripan bentuk dan rupa sejak lahir.
4.
Gambar
induk dan anak hewan yang memiliki perbedaan bentuk dan rupa sejak lahir.
5.
Matras
atau alas untuk melakukan kegiatan olahraga.
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI,
S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan teks bacaan
pada bukumu, Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar.
1. Mengapa
Siti merasa senang?
2. Bagaimana
cara kucing berkembang biak?
3. Berapa
banyak anak kucing milik Siti?
4. Ada
berapa jenis warna anak kucing?
5. Apakah
kamu suka memelihara kucing?
6. Apakah
kamu memiliki hewan peliharaan di rumah?
7. Tahukah
kamu cara merawatnya?
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment