(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 1 :
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran :
Perkembangbiakan Tumbuhan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk
tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan.
3.2.2 Menjelaskan
cara perkembangbiakan tumbuhan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan
menjawab pertanyaan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menuliskan
tahapan perkembangbiakan tumbuhan.
b)
Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian.
3.1.1 Menyelesaikan
soal penjumlahan.
4.2. Merumuskan dengan
kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda,
dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Merumuskan
soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan.
c)
SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni
gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi
alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif
dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1 Membuat
karya kolase hasil rancangan sendiri.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks tentang
perkembangbiakan tumbuhan.
2. Menulis
daur hidup tumbuhan.
3. Membuat
mozaik dari biji.
4. Berlatih
menyelesaikan soal penjumlahan.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangbiakan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucapkan
salam, menyapa siswa dan membuka pelajaran dengan mengenalkan subtema 2,
yaitu perkembangbiakan tumbuhan.Jika memungkinkan, ajaklah siswa berkeliling
di sekitar lingkungan sekolah untuk menunjukkan dan mengamati bentuk tunas,
spora, dan umbi. (Mengkomunikasikan)
o
Siswa membaca teks
yang ada di buku mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan. (Mengamati)
o
Siswa mewawancara
teman mengenai nama tumbuhan yang ada di sekitar rumahnya dan cara
berkembangbiaknya. (Mengkomunikasikan)
o
Siswa menyampaikan hasil
wawancara dan membandingkan dengan teks yang sudah dibaca.
o
Siswa berdiskusi
tentang tahapan perkembangbiakan tumbuhan yang pernah diamatinya. Pada kelas
sebelumnya, sudah pernah dilakukan proses pertumbuhan pada tanaman taoge/biji
kacang hijau. (Mengekplorasi)
o
Siswa
mengidentifikasi cara berkembang biak tumbuhan yang pernah diamatinya.
o
Siswa menuliskan
tahapan perkembangbiakan tumbuhan, mulai dari biji, kecambah, tumbuhan kecil,
sampai tumbuhan dewasa.
o
Jika siswa kesulitan
untuk membuat penjelasan dalam bentuk tulisan, siswa diperkenankan untuk
menjelaskan dalam bentuk gambar.
o
Siswa mengamati
gambar berbagai tumbuhan yang berkembang biak dengan biji, diantaranya
semangka, taoge, dan jagung. (Mengamati)
o
Siswa berdiskusi
tentang warna dan bentuk biji-bijian yang berbeda. (Mengekplorasi)
o
Siswa bertanya jawab
tentang berbagai jenis biji yang pernah diamatinya, lalu menyampaikan
perbedaan warna dan bentuk yang dimiliki biji-bijian tersebut. (Menanya)
o
Siswa
mencari tahu dengan bertanya kepada teman atau guru tentang sebutan tumbuhan
dalam bahasa daerah untuk memperkaya pengetahuan. (Mengekplorasi)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai tumbuhan yang berkembang biak
dengan biji. Buah-buahan paling banyak berkembang biak dengan biji. (Mengamati)
o
Siswa
mengamati contoh penyelesaian soal penjumlahan menggunakan teknik nilai
tempat, lalu mencoba bersama-sama.
o
Siswa
juga mengamati contoh penjumlahan susun ke bawah, dan saling memberi
pertanyaan kepada teman sebangku untuk melatih dan mengingatkan kembali
penyelesaian soal penjumlahan ribuan.
o
Siswa
berlatih soal penjumlahan yang ada pada buku. (Mengekplorasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Mewawancara teman tentang berbagai cara
berkembang biak tumbuhan.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
b. Menuliskan daur hidup tumbuhan.
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2 x 4 = 10.
c. Menyelesaikan soal penjumlahan.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2,5 x 5 = 10.
Keterampilan
a. Rubrik Bercerita
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
sesuai dengan isi cerita.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
tidak sesuai dengan isi cerita.
|
Tanpa ekspresi.
|
Lafal
|
Cerita dilafalkan dengan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang
tepat pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan isi
cerita dan konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan isi
cerita, namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan
isi cerita.
|
Tanpa intonasi.
|
Volume suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak
jelas.
|
b. Rubrik Membuat Mozaik
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kreativitas
|
Menggunakan 4 atau lebih jenis
biji-bijian dengan warna yang berbeda.
|
Menggunakan 3 jenis biji-bijian
dengan warna yang berbeda.
|
Menggunakan 2 jenis biji-bijian
dengan warna yang berbeda.
|
Menggunakan 1 jenis
biji-bijian.
|
Kerapian dalam bekerja.
|
Kegiatan menempel sesuai pola
dan tidak terlihat ceceran lem di luar pola.
|
Ada kurang dari setengah bagian
kegiatan menempel yang keluar pola.
|
Ada setengah bagian kegiatan
menempel yang keluar dari pola.
|
Belum rapi dalam bekerja
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku
Guru dan Buku Siswa
2.
Alat
bantu mempelajari penjumlahan.
3.
Berbagai
macam biji-bijian untuk membuat mozaik. Biji-bijian diupayakan yang memiliki
warna yang berbeda-beda.
4.
Berbagai
gambar mozaik untuk contoh.
5.
Berbagai
gambar tumbuhan dan cara berkembang biak.
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI,
S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Selesaikan soal di bawah ini dengan benar.
a. Pada
musim panen, dihasilkan 3 keranjang buah jambu. Masing-masing keranjang berisi
750 buah jambu. Berapa banyak buah jambu semuanya?
a. Pak
Komar ingin menjual buah semangka hasil panen dari perkebunannya. Perkebunan
pak Komar menghasilkan 2 truk semangka. Banyak semangka disetiap truk adalah
1.200 buah. Berapa banyak semangka semuanya?
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment