Home » » Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 1

Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 5 June 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan               : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                    : 3/1
Tema 1                                 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2/ Pembelajaran   : Perkembangbiakan Tumbuhan/ 1
Alokasi Waktu                     : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan.
3.2.2    Menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1    Menuliskan tahapan perkembangbiakan tumbuhan.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
3.1.1    Menyelesaikan soal penjumlahan.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1    Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1    Mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif.
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1    Membuat karya kolase hasil rancangan sendiri.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks tentang perkembangbiakan tumbuhan.
2.      Menulis daur hidup tumbuhan.
3.      Membuat mozaik dari biji.
4.      Berlatih menyelesaikan soal penjumlahan.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangbiakan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan membuka pelajaran dengan mengenalkan subtema 2, yaitu perkembangbiakan tumbuhan.Jika memungkinkan, ajaklah siswa berkeliling di sekitar lingkungan sekolah untuk menunjukkan dan mengamati bentuk tunas, spora, dan umbi. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa membaca teks yang ada di buku mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan. (Mengamati)
o   Siswa mewawancara teman mengenai nama tumbuhan yang ada di sekitar rumahnya dan cara berkembangbiaknya. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa menyampaikan hasil wawancara dan membandingkan dengan teks yang sudah dibaca.
o   Siswa berdiskusi tentang tahapan perkembangbiakan tumbuhan yang pernah diamatinya. Pada kelas sebelumnya, sudah pernah dilakukan proses pertumbuhan pada tanaman taoge/biji kacang hijau. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengidentifikasi cara berkembang biak tumbuhan yang pernah diamatinya.
o   Siswa menuliskan tahapan perkembangbiakan tumbuhan, mulai dari biji, kecambah, tumbuhan kecil, sampai tumbuhan dewasa.
o   Jika siswa kesulitan untuk membuat penjelasan dalam bentuk tulisan, siswa diperkenankan untuk menjelaskan dalam bentuk gambar.
o   Siswa mengamati gambar berbagai tumbuhan yang berkembang biak dengan biji, diantaranya semangka, taoge, dan jagung. (Mengamati)
o   Siswa berdiskusi tentang warna dan bentuk biji-bijian yang berbeda. (Mengekplorasi)
o   Siswa bertanya jawab tentang berbagai jenis biji yang pernah diamatinya, lalu menyampaikan perbedaan warna dan bentuk yang dimiliki biji-bijian tersebut. (Menanya)
o   Siswa mencari tahu dengan bertanya kepada teman atau guru tentang sebutan tumbuhan dalam bahasa daerah untuk memperkaya pengetahuan. (Mengekplorasi)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai tumbuhan yang berkembang biak dengan biji. Buah-buahan paling banyak berkembang biak dengan biji. (Mengamati)
o   Siswa mengamati contoh penyelesaian soal penjumlahan menggunakan teknik nilai tempat, lalu mencoba bersama-sama.
o   Siswa juga mengamati contoh penjumlahan susun ke bawah, dan saling memberi pertanyaan kepada teman sebangku untuk melatih dan mengingatkan kembali penyelesaian soal penjumlahan ribuan.
o   Siswa berlatih soal penjumlahan yang ada pada buku. (Mengekplorasi)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.  Mewawancara teman tentang berbagai cara berkembang biak tumbuhan.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
b.  Menuliskan daur hidup tumbuhan.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2 x 4 = 10.
c.  Menyelesaikan soal penjumlahan.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2,5 x 5 = 10.

Keterampilan
a.  Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Ekspresi

Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan isi cerita.

Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan isi cerita.
Tanpa ekspresi.

Lafal

Cerita dilafalkan dengan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
Intonasi

Intonasi sesuai dengan isi cerita dan konsisten.
Intonasi sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan isi cerita.
Tanpa intonasi.

Volume suara

Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

b.  Rubrik Membuat Mozaik
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kreativitas

Menggunakan 4 atau lebih jenis biji-bijian dengan warna yang berbeda.
Menggunakan 3 jenis biji-bijian dengan warna yang berbeda.
Menggunakan 2 jenis biji-bijian dengan warna yang berbeda.
Menggunakan 1 jenis biji-bijian.

Kerapian dalam bekerja.

Kegiatan menempel sesuai pola dan tidak terlihat ceceran lem di luar pola.
Ada kurang dari setengah bagian kegiatan menempel yang keluar pola.
Ada setengah bagian kegiatan menempel yang keluar dari pola.
Belum rapi dalam bekerja


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan Buku Siswa
2.      Alat bantu mempelajari penjumlahan.
3.      Berbagai macam biji-bijian untuk membuat mozaik. Biji-bijian diupayakan yang memiliki warna yang berbeda-beda.
4.      Berbagai gambar mozaik untuk contoh.
5.      Berbagai gambar tumbuhan dan cara berkembang biak.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Selesaikan soal di bawah ini dengan benar.
a.   Pada musim panen, dihasilkan 3 keranjang buah jambu. Masing-masing keranjang berisi 750 buah jambu. Berapa banyak buah jambu semuanya?

Jawaban:


a.   Pak Komar ingin menjual buah semangka hasil panen dari perkebunannya. Perkebunan pak Komar menghasilkan 2 truk semangka. Banyak semangka disetiap truk adalah 1.200 buah. Berapa banyak semangka semuanya?

Jawaban

MEDIA

Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 1


Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 1



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors