Home » » Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 7 June 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan               : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                    : 3/1
Tema 1                                 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2/ Pembelajaran   : Perkembangbiakan Tumbuhan/ 2
Alokasi Waktu                     : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup tumbuhan.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1    Menuliskan tahapan daur hidup tumbuhan.

b) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3.   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.3.1    Mengidentifikasi kegiatan kerja sama di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.3.1    Menjelaskan pentingnya bekerja sama.
4.3.2    Mempraktikkan sikap bekerja sama dalam kegiatan pertandingan di sekolah.

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1    Mengidentifikasi gerak lokomotor yang ada pada permainan.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1    Mempraktikkan gerak lokomotor dalam sebuah permainan.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dari biji.
  2. Teks tentang daur hidup tanaman yang berkembangbiak dengan biji.
3.      Membuat laporan kerjasama

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangbiakan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengingatkan kembali siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan biji. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa mengamati bagian-bagian biji, untuk mengetahui proses pertumbuhan dengan biji. (Mengamati)
Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang fungsi masing-masing bagian biji dalam proses perkembangbiakan. (Mengamati)
o   Selimut biji untuk melindungi biji.

o Embrio adalah calon tumbuhan baru.
o Kotiledon adalah sumber makanan untuk calon tumbuhan.

o   Siswa menjelaskan tahapan pada daur hidup semangka. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa berlatih mengidentifikasi biji-bijian melalui sebuah permainan. (Mengekplorasi)
o   Siswa berdiskusi tentang jenis biji-bijian yang digunakan dalam permainan tersebut. Selain itu, siswa juga berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan biji-bijian tersebut. (Mengekplorasi)
o   Perwakilan setiap kelompok berbagi pengalaman saat bermain lomba lari. Perwakilan tersebut menceritakan strategi apa saja yang digunakan dalam kelompoknya agar dapat memenangkan pertandingan. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya bekerjasama dalam sebuah kelompok. Untuk membentuk kerjasama yang baik, harus ada komunikasi, saling menghargai dan menerima kelemahan dan kekuatan satu sama lain. Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. (Mengamati)
o   Setiap kelompok mengevaluasi kerjasama yang sudah dilakukan saat bermain lomba lari. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa secara berkelompok menuliskan hasil evaluasi dengan membuat laporan sebagai praktik bekerjasama dalam kelompok.
o   Siswa membaca peribahasa yang berkaitan dengan pentingnya kegiatan bekerja sama, yaitu “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.
o   Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi kegiatan kerjasama di sekolah. (Mengekplorasi)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Mengisi daur hidup semangka
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2,5 x 4 = 10

3.  Keterampilan
a.  Lembar Pengamatan Kegiatan Berlari
Kriteria
Kegiatan Berlari
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu mengikuti instruksi.


Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan.


Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk.



b.  Rubrik Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian isi laporan yang ditulis.

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Semua isi teks belum sesuai.

Penulisan.

Penulisan kata sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
Penggunaan kalimat yang efektif.

Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.

c.  Rubrik Menyampaikan Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Isi laporan

Mencakup seluruh informasi yang diharapkan ada.
Ada satu informasi yang tidak disampaikan.
Ada dua atau lebih informasi yang tidak tersampaikan
Informasi yang disampaikan tidak berhubungan dengan penugasan.
Lafal

Laporan dilafalkan dengan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
Volume suara

Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

d.  Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Ekspresi

Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan isi cerita.

Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan isi cerita.
Tanpa ekspresi.

Lafal

Cerita dilafalkan dengan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
Intonasi

Intonasi sesuai dengan isi cerita dan konsisten.
Intonasi sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan isi cerita.
Tanpa intonasi.

Volume suara

Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan Buku Siswa
2.      Berbagai biji-bjian.
3.      Ember.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,


PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)


Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Tahapan apa saja yang ada pada daur hidup tanaman semangka?
Tuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri!
Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2


MEDIA


Tema 1 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors