(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 1 :
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran :
Perkembangbiakan Tumbuhan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk
tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang daur hidup tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menuliskan
tahapan daur hidup tumbuhan.
b)
PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3. Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi
kegiatan kerja sama di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan
beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.3.1 Menjelaskan
pentingnya bekerja sama.
4.3.2 Mempraktikkan
sikap bekerja sama dalam kegiatan pertandingan di sekolah.
c)
SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengetahui konsep gerak
kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
gerak lokomotor yang ada pada permainan.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam sebuah permainan.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Teks
tentang perkembangbiakan tumbuhan dari biji.
- Teks tentang daur
hidup tanaman yang berkembangbiak dengan biji.
3.
Membuat laporan
kerjasama
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangbiakan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru
mengingatkan kembali siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan biji. (Mengkomunikasikan)
o
Siswa
mengamati bagian-bagian biji, untuk mengetahui proses pertumbuhan dengan
biji. (Mengamati)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang fungsi masing-masing bagian biji dalam
proses perkembangbiakan.
(Mengamati)
o Selimut biji untuk melindungi biji.
o Embrio adalah calon tumbuhan baru.
o Kotiledon adalah sumber makanan untuk calon
tumbuhan.
o
Siswa
menjelaskan tahapan pada daur hidup semangka. (Mengkomunikasikan)
o
Siswa
berlatih mengidentifikasi biji-bijian melalui sebuah permainan. (Mengekplorasi)
o
Siswa
berdiskusi tentang jenis biji-bijian yang digunakan dalam permainan tersebut.
Selain itu, siswa juga berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan biji-bijian
tersebut. (Mengekplorasi)
o
Perwakilan
setiap kelompok berbagi pengalaman saat bermain lomba lari. Perwakilan
tersebut menceritakan strategi apa saja yang digunakan dalam kelompoknya agar
dapat memenangkan pertandingan.
(Mengkomunikasikan)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya bekerjasama dalam sebuah
kelompok. Untuk membentuk kerjasama yang baik, harus ada komunikasi, saling
menghargai dan menerima kelemahan dan kekuatan satu sama lain. Kerjasama yang
baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. (Mengamati)
o
Setiap
kelompok mengevaluasi kerjasama yang sudah dilakukan saat bermain lomba lari. (Mengkomunikasikan)
o
Siswa
secara berkelompok menuliskan hasil evaluasi dengan membuat laporan sebagai
praktik bekerjasama dalam kelompok.
o
Siswa
membaca peribahasa yang berkaitan dengan pentingnya kegiatan bekerja sama,
yaitu “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.
o
Siswa
berdiskusi untuk mengidentifikasi kegiatan kerjasama di sekolah. (Mengekplorasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Mengisi daur hidup semangka
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 2,5 x 4 = 10
3. Keterampilan
a. Lembar Pengamatan Kegiatan Berlari
Kriteria
|
Kegiatan Berlari
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
|
Siswa mampu mengikuti
instruksi.
|
||
Siswa terlibat aktif dalam
melakukan gerakan.
|
||
Mampu menirukan gerakan sesuai
petunjuk.
|
b. Rubrik Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penggunaan huruf besar dan
tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal
kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan
dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Kesesuaian isi laporan yang
ditulis.
|
Seluruh isi teks yang ditulis
sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Setengah atau lebih isi teks
yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Kurang dari setengah isi teks
yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
Penulisan.
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang
tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat
dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam
penulisan.
|
Penggunaan kalimat yang
efektif.
|
Semua kata menggunakan kalimat
yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat yang
menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat
yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan
kalimat kurang efektif.
|
c. Rubrik Menyampaikan Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Isi laporan
|
Mencakup seluruh informasi yang
diharapkan ada.
|
Ada satu informasi yang tidak disampaikan.
|
Ada dua atau lebih informasi
yang tidak tersampaikan
|
Informasi yang disampaikan
tidak berhubungan dengan penugasan.
|
Lafal
|
Laporan dilafalkan dengan
jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang
tepat pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
Volume suara
|
Volume suara keras dan jelas
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak
jelas.
|
d. Rubrik Bercerita
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
sesuai dengan isi cerita.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
sesuai dengan isi cerita, namun kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh
tidak sesuai dengan isi cerita.
|
Tanpa ekspresi.
|
Lafal
|
Cerita dilafalkan dengan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang
tepat pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan isi
cerita dan konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan isi
cerita, namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan
isi cerita.
|
Tanpa intonasi.
|
Volume suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak
jelas.
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku
Guru dan Buku Siswa
2.
Berbagai
biji-bjian.
3.
Ember.
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI,
S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tahapan
apa saja yang ada pada daur hidup tanaman semangka?
Tuliskan
tahapan dalam daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment